Apa Itu Admin Media Sosial di Esports?

2149
Apa Itu Admin Media Sosial Esports?
Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Kesuksesan industri esports tidak lepas dari elemen penting yang menjembatani komunikasi tim esports profesional beserta segenap talent-nya, dengan para penggemarnya yang sudah tidak lagi dibatasi oleh zona ruang dan waktu, yaitu media sosial. Kali ini kita akan menceritakan peranan seorang admin media sosial bagi suatu perusahaan.

Admin Media Sosial: Salah Satu Pilihan Karier di Industri Esports

Apa saja yang dilakukan admin media sosial?

Admin media sosial adalah sosok yang berada di garis terdepan (di dunia maya) dari setiap perusahaan yang ada. Setiap tim esports tidak hanya membuat konten yang menghibur, tetapi juga yang informatif agar setiap pihak yang ada merasa terlibat.

Penting untuk diingat bahwa setiap kita melakukan upaya komunikasi untuk menjembatani antara tim esports dengan para penggemar, kompetitor kita juga melakukan hal yang sama.

Memahami nilai-nilai dari suatu brand esports, baik itu visi organisasi maupun budayanya, adalah hal yang perlu terlebih dahulu ditanamkan pada admin media sosial sebelum mereka mulai mendistribusikan konten.

Mengatur dan memahami karakteristik para pengguna media sosial seperti Twitter, LinkedIn, Instagram, Facebook, dan lainnya adalah tugas utama seorang admin media sosial.

Seiring kamu menekuni peran ini, akan semakin besar kesempatan kamu untuk bisa terlibat dalam hal-hal pemasaran, misalnya kamu bisa mulai menawarkan ide kreatifmu kepada tim untuk mencapai target-target tertentu seperti meningkatkan basis jumlah penggemar yang ada di luar kota.

Skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi admin media sosial?

Ada beberapa skill yang dibutuhkan agar bisa berfungsi sebagai admin media sosial yang baik. Kebutuhannya tidak lain adalah: mempunyai ambisi, kreativitas, dan keteguhan hati bahwa kita tidak akan selalu sukses.

Berada di posisi ini tidak lepas dari kesalahan seperti membuat konten yang kalah trending dari akun brand yang lain. Akan tetapi itu bukan berarti kita gagal dan menganggap usaha kita selama ini sia-sia. Hal ini terkadang bisa cukup sering terjadi.

Sangatlah penting untuk memiliki kemauan untuk berada selangkah di depan para kompetitor agar konten yang dihasilkan dan dibagikan bersifat orisinil dan baru (segar). Konten jenis ini sangatlah disukai orang.

Selain itu, menggunakan kembali konten meme yang sudah ada dan kemudian memodifikasinya dengan konteks yang baru juga adalah sebuah langkah yang efektif dan cukup diterima di komunitas.

Mengetahui karakteristik audiens kita juga sangatlah penting. Sederhananya, bagi para kawula muda yang gemar mengikuti perkembangan gaming/esports, maka konten jenis meme ini akan sangat disukai. Sebaliknya, mereka yang merupakan generasi baby boomer (yang lebih berusia) tentunya akan kebingungan (tidak menikmati) terhadap konten yang dibuat.

Jadi, kamu harus terlebih dahulu paham kepada siapa kamu berkomunikasi.

Tips untuk para admin media sosial

Langkah pertama untuk kamu yang baru ingin berkecimpung di pilihan karier ini adalah untuk terlebih dahulu mencari pengalaman, termasuk di dalamnya mencoba mengambil pekerjaan sukarela (tanpa dibayar).

Bekerja dengan komunitas atau organisasi kecil yang berhubungan dengan esports akan memberikan kamu gambaran bagaimana caranya mempublikasikan berita/kejadian penting, cara mempromosikan brand dan tim, hingga merangkai strategi untuk merencanakan konten apa yang akan dibuat sembari berdiskusi dengan tim.

Satu hal penting ketika kita akan melamar pekerjaan adalah pola pikir untuk sanggup menjalankan pekerjaan itu. Bekerja dalam dunia media sosial adalah menjadi terbiasa dengan melakukan kesalahan, melakukan percobaan, gagal, dan bereksperimen  yang menyenangkan.

Jika kamu menikmati berkomunikasi dengan para penggemar, maka pekerjaan kamu akan terasa menyenangkkan dan waktupun akan berlalu cepat begitu saja. Berinteraksi dengan fans baik itu membalas pesan ataupun komentar sangatlah penting!

Bagaimana dengan beban kerja admin media sosial?

Jam kerja untuk industri ini, terkhususnya di sosial media, sangatlah tidak seperti pekerjaan konvensional yang biasanya mengantor dari jam 9 pagi hingga 5 sore. Walaupun secara tertulis di kontrak kamu juga akan menjalani jam perkantoran yang umum, nyatanya di pekerjaan ini kamu diperlukan untuk menjadi lebih fleksibel.

Belum lagi jika kamu sedang menyelenggarakan event esports lintas benua, besar kemungkinan kamu juga masih harus bersiaga hingga tengah malam!

Tentunya itu tidak akan terjadi terus menerus. Pada umumnya, kamu akan tetap mendapatkan jam kerja yang umum, hanya saja pada beberapa kesempatan kamu akan diperlukan untuk memberikan tenaga lebih demi menyukseskan suatu acara.

Untuk urusan gaji, saat ini itu tidak ada standarnya. Semakin maju perusahaan kita, maka atasan pasti akan lebih memperhatikan kita. Oleh sebab itu, pastikan kamu untuk selalu memberikan hasil yang terbaik.

Mengutip pesan inspiratif dari mendiang Steve Jobs, dalam menjalankan pekerjaan ini, stay hunger stay foolish untuk terus belajar dan berkarya ya!