Apa Itu Garena Authenticator? Ini Cara Lindungi Akun Garena Milikmu!

1554
apa itu Garena Authenticator adalah
Facebook: Garena Free Fire

Garena menjadi salah satu platform permainan daring dan sosial yang memungkinkan para penggunanya berkomunikasi, bertemu dan bermain game bersama-sama.

Jika kamu merupakan salah satu pengguna platform Garena, maka kamu wajib mengamankan akun milikmu, salah satunya menggunakan Garena Authenticator.

Yuk cari tahu lebih dalam apa itu Garena Authenticator agar akun Garena milikmu tetap aman!

Sekilas Tentang Garena

Garena Authenticator
Website: www.garena.co.id

Pastinya banyak orang telah memainkan games yang dirilis oleh Garena yang merupakan salah satu platform penyedia game kelas atas di Asia Tenggara.

Tidak hanya menciptakan game mobile, Garena yang didirikan di Singapura pada tahun 2009 ini juga menyediakan beberapa game berbasis personal computer (PC) teranyar yang juga bisa dimainkan oleh para gamers di Indonesia.

Bisa dikatakan, Garena merupakan sebuah publisher yang menjadi perantara game mobile dan pc yang dikembangkan oleh developer aslinya sehingga bisa dimainkan oleh banyak pengguna.

Hingga kini Garena lebih populer atas games berbasis mobile ketimbang berbasis pc. Beberapa games paling populer dari platform Garena antara lain Free Fire, Arena of Valor, Call of Duty, Point Blank Online, League of Legends, Fifa Online 3 dan masih banyak lagi.

Resiko Keamanan Akun Garena

Garena Authenticator
Website: www.sso.garena.com

Lebih dari jutaan pengguna telah memainkan platform Garena. Para pengguna ini tersebar di berbagai negara seperti Taiwan, Hongkong hingga negara-negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Seiring dengan kepopuleran platform game yang satu ini, tentunya meningkatkan resiko keamanan akun para pengguna Garena. Oleh karena itu, pengguna harus bisa mengamankan akun masing-masing agar aktivitas gaming bisa tetap berjalan lancar.

Terlebih lagi, games yang berada di platform Garena merupakan game online di mana pengguna bisa terhubung dengan pengguna lainnya dari berbagai penjuru dunia sehingga pengguna harus lebih ekstra dalam mengamankan akun miliknya.

Berbagai hal bisa membuat akun Garena pengguna dibajak atau di-hack. Salah satunya melalui metode phising di mana para hacker akan memancing pengguna untuk memasukkan username dan password ke suatu halaman palsu.

Bagi para pengguna platform Garena, salah satu opsi terbaik untuk mengamankan akun adalah dengan menggunakan Garena Authenticator. Melalui Garena Authenticator, pengguna bisa melindungi akun Garena menggunakan 2-step authentication.

Apa Itu Garena Authenticator?

Garena Authenticator
Google Play Store: Garena Online

Agar bisa memainkan game di platform Garena, pengguna harus terlebih dahulu membuat akun Garena dengan cara memasukkan usernamepassword, dan alamat email. Setelah akun terdaftar, pemain sudah bisa memainkan berbagai game yang tersedia di Garena.

Namun jika hanya membuat akun saja, tingkat keamanan akun Garena masih rendah dan beresiko mengalami penyalahgunaan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Sebaiknya, pengguna harus terlebih dahulu melakukan verifikasi guna mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan.

Garena Authenticator adalah sebuah aplikasi yang bisa mengamankan akun pengguna Garena di mana aplikasi yang satu ini bisa langsung diunduh melalui Google Play Store maupun App Store dan bisa terhubung langsung ke akun Garena milik pengguna.

Garena Authenticator bisa mengirimkan kode otenfikasi secara offline ketika sudah terhubung dengan akun di platform Garena. Aplikasi ini bisa digunakan jika pengguna sudah terlebih dahulu memverifikasi nomor telepon miliknya.

Garena Authenticator memungkinkan 2-step authentication untuk akun Garena yang sudah terhubung ke perangkat mobile. Jika sistem keamanan ini sudah diaktifkan, seluruh aktivitas login di platform Garena akan langsung dikonfirmasi ke perangkat mobile yang digunakan.

Melalui sistem keamanan yang ditawarkan Garena Authenticator, pengguna bisa meningkatkan tingkat keamanan akun miliknya.

Tutorial atau Cara Menggunakan Garena Authenticator

Garena Authenticator
Google Play Store: Garena Online

Untuk bisa menggunakan Garena Authenticator, pengguna tidak memerlukan koneksi internet. Sebab aplikasi Garena Authenticator ini akan secara otomatis menghasilkan kode otentikasi ke perangkat mobile.

Beberapa fitur lainnya dari Garena Authenticator antara lain mendukung penautan akun Garena ke perangkat mobile menggunakan scanning QR Code, menghasilkan kode otentikasi berdasarkan waktu, dan memungkinkan beberapa akun untuk tertaut pada perangkat yang sama.

Ingin tahu cara menggunakan Garena Authenticator? Simak tutorialnya di bawah, ya!

  1. Pastikan kalian memiliki akun Garena yang aktif
  2. Masuk ke Garena Account Center melalui browser
  3. Klik bagian “Tindakan”
  4. Pilih Garena Authenticator pada bagian paling atas, klik “Atur”
  5. Masukkan nomor telepon aktif
  6. Tunggu hingga kode OTP dikirimkan melalui SMS, lalu klik “Verifikasi”
  7. Screenshot tampilan layar yang menunjukkan QR Code atau kode
  8. Unduh aplikasi Garena Authenticator melalui Google Play Store dan App Store
  9. Setelah aplikasi sudah berhasil terpasang, buka aplikasi Garena Authenticator di ponsel
  10. Klik “Add Account” lalu scan QR Code atau salin kode yang ada pada halaman Garena Account Center, klik “Done
  11. Kode Otentifikasi akan langsung muncul di layar ponsel
  12. Gunakan Kode Otentifikasi tersebut untuk login ke akun Garena milik kalian

Tips Lainnya untuk Mengamankan Akun Garena

Garena Authenticator
Website: www.garena.co.id

Selain menggunakan aplikasi Garena Authenticator, ada beberapa cara yang bisa pengguna lakukan untuk mengamankan akun Garena.

Apa saja cara lain mengamankan akun Garena? Simak tips nya berikut ini.

Verifikasi Akun Garena Milikmu

Melakukan verifikasi akun Garena bisa membuat akun pengguna semakin aman. Untuk bisa memverifikasi akun, pengguna hanya perlu login ke akun Garena melalui laman website Garena.

Pada beranda, pengguna bisa melihat tingkat keamanan akun Garena miliknya. Selanjutnya, pengguna bisa memilih tindakan selanjutnya untuk melakukan proses verifikasi akun, salah satunya menggunakan email.

Ubah dan Buat Kombinasi Kata Sandi yang Kuat

Mengubah kata sandi lama dengan kata sandi baru bisa menjadi salah satu alternatif mengamankan akun Garena. Selain itu, untuk meningkatkan level keamanan akun, pastikan kata sandi yang dibuat memiliki kombinasi campuran angka, huruf, dan simbiol.

Verifikasi Mudah Melalui Ponsel

Selanjutnya, pengguna Garena juga bisa melakukan verifikasi akun dengan cara memasukkan nomor handphone. Setelah pengguna mendapatkan kode verifikasi berisi OTP, masukkan kode tersebut ke halaman Garena lalu input kata sandi akun Garena milikmu.

Verifikasi Akun Garena via Email

Ketika pengguna membuat sebuah akun Garena, tentunya pengguna diharuskan untuk mengisi alamat email yang bisa pengguna gunakan untuk memverifikasi akun Garena.

Caranya, pilih bagian verifikasi pada pilihan email dan masukkan alamat email milik kalian. Setelah email berisi link verifikasi sudah diterima, klik link tersebut untuk memverifikasi akun Garena.

Daftarkan Nomor ID Card

Salah satu cara lainnya untuk mengamankan akun Garena adalah dengan mendaftarkan nomor identitas pengguna seperti KTP, SIM, atau Kartu Pelajar. Masukkan segala data yang dibutuhkan selama proses verifikasi.

Itulah beberapa informasi terkait Garena Authenticator yang perlu kalian ketahui. Pertimbangkan penggunaan Garena Authenticator di akun Garena agar akun kalian lebih aman dari resiko tindakan-tindakan pihak yang tidak bertanggung jawab dan tentunya agar pengalaman gaming kalian di platform Garena semakin lancar.