Apa itu Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID)?

0
181
Apa itu Mobile Legends Professional League Indonesia?

Apabila dunia sepak bola Indonesia memiliki kejuaraan nasionalnya seperti Indonesia Super Cup atau Indonesia Super League, Mobile Legends:Bang Bang juga memiliki kejuaraan nasionalnya yang dikenal dengan Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID).

MPL ID merupakan liga utama Mobile Legends di Indonesia yang diselenggarakan oleh Moonton untuk para penggemar esports yang berada di Indonesia. Liga ini berdurasi selama 5 bulan dengan total hadiah yang terus bertambah.

Prize pool untuk MPL Season 3 tercatat sebesar USD 120,000, dimana nominal ini sudah mengalami peningkatan dari Season sebelumnya di posisi USD 100,000.

Kejuaraan yang dimulai sejak tahun 2018 ini tidak pernah gagal menjadi pusat perhatian dikarenakan besarnya hadiah yang ditawarkan. Selain itu, kejuaraan ini juga menarik perhatian para pro gamers untuk mengikutinya.

Sejarah mencatat sebanyak 3 Season dari MPL ID telah berhasil diselenggarakan. Dan tidak berhenti di sana, kini sedang berlangsung pula persiapan menyambut Mobile Legends Professional League Indonesia Season 4.

Mari kita kembali mengenali sejarah yang lahir dari debut MPL ID ini.

1

MPL ID Season 1

Setelah perjalanan panjang Online Qualifier yang melibatkan 2048 tim dari 8000 tim yang mendaftar, MPL Season 1 akhirnya menghasilkan 10 tim terbaik yang siap berlaga. Kesepuluh tim tersebut didapat dari Online Qualifier 1 hingga 3.

Rex Regum Qeon Oxygen, Louvre, dan Rev Indo berasal dari Online Qualifier 1. Sedangkan dari Online Qualifier 2 mengirimkan EVOS Esports, TEAMnxl>, dan Bigetron Player Kill. Berbeda dengan yang lain, Online Qualifier 3 justru menyisakan 4 tim yaitu Pandora eSport, Domino’s Hunters, Saints Indo 2, dan Elite8 Critical Reborn.

Liga Season 1 ini resmi dan langsung dipersembahkan oleh Moonton namun juga didukung oleh beberapa sponsor yaitu Tri (3) sebagai Legend Sponsor, Codashop sebagai Epic Sponsor, dan Hello Yo sebagai Epic Sponsor

Aturan main liga ini juga sudah ditetapkan. Format Regular Season-nya akan menggunakan sistem Round Robin yang berarti setiap tim akan bertemu dengan tim lainnya sehingga masing-masing tim akan bertanding sebanyak 9 match atau 18 game, mengingat 1 match terdiri atas 2 game.

Pertandingan MPL ID Season 1 ini dilaksanakan setiap akhir pekan dari tanggal 13 Januari sampai 11 Maret 2018. Tim yang berhasil memenangkan 1 game mendapatkan 1 poin dan hadiah USD 250 untuk setiap poin kemenangan.

Baca juga:  Fitur Baru di Mobile Legends: Street Leaderboard (LBS)

Selain hadiah dari poin kemenangan tadi, Moonton juga menyediakan gaji sebesar USD 300 per minggu. Hadiah tersebut berbeda dengan hadiah kemenangan. Selama tim tersebut masih bertanding di MPL Indonesia Season 1, maka para pemain akan mendapatkan gaji tersebut.

Selanjutnya 8 tim teratas dari babak Regular Season ini diadu lagi dalam babak Playoff yang digelar tanggal 24 Maret hingga 1 April 2018. MPL ini menjadi awal dari liga profesional mobile esports.

2

MPL ID Season 2

 

MPL ID Season 2 melangsungkan babak Regular Season sejak 7 September. Sebanyak 10 tim peserta berasal dari Direct Invite dan Final Qualifier MPL S2 dalam turnamen MPL musim kedua ini. Mereka yang mendapatkan Direct Invite di antaranya adalah Aerowolf Roxy, EVOS Esports, RRQ.O2, dan SFI Esports.

Sedangkan tim yang berhasil tergabung dari kualifikasi adalah Louvre, CAPCORN, ONIC Esports, Bigetron, Saints Indo, dan BOOM Jr.

Dalam MPL Season 2 ini, Regular Season berlangsung selama 6 minggu dan berakhir di 21 Oktober. Jadwal Regular Season musim kedua digelar setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Serupa dengan musim pertama di semester pertama 2018, setiap tim yang berlaga di Regular Season berhak mendapatkan uang akomodasi sebesar USD 300 setiap minggu. Setiap poin kemenangan selama babak tersebut, juga memperoleh hadiah uang tunai yang sedikit berbeda dengan musim pertama.

Berhubung Season 2 sudah menggunakan format BO3 (best of 3), maka tim yang menang dengan skor 2-0 akan langsung mendapatkan hadiah USD 600. Selain itu, setiap poin kemenangan yang didapat oleh satu tim tersebut diberi nilai sebesar USD 200.

Hal lainnya yang turut menarik perhatian adalah shoutcasting-nya. Pada Season 1, babak Grand Final hanya menggunakan caster berbahasa Inggris. Kini, setiap pertandingan mulai dari babak Qualifier di Season 2 sudah menampilkan 2 jenis streaming dengan caster berbahasa Indonesia dan Inggris.

Selain itu, para penggemar yang ingin menonton juga bisa menyaksikan turnamen MPL ID Season 2 di Facebook Page resmi Mobile Legends Bang Bang Indonesia.

Baca juga:  Apa itu CS:GO?
3

MPL ID Season 3

Regular Season Mobile Legends Professional League Indonesia Season 3 dimulai sejak 16 Februari hingga 31 Maret 2019. Sebanyak 12 tim terbaik dari seluruh Indonesia bertanding untuk memperebutkan gelar juara yang saat ini dipegang oleh PSG.RRQ.

Regular Season MPL ID Season 3 dimainkan dengan format berbeda dari Season sebelumnya, dimana semua tim akan bertemu dan bertanding satu sama lain sebanyak sekali.

Tiap pertandingan dimainkan dengan format best of 3. Setelah bertanding, tiap tim akan mendapatkan 3 poin jika berhasil menang dengan skor 2-0, 2 poin jika berhasil menang 2-1, dan 1 poin jika kalah.

Setelah Regular Season berakhir, delapan tim dengan perolehan poin tertinggi berhak maju ke babak berikutnya dan memperebutkan hadiah utama dari MPL ID Season 3.

Berbeda dengan Season sebelumnya, MPL ID Season 3 yang diselenggarakan ini diikuti oleh 6 tim undangan, dan 6 tim sisanya adalah tim yang lolos dari babak kualifikasi.

Adapun 12 tim tersebut adalah PSG.RRQ, EVOS Esports, Saints Indo, Louvre, Onic Esports, Aerowolf Roxy, Aura Esports, Bigetron Esports, Star8 Esports, The Prime, SFI Critical, dan Alter Ego.

4

MPL ID Season 4

Beberapa pekan lalu, dunia esports Mobile Legends diramaikan dengan berita mengenai sistem franchise league yang akan diterapkan Moonton untuk Mobile Legends Professional League Indonesia Season 4.

Sebelumnya Moonton merahasiakan nama-nama tim yang berpartisipasi dalam MPL ID Season 4 ini. Pihak tim juga menutup mulut terkait keikutsertaannya di Season 4 ini. Yang ada hanya spekulasi serta prediksi dari kabar burung yang beredar di publik.

Namun, pada akhirnya terungkaplah 8 tim yang dipastikan mengikuti kejuaraan terakbar Mobile Legends di Indonesia. Delapan tim tersebut, tidak lain adalah Aura, Alter Ego, Bigetron Esports, EVOS Esports, Geek Fam, Genflix Aerowolf, ONIC Esports, dan RRQ.

Kedelapan tim tersebut akan berlaga di MPL ID Season 4 yang berlangsung mulai dari 23 Agustus hingga 27 Oktober 2019. Indonesia juga disebutkan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menyelenggarakan turnamen dengan sistem franchise league.

Sistem ini diyakini menyehatkan dan memberikan stabilitas pada ekosistem esports, terutama pada para atlet untuk mendapatkan jaminan dalam bentuk gaji dan tunjangan. Begitu pun aliran pendapatan baru dalam bentuk kesepakatan hak siar media, sponsor, dan in-game monetization.

(Disunting oleh Satya Kevino)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here