Apa Itu Third Person Shooter atau TPS?

0
36
apa itu third person shooter adalah

Ada berbagai macam genre video games yang dapat dimainkan, baik melalui console, komputer maupun mobile phone. Salah satunya adalah genre Third Person Shooter yang biasa disingkat sebagai TPS.

Genre TPS cukup populer dan sangat digemari dalam gim shooter oleh pemain yang berupa 3D maupun 2D. Namun, terdapat beberapa pengguna yang tidak menyadari gim yang mereka mainkan dalam bentuk First Person Shooter atau Third Person Shooter.

Apakah kamu termasuk salah satunya? untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai apa itu Third Person Shooter, yuk simak artikel berikut ini.

Apa itu Third Person Shooter atau TPS?

ilustrasi Apa itu Third Person Shooter atau TPS dan First person shooter
Ilustrasi dari perspektif orang pertama dan ketiga

Third Person Shooter adalah salah satu subgenre action (shooter video game) menggunakan sudut pandang orang ketiga (third person perspektive) yang mana karakter utama (avatar) tampak di layar.

TPS memperlihatkan seluruh tubuh karakter, biasanya lebih ke bagian belakang dan area lebih luas. Sehingga gamer dapat melihat berbagai pergerakan dari karakter utama ketika menyelesaikan misi.

Gim TPS dapat dimainkan diberbagai perangkat tergantung dari pengembangnya. Namun secara kenyamanan, gim TPS lebih enak digunakan via PC atau Laptop yang mengontrol melalui keyboard.

Berbeda dengan First Person Shooter (FPS) yang menggunakan sudut pandang orang pertama, dimana hanya memperlihatkan senjata, equipment, tangan, atau kaki apabila kamu menggeserkan ke bawah pada mouse. Dengan kata lain, gim dilihat dari pandangan mata karakter.

Hal inilah yang menyebabkan gim FPS terasa lebih nyata dimainkan dibandingkan dengan TPS.

Jenis-jenis Kamera View dari Third Person

Berikut adalah 3 jenis kamera dari perspektif orang ketiga:

1. Fixed Camera

Kamera diatur tetap pada posisi tertentu dan gamer tidak akan bisa merubah posisi tersebut untuk mengikuti karakter, ibarat kamera CCTV yang berdiam pada posisinya.

Tujuannya untuk menghindari camera screw yang sering terjadi pada game TPS jaman dulu. Contoh gim yang menggunakan fixed camera yaitu Resident Evil 1 & 2, Devil May Cry, Final Fantasy X & X-2, dan banyak gim lainnya.

2. Tracking Camera

Pada penglihatan kamera ini mengikuti seluruh yang dilihat dari sudut pandang pihak ketiga dan pemain tidak dapat mengaturnya. Tampilannya pun lebih dekat dengan karakter. Contoh gim yang menggunakan tracking camera yakni Crash Bandicoot versi Original, karena versi terbaru telah mengadopsi interactive camera.

3. Interactive Camera

Kebalikan dari fixed camera, interactive camera dapat menyesuaikan dan diatur sesuai dengan kontrol gamer. Dengan begitu, kamu dapat mengatur jarak antara kamera dengan karakter dan melihat seluruh kondisi gim. Contoh yang menggunakan interactive camera sudah merambah ke berbagai gim TPS yakni Super Mario Sunshine 3D.

Unsur-Unsur yang Terdapat pada Third Person Shooter

Jika dilihat dari namanya, gim TPS memfokuskan pada unsur tembak menembak. Namun, terdapat unsur lain yang membuat gim ini lebih seru dan menantang seperti dibawah ini:

  • ParkourSelain tembak-menembak, terdapat TPS yang menggabungkan dengan parkour yaitu perpindahan berguling dan melompat. Kamu dapat melawan musuh dengan parkour sambil menembak. Contohnya, seperti Midnight Games.
  • Stroryline. Terdapat unsur cerita dalam gim TPS seperti harus membunuh musuh, zombie, dll. Adanya storyline membuat permainan semakin menantang untuk mencapai misi.
  • Mode Solo & Team. Tidak hanya dimainkan sendirian, TPS dapat dimainkan secara berkelompok. Free For All untuk mode solo dan Team Death Match untuk mode berkelompok yang biasanya terdiri dari 4 orang. Kedua mode tidak ada perbedaan, kalian harus dapat melawan musuh dengan jumlah kill yang banyak. Jika karakter mati, maka akan respawn.
  • Fitur Map. Adanya map untuk melihat area permainan dan membuat gim tidak membosankan berada ditempat yang sama.

Perbedaan First Person Shooter dan Third Person Shooter

Perbedaan First Person Shooter dan Third Person Shooter

Berikut ini adalah tabel perbedaan antara FPS dan TPS:

Aspek Perbandingan FPS TPS
Viewpoint
  • Sudut pandang orang pertama
  • Hanya dapat melihat pandangan yang dilihat didepannya dan tidak dapat melihat kondisi sekitar secara luas, Jika ingin melihat sekitar maka pandangan harus diubah
  • Sudut pandang orang ketiga
  • Dapat melihat seluruh kondisi sekitar karakter baik dari depan, belakang, bawah, dan atas seperti view mata kamera. Sehingga lebih leluasa untuk mengatur strategi dalam memainkan gim
Akurasi menembak Akurasi lebih tinggi karena pemain dapat merasakan bermain game langsung terutama menggunakan Virtual Reality. Akurasi lebih rendah karena bisa saja saat menjalankan misi tembakan melesat akibat tidak dekat dengan sudut pandangan pribadi
Ketangkasan menyerang
  • Lebih mudah menyerang lawan
  • Pengguna akan merasa menjadi pemain utama karakter karena menggunakan sudut pandang orang pertama
  • Lebih sulit untuk melakukan serangan
  • Pengguna harus mengontrol seluruh yang ada dalam karakter
Kontrol Rumit dan menantang Lebih sederhana untuk mengontrol
Penglihatan Narrow view Wide view
Kesadaran karakter dan kondisi sekitar Sedikit sulit karena pandangan yang terbatas Lebih tinggi karena pandangan lebih luas
Angle kamera
  • Sulit untuk memperkirakan jarak saat melompat
  • Misalnya, ketika melompati antar gedung, ketepatan rendah
  • Terdapat Kecerdasan Buatan untuk mengatasi jarak ketika dekat dengan objek
  • Pengguna lebih mudah memperkirakan untuk melompati suatu tantangan

Gim Third Person Shooter Zaman Dahulu

Pada awal tahun 1960-an, secara teknikal terdapat beberapa gim yang telah mengusung konsep TPS. Baik berbentuk 2D maupun 3D.

Poin utama dasarnya ialah ketika gim memperlihatkan hampir keseluruhan karakter utama dan camera view, sudah dapat disebut sebagai genre TPS.

Misalnya pada gim klasik 2D seperti “Dating Back to Spacewar (1962)”, “Computer Space (1971)” dan “Galaxy Game (1971)” yang menerapkan perspektif orang ketiga.

Syphon Filter (1999) dikembangkan oleh Bend Studio yang menerapkan perspektif Tomb Raider tidak hanya fokus pada tembak-menembak saja, tetapi terdapat tambahan unsur action dengan menggabungkan eksplorasi 3D, platforming dan penyelesaian teka-teki seperti antara “GoldenEye 007 (1997)” dan “Metal Gear Solid (1998)”. Karena inilah, konsepnya menjadi populer dan menjadi template untuk gim mendatang hingga sekarang.

Gim Third Person Shooter Zaman Now

Tom Clancy’s the Division 2 (2019) merupakan gim RPG TPS yang diluncurkan pada perangkat Microsoft Windows, PS4, Xbox One dan Google Stadia. Berbagai macam persenjataan canggih ditiap levelnya dengan kombinasi cerita Washington masa depan usai terjadinya wabah.

Terdapat juga World War Z (2019), gameplay satu tim yang terdiri dari 4 orang untuk bekerjasama menyelamatkan warga sipil yang masih hidup dan menyerang para zombie yang telah merambah ke berbagai kota New York, Moskow, Yerussalem, Sidney dan Tokyo. Sehingga tidak hanya unsur shooting saja, namun terdapat misi pada jalan cerita gim.

Hampir seluruh gim TPS zaman now, menerapkan kombinasi cerita, misi, dan tantangan yang harus diselesaikan untuk naik level lebih tinggi.

Bahkan, terdapat gim yang tidak hanya bergenre salah satunya, FPS atau TPS saja. Namun, ada juga yang mengkombinasikan kedua genre.

Apakah Second Person Shooter ada?

Umumnya kita hanya mengenal Third Person Shooter dan First Person Shooter, benar?

Jika ada orang pertama dan ketiga, tentu terdapat orang kedua. Lalu apakah genre Second Person Shooter (SPS) ada? Yup!, genre ini ada pada gim Siren di PS2. Dimana pemain harus bermain melalui sudut pandang musuh atau orang kedua.

Genre SPS sangat langka karena aneh jika diterapkan pada gim. Sistemnya kurang masuk akal ketika harus melihat pergerakan karakter utama dari pandangan musuh gim.

Kesimpulan

Third Person Shooter memiliki pandangan perspektif dari orang ketiga. Kamu dapat mengontrol karakter dan melihat seluruh kondisi lingkungan, bagaimana musuh bersembunyi disekitar sehingga dapat mengetahui lawan.