Apa Itu Game Visual Novel?

1295
Apa itu Visual Novel
Sumber: GameZeRO

Istilah Visual Novel mungkin sudah tidak asing lagi bagi beberapa orang seperti gamers, wibu, anime lovers maupun pecinta film. Namun, untuk kamu yang masih belum tahu apa itu Visual Novel, maka di sini kamu akan mendapatkan jawabannya!

Menjabarkan Apa Itu Visual Novel

Visual menurut KBBI diartikan dengan “dapat dilihat dengan indra penglihatan (mata)” sedangkan Novel ialah “karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku”.

Berdasarkan pemahaman di atas, maka kita sudah bisa mulai menerka apa itu Visual Novel.

Visual Novel adalah salah satu jenis atau genre video game yang berfokus pada aspek interaksi fiksi, di mana umumnya pemain sebagai salah satu karakter dalam game akan menyelesaikan misi, menjawab pertanyaan, berbincang dengan karakter lain, memecahkan masalah, dan termasuk di dalamnya mengikuti perkembangan cerita dari Visual Novel tersebut hingga tamat.

Game Visual Novel ini pun bisa dijumpai di berbagai platform, mulai dari PC, smartphone, hingga konsol, seperti PSP.

Dalam Visual Novel juga memiliki terdapat berbagai macam subgenre seperti kategori novel, yaitu drama, horor, romance, dewasa, hingga RPG.

Tidak jarang kita menemukan anime-anime populer yang kemudian diadaptasi menjadi sebuah visual novel atau sebaliknya.

Hal itulah yang mendasari game pada Visual Novel kebanyakan berbahasa dan bertemakan ‘Jejepangan’. Nah, selain membahas apa itu Visual Novel, selanjutnya kita akan berikan beberapa contoh dari game Visual Novel.

Contoh Game Visual Novel

Ingin mencoba memainkan game Visual Novel dari tayangan anime favoritmu? Berikut adalah beberapa rekomendasinya! Yuk disimak.

Fate Stay Night

Apa itu Visual Novel. Fate Stay Night
Sumber: Netflix

Fate Stay Night merupakan sebuah game Visual Novel Jepang yang dikembangkan oleh Type-Moon dengan bergenre dewasa yang rilis 30 Januari 2004 untuk Windows.

Game ini menampilkan aktor suara Jepang dari serial anime untuk usia 15 tahun ke atas dengan judul Fate Stay Night Realta Nua.

Alur pada Fate Stay Night menceritakan tentang Shiro Emiya yang merupakan seorang remaja pekerja keras dan jujur yang tidak mau mengikuti turnamen battle royale yang disebut dengan Perang Suci Kelima.

Dalam perang tersebut, para pejuang akan bertarung dengan sihir dan juga pahlawan berdasarkan dengan pusaka yang mereka miliki.

Game ini berfokus pada seorang penyihir bernama Shiro Emiya yang menjadi seorang pejuang dalam pertempuran antara Servant yang dikenal sebagai Perang Cawan Suci atau Holy Grail.

Shiro sendiri sudah terikat dengan seorang pahlawan wanita bernama Saber dan harus menghadapi musuh dalam perang. Game Visual Novel ini bisa dimainkan di PlayStation Vita, iOS, dan Android.

Danganronpa

Apa itu Visual Novel. Danganronpa
Sumber: danganronpa.com

Danganronpa merupakan game asal Jepang yang dibuat oleh Kazutaka Kodaka dan dikembangkan sekaligus dimiliki oleh Spike Chunsoft yang sebelumnya bernama Spike.

Skenario pada Danganropa ditulis oleh Kodaka dengan tujuan membuat game petualangan yang gelap (dark adventure game). Namun skenario tersebut ditolak dikarenakan terlalu mengerikan untuk dimainkan.

Setelah melakukan retooring atau memperlengkapi kembali, konsep pada Danganropa akhirnya disetujui. Selain game Danganropa juga terdapat manga, anime dan juga novel.

Serial ini bercerita tentang sekelompok siswa sekolah menengah yang dipaksa untuk saling membunuh oleh robot boneka beruang bernama Monokuma. Genre pada game Danganronpa merupakan Petualangan, Novel Visual dan Penembakan.

Serial dari Danganronpa menjadi salah satu game yang memiliki ulasan positif dari berbagai kritikus mengenai serial Danganronpa. Pada tahun 2021, serial Danganronpa telah mencapai 5 juta kopi yang terjual di seluruh dunia.

Seri Visual Novel Danganronpa dapat dimainkan di berbagai macam platform. Mulai dari PlayStation Portable, Android, iOS, PlayStation Vita, Windows, OS X, Linux, PlayStation 4, Nintendo Switch hingga Xbox One.

Corpse Party

Apa Itu Visual Novel. Corpse Party
Sumber: Inverse

Corpse Party merupakan serial game bergenre survival horror dan petualangan. Game ini diciptakan oleh Makoto Kedeoin lalu dikembangkan oleh GrisGris hingga sekarang.

Game Corpse Party dapat diunduh dengan berbagai platform seperti Microsoft Windows, Playstation 4, iOS, Android hingga berbagai macam platform lainnya.

Game ini menceritakan tentang sekelompok siswa sekolah menengah di Jepang yang sedang merayakan festival budaya di sekolah mereka yang tiba-tiba membawa mereka ke dimensi lain.

Karakter utama yang dapat dimainkan pada game Corpse Party ialah Satoshi Mochida yang merupakan seorang siswa yang baik namun memiliki sifat yang pengecut.

Namun selain Satoshi Mochida, ada tiga karakter lainnya yaitu Naomi Nakashima, Yoshiki Kishinuma dan juga Ayumi Shinozaki.

Clannad

Apa itu Visual Novel. Clannad
Sumber: Nintendo

Clannad merupakan serial anime yang diproduksi oleh Kyoto Animation yang didasarkan pada Visual Novel buatan KEY. Namun untuk game, KEY turut memegang andil sebagai pengembang dari Clannad.

Genre pada game Clannad merupakan Drama, Fantasi dan Romantis yang menceritakan tentang seorang siswa menengah atas kelas 3 bernama Tomoya Okazaki.

Karakter utama dalam Clannad ialah Tomoya Okazaki dan juga berbagai karakter lainnya seperti Furukawa Nagisa, Tomoya Sakagami, Kyou Fujibayashi, Kotomi Ichinose dan Fuko Ibuki.

Bagi Tomoya kehidupan cukup membosankan hingga pada akhirnya dia bertemu dengan Nagisa Fukurawa yang membuat hidupkan berubah drastis.

Tomoya mulai mengalami mimpi aneh yang dimana dia melihat seorang gadis yang selalu menyendiri. Gadis tersebut suka membuat boneka yang terbuat dari sampah dan barang bekas yang dia kumpulkan.

Game Clannad ini dapat diunduh melalui platform PC, PS2, SoftBank 3G, FOMA dan Xbox 360.

Steins; Gate

Apa itu Visual Novel. Steins Gate
Sumber: Nintendo

Steins Gate merupakan sebuah Visual Novel Jepang yang dikembangkan oleh 5pb dan Nitropus. Steins Gate dirilis pada 15 Oktober 2009 untuk platform Xbox 360.

Perancang dari Steins Gate ialah Chiyomaru Shikura, Naotaka Hayashi dan Vio Shimokura dengan genre Fiksi Ilmiah, Misteri dan juga roman.

Cara bermain dari Steins Gate yaitu pemain tidak perlu terlalu banyak berinteraksi dengan pemain lainnya. Hal itu disebabkan sebagian besar waktu dari pemain akan dihabiskan untuk membaca teks yang muncul pada layar.

Seperti pada Visual Novel lainnya, pemain Steins Gate akan diberi pilihan yang akan mempengaruhi perkembangan dan juga cerita pada game.

Game Steins Gate dapat diunduh dibeberapa platform seperti Xbox 360, Windows, PSP, iOS, PlayStation 4, PlayStation Vita dan juga Android.


Itulah penjelasan mengenai apa itu Visual Novel dan juga beberapa contoh game dari Visual Novel. Dari beberapa game Visual Novel tersebut, game mana yang akan menjadi pilihan kalian untuk mulai dalam bermain?

banner iklan esportsnesia