EVOS LJ, Bapak Khufra Legends yang Juara MPL 4 Kali

0
131
EVOS LJ
LJ bergabung bersama EVOS Legends demi langkah baru untuk keluar dari zona nyaman.
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Dijuluki sebagai Legends, EVOS LJ memang sudah dikenal sebagai salah satu pemain Mobile Legends yang sangat berbakat. Julukan tersebut memang layak disematkan kepada dirinya yang sudah bermain di pro scene Mobile Legends.

Ia sudah bermain bersama Lemon dan kawan-kawan sebagai pemain MLBB generasi pertama yang aktif sampai sekarang.

Namanya masih dikenal sebagai pemain veteran yang aktif bergabung dalam tim besar. Ia sudah menjuarai MPL Indonesia Season 1 bersama dengan tim NXL. Sebelum bergabung dengan EVOS, LJ sempat beberapa kali berpindah ke tim-tim esports lain.

Namun sebelum singgah di EVOS, ternyata ia pernah diajak bergabung dengan EVOS Esports saat awal MPL Season 3. Saat itu LJ memikirkan dua kali tawaran tersebut karena ia harus memilih untuk tetap menetap di Aerowolf atau pindah ke EVOS. Pasalnya, di dalam tim Aerowolf Roxy terdapat rekan seperjuangannya dalam MLBB, yakni Billy dan Rave.

Setelah memikirkannya secara matang, ia memutuskan untuk menolak tawaran EVOS. LJ saat itu merasa tim Aerowolf masih kuat bersama Billy dan Rave. Keputusan ini dapat disebut sebagai keputusan yang tepat karena jika ia bergabung dengan EVOS, ia tidak akan mendapatkan kesempatan bergabung dengan RRQ.

EVOS LJ menggunakan role tank yang berfungsi sebagai tameng dari serangan lawan. Dalam role ini sudah dikenal sebagai salah tanker yang memiliki skill di atas rata-rata. Ia mampu mendapatkan gelar juara secara istimewa melalui kemampuannya menggunakan hero-hero tank dan disebut sebagai salah satu tanker terbaik di Indonesia.

Profil EVOS LJ #1: Mencoba Keluar dari Zona Nyaman

RRQ LJ
LJ bersama RRQ berhasil mencetak prestasi dalam gelaran MLBB di Indonesia.

Pemain bernama lengkap Joshua Darmansyah ini sudah berkecimpung di dunia game sejak SD. Ia sudah gemar bermain game sejak kelas 5 SD, tetapi saat itu ia masih fokus sekolah sehingga tidak terlalu mendalaminya. Ia mulai serius bermain game dengan terjun ke arena kompetitif pada tahun 2017 sebagai pemain Mobile Legends: Bang Bang.

Ia bergabung dengan tim NXL yang kemudian pindah ke Aerowolf dan RRQ Esports. Di RRQ ia berhasil mendapatkan juara MPL Season 5 dan 6. Kepindahan LJ dari RRQ ke EVOS Esports sudah diprediksi oleh para penggemar karena ia sudah beberapa kali absen dari aktivitas RRQ.

Menyusul kepindahannya ke EVOS, harga transfer LJ ke tim harimau putih tersebut terkuak dengan harga fantastis. LJ disebut ditransfer harga transfer sebesar 2 miliar rupiah. Mengingat prestasinya di tim sebelumnya, harga tersebut cukup wajar meski terbilang sangat fantastis.

LJ
LJ memutuskan untuk bergabung dengan EVOS Esports.

Meski mendapat harga transfer yang tinggi, EVOS LJ mengaku ia cukup berat meninggalkan RRQ. Lewat video yang diunggah di kanal YouTube-nya, LJ, dirinya mengungkapkan alasannyna pergi dari RRQ Hoshi. Ia menjelaskan, meski keputusannya berat, ia yakin hengkangnya dirinya dari RRQ juga merupakan keputusan terbaik karena ia ingin keluar dari zona nyaman dan mencari pengalaman baru.

Memegang role sebagai tanker, EVOS LJ juga mendapatkan julukan sebagai Bapak Khufra Indonesia karena ia sangat mahir menggunakan hero tank Mobile Legends, Khufra. Selain itu, ia juga mendapatkan julukan Wakanda karena ia dinilai mirip dengan pemeran utama film Black Panther.

Banyak yang mengira EVOS LJ berasal dari Indonesia Timur. Namun, ternyata ia merupakan anak laki-laki keturunan Indonesia-Afrika Amerika yang lahir di Jakarta. Ayah LJ berasal dari Amerika Serikat sedangkan ibu LJ merupakan warga negara Indonesia.

Profil EVOS LJ #2: Toreh Prestasi Juara MPL 4 Kali di Tim yang Berbeda

EVOS LJ
EVOS LJ debut di EVOS Legends pada MPL ID Season 7.

Mengingat LJ yang hampir debut di EVOS dan berasal dari tim rival, aksi LJ sangat dinantikan oleh penggemar Mobile Legends. Apalagi EVOS telah ditinggal oleh Yurino “Donkey”, sang tanker tangguh andalan EVOS. Pada MPL Season 7 lalu, ia mencetak rekor baru di dunia Mobile Legends Indonesia.

Kemenangan EVOS pada MPL Indonesia Season 7 lalu menjadikan LJJ mendapatkan gelar juara MPL Indonesia keempat kalinya. Prestasi gemilang itu berhasil ditorehkan LJ, menariknya lagi, ia menjadi satu-satunya pro player MLBB yang berhasil menorehkan catatan juara tersebut. Tidak ada yang menyangka ia berhasil menjadi juara keempat kalinya, bahkan oleh dirinya sendiri.

“Gue beruntung juga punya coach, punya tim, punya teman-teman seperti mereka,” ucap EVOS LJ dikutip dari Games Grid. LJ tercatat berhasil menjuarai MPL Indonesia Season 1 bersama NXL setelah menaklukkan EVOS dengan skor 3-2. Kemenangan selanjutnya berhasil ia raih bersama RRQ di MPL Indonesia Season 5.

EVOS LJ
EVOS LJ mencetak rekor sebagai pro player yang berhasil juara MPL sebanyak empat kali dengan tim yang berbeda-beda.

Di MPL Indonesia Season 5, RRQ kembali berhadapan dengan EVOS Esports di babak final dan meraih kemenangan dengan skor 3-2. Ia kembali mendapatkan juara gelar ketiga bersama RRQ di MPL Indonesia Season 6 setelah melawan sengit Alter Ego dengan skor 3-2. Gelar keempatnya baru saja disematkan setelah ia bergabung dengan EVOS Legends.

Rekor ini masih menjadi catatan panjang perjalanan LJ di skena kompetitif Mobile Legends. Tanker andalan tim hebat ini masih saja bisa mencetak rekor baru ke depannya. Kembali menjuarai MPL Indonesia Season 7, EVOS LJ bersama EVOS Legends dan BTR akan mewakili Indonesia di turnamen internasional, MSC 2021.

Prestasi yang berhasil didapatkan EVOS LJ di antaranya adalah:

  • juara pertama MPL Indonesia Season 1,
  • juara pertama MPL Indonesia Season 5,
  • juara pertama MPL Indonesia Season 6,
  • runner-up M1 World Cup Tournament,
  • juara pertama SEA Clash of Champions 2019,
  • juara pertama MSL Season 2,
  • juara ketiga Mobile Legends Southeast Asia Cup 2018,
  • juara pertama MLBB Series IPWC 2018,
  • juara pertama Mobile Legends Celebration Cup 2018, dan
  • runner-up Indonesia Games Championship serta masih banyak lainnya.

Profil EVOS LJ #3: Perjalanan yang Masih Panjang

EVOS LJ
Perjalanan EVOS LJ di pro scene MLBB Indonesia masih panjang.

Debut EVOS LJ di EVOS Legends mencatatkan prestasi baik dalam gelaran MPL Indonesia Season 7. Berkat kemenangan tersebut mereka mewakili Indonesia dalam turnamen Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) 2021. Turnamen ini merupakan turnamen MLBB tingkat internasional sekala Asia Tenggara.

Namun, MSC 2021 ini menjadi turnamen yang tidak memuaskan bagi Indonesia karena EVOS Legends dan Bigetron Alpha gagal masuk ke final. EVOS Legends harus menelan pil pahit saat langkah mereka terhenti di final lower bracket saat melawan Execration. EVOS kalah dengan skor 3-1.

Terdapat kendala kesalahan teknis di game pertama sekaligus tim lawan menunjukkan gameplay yang sangat hebat. Salah satu pemain yang sangat merepotkan EVOS adalah Ch4knu, tanker dari Execration yang memperlihatkan rotasi yang sangat baik. Ia menunjukkan versatilitasnya dalam menggunakan pure tank dan roamer support sangat spesial.

EVOS LJ sebagai tanker EVOS menunjukkan kekecewaannya karena kekalahan tersebut. ia sempat curhat kepada penggemarnya di live streaming setelah kekalahan. Ia berharap bisa mem-ban Grock milik Ch4knu karena tidak puas dengan hasilnya.

Meski ia sudah sering mendapatkan juara, ia tetap sedih karena hasilnya yang buruk dan merasa perjuangannya seperti sia-sia belaka. Padahal, EVOS LJ dikenal sebagai pemain Grock yang handal. Ia sempat masuk dalam supreme Grock dan memakainya saat META.

Mengalami kegagalan tersebut tentunya tidak membuat EVOS LJ berkecil hati. Ia akan tetap menunjukkan permainan terbaiknya bersama tim dalam kejuaraan selanjutnya. LJ telah masuk dalam line-up resmi EVOS Legends untuk turnamen MPL Indonesia Season 8.

Media Partnership