6 Fakta Majelis Nurul Legend: Tim Viral Besutan Abi Azkakia

1513
Majelis Nurul Legend
Sumber: Youtube Jonathan Liandi

Kata Majelis Nurul Legend belakangan ini banyak diperbincangkan oleh banyak netizen di Tiktok karena kreativitas seorang ustaz yang menghadirkan nuansa dakwah di platform Mobile Legends

Pendakwah yang menghadirkan vibes baru dalam permainan mobile legend dengan nama tim Majelis Nurul Legend, yaitu adalah ustaz Abi Azkakia

Ia menggunakan dakwah dengan metode esports agar lebih dekat dengan para pemuda yang dinilai kerap kali melontarkan kata kasar saat sedang bermain game.

Atas keunikan cara dakwahnya ini, ustaz Abi Azkakia berkesempatan untuk hadir sebagai bintang tamu dalam segmen Empetalk oleh YouTube Jonathan Liandi untuk bercerita asal mula viralnya jamaah Majelis Nurul Legend ini.

Lantas, apa saja yang memotivasi ustadz Abi Azkakia untuk memilih berdakwah di platform Mobile Legends dan membentuk jamaah Majelis Nurul Legend yang kini viral di TikTok?

Yuk simak fakta-faktanya pada artikel di bawah ini!

Fakta-Fakta Jamaah Majelis Nurul Legend yang Viral di Tiktok

Saat berdakwah, tentu setiap ustaz atau guru membutuhkan metode untuk membuat orang mendengarkan ajaran yang hendak disampaikan, begitu pula dengan Abi Azkakia.

Abi Azkakia belakangan ini dikenal sebagai salah satu streamer TikTok yang memilih jalan berdakwah melalui Mobile Legends agar ajaran islam menjadi lebih mudah untuk diterima para pendengarnya. Terutama adab dan cara bertutur kata yang baik.

Namun bagaimana perjalanan karirnya hingga ia berhasil membentuk jamaah Majelis Nurul Legend yang kini banyak diminati oleh para anak muda? Ini dia penjabarannya!

1. Tahun 2017: Ustaz Abi Azkakia Pertama Kali Terjun ke Dunia Mobile Legends

Majelis Nurul Legend
Sumber: Instagram (@abi_azkakia)

Jauh sebelum terbentuk jamaah Majelis Nurul Legend, ustadz Abi Azkakia bahkan tidak mengetahui sama sekali seperti apa permainan Mobile Legend itu. 

Awalnya, ia hanya melihat seorang muridnya bermain game tersebut dan mulai mencoba juga memainkannya. Ketika pertama kali bermain Mobile Legends, ustaz Abi hanya bisa menggunakan hero seperti Lancelot saja.

Namun, ketika sedang asyik bermain game, ada muridnya yang keceplosan menggunakan kata kotor dan kemudian ia sadari hal ini sangat lumrah terjadi di dalam permainan tersebut, terlebih jika kesal ataupun kalah.

Hal inilah yang membuat ustaz Abi memiliki keinginan pertama kali untuk mengurangi kata-kata kotor yang dilontarkan oleh anak-anak ataupun para pengguna di dalam game agar menjadi pribadi lebih sopan dan beradab bahkan di dalam permainan sekalipun.

2. Iba dengan Anak-Anak yang Ikut-ikutan Berkata Kotor di Dalam Game

Majelis Nurul Legend
Sumber: Instagram (@abi_azkakia)

Ustaz Abi yang merasa iba dengan banyaknya player yang ternyata masih anak-anak namun sangat mudah berkata kasar ini membuatnya merasa Mobile Legends dapat menjadi ladang yang tepat untuk menyampaikan kebaikan.

Sebab dikhawatirkan, mereka belum bisa mengelola informasi yang benar dan salah sehingga bisa saja menyebutkan kata kotor tersebut dengan mudah kepada orang lain saat berada di dunia nyata.

Ia sangat yakin, setidaknya jika tidak bisa menghilangkan kata-kata kotor yang sering diucapkan oleh para player saat bermain, setidaknya hal tersebut dapat dikurangi.

Sebab, kata-kata kotor yang otomatis terucap menurutnya hanya akan terjadi jika orang tersebut telah terbiasa mengatakannya.

3. Mulai Berani Live Streaming dan Membentuk Jamaah Majelis Nurul Legend

Ustaz Abi Azkakia yang sebelumnya memang sudah aktif berdakwah lewat platform TikTok ini mulai diketahui oleh para pendengarnya suka bermain Mobile Legends.

Awalnya ia memiliki akun TikTok pertama yang murni untuk dakwah serius, namun entah kenapa di-ban permanen oleh pihak platform tersebut. 

Lalu ia kembali membangun akun Tiktok keduanya dengan nuansa yang lebih cerah yaitu dakwah dengan sedikit lawakan agar pesannya tetap dapat tersampaikan dengan baik oleh para penggemarnya.

Oleh sebab itu, para netizen banyak yang meminta ustadz Abi untuk melakukan dakwah lewat streaming Mobile Legends. Permintaan itu akhirnya ia setujui karena menurutnya juga tidak ada ruginya.

Ia juga mulai rutin mengadakan streaming saat bermain Mobile Legends yang para viewers-nya menyebut diri mereka sebagai jamaah gaming dan jika berkumpul disebut sebagai Majelis Nurul Legend hingga hari ini.

4. Menanamkan Nilai Islam dengan Cara yang Lebih Menyenangkan

MAJELIS NURUL LEGEND
Sumber: Youtube Jonathan Liandi

Ustaz Abi sangat paham jika para penonton streaming-nya sebagian besar adalah remaja dan anak-anak. Jadi, dakwah yang disampaikan harus dengan cara yang lebih menyenangkan agar nilainya bisa sampai dengan baik kepada mereka.

Hal inilah yang membuat ustaz Abi melakukan beberapa hal unik dan jenaka salah satunya dengan mengubah istilah-istilah di dalam game Mobile Legends menjadi lebih islami agar mudah masuk ke dalam pemikiran anak-anak.

Mulai dari Turret musuh yang diubah namanya menjadi “berhala” dengan latar belakang kisah nabi Ibrahim, ataupun hero Aurora yang diganti sebutannya dengan “Siti Arofah”.

Aurora yang disebut sebagai Siti Arofah ini adalah hero yang paling sering digunakan oleh ustaz Abi saat bermain dan streaming karena power utamanya adalah melempar batu selayaknya kegiatan jumrah yang dilakukan saat haji di Arofah.

5. Menanamkan Kata “Masya Allah” kepada Jamaah Majelis Nurul Legend untuk Mengganti Kata-kata Kasar

Salah satu ciri khas yang dibawa oleh ustaz Abi Azkakia kepada jamaah Majelis Nurul Legend ini yaitu adalah dengan mengajak para viewers untuk mengetik “Masya Allah saat menghancurkan berhala musuh (Turret).

Ia mengajak para viewers untuk mengetik Masya Allah saat sedang live agar banyak orang mulai terbiasa untuk berbicara hal yang baik. 

Tidak hanya itu saja, cara ini juga dilakukan sekaligus agar malaikat memberkati dan memberikan rahmat orang-orang yang sedang berkumpul dalam streaming tersebut.

Dengan hal inilah ustaz Abi Azkakia mencoba berdakwah dan menyampaikan kebaikan kepada para jamaah Majelis Nurul Legend melalui cara yang berbeda, agar semakin ramai dan semakin banyak orang yang menerima pesan baiknya.

6. Menghindari Bahasan Dajjal sebagai Bahan Bercanda

Terakhir, ustaz Abi Azkakia sangat menghindari pertanyaan jamaah Majelis Nurul Legend terkait masalah dajjal. Sebab bagi dirinya, dajjal merupakan sebuah urusan yang sangat besar dan tidak bisa dijadikan sebagai bahan bercandaan.

Biasanya saat sedang streaming, ustaz Abi Azkakia akan menjawab pertanyaan-pertanyaan lucu dari para viewers dengan cara yang tidak kalah jenaka. 

Hal inilah yang membuatnya menghindari pertanyaan mengenai dajjal karena khawatir secara tidak sadar malah akan dijadikan bahan bercanda dalam forum tersebut.

Menurutnya, tidak ada yang salah dengan seseorang yang bermain game, baik itu datang dari latar belakang apapun, hanya saja ia selalu berpesan agar tidak lupa waktu sehingga membuat malas ataupun mudah mengeluarkan kata kotor.


Demikianlah 6 fakta mengenai Majelis Nurul Legend yang belakangan ini sangat viral di TikTok karena dibentuk oleh seorang pendakwah yaitu ustaz Abi Azkakia untuk menyampaikan kebaikan.

Jika kamu tertarik untuk mencari tahu siapa sebenarnya jamaah Majelis Nurul Legend dan ustaz Abi Azkakia, maka kamu dapat mem-follow akun Instagram (@abi_azkakia) dan TikTok miliknya di @abiazkakiaa.