4 Fakta Omega Esports yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

2839
Tim Omega Esports Filipina
Facebook: Omega Esports

Omega Esports atau yang juga dikenal dengan nama Smart Omega merupakan sebuah organisasi esports yang berbasis di Filipina. Omega Esports terbentuk pada Juli 2022 dan didukung oleh Smart Communications, Inc. yang juga berasal dari Filipina.

Beberapa turnamen game yang diikuti oleh Omega Esports ini antara lain Mobile Legends: Bang Bang (kejuaraan pria dan wanita), Call of Duty: Mobile (CODM), dan Tekken 7.

Meskipun menjadi salah satu tim esports paling anyar, faktanya ada beberapa hal menarik terkait Omega Esports yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Penasaran fakta apakah itu? Simak artikel seputar Omega Esports berikut ini!

Fakta Omega Esports #1 – Mengalami Banyak Perubahan Roster

Omega Esports
Instagram: @omegaesportsph

Meskipun sempat beberapa kali mengalami perombakan roster, saat ini Omega Esports memiliki total delapan anggota active squad yang seluruh pemainnya berasal dari Filipina.

Dilansir dari liquipedia.net, berikut adalah daftar delapan player Omega Esports:

  1. Renz “Renzio” Errol Salonga Cadua,
  2. Billy “Z4pnu” Jazha Alfonso,
  3. Kiel VJ “Kielvj” Cruzem,
  4. Dean “Raizen” Christian Sumagui,
  5. Patrick “E2MAX” James Caidic,
  6. Grant “Kelra” Duane Pillas,
  7. Joshua “Ch4knu” Mangilog,
  8. Mico “Mikko” Tabangay.

Penasaran siapa-siapa saja sih mereka ini? Nah, berikut adalah profil singkat para pro player di Omega Esports yang perlu kamu ketahui:

#1 Renz “Renzio” Errol Salonga Cadua

Omega Esports
Website: liquipedia.net

Renz “Renzio” Errol merupakan seorang pro player Mobile Legends: Bang Bang yang berasal dari Filipina. Saat ini Renzio bermain untuk Omega Esports dengan posisi EXP Lane.

Renzio bergabung ke dalam Omega Esports pada Juli 2021.Dirinya memiliki segudang pencapaian dalam turnamen esports. Renzio berhasil memenangkan MPL Philippines selama dua kali berturut-turut.

#2 Billy “Z4pnu” Jazha Alfonso

Omega Esports
Website: liquipedia.net

Billy Z4pnu Jazha Alfonso merupakan seorang pro player asal Filipina yang saat ini bermain bagi Omega Esports. Dia dan Renzio bergabung dengan Omega Esports pada Juli 2021 untuk posisi yang sama, yakni EXP Lane.

Z4pnu sebelumnya bermain untuk Execration sebelum akhirnya bergabung dengan Omega Esports. Dirinya juga memiliki banyak pencapaian pada turnamen nasional maupun internasional.

#3 Kiel VJ “Kielvj” Cruzem

Omega Esports
Website: liquipedia.net

Kiel VJ “Kielvj” Cruzem yang berasal dari Filipina adalah seorang pro player yang saat ini bermain untuk Omega Esports.

Kielvj bergabung dengan Omega Esports pada Juli 2021 untuk posisi Jungler. Kielvj juga pernah memenangkan MPL Philippines dua kali berturut-turut saat dirinya bermain bersama Sunsparks. Pemain kelahiran tahun 2004 ini memiliki satu signature hero, yakni Ling.

#4 Dean “Raizen” Christian Sumagui

Omega Esports
Website: liquipedia.net

Dean “Raizen” Christian Sumagui bergabung ke dalam Omega Esports pada tahun 2021 untuk posisi Jungler. Pro player asal Filipina ini telah banyak memenangkan turnamen maupun kejuaraan esports dengan perkiraan total kemenangan sebesar U$ 14.960.

Beberapa signature heroes yang biasa dia gunakan adalah Ling, Fanny, Lancelot, dan Hayabusa.

#5 Patrick “E2MAX” James Caidic

Omega Esports
Website: liquipedia.net

Patrick “E2MAX” James Caidic adalah seorang pro player asal Filipina yang saat ini bermain untuk Omega Esports. E2MAX bergabung dengan Omega Esports pada tahun 2021 untuk posisi Middle.

Player yang sudah banyak mengikuti turnamen ini memiliki perkiraan total kemenangan sebesar U$ 39.632 di mana dirinya memulai karir profesional di dunia esports pada tahun 2019.

#6 Grant “Kelra” Duane Pillas

Omega Esports
Website: liquipedia.net

Grant “Kelra” Duane Pillas asal Filipina menjadi salah satu squad active di Omega Esports. Kelra bergabung ke dalam Omega Esports pada tahun 2021 untuk posisi Gold Lane.

Player yang satu ini baru berusia 17 tahun, namun dirinya sudah membuktikan skill bermain di banyak turnamen dan kejuaraan esports tingkat nasional maupun internasional.

#7 Joshua “Ch4knu” Mangilog

Omega Esports
Website: liquipedia.net

Joshua “Ch4knu” Mangilog merupakan seorang pro player asal Filipina yang saat ini bermain untuk Omega Esports untuk posisi Roamer.

Sebelumnya C4knu bermain untuk Execration sebelum akhirnya bergabung dengan Omega Esports pada tahun 2021. Sejak memulai karir di dunia esports pada 2019, dirinya sudah banyak mengikuti kejuaraan esports baik nasional maupun internasional.

#8 Mico “Mikko” Tabangay

Omega Esports
Website: www.afkgaming.com

Mico “Mikko” Tabangay adalah seorang player asal Filipina yang saat ini bermain untuk Omega EsportsMikko baru saja bergabung dengan Omega Esports pada Juli 2022 lalu untuk posisi Roamer.

Pada tahun 2022, Mikko bersama dengan Omega Esports mengikuti SIBOL 2022 National Team Selection for 14th IESF yang diselenggarakan di Bali, Indonesia.

Fakta Omega Esports #2 – Pernah Dinobatkan Sebagai Kings of Garena

Omega Esports
Facebook: Omega Esports

Omega Esports yang sebelumnya bernama NRX Jeremiah 29:11 pernah dinobatkan sebagai Kings of Garena karena diangap menjadi salah satu tim terbaik dari Eastern hemisphere. Tetapi, gelar ini sempat direbut oleh Blacklist Ultimate.

Namun, dalam turnamen COD Mobile Garena Masters III yang baru-baru ini digelar, Omega Esports berjuang untuk mempertahankan gelar juaranya dengan bertanding melawan Blacklist Ultimate di mana Omega Esports berhasil mengamankan posisi mereka untuk masuk ke grand final.

Fakta Omega Esports #3 – Turnamen dalam 3 Tahun Terakhir

Omega Esports
Facebook: Omega Esports

Omega Esports yang bisa dibilang merupakan salah satu tim esports baru nyatanya sudah berhasil memenangkan beberapa turnamen esports. Sepanjang tahun 2020 hingga 2022, Omega Esports sudah mengikuti 10 turnamen dan berhasil membawa pulang hadiah hingga US$ 110.696.

Turnamen yang telah diikuti oleh Omega Esports dalam tiga tahun terakhir bisa dilihat dalam daftar berikut ini:

#1 MLBB Southeast Asia Cup 2022 (2022)

Dalam pertandingan terakhir, Omega Esports harus kembali berhadapan dengan RSG Philippines. Namun Omega Esports harus takluk dari RSG Philippines dengan skor akhir 2 : 3 hingga membuat Omega Esports hanya menempati posisi ketiga.

Namun dalam turnamen yang satu ini, Omega Esports berhasil masuk ke dalam jajaran A-Tier dan berhasil membawa pulang hadiah senilai US$  30.000

#2 MPL Philippines Season 9 (2022)

Pada MPL Philippines Season 9 berhadapan dengan RSG Philippines di mana Omega Esports menempati posisi kedua setelah skor akhir 1 : 4 menyatakan RSG Philippines sebagai pemenang pertama.

Dalam turnamen MPL Philippines Season 9Omega Esports membawa pulang hadiah senilai US$ 27.800 dan menempati jajaran peserta A-Tier.

#3 SIBOL 2022 National Team Selection for 31st Sea Games (2022)

Pada SIBOL 2022 National Team Selection for 31st Sea GamesOmega Esports yang bermain di lower bracket tidak dapat meneruskan perjuangannya setelah kalah 2 : 1 dari Nexplay Evos. Dalam turnamen ini, Omega Esports masuk ke dalam jajaran B-Tier.

#4 ONE Esports MPL Invitational 2021 (2021)

Dalam ONE Esports MPL Invitational 2021Omega Esports hanya bisa melaju hingga round 1 setelah kalah melawan ONIC Philippines dengan skor akhir 2 : 0.

Masuk ke dalam jajaran A-TierOmega Esports menempati posisi ke-14 namun tetap berhasil membawa pulang hadiah senilai US$ 1.000.

#5 MPL Philippines Season 8 (2021)

Pada MPL Philippines Season 8Omega Esports berhasil meraih hasil yang cukup memuaskan di mana mereka berhasil menempati posisi ketiga setelah bertanding melawan Blacklist International.

Skor akhir 1 : 3 menandai kemenangan Blacklist International atas Omega Esports. Namun, hal ini tidak lantas membuat Omega Esports kehilangan kesempatan membawa pulang hadiah, karena nyatanya hadiah senilai US$ 16.000 berhasil dibawa pulang oleh Omega Esports.

#6 Juicy Legends Tournament 2021 Q3 Pro Division (2021)

Omega Esports menjadi juara ketiga dalam Juicy Legends Tournament 2021 Q3 Pro  Division setelah bertanding melawan TNC Pro Team dalam lower bracket final dan melawan ArkAngel dalam upper bracket final.

Total prize pool yang diperebutkan dalam Juicy Legends kali ini adalah sebesar U$ 4.500 dan Omega Esports berhasil memenangkan hadiah sebesar US$ 396.

#7 MPL Philippines Season 7 (2021)

Dalam turnamen MPL Philippines Season 7Omega Esports yang masuk ke dalam jajaran A-Tier hanya mampu menempati posisi keenam setelah bertanding di dalam semifinal  upper bracket dan quarter finals di lower bracket.

Prize pool yang didistribusikan kepada para pemenang dalam turnamen ini adalah senilai US$ 120.000 di mana Omega Esports berhasil mendapatkan hadiah sebesar US$ 4.100.

#8 M2 World Championship (2021)

Turnamen M2 World Championship merupakan sebuah final event pada competitive season 2020 yang diselenggarakan oleh Moonton Games. Tim-tim yang bertanding dalam turnamen ini merupakan deretan tim terbaik dan berprestasi sepanjang tahun, termasuk Omega Esports.

Dalam turnamen kali ini, tim Omega Esports harus finish pada semifinal upper bracket setelah bertanding melawan RRQ Hiroshi dan pada quarter final di lower bracket melawan Alter Ego.

#9 – ONE Esports MPL Invitational 2020 (2020)

One Esports MPL Invitational atau disebut juga MPL Invitational merupakan sebuah turnamen Mobile Legends international yang diselenggarakan pada tahun 2020 oleh Moonton dan One Esports.

Dalam turnamen yang satu ini, Omega Esports yang masuk ke dalam grup B hanya mampu finish pada semifinal  upper bracket dan quarter finals di lower bracket.

#10 MPL Philippines Season 6 (2020)

MPL Phillippines yang juga dikenal sebagai MPL PH merupakan sebuah liga profesional di Filipina. Turnamen ini merupakan kompetisi utama yang diikuti oleh Omega Esports setelah terbentuk pada tahun 2020.

Tidak tanggung-tanggung, Omega Esports berhasil menempati posisi kedua setelah bertanding di final melawan Bren Esports dan berhasil membawa pulang hadiah sebesar US$ 22.000.

Fakta Omega Esports #4 – Daftar Pertandingan Mendatang

Omega Esports
Instagram: @omegaesportsph

Omega Esports saat ini sedang mengikuti liga MPL Philippines Season 10 – Regular Season yang juga populer dikenal sebagai MPL PH yang merupakan liga profesional di Filipina. Dalam sesi consecutive season ketiga, MPL PH mengadopsi sebuah sistem franchise.

Total prize pool yang didistribusikan kepada para pemain adalah sebesar US$ 150.000. Ada beberapa pertandingan yang akan diikuti oleh Omega Esports pada MPL PH S10: Regular Season yang terbagi ke dalam tiga matches sebagai berikut:

  • Omega Esports vs Echo (Bo3)
  • Omega Esports vs TNC Pro Team (Bo3)
  • Omega Esports vs Nexplay EVOS (Bo3)

Nah, itu tadi empat fakta dari Omega Esports yang mungkin belum kalian ketahui. Meskipun Omega Esports baru dibentuk akhir-akhir ini. Faktanya, squad yang satu ini sudah banyak menorehkan prestasi dalam kompetisi esports nasional maupun internasional. Kita doakan semoga Omega Esports semakin sukses ke depannya, ya!