Sere Kalina, Presenter yang Turut Membangun Garuda Wisnu Esports Academy

0
552
sere kalina
Sere Kalina presenter berprestasi Indonesia yang membangun tim esports.

Saat ini sudah banyak tim esports yang berlaga dalam turnamen esports. Kali ini bukan hanya pro player saja yang meramaikan kancah esports di Indonesia, tetapi dari kalangan influencer dan artis. Seperti Ariel NOAH dengan The Pillars Esports, Reza Arap dengan Morph Team, Rans Esports milik Raffi Ahmad, dan masih banyak lain.

Banyaknya artis dan influencer yang merambah ke esports juga dikarenakan semakin berkembangnya cabang olahraga prestasi itu. Hal itu juga didukung dengan pemain yang juga semakin beragam, mulai dari anak sekolahan, model, artis, dan banyak pemain lain dengan beragam latar belakang.

Itulah yang membuat Sere Kalina Florencia Sitorus, presenter dan model asal Indonesia yang juga akhirnya merambah ke esports. Ia sering bermain dan membagikan gameplay Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) di Instagramnya.

Profil Sere Kalina #1: Memulai Karier dari Kompetisi Kecantikan

presenter sere kalina
Sere Kalina mengawali karier dari ajang kecantikan GADIS Sampul dan Miss Indonesia 2015.

Sere Kalina, panggilan akrabnya, dikenal sebagai seorang presenter dan model. Ia merupakan jebolan finalis GADIS Sampul pada 2008 dan Miss Indonesia 2015 mewakili Provinsi Sumatera Utara. Dalam kompetisi Miss Indonesia ia berhasil masuk dalam 7 besar.

Prestasinya tidak berhenti di situ saja, ia juga memenangkan Fast Track untuk Best Catwalk dan meraih Miss Lifestyle dalam kompetisi tersebut. Sere sendiri sudah bercita-cita menjadi pembawa acara atau penyiar radio sejak SMP.  Ia juga kerap berlatih sebagai pembawa acara di kamarnya.

Meski namanya sudah santer terdengar sebagai menjadi presenter yang cukup diperhitungkan, ia sempat berkali-kali ditolak saat casting untuk menjadi presenter di program TV. Ia tidak menyerah dan akhirnya berhasil meraih cita-citanya menjadi seorang presenter.

Wajahnya beberapa kali menghiasi berbagai program televisi, seperti menjadi presenter Sasuke Ninja Warrior Indonesia 2017, Indonesian Idol 2018, dan Rising Star Indonesia 2019. Karena kegemarannya dengan Mobile Legends, Sere pernah menjadi co-host bersama Boy William dalam acara Esports Star Indonesia pada 2020 lalu.

Penggemar game yang lahir pada 19 Maret 1994 ini menempuh pendidikan di Universitas Bina Nusantara, dan lulus dari Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, jurusan Marketing Communication Broadcasting.

Sere juga sempat aktif sebagai foto model dan catwalk model. Ia pernah tampil dalam Jakarta Fashion Week beberapa kali. Juga menjadi foto model di untuk majalah, iklan, dan advertorial. Namun, semenjak aktif di bidang presenting, Sere Kalina membatasi diri untuk menerima tawaran menjadi model.

Dirinya juga berkeinginan merambah bidang akting dan ingin berkesempatan bermain dalam film bertemakan biografi. Sere juga bercita-cita untuk melanjutkan studi ke luar negeri dan mengincar beasiswa di jurusan Ilmu Sosial atau Antropologi.

Profil Sere Kalina #2: Mulai Menggemari Olahraga

Sere Kalina
Sejak menjadi presenter, Sere mulai menggemari olahraga seperti sepak bola dan juga menggemari esports.

Sere Kalina sebelumnya belum pernah menjejaki olahraga. Ia sendiri mengaku bukan fans olahraga. Namun, sejak 2015 ia sudah dipercaya menjadi presenter di dua program di salah satu stasiun televisi swasta. Salah satunya membahas tentang olahraga.

Menurutnya, itu adalah tantangan baru buat dirinya. Sere Kalina mempersiapkan diri dengan membaca berita olahraga, latihan membaca nama pemain dan klub yang sulit diucapkan, hingga menonton pertandingan olahraga agar dapat memahami olahraga lebih mendalam.

“Saya kebetulan bukan bukan fans olahraga. Saya mengambil kepercayaan ini untuk proses belajar,” ucap Sere dalam wawancaranya yang dilansir dari Femina.

Semenjak menjadi presenter olahraga, Sere Kalina mulai jatuh cinta dengan sepak bola. Awalnya ia bukanlah tipe orang yang benar-benar menggilai sepak bola. Ia mulai merasakan keseruan bermain sepak bola.

Dari situlah dirinya terbuka dengan olahraga yang juga menjadi kegemarannya. Tidak hanya berhenti di sepak bola, Sere Kalina bahkan gemar bermain game esports seperti Mobile Legends, PUBG, dan Call of Duty.

Gadis yang sempat dirumorkan dekat dengan Ariel NOAH itu juga gemar membagikan gameplay lewat Instagram @sere.kalina kepada 132 ribu pengikutnya. Dari situ ia mendapatkan berbagai respon apresiasi dari pengikutnya yang juga menggemari game.

Sere Kalina juga memiliki akun streaming di Nimo TV Mobile Legends dengan username sere.kalina. Akun tersebut saat ini diikuti 417 pengikut Nimo TV.

Sere Kalina juga pernah memeriahkan panggung esports dalam acara Esports Star Indonesia. Dalam turnamen tersebut, terdapat dua tim yakni Tim Boy yang diperkuat oleh Sarah Viloid, Anita JKT48, Vidi Aldiano, dan Joshua Suherman. Lalu ada tim Sere yang terdiri dari Sere Kalina, Brisia Jodie, Rigen, Aqsa Anwar, dan Ahmad Abdul. 

Profil Sere Kalina #3: Co-Founder Garuda Wisnu Esports Academy

co-founder garuda wisnu esports academy
Karena kecintaannya dengan esports, Sere Kalina menjadi co-founder tim esports Garuda Wisnu Esports Academy.

Dengan adanya celah untuk berkesempatan dalam bidang esports, Sere mendirikan Garuda Wisnu Esports Academy sejak 2019. Garuda Wisnu Esports Academy wadah bagi para pemain pemula yang hendak melangkahkan kakinya menuju skema esports profesional. Sere Kalina membangun komunitas game yang penting bagi para pemain.

Saat ini di Indonesia sudah banyak berdiri akademi esports yang melatih skill pemain muda. Garuda Wisnu Esports Academy terhitung baru dalam skema esports Indonesia dan baru berkembang. Mereka juga sering mengikuti berbagai turnamen skala kecil dan memiliki channel YouTube, Garuda Wisnu Esports Academy & Community.

Prestasi yang pernah berhasil diraih oleh Garuda Wisnu Esports Academy adalah juara Turnamen IVPL Rise Season 2020. Pada kompetisi itu, Garuda Wisnu bertemu dengan tim NGHE Boxer pada babak final. Garuda Wisnu berhasil menjadi pemenang dengan “Best of Three”, skor 2-1.

Prestasi lain yang berhasil diraih tim Mobile Legends GRDX adalah AVALON Mobile Legends Season 1 menempati juara 1 dan 3, juara 1 Pimp³³ Tourney Mobile Legends Season XXIII, Juara utama Alco Games Pre Tournament, juara pertama Vinz Organizer MLBB Online Tournament, dan runner-up Holy Darkness Tournament 5vs5 Season 1.

Garuda Wisnu Esports juga sering membuka berbagai posisi untuk pemain yang hendak mencicipi rasanya bermain profesional. Menariknya lagi, tim ini juga sering open scrim kepada komunitas lain. Open scrim ini nantinya juga akan diberikan peringkat bagi siapa yang memenangkannya, istilah lainnya adalah berlatih tanding.

Sere Kalina tidak hanya sekadar mengelola tim esports saja. Ia juga sering sekali mendukung para pemainnya dengan mengikuti dan menemani secara langsung turnamen mereka. Dukungan itu menjadi motivasi yang baik untuk para pemain.

Dirinya tidak menganggap diri sebagai pemilik tim, melainkan sebagai seorang partner yang membantu mereka untuk berkembang menjadi pro player yang hebat. Tentunya, juga untuk mengembangkan tim esports mereka untuk menjadi yang terbaik. Untuk berkontribusi dalam dunia esports, tidak hanya menjadi pro player saja.

Itulah profil singkat Sere Kalina, seorang presenter yang terjun membangun tim esports. Keterlibatan dari berbagai orang dapat membuat perkembangan esports menjadi lebih baik.

Tidak hanya menjadi pro player, menjadi manajemen yang baik untuk industri esports juga merupakan langkah yang baik untuk industri olahraga di Indonesia. Tertarik membangun komunitas esports dan membentuk tim?

Media Partnership