Sudah Kenal Belum dengan Kassandra? Salam Esports Influencer dari Medan!

0
133
Sudah Kenal Belum dengan Kassandra? Salam Esports Influencer dari Medan! | Esportsnesia.com

Siapa yang tidak kenal dengan Kassandra? Gadis muda berprestasi yang kini tengah menjadi brand ambassador dari Fantech dan MSI. Tidak hanya itu, Kassandra juga turut terlibat dalam hawa pertumbuhan esports di kota Medan.

Berbagai peranan untuk mendukung esports Indonesia, telah dilakukannya. Hal tersebut dapat terlihat jelas dari partisipasinya dalam kepengurusan IeSPA (Asosiasi Esports Indonesia) Sumut, hingga menjadi guest star ataupun master of ceremony di berbagai kegiatan esports kota Medan.

Kassandra si Gorgeous Sabun
Gorgeous Sabun

Penasaran dengan sosok jelita yang inspiratif ini? Yuk, kenalan dengan Kassandra.

Awal mula ketertarikan di dunia esports

Apa yang sudah diraih Kassandra saat ini tentu tidak lepas dari kebiasaan yang sudah dipupuk sejak dini. Menurut hasil wawancara Esportsnesia, Kassandra sudah menyukai bermain video game sejak usia dini, bermula dari zaman Nintendo, PlayStation, hingga game PC.

Di samping hobi bermain game, Kassandra juga memiliki kesenangan dengan cosplay. Dengan cosplay, Kassandra merasakan keasikan dalam memerankan berbagai karakter yang disukainya.

Pengalaman pertama Kassandra di dunia cosplay bermula dari kegiatan Festival Kebudayaan Jepang Bunkasai Universitas Sumatera Utara. Sejak dari sana, Kassandra pun sudah tidak asing lagi mengikuti perlombaan cosplay, seperti Anime Saiko 2018, yang turut berlomba dengan partisipan dari luar negeri.

Cosplay yang juga memiliki peranan tersendiri dalam industri esports, telah banyak membantu Kassandra untuk mengeksplorasi hal-hal yang memiliki relevansi dengan esports. Industri esports yang begitu luas pun perlahan-lahan ditelusurinya, seperti menjadi brand ambassador, shoutcaster, master of ceremony, serta pro gamer.

Dibekali dengan pengalaman industri yang kaya, Kassandra pun memberikan kembali apa yang dimilikinya melalui dukungannya kepada komunitas-komunitas esports yang ada di Medan, seperti Medan Gamers, Dota 2 Medan, dan juga Stream Gaming Community.

Menjadi brand ambassador

Berkegiatan di berbagai arena esports tentunya membawa Kassandra menjadi semakin dikenal di berbagai kalangan dari industri ini. Sebut saja, beberapa di antaranya adalah perusahaan yang memenuhi kebutuhan gaming para pemainnya.

MSI dan Fantech adalah 2 perusahaan yang pernah bekerja sama dengan Kassandra sebagai brand ambassador. Permulaan hubungan tersebut pun memiliki cerita yang menarik.

Untuk MSI, hal ini dimulai ketika diadakannya sebuah acara MSI store grand opening di kota Medan, khususnya di IT Garage Plaza Medan Fair. Di kala itu, Kassandra sempat berbincang-bincang dengan pihak MSI Jakarta, yang nantinya dilanjutkan dengan pihak MSI Taiwan.

Kassandra dan MSI Dragon Squad
Kassandra dan MSI Dragon Squad

Melalui diskusi yang produktif tersebut, dibarengi dengan track record yang dimiliki Kassandra selama ini di ranah esports; tercapailah sebuah kesepakatan dari kedua belah pihak. Kassandra pun resmi menjadi bagian dari MSI Dragon Squad hingga saat ini.

Hal yang sama juga berlaku dengan Fantech, dimana Kassandra yang sudah memiliki pamor di atmosfer esports kota Medan, telah berhasil mengantarnya untuk bertemu dengan pihak Fantech Medan.

Melalui rekomendasi dan perbincangan yang cukup lama, keduanya pun sepakat untuk bekerja sama, dan menjadikan Kassandra sebagai brand ambassador Fantech hingga saat ini.

Tidak jauh berbeda dengan khalayak brand ambassador dari industri lain, publikasi endorsement di akun media sosial pribadi pun sudah menjadi makanan sehari-hari.

Tantangan passion di esports

Dalam partisipasi Kassandra untuk membantu mengembangkan esports di kota Medan, Kassandra tidak memungkiri bahwa masih ada stigma negatif terhadap perkembangan esports.

Sekalipun industri esports telah mengalami pertumbuhan yang signifikan, seperti dengan adanya jenjang karir di esports dan publisitas yang fantastis; hal tersebut masih belum juga mampu mempenetrasi pikiran masyarakat umum terhadap potensi yang ada dalam industri esports.

Kendati demikian, kondisi tersebut tidak menyurutkan niat Kassandra untuk terus fokus di dunia esports ini. Menurutnya, tantangan tersebut dapat dihadapi dengan pembuktian akan berkegiatan yang positif dan berprestasi saja.

Kassandra sendiri pun pada hari ini telah mampu meyakini orang-orang di sekitarnya, khususnya keluarga, bahwa dengan kegiatannya yang berfokus di esports; Kassandra mampu menghasilkan dan membiayai dirinya sendiri.

Hal yang sungguh membanggakan, bukan?

Esports dan Medan

Terkait dengan perkembangan esports di kota Medan, Kassandra mengatakan bahwa dukungan IeSPA cukup signfikan.

Berkat adanya IeSPA yang berada di bawah naungan pemerintah, vendor yang ingin membuat acara pun lebih bisa dipercaya. Walaupun hal tersebut tidak mengubah kenyataan bahwa perkembangan esports di Medan belum kunjung pesat, Kassandra meyakini bahwa kelak esports di kota Medan dapat menunjukkan giginya jika terus didukung secara rutin.

Gadis yang mendeskripsikan dirinya sebagai Gorgeous Sabun ini ke depannya tetap berniat untuk membagi waktunya berkarir di dunia esports, khususnya mendukung esports Medan.

Kassandra juga memiliki harapan agar antusiasme para gamer Medan tidak mudah layu. Menurutnya, antusiasme tersebutlah yang dapat membantu esports Medan untuk menjadi lebih maju. Dimulai dari mengikuti turnamen, atau  bahkan membuat turnamen itu sendiri.

Kondisi esports di Medan saat ini tidak menutup kemungkinan berkembang dengan pesat seperti esports di pulau Jawa.

Akhir kata, Kassandra juga berpesan kepada para gamer muda yang memutuskan untuk berkarir di dunia esports, agar tetap yakin dan percaya, serta konsisten. Saat ini, kita tengah menghadapi sebuah tantangan untuk membuktikan bahwa esports bukanlah hal yang membawa pengaruh negatif, melainkan sebuah olahraga baru yang menjanjikan.


Psstt, Kassandra juga punya YouTube channel-nya sendiri loh! Jangan lupa di-subscribe ya!

(Disunting oleh Satya Kevino)

Baca juga:  Danylo “Dendi” Ishutin, Sosok Ikonik Dunia Esports