Profil dan Perjalanan Karir Cr1te, Mantan Pro Player EVOS yang Resmi Bergabung Ke Alter Ego Menjelang Persiapan MPL ID Season 13

253
EVOS Cr1te
Sumber: Instagram @evos.cr1te

Perpindahan tim merupakan hal yang lumrah dalam dunia esports, tak terkecuali Cr1te. Setelah bergabung dengan EVOS di tahun 2022 lalu dan mengikuti jadwal pertandingan yang sangat padat tahun lalu, secara mengejutkan Cr1te diumumkan sebagai anggota salah satu roster untuk tim Alter Ego.

Baru pada tanggal 20 Januari lalu, Alter Ego Esports secara resmi mengeluarkan pengumuman terkait pemain dan jajaran pelatih yang akan diturunkan dalam MPL ID Season 13 melalui kanal YouTube mereka.

Uniknya, Alter Ego divisi Mobile Legends justru mengumumkan lima sosok baru yang akan mengemban misi tersebut mulai dari Tazz, Haizz, Cr1te, hingga Roundel.

Tazz dan Cr1te sendiri merupakan mantan pemain EVOS, Haizz adalah jebolan dari Rebellion Zion dan Roundel merupakan mantan pemain dari Yasbih Esports yang sebelumnya membela di ajang MDL ID Season 8.

Kepindahan Cr1te tentu memberikan tanda tanya yang besar di kalangan para penggemar?

Apa alasan kepindahannya dan bagaimana selama ini ia melalui karirnya sebagai seorang pemain esports? Simak profil dan perjalanan karirnya pada artikel berikut ini!

Biodata dan Profil Cr1te Lengkap

Cr1te atau pro player dengan nama asli Muhammad Nur Efandy Yusuf ini sebenarnya merupakan seorang pemain Mobile Legends yang telah aktif berlaga pada ajang kompetisi besar sejak 2019 lalu.

Sebelumnya, Cr1te tercatat dikenal dengan nama panggung 3yy sebelum akhirnya memutuskan untuk menggantinya dengan yang sekarang.

Bahkan sejak debut, Cr1te selalu terlihat bergabung dengan tim-tim esports besar yang berarti menunjukkan kapabilitasnya untuk menjadi pro player yang berkualitas. 

EVOS Cr1te
Sumber: Instagram @evos.cr1te

Mulai dari Bigetron, KINGS, EVOS hingga yang terbaru, Alter Ego, semuanya sukses dijajakinya. Namun siapa sebenarnya Cr1te ini? Berikut adalah biodata dan profil lengkapnya mulai dari tanggal lahir, agama, role hingga hero andalan miliknya!

  • Nama Lengkap: Muhammad Nur Efandy Yusuf
  • Tanggal Lahir: 17 Februari 2001
  • Usia: 23 Tahun (per 2024)
  • Role: Mid Laner
  • Hero Andalan: Cecilion, Yve, Lunox, Valentina, dan Xavier
  • Instagram: @evos.cr1te
  • Riwayat Tim:
    • 2019 – 2020: Bigetron 
    • 2020 – 2022: KINGS Esports
    • 2022 – 2023: EVOS 
    • 2024 – Sekarang: Alter Ego

Perjalanan Karir Cr1te

Sebenarnya pada awal karirnya sebagai pro player di tahun 2019 silam, Cr1te sempat bergabung dengan Recca Esports untuk babak kualifikasi Piala Presiden Esports 2019 tertutup.

Hanya saja nasib belum bersambut karena timnya hanya berhasil mendapatkan peringkat 9-16. Namun siapa sangka jika hal tersebut menjadi pintu bagi Cr1te untuk berkarir dalam dunia esports lebih jauh.

Jalan 5 tahun berkarir sebagai seorang pro player, ternyata Cr1te sudah melewati banyak hal, di antaranya adalah:

1. Bergabung dengan Bigetron Esports di Tahun 2019

Nampaknya kemampuan Cr1te sudah cukup menonjol sejak awal karirnya karena mampu bergabung dengan salam satu tim esports populer di Indonesia yaitu Bigetron.

Bahkan saat itu, ia langsung masuk ke tim utama, Alpha sebelum akhirnya dipindahkan ke Beta. 

Sayangnya selama di Bigetron, Cr1te belum berhasil memberikan hasil yang maksimal sebab ketiga kompetisi yang diikutinya mulai dari BEKRAF Game Prime 2019, MPL Indonesia Season 4 hingga MDL Indonesia Season 1 belum ada yang mencapai 4 besar.

2. RRQ Sempat Memberikan Julukan Kelinci Percobaan Pada Cr1te

EVOS Cr1te
Sumber: Instagram @evos.cr1te

Saat Cr1te sudah menjadi bagian dari EVOS pada tahun 2022 lalu, Cr1te sempat mengungkapkan permintaan maaf karena julukan kelinci percobaan dari RRQ yang masih membekas pada Bigetron Alpha.

Julukan tersebut mulai diperbincangkan saat momen MPL ID Season 4. Kala itu, Bigetron berhasil mengalahkan RRQ Hoshi dengan skor  2-1. Saat itu, RRQ Lemon menganggap jika kekalahan pertama RRQ hanya sebagai bentuk percobaan saja.

Sebab Lemon saat itu menjelaskan jika Bigetron adalah kelinci percobaan untuk mengetes sejauh mana kemampuan pemain RRQ dan julukan tersebut masih melekat hingga sekarang.

Ternyata, salah satu alasan kenapa Lemon memberikan julukan demikian karena Cr1te kala itu memancing amarahnya. Hal ini membuat Cr1te merasa bersalah dan meminta maaf untuk mantan timnya tersebut.

3. Memutuskan Bergabung dengan Kings Esports di Tahun 2020

Pada pertengahan tahun 2020, akhirnya Cr1te memutuskan untuk bergabung dengan Kings Esports dan berhasil mendapatkan peringkat pertama perdananya selama karir di ajang Good Day Well Played 2020.

Bahkan, dirinya juga tampil cukup dominan pada ajang bergengsi MDL Indonesia Season 3 dengan perolehan juara 3-4. 

Namun sayangnya, dua pertandingan terakhir dari Cr1te yaitu MDL Indonesia Season 4 dan Nimo TV Mobile Legends Arena Season 3 tidak berhasil memberikan hasil yang memuaskan.

4. Berpisah dengan Kings Esports Setelah Chat WhatsApp Bocor

Setelah semua hal yang terjadi, Cr1te akhirnya mengumumkan perpisahannya dengan Kings Esports. Namun farewell ini nyatanya tidak terlalu mengejutkan banyak penggemar karena telah ada kebocoran informasi sebelumnya.

Sebab terdapat sebuah chat dimana Aldean mengatakan jika EVOS telah membeli Cr1te lalu memindahkan Vaanstrong ke gold lane sehingga proses transfer pemain sudah rampung.

5.  Tampil Dominan Bersama EVOS

EVOS Cr1te
Sumber: Instagram @evos.cr1te

Selama bergabung dengan EVOS, Cr1te berhasil mencapai puncaknya dan semakin dikenal oleh banyak orang. 

Ia pertama kali didebutkan oleh EVOS pada ajang MDL Indonesia Season 9 dan langsung menarik perhatian banyak orang atas penguasaan hero midlaner yang dimilikinya sehingga gameplay yang dihadirkan jadi luar biasa.

Hal inilah yang membuat Cr1te bahkan mampu menjadi pemuncak posisi MVP klasemen sementara saat itu dan membuat namanya berhasil bersanding dnegan pro player anyar seperti Albert, Clay, Kabuki hingga Ferxiic.

Apalagi Cr1te berhasil memenangkan banyak juara satu mulai dari Battle of H3ro, DGWIB Season 12, MDL Indonesia Season 7 dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ia bahkan juga telah melalui banyak ajang MDL Indonesia mulai dari season 9 hingga 12. Tak lupa bersama EVOS juga, Cr1te berhasil meraih juara 3 dalam ajang nasional yang tak kalah bergengsi, Piala Presiden Esports 2023.

Kabar Terbaru Cr1te

EVOS Cr1te
Sumber: Instagram @alteregoesports

Meskipun berhasil tampil dominan bersama EVOS, pada tanggal 31 Desember lalu ia secara resmi keluar dari tim tersebut untuk bergabung dengan Alter Ego.

Hal ini terjadi salah satunya karena baik EVOS maupun Alter Ego sedang melakukan perombakan besar-besaran pada bursa transfer MPL ID Season 13, tak terkecuali Cr1te.

Namun uniknya, bergabungnya Cr1te dan kombinasi anggota lainnya di Alter Ego ini ternyata disebut banyak pro player lain termasuk Kiboy sebagai kekuatan yang perlu diwaspadai musim ini.

Nah demikianlah biodata, profil dan perjalanan karir lengkap Cr1te yang kini telah bergabung dengan Alter Ego. Yuk dukung agar Cr1te selalu berprestasi di tim barunya ya!

banner iklan esportsnesia