ONIC Butsss, Kapten Tim Landak yang Pantang Menyerah

0
143
ONIC Butsss
ONIC Butsss mengalami peningkatan yang signifikan selama menjadi pemain di ONIC.
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Kepindahan Muhammad Satrya Sanubari ke ONIC Esports diindikasikan sebagai kegagalannya menjadi suksesor Oura. Meski disebut tidak berkembang di EVOS Esports, tetapi kiprah pemain dengan IGN Butsss ini bermain dengan sangat baik di divisi Mobile Legends. Bahkan sebelum pindah ke ONIC, ia sudah dirumorkan akan menjadi bagian dari ONIC Esports.

ONIC Butsss sudah mabar dengan para pemain ONIC sebelum angkat kaki dari EVOS Legends. Bersama grup baru, ia dapat memanfaatkan potensinya secara maksimal. ONIC Esports menjelaskan keputusannya memboyong Butsss sebagai pemain.

Alasan ONIC Merekrut Butsss

ONIC sedang melakukan perombakan besar untuk berbenah dengan merekrut beberapa pemain seperti Butsss dan Sanz. ONIC memang sudah dikenal sebagai tim esports Mobile Legends yang menunjukkan perkembangan performa. Butsss memang belum menunjukkan performanya secara maksimal di EVOS Esports lantaran pemain lain yang dimainkan.

Butsss sendiri sempat bingung karena tiba-tiba berada dalam bursa transfer. ONIC mengaku merekrut Butsss bukan tanpa alasan. Pihaknya berasalan memang menincar Butsss karena membutuhkan pemain offlaner.

Menurut pengamatan mereka, Butsss memiliki performa yang lumayan baik di MPL ID Season 5 dan dapat diasah lebih baik lagi. Selain itu, kepribadiannya yang kalem, membuatnya mudah dipacu dan disemangati.

Terbukti, ONIC Esports mampu tampil maksimal di MPL ID Season 6 dengan mendatangkan Drian, Antimage, Butsss, Sanz, CW, Rasy, Sasa, dan Psychoo.

Profil ONIC Butsss #1: Bermain Dota sejak SD

ONIC Butss
ONIC Butsss menggemari game Dota sejak duduk di bangku sekolah dasar.

ONIC Butss sendiri sudah gemar bermain game sejak SD kelas 2. Game yang pernah dimainkan salah satunya adalah Dota 1 karena tertarik melihat kakaknya memainkan game tersebut. Cukup jarang melihat anak SD bermain game Dota 1, tetapi ia sering memainkan game tersebut bersama kakaknya di warnet selepas pulang sekolah.

Karier awalnya sebagai pro player di ranah pro scene bermula dari game Dota 2. Sebelumnya ia meremehkan game mobile, justru tertarik untuk memainkan game Mobile Legends setelah mengenal game tersebut lewat teman-temannya pada kelas 3 SMA. Sejak saat itu ia mulai bermain Mobile Legends dengan IGN Butsss.

Ada cerita unik dibalik IGN Butsss, namanya bermula dari kakaknya yang iseng memanggilnya “Boots” karena ia senang menonton Dora. Boots dikenal sebagai salah satu karakter di tayangan anak-anak Dora and the Explorer. Nama Butsss juga kemudian dikenal sebagai nama panggilannya sehari-hari oleh teman-temannya.

ONIC Butsss pernah kuliah jurusan Bahasa Jepang tetapi berhenti sampai semester 3. Ia mengaku tidak meneruskan kuliahnya karena banyan membolos. “Bolosnya karena memang males, bukan karena Mobile Legends,” tegasnya saat wawancara di Coffee Talk.

ONIC Butss
ONIC Butsss direkrut oleh EVOS setelah melihat performa bermainnya.

Perjalanan kariernya di kancah gamer profesional terbilang mulus karena ia berhasil dilirik oleh EVOS Esports. Ia berhasil menjalankan trial di EVOS dan masuk ke MPL bersama dengan Revici dan Rexxy. Tentunya keberhasilan Butsss cukup mengejutkan dirinya sendiri karena ia harus berjuang bersama deretan pemain kenamaan EVOS yang berhasil menjuarai M1 World Championship.

Meski begitu, pada wawancara dalam konten video Empetalk bersama Jonathan Liandi, Butsss mengaku ia mengalami masa-masa berat selama berada di EVOS Esports. Bermain bersama pemain kenamaan justru membuat beban baginya. Berbagai tekanan yang datang membuat pemain ini down dan tidak dapat menunjukkan performanya dengan baik.

Baru pertama kali bermain dengan EVOS, ia merasakan tekanan di mana-mana. Hingga scrim saja ia sering menangis karena ia merasa tidak maju dan memiliki perkembangan yang positif. Rekan setimnya lalu, Luminaire, menurutnya adalah rekan tim yang cukup keras.

Profil ONIC Butsss #2: Bersinar di MPL ID Season 6

ONIC Esports dalam turnamen
Meski tidak bersinar di EVOS, ONIC Butsss tampil memukau bersama ONIC Esports.

Pada MPL ID Season 6, pemain asal Bandung ini berhasil mengalahkan pemain lainnya dalam kategori pemain paling berkembang. Meski kalah pamor dari pemain baru ONIC lainnya, tidak menjadi penghalang Butsss untuk menunjukkan performa terbaik. Memulai debut pro scene Mobile Legends di EVOS Legends, ia kemudian berhasil membawa tim ke babak final MPL melawan RRQ Hoshi.

ONIC Butsss berhasil tampil dengan sangat baik. Bahkan beberapa kali menjadi kunci kemenangan tim landak kuning pada regular season. Saat bertemu dengan EVOS Legends, dirinya menjadi sosok penting dalam laga tersebut hingga EVOS tersingkir di play-in.

Butsss berhasil mendapatkan predikat Most Improved Player di babak reguler MPL Indonesia Season 6. Ia disebut sebagai salah satu offlaner terbaik selama pertandingan. Ia memperlihatkan performa yang luar biasa, dan disebut perkembangan terbaik.

ONIC Butsss
ONIC Butsss menyebut Antimage sebagai rekan yang memotivasinya dalam bermain.

Salah satu permainan terbaiknya adalah menggunakan hero Esmeralda. Namun di balik itu semua, ada satu nama yang membuat kemampuan dan motivasi Butsss berkembang dan tumbuh. Antimage menjadi pemain yang mampu memotivasinya sejauh itu.

Saat berlatih dalam satu tim dengan Antimage, banyak permainan by 1 hingga tengah malam atau pun subuh. Meski menurut ONIC Butsss Antimage adalah rekan tim yang menyebalkan, tetapi itu menjadi salah satu sisi positif yang membuatnya berkembang dengan sangat baik.

Memang sudah bukan rahasia umum jika Butsss menjadikan Antimage sebagai sosok yang memotivasinya. Ia juga mengatakannya ketika menjadi Most Improved Player saat MPL ID Season 6 lalu. Dengan penghargaan tersebut, ia diprediksi memiliki masa depan yang cerah di pro scene Mobile Legends, terlebih ia masih berusia muda.

Profil ONIC Butsss #3: Performa yang Semakin Baik

ONIC Butsss
ONIC Butsss menjadi kapten tim Landak Kuning dalam pro scene MLBB.

ONIC Esports mengalami kemajuan yang sangat pesat selama MPL ID Season 7 ini. Begitu pula dengan performa ONIC Butsss yang semakin baik, ia menjadi kapten dari tim Mobile Legends ONIC. Dirinya turut meramaikan persaingan MVP Regular Season MPL Indonesia Season 8 ini.

Butsss berhasil naik ke posisi kedua di minggu ketiga turnamen. Sementara Alberttt dari RRQ Hoshi masih memuncaki klasemen. Ia berhasil meroket dari posisi enam ke posisi dua, dan menjadi satu-satunya offlaner yang berada di peringkat tiga besar.

Permainan Butsss dapat disebut menunjukkan performa yang gemilang, ia berhasil menyabet MVP daily yang membawanya ke peringkat dua dengan jumlah 30 poin. Albrettt sendiri memiliki 35 poin dengan EVOS Ferxiic di posisi ketiga dengan 20 poin.

Meski sudah menjadi offlaner yang cukup tangguh dalam pro scene Mobile Legends, ia sendiri tetap rendah hati. Dirinya mengakui terdapat dua pemain yang ia sangat hormati dalam satu lane, yakni R7 dan Antimage. Antimage dan Rivaldi adalah dua pemain yang memberinya ilmu.

Telebih bagi Butsss, Antimage adalah sosok yang paling banyak mengajarinya bermain Mobile Legends saat ia masih di ONIC. Sekarang Antimage berada di tim harimau putih yang menjadi rival ONIC. Antimage sendiri memang dikenal sebagai offlaner yang sangat unggul.

Perjalanan Butsss di pro scene Mobile Legends Indonesia masih sangat panjang dengan berbagai peningkatan performa yang semakin baik. Dengan posisinya sebagai kapten, ia akan terus berusaha maksimal dalam memimpin untuk menunjukkan performa terbaiknya sebagai kapten tim.

Media Partnership