Berkenalan dengan BOOM ID, Tim Esports Tanah Air yang Buas

0
10422
Berkenalan dengan BOOM ID, Tim Esports Tanah Air yang Buas
Berkenalan dengan BOOM ID, Tim Esports Tanah Air yang Buas

Di tengah masa kebangkitan esports, berbagai elemen sebagai pendukung ekosistem esports telah bermunculan. Bergerak dari maraknya turnamen esports yang terus didukung oleh berbagai pihak, seperti Tokopedia dan Telkomsel, hingga advokasi esports pada Asian Games 2018 yang turut mempertandingkan game RTS, telah menjadi suatu pembuktian bahwa esports kini sedang berkembang pesat.

Salah satu tim tanah air yang memiliki segudang prestasi di dunia esports adalah BOOM ID. Memiliki 7 divisi, aktif berpartisipasi di berbagai kompetisi tingkat nasional maupun internasional, dan memiliki struktur organisasi yang jelas, adalah kualitas-kualitas yang terdapat pada organisasi ini.

Penasaran dengan profil BOOM ID? Mari berkenalan dengan BOOM ID dan 7 divisinya.

Arti di balik nama BOOM ID

Perlu anda ketahui bahwa di balik identitas yang booming ini, terdapat sebuah kepanjangan, yaitu Beast On Our Mind dan Indonesia. Makna yang dimilikinya juga mendalam dan besar, khususnya di dalam dunia gaming. Menurut apa yang tertera pada situsnya, BOOM ID merupakan salah satu organisasi esports di tanah air yang berupaya untuk membangkitkan potensi yang dimiliki oleh pemain-pemain esports, khususnya di Indonesia.

Selain itu logo yang mereka kenakan dalam seragam juga memiliki makna bahwa mereka akan senantiasa menjadi serigala yang lapar. Serigala yang lapar tersebut tentu bisa diinterpretasikan menjadi tim yang selalu mencari prestasi.

Divisi DotA 2

Tanggal 30 Januari 2017 merupakan masa dimana BOOM ID membentuk divisi DotA 2. Divisi ini pernah disinggahi oleh salah seorang pemain DotA 2 terbaik di Asia Tenggara, yaitu Muhammad “inYourdreaM” Rizky. Tim DotA 2 BOOM ID juga memiliki banyak prestasi, mulai dari memenangkan Kaskus BattleGround Wave 3, Ahok – Djarot DotA 2 Invitational Wave 2, hingga berhasil melewati babak qualifier Indonesia IPGL 2017 Season 1.

Meskipun BOOM ID sudah berpisah dengan pemain kartu Asnya, BOOM ID tetap senantiasa berprestasi dan melahirkan bibit-bibit unggul atlet esports Indonesia. Pada awal tahun ini, BOOM ID telah berpisah dengan inYourDream dan pada bulan April lalu, tim DotA 2-nya berhasil menjuarai Indonesia Games Championship 2018.

Roster pemain tim DotA 2 BOOM ID saat ini terdiri dari Saieful “Fbz” Ilham, Randy “Dreamocel” Sapoetra, Dolly “SaintDeLucaz” Van Pelo, Tri “Jhocam” Kuncoro, dan Alfi “Khezcute” Nelphyana selaku kapten.

Penasaran dengan performa mereka? Ini nih, momen bermain mereka di APAC Predator Indonesia Qualifiers

Divisi CS:GO

Tidak kalah dengan prestasi yang dimiliki divisi DotA 2, tim CS:GO BOOM ID juga memiliki berbagai pencapaian dalam perjalanannya di dunia kompetitif esports. Bermula dari menjuarai berbagai kompetisi lokal hingga berpartisipasi di berbagai qualifier turnamen-turnamen bergengsi seperti ESL Pro League, jelas menunjukkan keseriusan dan dedikasi dari tiap anggota BOOM ID.

Tim yang menempati ranking ke-47 se-Asia dan Oceania menurut Gosugamers ini terdiri dari Aaron “mindfreak” Leonhart, Alvincent “MaverickZz” Adelyn, Harry “6fingers” Tjahjadi Putra, Nanda “asteriskk” Rizana, dan Dwi “Gruvee” Prasetyo Gunarianto.

Penasaran dengan cara bermain mereka? Ayo ditonton performa mereka di ROG Pre-Main Event melalui video di bawah ini.

Divisi Hearthstone

Novan “nexok40” Kristianto, anggota semata wayang divisi Hearthstone, kini tengah berkompetisi di pemilihan umum sebagai perwakilan Indonesia di turnamen Hearthstone Global Games. Sebelumnya, Novan juga mendapat perhatian langsung dari IeSPA untuk mengikuti babak kualifikasi nasional menyambut Asian Games 2018, yang nantinya akan menjadi representatif dari Indonesia untuk cabang esports Hearthstone.

Novan “nexok40” Kristianto via RevivalTV
Novan “nexok40” Kristianto via RevivalTV

Sebagai informasi tambahan, sebelum menekuni Hearthstone, Novan juga pernah menjuarai turnamen nasional YuGiOh! pada beberapa tahun silam.

Novan juga memiliki karir yang cemerlang di BOOM ID. Dalam partisipasinya di World Electronic Sports Games (WESG) 2017 mewakili BOOM ID, Novan berhasil mengamankan posisi 5-8 dan membawa pulang hadiah sebesar USD 8,000.

Penasaran dengan strategi cemerlang Novan? Ini nih, rekaman pertandingannya di WESG.

Divisi Point Blank

Tidak kalah dengan organisasi esports lainnya, BOOM ID juga kini telah membentuk divisi barunya pada tanggal 3 Mei kemarin. Guardian Force, jawara turnamen nasional yang diselenggarakan oleh Garena, Point Blank National Championship 2016, kini telah berganti identitas menjadi bagian koloni BOOM ID.

Roster Point Blank BOOM ID sekarang terdiri dari Michael ” SEVERiNE ” Winata, Benny ” Hadezz ” Susanto, Azmi ” mystique ” Kamil Abdullah, Nanda ” dabs2k ” Syahputra, dan Raven ” rXyne ” William.

Di awal peluncuran divisi ini, undangan langsung untuk berpartisipasi di kompetisi Point Blank Indonesia Game Tour pun telah mereka dapatkan. Sungguh awal yang baik, bukan?

Divisi FIFA Online

BOOM ID tidak hanya melahirkan 1 divisi baru di 2018. Judul esports FIFA Online kini telah mendapat perhatian penuh dari serigala yang lapar akan prestasi ini. BOOM ID berhasil mengakuisisi KQB, Auxere, Abadia & Alazka.

Tidak tanggung-tanggung, divisi ini langsung menghadapi pertandingan pertama mereka di EA Champions Cup (EACC) Spring 2018 yang diadakan di Thailand. Sebagai satu-satunya tim perwakilan Indonesia di EACC, hal ini jelas menunjukkan potensi BOOM ID sebagai tim esports nomor 1 di Indonesia.

Divisi Vainglory

Salah satu divisi BOOM ID yang masih ‘hijau’ namun sudah berhasil mengukir prestasi nasional melalui performanya di Kaskus BattleGround, dan juga Indihome Esports League yang diadakan oleh Telkom.

Sama seperti divisi FIFA Online, BOOM ID juga mengakuisisi tim T30 Revolution, tim powerhouse yang memenangkan turnamen Vainglory di Indonesia Games Championship 2017 di Balai Kartini Jakarta.

Divisi yang saat ini beranggotakan Valeria “Valesca”, Sandy “painsandi”, dan Daniel “nieLz”; meyakini bahwa Vainglory adalah mobile esports yang nomor 1 di dunia. Asumsi tersebut tidak lain terbentuk karena melihat banyaknya organisasi pro esports di dunia yang berekspansi ke Vainglory, seperti Team Secret, Fnatic, dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan kekompakan divisi ini? Ini dia jawabannya.

Divisi Mobile Legends: Bang Bang

Kehadiran hungry beast BOOM ID di Mobile Legends jelas memperketat atmosfer kompetitif mobile esports di Indonesia. Divisi yang dibentuk pada akhir tahun 2017 lalu, sudah turut berpartisipasi di banyak turnamen mulai dari tingkat lokal, regional hingga nasional.

Berbekal dengan kemampuannya mendominasi turnamen lokal, divisi ini berhasil mengalahkan salah satu rivalnya, XCN, dan memenangkan tiket menuju babak closed qualifier Season 2 Mobile Legends: Bang Bang Professional League.

Anggota BOOM ID yang lain

BOOM ID yang kini memiliki hubungan exclusive partnership dengan platform streaming Twitch, juga memiliki personil lain selain sekumpulan atlet esports. Siapakah dia?

Patricia ‘Ephemerald’ Nathaly yang kini telah bergabung menjadi anggota keluarga baru BOOM ID, berperan sebagai streamer BOOM ID. Ephemerald atau yang biasa dipanggil Ephe pertama kali muncul bersama BOOM ID di Indonesia Games Championship 2018 kemarin.

Selain berkompetisi dan melakukan streaming, BOOM ID kini juga memiliki cara baru untuk berinteraksi dengan penggemarnya. Salah satu terobosannya adalah melalui pengembangan saluran YouTube dengan meluncurkan BOOM NEWS.

Penasaran dengan Ephe di BOOM NEWS? Check it out, guys.

(Sumber: hungrybeast.gg; Facebook Page BOOM ID)