RRQ NextJacks, Dewa Sniper Point Blank yang Berkarier di Valorant

0
202
RRQ NextJacks
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Penggemar Point Blank tentu sudah tidak asing dengan para pemain legendaris yang akrab disapa RRQ NextJacks. Ia merupakan pemain senior game Point Blank dan merupakan pentolan RRQ Endeavour. Bisa dibilang, ia merupakan pemain lawas RRQ yang menjadi tonggak hidupnya RRQ Endeavour.

RRQ NextJacks memiliki berbagai pencapaian yang tinggi di kancah esports Indonesia meski dahulu tidak seramai sekarang. Ia menjadi salah satu pemain Point Blank terbaik di Indonesia. NextJacks dijuluki sebagai Dewa AWP (Accuracy International Arctic Warfare) dari Indonesia.

Dahulu ia bermain bersama Irvan “KingLeo” Ardiansyah, Benny “Mozarella” Setiawan, Armario “taLenT” Falentino Bochem, Heriyanto “F1re”, dan Yulius “NextJacks”, dengan tim bernama Endeavour 389 yang dibentuk pada 2016 lalu.

Pemain bernama asli Yulius ini debut bersama RRQ Esports setelah tim Endeavour 389 diakuisisi dan berganti nama menjadi RRQ Endeavour. Tim tersebut berhasil debut dengan menjuarai Point Blank National Championship (PBNC) 2017. Nama RRQ Endeavour bersinar saat berhasil memenangkan Point Blank International Championship (PBIC) 2017.

Atas keberhasilan tersebut, RRQ NextJacks dan rekan-rekan timnya berhasil mengibarkan bendera Indonesia di kejuaraan internasional Point Blank 2017. Prestasi itu juga mengukuhkan NextJacks sebagai salah satu pemain Point Blank terbaik di dunia.

Profil RRQ NextJacks #1: Pindah Haluan ke Call of Duty: Mobile

NextJacks
RRQ NextJacks “hijrah” dar game PC, Point Blank.

Pada 2019, RRQ NextJacks mengumumkan “hijrah” dari Point Blank ke Call of Duty: Mobile. Kepindahannya tersebut beriringan dengan bergantinya RRQ Endeavour menjadi divisi CODM. Keputusannya tersebut tentu mengejutkan banyak pihak karena ia memilih menjadi coach di tim tersebut alih-alih menjadi roster.

Kepindahannya ke CODM dan menjadi pelatih tentu didasari banyak faktor. RRQ Endeavour pindah ke CODM karena merasa pasar mobile game saat ini sangat booming. Esports mobile saat ini banyak digemari dan mulai tumbuh.

NextJacks juga menjelaskan alasan mengapa ia pindah haluan. Ia sudah menjadi pemain game PC sejak tahun 2001. Sayangnya, pemerintah sama sekali tidak memandang game dan pro player game PC.

“Sedangkan gamegame mobile yang baru naik, itu benar-benar dipandang, terus kenapa kita harus berjuang buat sesuatu yang nggak dipandang,”pungkas NextJacks, dikutip dari indosports.com.

RRQ NextJacks menjelaskan bahwa ia bersama tim sudah cukup mengukir prestasi dalam game Point Blank. Baginya, majunya tim RRQ Endeavour ke Call of Duty (COD) membuka lembaran baru bagi para pencetak prestasi dalam game Point Blank tersebut.

Menurutnya, game First Person Shooter (FPS) dan Battle Royale memiliki genre yang cukup berbeda, tetapi masih bisa dimainkan oleh mereka. Bedanya adalah, game FPS memiliki limit meng-kill orang, sedangkan game Battle Royale memiliki limit untuk bertahan hidup.

Profil RRQ NextJacks #2: Gemar Bermain Game Sejak Kecil

Yulius NextJacks
Yulius “NextJacks” menggemari game sejak SD.

RRQ NextJacks mengaku senang bermain game sejak kecil. Ia benar-benar masuk dunia game sejak kelas 3 SD. Namun, saat ia dewasa hobi ini mulai ditentang oleh orang tuanya karena dianggap hanya buang-buang waktu saja.

Ia juga pernah dicap sebagai anak yang tidak memiliki masa depan yang jelas. Namun ia percaya hal tersebut tidak akan pernah terjadi. Saat ini ia sudah membuktikannya dengan berhasil menjuarai berbagai turnamen, mulai dari Point Blank, menjadi coach CODM, dan kembali bermain Valorant.

NextJacks memiliki pengalaman masa kecil yang kurang menyenangkan. Pemain kelahiran 18 Juli 1990 tersebut perah pindah dari Jakarta ke Pontianak karena meletusnya konflik rasial pada tahun 1998 saat reformasi. Di Pontianak, mereka juga mengalami guncangan konflik antar suku yang membuat keluarganya harus pindah ke Jakarta lagi.

RRQ NextJacks
RRQ NextJacks kembali bermain bersama tim RRQ Endeavor dalam divisi Valorant.

Saat ini, RRQ NextJacks bermain kembali bersama tim RRQ Endeavour yang berpindah haluan ke Valorant. Meski baru dibentuk, ia bersama tim berhasil mencetak prestasi yang membanggakan di tahun 2020. Pada saat masih menjadi pemain Point Blank, weapon favoritnya adalah Tactilite T2.

Namanya dikenal sebagai pemain yang memegang role AWM atau Sniper. Keahliannya tidak perlu diragukan karena piercing shoot dalam Point Blank merupakan makanan sehari-harinya. Momen pertandingannya yang legendaris, ia pernah menyelamatkan timnya saat melawan lima orang sendirian dengan AWM.

Padahal, pemain dengan AWM biasanya jarang bergerak karena membidik jarak jauh. Namun tidak begitu dengan NextJacks, ia merupakan tipe pemain AWM yang lebih senang bergerak dan mampu membidik lawannya dengan tepat.

Profil RRQ NextJacks #3: Kritik untuk Pemerintah Tentang Minimnya Apresiasi

NextJakcs
NextJakcs mengkritik pemerintah yang masih minim apresiasi.

RRQ NextJacks dikenal sebagai pro player yang kritis dan tidak takut untuk menyampaikan pendapatnya. Salah satunya kritikan terhadap pemerintah karena masih sangat minim mengapresiasi para pro player dari beberapa game esports yang tidak cukup terkenal di Indonesia. Menurutnya, pemerintah juga terlalu menganakemaskan game populer Mobile Legends: Bang Bang (MLBB).

Sikap itulah yang disorotnya, ia berbicara melalui pengalamannya sendiri. Mengingat tim RRQ Endeavour tidak diapresiasi oleh pemerintah meski sudah berprestasi sangat baik di tingkat nasional maupun internasional. Serta beberapa tim yang sudah membanggakan nama Indonesia, seperti Bigetron RA sebagai juara dunia PUBG Mobile dan Hansel ‘BnTeT’ yang saat ini mengejar karier di Amerika Serikat, sebagai pemain CS:GO.

Ia mengkritik dan membandingkan apa yang terjadi di luar negeri. Di luar negeri, para pro player benar-benar dihargai dan menjadi profesi yang mapan. Sedangkan di Indonesia, masih belum diketahui bagaimana jenjang kariernya.

Sedangkan penghasilan para pemain di luar negeri sangat menghasilkan dan menghidupi keluarganya. Terlebih, mereka diapresiasi oleh negaranya. Contohlah di Korea Selatan yang iklim esportsnya bertumbuh sangat baik dan kompetitif.

Pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah yang besar, terlebih untuk esports. Banyak pihak yang berharap agar esports Indonesia memiliki iklim yang lebih baik dan dewasa. Serta, pemerintah yang bisa mengapresiasi prestasi anak bangsa dengan lebih baik lagi.

RRQ Endeavour Point Blank
RRQ Endeavour Point Blank dikenal sebagai tim Point Blank terbaik di Indonesia karena beberapa kali berhasil menjuarai kejuaraan internasional.

Game PC saat ini memang sudah kalah tenar dari game mobile. Meski begitu, game PC masih terus ada, dan masih banyak pula pro player hebat yang jarang disorot tetapi sudah mewakili Indonesia di berbagai turnamen besar berskala internasional. Bahkan beberapa dari mereka juga direkrut oleh tim-tim ternama dunia.

Untuk itulah, selain apresiasi pemerintah, sebagai penggemar game ada baiknya untuk kita terus mengapresiasi pencapaian para pro player dan tim. Hal itu agar dapat mewujudkan tumbuh kembang esports di Indonesia dengan lebih baik.

Semoga saja esports figure dari beberapa game yang tidak terlalu booming di Indonesia dapat diapresiasi oleh pemerintah. Serta terus mendapat dukungan dan lebih diperhatikan keberadaannya. Bagaimana menurut kalian?


Itulah profil singkat RRQ NextJacks, Dewa Sniper Point Blank Indonesia yang telah mengharumkan nama Indonesia dikancah internasional. Meski saat ini ia sudah beralih ke Valorant dan tetap bermain game PC, tetap dukung NextJacks bersama tim untuk terus berprestasi.

Media Partnership