Kenalan dengan Sir Ft Lans, Mantan Pemain Andalan ONIC yang Sempat Vakum Karir untuk Lanjutkan Pendidikan!

82
Sir Ft Lans
Sumber: Instagram @onic.esports

Sempat menjadi andalan ONIC pada masalahnya, Sir Ft Lans mengejutkan para fans dengan berita pengunduran dirinya dalam tim tersebut. 

Terlebih selama bersama ONIC, Jungler tersebut berhasil meraih berbagai prestasi yang membanggakan mulai dari juara 1 MPL Indonesia Season 8, ONE Esports MPL Invitational 2021 dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setelah pengunduran diri tersebut, ia memutuskan vakum dari ranah kompetisi profesional hingga pertengahan tahun 2023 lalu. 

Namun di pertengahan tahun 2023 lalu akhirnya pria dengan nama lengkap Moch Yasier Aliarahman ini diuumkan kembali akan melanjutkan karirnya sebagai seorang pro player di KINGS Esports.

Memang apa sebenarnya penyebab Sir Ft Lans mengundurkan diri dari ONIC kala itu dan memutuskan hiatus? Yuk simak penjelasan dan profil lengkapnya pada artikel berikut ini!

Biodata dan Profil Lengkap Sir Ft Lans

Memulai karir sebagai pro player Mobile Legends sejak tahun 2020, pria dengan nama lengkap Moch Yasier Aliarahman ini sudah tampil cukup dominan, bahkan di pertandingan debutnya.

Kala itu ia masih mewakili XCN Esports dan berlaga di DGWIB Season 6. Hebatnya, ia langsung berhasil mendapatkan juara 1 serta kemenangan mutlak atas Recca Esports dalam pertandingan tersebut.

Pada awal tahun 2021 itulah akhirnya ia menerima penawaran ONIC untuk bergabung dengan tim Prodigy sebelum akhirnya dipromosikan ke tim utama hanya dalam kurun waktu 7 bulan saja.

Supaya lebih kenal dengan sosok hebat ini, berikut dalam biodata dan profil Sir Ft Lans mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, usia, hingga akun sosial media miliknya,

  • Nama Lengkap: Moch Yasier Aliarahman
  • Panggilan: Yasier, Sir
  • Tanggal Lahir: 23 Maret 2004
  • Usia: 20 Tahun (per 2024)
  • Role: Jungler
  • Hero Andalan: Karina
  • Akun Sosial Media:
  • Riwayat Tim: 
    • 2021: ONIC Prodigy
    • 2021-2022: ONIC Esports
    • 06/2023 – sekarang: KINGS Esports

Alasan Sir Ft Lans Hiatus dan Mengundurkan Diri dari ONIC

Sir Ft Lans
Sumber: Instagram @sirftlansss

Yasier atau yang kerap dipanggil juga dengan sebutan Sir ini mulai dikenal setelah berhasil memenangkan banyak pertandingan besar selama bersama ONIC.

Termasuk kompetisi Tier D seperti juara 3 Nimo TV Mobile Legends Arena Season 2 dan DGWIB Season 8 – Ramadhan Series hingga juara 1 pada kompetisi Tier A yang berturut-turut ia dapatkan menjelang akhir 2021.

Hal ini jugalah yang membuat dirinya dipromosikan dari Prodigy yang biasanya diturunkan untuk MDL menjadi tim utama ONIC yang dilibatkan dalam perhelatan MPL.

Bahkan perlombaan MPL yang diikutinya terakhir kali inilah yang mengantarkan dirinya bisa turut ikut tampil di M3 World Championship.

Hanya saja, di tengah karir dan prestasinya yang sedang meroket, ia mendadak mengumumkan untuk mundur dari ONIC dan hiatus sebagai seorang pro player Mobile Legends. Beberapa alasan pengunduran dirinya ini antara lain adalah:

1. Fokus Pada Pendidikan

Salah satu keputusan besarnya untuk mengundurkan diri dari ONIC ia akui karena ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, bangku perkuliahan.

Bahkan ONIC pun juga turut melepas Sir secara resmi dengan menyebut dalam caption perpisahannya, “Sukses selalu kedepannya dan welcome to college life as your new journey!.”

2. Dugaan Sulit Bersaing di Internal ONIC

Meskipun pada akhirnya Yasier memutuskan untuk fokus pada perkuliahannya, banyak yang menduga alasan lain dari mundurnya pemain ini adalah sulitnya persaingan di internal ONIC.

Terlebih, Yasier harus berebut role jungler yang didatangkan langsung dari Filipina, sehingga persaingan ini sudah tak bisa dihindarkan.

Deretan Prestasi Sir Ft Lans 

Sir Ft Lans
Sumber: Instagram @sirftlansss

Selama membersamai ONIC, ada banyak prestasi yang berhasil diraih oleh Yasier, tidak hanya sebagai tim namun juga individual. Beberapa prestasi yang berhasil diraihnya ini antara lain adalah:

MPV di MDL Indonesia Season 3

Saat bergabung sebagai anggota ONIC Prodigy, Yasier lebih banyak diturunkan dalam ajang MDL. 

Meskipun ia dan timnya belum pernah keluar dalam peringkat yang memuaskan, akan tetapi, Yasier berhasil menjadi Week 1 MPV di MDL Indonesia Season 3

Ini menunjukkan betapa dirinya secara individu memiliki potensi untuk bisa berkembang lebih jauh.

Jelas prestasi MPV ini sangat menghibur banyak orang, mengingat tim mereka kalah dari RRQ Sena dan hanya mendapatkan peringkat ke-8.

Langganan Juara di MPL Indonesia

Hanya berselang 7 bulan saja, kemampuan Sir Ft Lans mulai diakui hingga akhirnya ia dipromosikan ke tim utama ONIC Esports dan berhak untuk diturunkan dalam kompetisi Tier A, MPL Indonesia.

Memang. pada awalnya ia debut MPL ID Season 8 dengan status sebagai pelapis Sanz. Hanya saja ia berhasil, memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menunjukkan kemampuannya.

Tak heran jika dirinya dan ONIC berhasil meraih juara 1 pada ajang tersebut dan memenuhi persyaratan untuk berlaga di kompetisi Mobile Legend paling bergengsi di dunia, M3 World Championship.

Hal inilah yang membuat dirinya akhirnya juga kembali diturunkan pada musim selanjutnya, season 9 dan berhasil meraih runner up sebelum akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari tim tersebut.

Bergabung dengan Kings Esports dan Meraih Prestasi di Tim Baru

Sir Ft Lans
Sumber: Instagram @sirftlansss

Entah apa yang terjadi, hanya berselang setahun dari pengunduran dirinya dari ONIC, pada tahun 2023 lalu ia memutuskan kembali ke ranah pertandingan profesional dengan bergabung bersama KINGS Esports.

Uniknya, sebelum bergabung dengan KINGS Esports sempat tersebar kabar jika Yasier mencalonkan diri sebagai anggota DPD Kota Tangerang

Pada postingan di sosial media, ia terlihat berdiri di sebuah mimbar politik dengan latar belakang “calon anggota DPD”. 

Hal ini jadi membuatnya banyak beranggapan jika alasannya pensiun tidak hanya untuk melanjutkan pendidikan tapi juga sekaligus terjun ke dunia politik.

Meskipun begitu, ia tetap memutuskan untuk bergabung dengan KINGS Esports. Sayangnya, ia belum berhasil memberikan hasil yang memuaskan, sebab baik di kualifikasi Liga Esports National 2023 – Liga 3 maupun MDL Indonesia Season 8, ia dan timnya belum berhasil tembus 5 besar.

Selama tahun 2023 lalu, ia juga sempat membantu Zenith Esports dalam pertandingan M Challenge Cup Mekong Season 2 dan berhasil meraih juara 3 para kompetisi tersebut.

Belakangan ini, ia juga aktif di berbagai sosial media mulai dari Instagram hingga Tiktok. Jadi pastikan untuk selalu mendukung Sir Ft Lans ya!

banner iklan esportsnesia