Mengenal Profil Anonim Dota 2, Sang Caster Esports Andalan Indonesia

498
Anonim Dota 2
Sumber: Youtube: Rosesagaming

Bagi para penggemar esports, tentu nama Anonim Dota 2 sudah bukan merupakan hal yang asing lagi. Sebab ia merupakan salah satu caster paling populer khususnya bagi game profesional seperti Dota 2 dan juga Mobile Legends.

Hampir serupa dengan komentator olahraga, caster esports adalah sebuah profesi dimana seseorang bertugas untuk memimpin dan menggambarkan kembali situasi yang ada di dalam pertandingan. 

Posisi ini sangat penting di setiap pertandingan esports selain untuk meramaikan suasana juga menjelaskan kondisi dan keadaan pertandingan kepada para penonton yang menyaksikan.

Namun siapa sebenarnya Anonim Dota 2 yang dibincangkan oleh para penggemar esports sejak awal kemunculannya karena selalu bersembunyi di balik topeng?

Simak profil Anonim Dota 2 selengkapnya pada artikel ini!

Profil dan Umur Anonim Dota 2 

Anonim Dota 2 dikenal sebagai salah satu caster profesional dari Indonesia yang dikenal oleh banyak penggemar karena ciri khas pada masa awal debutnya yaitu dengan menggunakan topeng.

Ditambah, ia juga tidak menggunakan nama asli maupun memperlihatkan wajahnya dan hanya mengaku sebagai kakak dari Yabyo (Mantan pro player Dota 2 di tim RRQ).

Caster yang satu ini sudah hadir dan bertugas sebagai caster di banyak turnamen besar khususnya Dota 2 terutama untuk wilayah Asia Tenggara. Walaupun awalnya dikatakan misterius, Anonim Dota 2 ini memiliki nama asli Gideon Arief.

Bahkan uniknya lagi, umur Anonim Dota 2 pada tahun 2022 ini masih 21 tahun. Sebab dirinya merupakan seorang pria dengan kelahiran 1 Januari 2001 sehingga banyak orang merasa kagum akan kesuksesannya sebagai caster profesional bahkan di usia muda.

Ia menjadi sangat dikenal dikalangan para pecinta Dota 2 karena analisis in-game dan pembawaanya selama melakukan cast dengan detail. 

Riwayat Karir Anonim Dota 2 

Anonim Dota 2
Sumber: metindonesia.co.id

Sesuai dengan yang telah tertera di Liquipedia, Anonim Dota 2 memulai debutnya sebagai seorang caster pada tahun 2020 di pertandingan ONE Esports Dota 2 Invitational Jakarta: Kuala Lumpur Qualifier.

Selain itu, ia juga turut menjadi caster pada beberapa pertandingan Dota 2 lainnya seperti ONE Esports Dota 2 Invitational Jakarta: Indonesia Qualifier, DreamLeague Season 14 DPC EU Upper Division dan masih banyak lagi.

Ditambah, namanya juga semakin naik daun saat ia menjadi salah satu dari roster caster untuk pertandingan WomboXcombo Indonesia bersama dengan Yudi “justincase” Anggi yang sudah lebih senior dari dirinya.

Namun batu loncatannya yaitu adalah pada saat dirinya ditunjuk menjadi caster official untuk pertandingan GAMERS GALAXY: Invitational Series Dubai 2022 bersama dengan rekannya yaitu Vyze dan juga Adit “Aville” Rosenda.

Bahkan baru pertengahan tahun 2022 ini, ia juga menjadi salah satu caster di salah satu pertandingan internasional bergengsi yaitu Riyadh Masters. Jadi, Anonim Dota 2 tidak hanya dikenal oleh penggemar esports lokal namun juga di luar negeri.

Ciri Khas Topeng di Awal Karir

Seperti yang sudah banyak penggemar esports ketahui, jika Anonim Dota 2 menjadi perhatian banyak orang karena menggunakan topeng pada masa awal karirnya menjadi seorang caster.

Saat itu, ia sering menjadi komentator pertandingan Dota lewat kanal YouTube-nya namun dengan menggunakan topeng sehingga terkesan sangat misterius.

Hal ini berbeda dengan Anonim yang sekarang karena sudah lama melepas topengnya saat menjadi caster di banyak pertandingan penting.

Alasan Anonim Dota 2 Menggunakan Topeng

Ada beberapa alasan mengapa saat itu ia muncul dengan menggunakan topeng dan tidak langsung menunjukkan wajahnya secara utuh salah satunya adalah karena tidak percaya diri.

Anonime Dota 2 mengaku saat awal karirnya, ia tidak percaya diri dengan banyak hal terlebih tidak memiliki peralatan dan ruangan yang mendukung untuk melakukan live.

Beberapa permasalahan yang yang membuat kepercayaan dirinya ciut ini seperti tidak memiliki webcam dan juga kamar yang dimilikinya tidak mendukung untuk melakukan live yang menarik seperti kamar hancur dan dinding yang retak-retak.

Ditambah, ia juga sering diremehkan oleh banyak orang dengan menyebut karir caster dengan menggunakan analisis yang detail tidak akan laku di Indonesia. Namun Anonim tetap melanjutkannya dan masih berkarir di jalur ini hingga sekarang.

Kenapa Akhirnya Memutuskan Lepas Topeng?

Ada banyak orang yang mempertanyakan apa alasan anonim Dota 2 akhirnya melepaskan topeng yang menjadi ciri khas dia selama ini. Jawabannya adalah karena karir caster profesional yang ingin diseriusi.

Sebab niat awal memakai topeng hanya karena malu dan tidak memiliki webcam. Namun ia ingin serius dengan karir dalam bidang ini sehingga harus juga bersikap profesional.

Salah satunya adalah keinginan untuk diundang menjadi caster di event-event resmi. Dimana pada event seperti ini tidak mungkin untuk memakai topeng saat menunaikan tugas sebagai seorang caster profesional.

Kabar dan Kesibukan Anonim Saat ini

Anomim Dota 2
Sumber: Youtube Anonim

Saat ini, Anonim Dota 2 masih aktif untuk mengisi caster dari beberapa pertandingan esports seperti biasanya.

Selain itu, ia juga masih aktif untuk live dan mengomentari berbagai pertandingan Dota 2 di kanal YouTube pribadinya, tempat namanya pertama kali dikenal oleh banyak orang.

Bahkan tidak main-main, total viewers yang menonton dalam satu kali melakukan live bisa mencapai 2000 hingga 4000 orang. Dimana saat ini, pengikut kanal YouTube miliknya sudah mencapai lebih dari 105 Ribu orang.

Walaupun sudah tidak lagi menggunakan topeng sebagai ciri khas Anonim Dota 2, ternyata tidak berimbas buruk pada followers YouTube-nya bahkan angkanya malah terus bertumbuh dari hari ke hari.

Sebab bagi banyak followers Anonim Dota 2, kualitas saat melakukan cast adalah kunci untuk menarik hati banyak orang.

Selain itu, Anonim juga masih memilih untuk menjadi caster independen, namun tidak menutup kemungkinan jika ia akan bergabung ke suatu badan manajemen talent.

Akan tetapi, ia sangat menikmati caster bersendiri karena lebih mudah untuk engage dengan viewers.

Sebab ia tidak perlu menghadapi viewers dengan serius, tidak perlu melakukan layout, dan mudah berbaur dengan candaan-candaan agar suasananya menjadi lebih menyenangkan.

Isu Pindah Haluan menjadi Caster Mobile Legends

Walaupun sudah dibesarkan dari game Dota 2, nyatanya Anonim mulai mencoba untuk merambah untuk menjadi caster pada cabang esports lainnya seperti Mobile Legends.

Awalnya, ia hanya ingin mencoba hal baru dan merasa tertantang untuk mendalami hal yang sebelumnya kurang familiar bagi dirinya. Kemudian Mineski Indonesia memberikan kesempatan untuk melakukan cast untuk game tersebut.

Namun tenang saja, sebab Anonim tidak akan meninggalkan posisi caster Dota 2 yang telah dijalankan selama ini.


Itulah beberapa fakta lengkap untuk mengenal lebih dekat dengan seorang Anonim Dota 2, caster muda berbakat yang multitalenta dan telah berkarir di usia yang sangat muda. 

Jika ingin mengetahui apa saja kegiatan terbaru dari Anonim serta mendukungnya dengan baik maka kamu dapat mengikuti akun Instagram-nya di @anonimdt dan juga kanal YouTube miliknya di “Anonim”.