Predator Triton 500 SE: Laptop Gaming Tipis Bertenaga Gahar

470
review predator triton 500 se

Laptop gaming dikenal dengan spek gahar dan performa yang mumpuni. Akan tetapi biasanya, spek yang diperlukan untuk mendukung performa tersebut perlu diakomodasi oleh hardware yang sesuai. Akibatnya, sebagian besar laptop gaming memiliki ukuran yang tebal dan berat.

Namun tidak demikian dengan Predator Triton 500 SE. Laptop gaming dengan ukuran layar 16 inch ini memiliki desain yang tipis dan ringan dibanding dengan laptop gaming sekelasnya. Acer memang dikenal sebagai produsen laptop yang mampu menghadirkan desain yang tipis tanpa mengorbankan performa.

Predator Triton 500 SE hadir dengan sasis metal terbaru yang ramping dengan ketebalan hanya 19,9mm tapi tetap menampilkan performa yang bisa diandalkan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Desain Ramping dengan Performa Mumpuni

Predator Triton 500 SE yang dirancang secara khusus dengan sasis metal dan tipis ini memiliki desain minimalis modern yang elegan. Predator Triton 500 SE juga memiliki bezel yang tipis untuk memaksimalkan layar dan memberikan ruang pandang yang lebih luas.

Meski demikian, ukuran laptop yang terbilang tipis sama sekali tidak mengorbankan sisi performa. Laptop ini dipersenjatai dengan prosesor Intel® Core™ i7 Generasi ke-11 dengan TDP 45 Watt yang lebih bertenaga. Laptop ini juga dibekali dengan performa CPU hingga 5.1 GHz serta memakai 8 core dan 16 thread.

CPU ini juga telah memiliki teknologi terdepan secara native seperti jalur PCIe gen 4 untuk penyimpanan berkecepatan tinggi generasi terbaru serta port Thunderbolt 4 yang multifungsi.

Dengan dukungan NVIDIA® GeForce ® RTXTM 3080 yang telah menggunakan tensor core dan RT core generasi terbaru, laptop ini mampu menampilkan gambar dengan pencahayaan yang nyata dan presisi.

Penggunaan fitur DLSS juga membantu gamer untuk mendapat gambar dengan kualitas yang baik namun tetap mempertahankan jumlah frame per second yang tinggi. Dengan fitur tersebut, laptop ini dapat memberikan kualitas grafis yang tinggi sehingga compatible untuk gim-gim AAA dan VR yang memiliki kualitas grafis realistis.

GPU pada Predator Triton 500 SE juga dapat di-overclock dengan mudah dengan hanya menekan tombol Turbo atau melalui menu Predator Sense. Sehingga sangat memudahkan bagi seorang pemula sekalipun untuk melakukan overclock sendiri.

Laptop Gaming Tipis yang Bisa Diupgradelaptop gaming

Dengan ukurannya yang tipis, laptop ini tetap mempertahankan kemampuan untuk upgrade penyimpanan dan memori. Terdapat dua slot memori yang memungkinkan untuk diupgrade hingga  64GB DDR4 3200Mhz untuk performa dan multitasking yang lebih baik.

Pada sisi penyimpanan terdapat dua slot SSD NVMe yang telah menggunakan standar terbaru PCIe gen 4 yang lebih cepat serta mampu di upgrade hingga 2TB dengan konfigurasi RAID0 yang bisa mendukung memori gim-gim dengan kebutuhan memori tinggi, serta mampu menyimpan berbagai macam dokumen kerja kreatif dan digital.

Pada bagian konektivitas, Predator Triton generasi terbaru sudah dilengkapi dengan wireless controller Killer™ Wi-Fi 6 AX1650i, Killer™ LAN E3100G, dan Control Center 2.0 untuk menjamin kualitas koneksi yang lebih baik. Kualitas bandwidth juga bisa diatur sebelum bermain gim maupun menjalankan berbagai aplikasi lain.

Laptop ini juga dilengkapi dengan fingerprint reader untuk memudahkan pengguna saat login. Semua keunggulan ini dikemas dalam sasis logam tipis dan ringan yang menampilkan bezel tipis serta screen-to-body ratio 87% untuk kenyamanan pengguna.

Panel Layar Berkualitas Jempolanlaptop gaming

Predator Triton 500 SE menggunakan panel IPS Polarblack yang menjadikan laptop ini memiliki saturasi warna yang lebih tinggi dibandingkan layar dengan panel OLED.

Layar Predator Triton 500 SE memiliki resolusi WQHD (2560×1600) membuatnya mampu menampilkan gambar secara lebih tajam dan detail. Rasio 16:10 pada layar memberikan area pandang yang lebih luas dan mampu memberikan pengalaman bermain gim terbaik kepada pengguna.

Laptop ini memiliki refresh rate yang cepat yaitu 240 Hz untuk menampilkan kualitas grafis yang lebih halus dan bebas blur. Dengan color gamut 100% DCI-P3, laptop ini mampu menampilkan lebih banyak warna sehingga menghasilkan gambar yang lebih detail dan realistis dibandingkan dengan layar standar sRGB.

Layar yang digunakan memiliki kecerahan maksimal sampai 500 nits dan rasio kontras tinggi yang sangat mendukung untuk menampilkan grafis berkualitas HDR. Layar laptop ini juga dilengkapi dengan fitur G-Sync dari Nvidia untuk memastikan gamer terhindar dari berbagai masalah yang diakibatkan oleh performa GPU dan monitor yang tidak sinkron seperti tearing, stuttering, dan lagging.

Selain mendukung gim-gim dengan kualitas grafis tinggi, kelebihan layar yang diusung Predator Triton 500 SE ini juga ciamik untuk mendukung kebutuhan kerja kreatif yang berhubungan dengan visual seperti desain grafis dan video editing.

Teknologi Pendingin Canggihlaptop gaming

Salah satu pertanyaan yang timbul dari desain laptop yang tipis mungkin adalah bagaimana laptop ini mampu mengakomodasi sistem pendingin yang memadai?

Tapi tenang saja karena Predator Triton 500 SE sudah dilengkapi dengan sistem pendingin yang andal dengan kipas 3D AeroBlade Generasi ke-5 yang terbuat dari bahan metal setipis 0,08 mm. Pendingin yang digunakan terdiri dari 89 bilah kipas metal yang mampu mengalirkan udara 55% lebih baik dibandingkan kipas plastik biasa.

Sistem pendingin yang digunakan juga dilengkapi dengan pemandu angin tambahan pada sisi atas kipas untuk meminimalkan turbulensi.

Sistem pendingin ini menggunakan Vortex Flow desain baru dengan tiga kipas yang dirancang khusus dan ditempatkan secara strategis di sasis untuk memaksimalkan aliran udara dan mencegah kebisingan serta menjaga CPU tetap dingin agar gim yang dimainkan tidak mengalami penurunan performa akibat overheating.

Konektivitaslaptop gaming

Predator Triton 500 SE hadir dengan 2 buah port Thunderbolt 4 yang memiliki kecepatan transfer 40Gbps dan mampu menyediakan daya hingga 100W untuk pengisian daya.

Dengan kecepatan transfer ini, Thunderbolt 4 dapat dihubungkan dengan 2 buah monitor 4K sekaligus atau sebuah monitor 8K. Laptop ini juga memiliki 2 port USB 3.0 gen 2 yang dapat digunakan untuk mouse atau perangkat lain.

Port HDMI® 2.1 yang merupakan standar industri terbaru juga turut disematkan pada Predator Triton 500 SE dan mampu disambungkan ke perangkat monitor eksternal dengan resolusi 4K yang berjalan pada refresh rate 120Hz.

Tidak kalah penting, laptop ini juga dilengkapi dengan LAN port yang mendukung Killer LAN, SD Card reader versi 7.0 yang memiliki kecepatan transfer hingga 985 MBps. Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan port audio yang bisa dihubungkan dengan speaker eksternal.

Spesifikasi Predator Triton 500 SE

Berikut ini spesifikasi lengkap laptop gaming Acer Predator Triton 500 SE (PT516-51s).

Sistem Operasi Windows 10 Home 64-bit + Office & Home Student 2019
Layar
  • 16” IPS PolarBlack Display
  • 500 nits
  • 16:10 ratio for 10% more vertical view
  • 100% DCI-P3 color gamut
  • 240Hz refresh rate
Prosesor Intel® CoreTM i7-11800H processor (24 MB Smart Cache, 2.4 GHz with Turbo Boost up to 4.6 GHz, DDR4)
Grafis NVIDIA® GeForce® RTXTM 3080 with 8 GB of dedicated GDDR6 VRAM(Boost Clock:1345Mhz, Maximum Graphics Power(W):110W
Penyimpanan Solid state drive: Up to 2 TB, NVMe, RAID 0 PCIE gen4.
Audio
  • DTS® X:Ultra Audio, featuring optimized Bass, Loudness, Speaker Protection with up to 6 custom content modes by smart amplifier
  • Supported in Windows Spatial Sound for PC Gaming with DTS license integrated
  • Immersive audio rendering over headphones and internal speakers
  • Acer Purified.Voice technology with dual built-in microphones. Features include far-field pickup, keystroke suppression, adaptive beam forming, and pre-defined personal and conference call modes.
  • Compatible with Cortana with Voice
  • Acer TrueHarmony technology for lower distortion, wider frequency range, headphone-like audio and powerful sound
Wireless & Networking WLAN
  • Killer™ Wi-Fi 6 AX 1650i
  • Support Bluetooth® 5.1

LAN

  • Killer™ Ethernet E3100G
  • 2.5G Ethernet
  • Killer Control Center
  • Lag and Latency ReductionTM Technology
  • Advanced Stream DetectTM 2.0
  • Killer DoubleShotTM Pro enabled
  • GameFastTM Technology
Input & Output
  • Killer™ DoubleShot Pro (Killer™ Wi-Fi 6 AX1650i + Killer™ Ethernet E3100G)
  • Dual ThunderboltTM 4 ports
  • SD™ 7.0 card reader
  • 3-zone RGB backlit keyboard
  • Fingerprint reader
  • Glass precision touchpad
Webcam HD webcam with 1280 x 720 resolution, 720p HD audio/video recording and Super high dynamic range imaging (SHDR)
Power adapter dan baterai 2-pin 230 W 5.5  AC adapter
Dimensi
  • 16 inch
  • Bodi Tipis (19,9 mm)

Ketersediaan Predator Triton 500 SE

Predator Triton 500 SE (PT516-51s) dengan Intel® Core™ Generasi ke-11 dan dukungan GPU NVIDIA® GeForce® RTXTM 3000 terbaru akan diperkenalkan Acer akan segera hadir untuk para gamers di Indonesia.

Kunjungi website resmi Acer Indonesia untuk informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan produk di Indonesia.