Review Webcam OBSBOT Tiny 4K, Webcam Super Canggih dengan Fitur AI Tracking

882
Review Webcam OBSBOT Tiny 4K
Sumber: OBSBOT.com

Pada artikel kali ini kita akan mengupas review webcam OBSBOT Tiny 4K yang berbentuk unik dan memiliki fitur yang unggul!


Sekali lagi, perkembangan teknologi terus berkembang pesat, tak terkecuali untuk produk webcam yang kita pakai sehari-hari untuk bekerja dan sekolah.

Artikel kali ini kita akan mengulas salah satu webcam dengan brand yang mungkin masih jarang terdengar yaitu OBSBOT. Meskipun begitu webcam ini sangat kaya dengan fitur unggulan yang tentunya sangat bermanfaa untuk produktifitas kita.

Ya perkenalkan ini adalah webcam OBSBOT Tiny 4K! 

Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah melihat webcam fokus berkualitas tinggi dengan resolusi hingga 4K, frekuensi gambar yang lebih tinggi untuk digabungkan dengan game yang pastinya sudah beresolusi tinggi.

Kini, webcam OBSBOT terbaru ini hadir di Indonesia dengan teknologi AI yang unik dan patut menjadi perhatian.

Penasaran fitur apa saja yang tersemat pada webcam ini? Simak artikel ini sampai habis ya!

Spesifikasi Webcam OBSBOT Tiny 4K!

Sebelum kita lanjut ke pembahasan detail mengenai produk ini, kamu bisa baca dulu spesifikasi lengkapnya sebagai bahan pembanding ya.

Size and Weight

  • Size (without mount): 89.4mm x 58mm x 58mm
  • Size (with mount): 142mm x 58mm x 58mm
  • Weight (without mount): 147g
  • Weight (with mount): 176g

Camera

  • Max video resolution: 4K@30fps, 1080p/60 fps,MJPEG, H264
  • Supported resolutions: 3840×2160, 1920×1080, 1280×720, 640×360
  • Zoom: 4x
  • Focus Type: AF/MF
  • HDR: ✓
  • FOV(D): 86°
  • Built-in Audio: Built-in dual omni-directional mics with noise reduction

2-Axis Gimbal

  • Gimbal installation: Non-removable
  • Controllable range: Pan: ±150°;
  • Tilt: ±45°
  • Structurally possible range: Pan: ±160°;Tilt: ±90°
  • Max control speed: 120°/s

System Requirements

  • Windows® 10 or later, Windows 8, Windows 7
  • macOS® 10.13 or later

Review Webcam OBSBOT Tiny 4K!

Review Webcam OBSBOT Tiny 4K
Sumber: OBSBOT.com

Aspek Visual dan Boks

Kalau dilihat dari segi pengemasan produknya, webcam OBSBOT Tiny 4K ini dikemas dengan cukup baik dan memberikan kesan pertama yang luar biasa.

Di dalam kotak terdapat buku manual, tas jinjing, kabel USB, kabel daya tambahan untuk USB berdaya rendah, magnet pemasangan, dan tentunya 1 unit webcamnya.

Webcam OBSBOT Tiny 4K ini juga sangat mudah digunakan, Kamu hanya perlu menghubungkan webcam dengan kabel USB ke laptop atau PC lalu kamu bisa langsung mengunduh software OBSBOT Tiny untuk menyesuaikan pengaturan webcam-nya.

Selain itu kamu juga dapat mengedit gambar kamera dengan kecerahan, saturasi, kontras, serta beralih ke mode HDR dengan software tersebut.

Fitur ini akan meningkatkan jangkauan dinamis untuk menonjolkan lebih banyak detail dari area yang lebih gelap atau lebih terang, tetapi untuk gambar non-HDR juga masih terbilang oke dalam kondisi cahaya redup.

Aspek Fitur

AI Tracking

Tentu saja, fitur AI Tracking adalah keunggulan utama dari OBSBOT Tiny 4K ini. Fitur ini bekerja dengan memutar kamera sesuai dengan gestur dan pola wajah pengguna.

Contohnya ketika kamu meletakkan webcam ini dikamarmu, kamu bisa pergi ke mana saja dan webcam ini bisa mengikuti dan fokus pada gestur wajah dan tubuhmu. Menurut kami ini adalah fitur hebat dan tidak seperti webcam lainnya.

Fitur AI Tracking ini bisa sangat berguna untuk orang yang mengajar kursus online ataupun di sebuah meeting di mana pengguna harus berdiri, mempresentasikan dan memamerkan berbagai produk, atau buat kamu game streamers yang fokus dengan permainan dan merayakan kemenanganmu.

Ini memiliki potensi besar bagi siapa saja yang tidak hanya menghadiri konferensi atau siaran langsung.

Gesture Control

Selain AI Tracking juga ada fitur Gesture Control, kamu juga dapat menggunakan gerakan tangan untuk menetapkan target pelacakan dan memperbesar/memperkecil.

Ketika kalian ingin berdiri dan meregangkan tubuh, ada baiknya webcam tetap fokus tanpa khawatir kalian akan tetap dalam frame.

Webcam ini umpama seperti memiliki operator kamera sendiri dan banyak tipe kreatif akan mendapat manfaat dari fitur ini.

Merekam Hingga 4K HDR30

OSBOT Tiny 4K ini adalah webcam perekam video tangguh yang dapat merekam video hingga 4K HDR30!.

Ukurannya yang sangat ringkas membuatnya sempurna untuk merekam konten gaming atau konten kreatif lainnya yang pastinya dalam definisi tinggi.

OBSBOT Tiny 4K ini juga sudah menyertakan kabel HDMI dan kabel pengisi daya USB, sehingga kamu dapat langsung menggunakannya.

Nah untuk menggunakan OBSBOT Tiny 4K ini adalah dengan menggunakan komputer. Kamera dapat digunakan dengan software streaming jenis apa pun, seperti XSplit atau OBS Studio.

Dengan pengaturan ini, kamu dapat merekam video atau audio langsung ke komputer untuk diedit dan diunduh nanti. Kamu juga dapat mengalirkan rekaman gameplay secara instan sehingga orang lain dapat menontonnya.

Fitur 4X Zoom

OBSBOT Tiny 4K ini merupakan webcam 4K USB PTZ ringkas dengan zoom 4x yang dapat dikontrol langsung dengan software TinyCam. Fitur ini ideal untuk streaming dan perekaman 4K, dan ukurannya yang kecil memudahkan penyiapan di mana saja.

Kamera memiliki mikrofon internal dan cincin fokus yang dapat disesuaikan sehingga kamu selalu mendapatkan hasil bidikan gambar yang super tajam.

Mikrofon Omnidirectional dan Noice Cancelling

OBSBOT Tiny 4K ini juga sudah disertai mikrofon omnidirectional bawaan yang dimana mikrofon ini sangat ideal untuk menangkap audio dari segala arah, termasuk narasi dan percakapan biasa.

Selain itu mikrofon ini juga memiliki noise cancelling yang membuat suara yang dihasilkan lebih jelas dan enak didengar.

Dengan cara ini, kamu tidak perlu khawatir terdengar dalam situasi bising seperti di keramaian.

Konektifitas Praktis dengan Type-C

USB Type-C (USB-C) adalah standar baru untuk antarmuka USB, yang dirancang sebagian untuk memungkinkan perangkat seperti smartphone, tablet, dan laptop mengisi daya lebih cepat.

Tidak seperti versi USB sebelumnya yang mengharuskan kita harus menyambungkan kabel ke perangkat sebelum dapat digunakan, Type-C juga berfungsi sebagai input dan output.

Ini berarti kamu dapat menyambungkan ponsel ke pengisi daya atau perangkat lain hanya dengan satu ujung kabel, memberikan kamu lebih banyak fleksibilitas daripada sebelumnya.

Dudukan tripod berulir 1/4″-20

Ada dua cara untuk mengonfigurasi kamera OBSBOT Tiny 4K ini. Yang pertama adalah dengan tripod standar yang memungkinkan kamu memasangnya ke kepala tripod atau alas lainnya dengan ulir 1/4-20.

Ini berguna jika kamu ingin menggunakan perangkat ini sebagai bagian dari perangkat eksternal, seperti gimbal atau drone.

Ada juga built-in ¼”-20 thread yang memungkinkan kamu dapat memasang kamera langsung ke subjek lain dengan pelat adaptor atau pelat pelepas cepat.

Kesimpulan dan Harga

Nah dengan adanya segudang fitur canggih yang sudah dijabarkan di atas, tertera harga OBSBOT 4K Tiny terbaru di Indonesia yakni sebesar Rp 3,5 juta.

Kamu dapat membeli OBSBOT Tiny 4K secara online di official store OBSBOT dan toko e-commerce kesayangan di kotamu ya.

banner iklan esportsnesia