Apa Itu Among Us?

0
3
Game Among Us

Kepopuleran sebuah gim dapat meningkat begitu cepat ketika viral di kalangan pengguna internet. Sama halnya seperti gim Among Us yang akhir-akhir ini banyak dimainkan oleh banyak kalangan. Hampir semua anak muda mengenal gim ini, namun tidak sedikit yang masih bertanya apa itu Among Us. Gim ini sebenarnya sudah lama rilis, akan tetapi baru ramai dimainkan beberapa waktu terakhir ini saja.

Pada bulan Agustus 2020 lalu, gim Among Us mengalami kenaikan jumlah unduhan mencapai 661%. Kenaikan itu menjadi gambaran yang nyata betapa antusiasnya pengguna smartphone dalam bermain gim ini. Pemain gim ini memang bukan berasal dari gamers saja, mulai dari selebriti hingga youtuber seperti Sarah Viliod juga memainkan gim ini. 

Oleh sebab itu, untuk memenuhi rasa penasaran kalian, tulisan ini sengaja diciptakan. Mari kita simak bersama-sama.

Apa Itu Among Us?

Apa Itu Among Us

Among Us merupakan gim multiplayer yang bisa dimainkan oleh 4 sampai 10 pemain. Gim besutan Innersloth LLC memiliki konsep yang sama dengan gim Werewolf. Di dalam permainan ini ada banyak kasus yang harus dipecahkan dengan kesulitan yang berbeda. Among Us sendiri sudah rilis sejak 15 Juni 2018 dan bisa dimainkan dari Android, iPhone hingga komputer. 

Gameplay gim ini berlangsung di latar belakang yang bertema ruang angkasa. Konsepnya memang cukup unik dan bisa membuat para pemainnya betah memainkan gim ini. Saat bermain, pemain akan mendapatkan peran sebagai Crewmates ataupun Impostor.

Keduanya tentu memiliki tugas yang berbeda-beda. Karena tugas ini juga kerap membuat pemain merasa emosi dengan pemain lain. 

Crewmates memiliki tugas untuk melakukan identifikasi terhadap Impostor, menghilangkan mereka hingga menyelesaikan berbagai tugas yang ada pada arena. Sementara Impostor berperan untuk membunuh Crewmates tanpa harus diketahui. Tugas lainnya yakni untuk membuat Crewmates gagal menyelesaikan misi yang sedang dikerjakan.

Selama bermain gim, pemain bisa saja merasa curiga dengan pemain lain. Setiap pemain memang harus merahasiakan perannya agar tidak diketahui pemain lain. Di balik itu semua, gim Among Us sangat cocok untuk bermain bersama teman. Keseruannya bisa membuat suasana menjadi lebih ramai.

Cara Bermain Among Us

Istilah Among Us

Untuk bermain Among Us, kalian harus mengajak setidaknya tiga orang lain. Agar lebih ramai, permainan bisa dilakukan sampai 10 orang sekaligus. Dengan 10 pemain, ada 2 orang yang akan menjadi Impostor dan 8 orang menjadi Crewmates. Untuk lebih jelasnya, kita akan bahas cara bermain dari dua sisi baik Crewmates maupun Impostor.

Bermain Among Us Sebagai Crewmates

Crewmates harus bisa bertahan agar tidak terbunuh oleh Impostor. Di samping itu, berbagai tugas juga harus diselesaikan oleh Crewmates mulai dari perawatan sistem, mengisi bahan bakar hingga pemasangan kabel listrik.

Untuk bisa menang, Crewmates harus segera menyelesaikan tugas sebelum dibunuh. Setiap pemain bisa saling curiga dengan pemain lain yang menganggap memiliki peran berbeda.

Saat ada pemain yang berhasil dibunuh oleh Impostor, Crewmates akan melakukan diskusi sesama Crewmates untuk menemukan pelakunya. Dalam momen ini, mereka akan saling adu argumen yang masuk akal. Jika argumennya kurang logis, bisa saja akan dituduh sebagai Impostor.

Bermain Among Us Sebagai Impostor

Sebagai Impostor, ia memiliki tugas utama untuk membunuh Crewmates. Mereka bisa melakukan sabotase untuk membunuh lawannya. Sabotase memiliki waktu mundur, jadi harus diselesaikan sebelum waktu habis.

Sabotase misi menjadi strategi yang bisa dilakukan dengan mudah. Perlu diketahui, setiap misi terdapat vent yang bisa digunakan untuk sembunyi. Ketika sudah melakukan sabotase, Impostor bisa bersembunyi di vent untuk menunggu Crewmates datang sendirian.

Impostor bisa dibilang memiliki peran antagonis. Mereka dengan sengaja berbaur dengan Crewmates agar tidak diketahui perannya sebagai Impostor. Dalam gameplay-nya, Impostor bisa saja mengadu domba dengan menuduh pemain lain. Ini dilakukan untuk mengelabuhi pemain lain agar tidak menuduhnya sebagai Impostor.

Among Us menjadi gim yang memerlukan ingatan yang bagus dan juga analisa yang tepat. Pemain bisa saling curiga dengan sesama pemain lain agar tidak terbunuh. Saat pemain meninggal, nantinya akan berubah menjadi hantu. Hantu ini bisa melakukan berbagai hal seperti menembus dinding, tidak terlihat oleh pemain yang masih hidup.

Mode Permainan

Dalam gim Among Us, terdapat tiga mode permainan utama yakni online, local dan freeplay. Kalian bisa bermain dengan orang lain dengan membuat room pada mode online. Untuk mode local bisa digunakan untuk bermain dengan orang dekat menggunakan satu hotspot. Sementara untuk kalian yang suka sendirian, bisa bermain dalam mode freeplay untuk menyelesaikan misi sendiri.

Selain ketiga mode tersebut, ada dua mode lain yang harus diketahui yakni public dan private. Mode public ini digunakan untuk bermain bersama orang yang tidak dikenal, sementara mode private untuk bermain dengan orang tertentu saja.

Istilah-istilah dalam Among Us

Istilah Among Us

Jika kalian adalah pemula dalam bermain Among Us, sebaiknya ketahui dahulu istilah-istilah yang sering dipakai saat bermain gim ini. Jadi kalian tidak hanya tau apa itu among us dan cara bermainnya saja. Istilah-istilah ini akan membuat kalian lebih mengenal apa itu Among Us.

Crewmates dan Impostor

Keduanya merupakan karakter dalam gim Among Us. Crewmates memiliki tugas utama untuk menyelesaikan misi dan memiliki peran protagonis. Setelah semua misi berhasil diselesaikan, maka Crewmates menang. Sementara Impostor berperan sebagai antagonis untuk membunuh Crewmates. Impostor bisa menang dengan membunuh crewmates sampai jumlah pemainnya setara.

Task dan Task Bar

Task merupakan misi yang disediakan untuk diselesaikan oleh crewmates. Lokasi task bisa diketahui dengan melihat map. Sedangkan taskbar adalah indikator yang menandakan jumlah task yang sudah diselesaikan. Saat task indikator sudah penuh, maka tandanya tidak ada misi lagi yang harus diselesaikan. 

Code

Code ini merupakan huruf yang tersusun secara unik untuk bisa masuk ke dalam room private. Pemain harus memasukan code ini terlebih dahulu sebelum bisa bermain.

Server

Server juga bisa disebut dengan room. Setiap pemain bisa membuat room sendiri sebelum bermain. Tersedia tiga pilihan server yang bisa digunakan yakni Asia, North America dan Europe.

Admin

Admin merupakan fitur yang memungkinkan pemain bisa melihat jumlah pemain yang ada pada ruangan. Namun tidak semuanya bisa terlihat, Impostor yang sedang bersembunyi tidak bisa terlihat, pemain yang ada pada lorong juga tidak terlihat.

Report dan Self Report

Fitur report digunakan saat kalian menemukan mayat dan meyakinkan bahwa kalian bukan pembunuhnya. Sementara self report dipakai untuk melaporkan adanya mayat yang ditemukan dan pura-pura tidak tahu.

Vote

Istilah vote ini dipakai untuk memilih pemain yang akan dikeluarkan karena dicurigai memiliki peran sebagai Impostor. Setiap pemain berhak melakukan vote ataupun tidak.

Vent

Vent merupakan istilah singkatan dari ventilasi yang hanya bisa diakses oleh Impostor. Crewmates yang berhasil melihat pemain keluar dari vent, bisa dipastikan pemain tersebut Impostor.

Emergency Meeting

Fitur ini digunakan pada saat pemain melihat pemain yang dicurigai sebagai Impostor. Jatah penggunaan fitur ini terbatas, jadi harus dimaksimalkan. 

CCTV

CCTV memiliki fungsi untuk melihat pemain-pemain lain, seperti ketika Crewmates mencari sosok Impostor. Saat CCTV digunakan, indikator dalam ruangan akan menyala sehingga pemain yang ada pada ruangan tersebut akan mengetahui sedang dipantau.

Vitals

Vitals merupakan sebuah map Polus yang bisa digunakan untuk melihat pemain yang masih hidup atau mati.

Doorlog

Fitur yang memungkinkan untuk mendata orang yang melewati sensor. Penggunaannya sangat membantu untuk mengetahui seberapa banyak pemain yang mondar-mandir.


Bagaimana, tertarik untuk bermain Among Us ? Setelah mengetahui apa itu Among Us, cara bermainnya hingga istilah dalam permainan ini, kalian tentu akan lebih leluasa dalam bermain dan “berdrama”.