Rekap Flagship Battle One Piece Card Game – Velocity Medan (Januari 2024)

184
flagship battle velocity medan
Top 8 (Sumber: @Velocity Hobby Centre)

Bagi para pemain One Piece Card Game, khususnya yang kompetitif, tentu tidak asing lagi dengan event bulanan yang bernama Flagship Battle.

Flagship Battle adalah salah satu event turnamen bulanan One Piece Card Game yang diadakan oleh Local Game Shop terdaftar untuk memperebutkan hadiah kartu eksklusif yang hanya bisa didapatkan dari event Flagship.

Popularitas dari anime One Piece telah menyebar ke seluruh penjuru dunia, dan pada tulisan kali ini, penulis akan merekap gelaran Flagship Battle bulan Januari 2024 yang berlokasi di kota Medan, terutama di Velocity Hobby Centre.

Pada gelaran Flagship kali ini, hadiah yang diperebutkan adalah kartu parallel Dracule Mihawk dari OP01-070.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai event Flagship ini, kalian bisa mengunjungi laman resminya di One Piece Card Game Asia.

Meta Breakdown Flagship Battle Velocity Medan (Januari 2024)

Flagship Battle yang digelar pada 21 Januari 2024 lalu diikuti oleh 20 peserta, di mana tiap peserta telah menyusun racikan deck kompetitifnya sendiri.

Berikut adalah daftar dan jumlah leader yang digunakan selama pertandingan berlangsung.

  • 1 Merah Kuning Bello Betty
  • 1 Hitam Kuning Luffy
  • 3 Kuning Enel
  • 5 Hitam Moria
  • 1 Hitam Hijau Perona
  • 2 Ungu Luffy
  • 3 Merah Kuning Sabo
  • 1 Ungu Biru Reiju
  • 1 Hitam Biru Sakazuki
  • 1 Hijau Uta
  • 1 Hijau Kuning Yamato

Wawancara Juara 1 Event Flagship Battle

Tidak lengkap rasanya jika penulis hanya sekedar melaporkan hasil. Untuk bisa memperkaya atau menginspirasi permainan Nakama ini, penulis berkesempatan untuk mewawancarai pemenang dari event Flagship Battle Velocity Hobby Centre, yakni Dannish yang merupakan seorang konten kreator YouTube (@Weeb Dude?).

Decklist Flagship Battle Velocity Medan Januari 2024
Decklist Champion – Purple Luffy

Q: Mohon perkenalkan diri secara singkat dan juga deck yang digunakan.

A: Nama saya Dannish, biasa dipanggil “Wibudesu”, sudah bermain TCG secara kompetitif sejak 2012, dan Deck yang saya gunakan adalah Purple Luffy.


Q: Apa alasan menggunakan deck Purple Luffy?

A: Ada beberapa alasan aku menggunakan deck ini:

Yang pertama itu karena Luffy salah satu character favorit aku di One Piece, kemudian leader Purple Luffy ini untuk meta sekarang masih memiliki keunikan, yaitu satu-satunya leader yang bisa deploy character cost besar di early game secara konsisten.

Yang kedua, deck ini juga memiliki utilities yang relevan dengan meta sekarang, seperti Trafalgar Law cost 4 atau Magellan.


Q: Bagaimana cara kamu memainkan deck ini secara umum? (dimulai dari Early, mid sampai late game)

Untuk giliran pertama sebenarnya aku memasukkan Killer cost 1 untuk search kartu Kid Pirates, hanya untuk mencari Kid cost 7 atau cost 5 doang, karena 2 kartu ini memang key cards di deck ini most of the time.

Untuk memainkan deck ini secara umum, aku bisa bagi jadi 2 strategi:

Pertama strategi turbo, dimana aku nambahin jumlah kartu Don!!! sekencang-kencangnya sampai mendapatkan Kaido cost 9. Untuk strategi turbo, cukup simple, opening di turn kedua aku bakal pakai effect leader dan deploy Doublefinger.

Kemudian di turn 3 dan 4 aku akan commit play Kaido cost 9 dan aku bisa langsung hit lawan pakai 2 Kaido dengan power 10k di turn 4, dan tinggal efek snowball aja sampai late game.

Kedua strategi Magellan, dimana digunakan ketika aku tidak bisa pakai strategi turbo. Biasanya aku pakai buat melawan deck warna kuning, dimana karakteristik deck kuning umumnya bermain di late game.

Aku akan menghambat lawan sampai ke ideal curve deck mereka dan both works better. Jika kita mengambil second turn sebagai awal, yang berarti aku bakal main langsung di 5 kartu Don!!! di turn kedua.

Aku bakal cari 1 sampai 2 Magellan buat dimainkan di turn kedua. Jika di KO sama lawan, mereka bakal makin lama sampai ke ideal curve mereka tapi kalau tidak di KO, bakal aku serang terus dengan Magellan dengan base power 6k.

Kemudian untuk follow up, Magellan biasa aku mainkan dengan Kid cost 7, kemudian di turn 5, aku ada 8 kartu Don!!! dan bisa mainkan Kid cost 5 dan Law cost 4 di turn yang sama dan strategi ini Kaido biasanya bakal jadi finisher.


Q: Apa kelemahan dari deck Purple Luffy menurut kamu?

Kelemahan dari deck ini adalah tidak memiliki protection dari removal. Melakukan removal terhadap kartu cost tinggi yang kumainkan itu tidak gampang, kecuali saat melawan deck warna hitam.

Jadi ya kalau ketemu deck warna hitam seperti Sakazuki atau Moria, I really need to work around, but the winning chance is not 0%.


Q: Selama pertandingan Flagship, pairing melawan deck apa saja dan bagaimana hasil pertandingan tersebut?

Yang dilawan itu ada 2 kali lawan Moria, 1 lose 1 win. Kemudian 2 kali lawan Enel, 1 win 1 lose, dan ada ketemu Reiju win.

Yah bisa dibilang deck Purple Luffy ini kalau lawan Reiju memiliki posisi advantageous, karena punya Kaido yang bisa mengurangi jumlah kartu Don!!! sampai tersisa 4 atau 5 jadi deck Reiju harus agak mikir kalau ketemu deck ini.


Q: Apa yang dirasakan ketika bermain melawan deck tier 1?

Deck tier 1 di meta sekarang masih Moria dan Enel ya. Bisa dibilang cukup intense ya ketika ketemu 2 deck ini terutama deck Moria. Karena seperti yang disebutkan tadi, deck ini agak lemah melawan deck warna hitam yang bisa mengurangi cost karakter, dan kemudian menghancurkan set-up board.

Purple Luffy belum banyak opsi untuk melakukan swarming character jadi aku cuma bisa berharap kartu yang aku mainkan tidak langsung hilang. But I managed to work around it dan berhasil mendapatkan hasil yang cukup memuaskan.


Q: Hal apa yang membuatmu berkesan selama bermain di Event Flagship Battle ini?

Pesertanya ramai, jadi memang seru dan intense. Aku habis selesai event Flagship itu benar-benar berasa kayak Luffy habis pakai gear fifth. Langsung capek gitu, tapi ya serulah pokoknya.


Q: Menurut kamu apa kartu atau efek kartu yang harus dirilis oleh Bandai kedepannya untuk deck ini?

Kartu yang bisa swarming character dan kartu boss baru yang lebih impactful ke lawan aja. Di OP-07 kemarin udah ada dibocorkan Porsche dan Ngl. It might be one of the best support for this deck buat solusi untuk permasalahan lawan deck warna hitam.


Q: Apa pesan yang ingin kamu sampaikan kepada pemain One piece Card Game di Indonesia?

Selain membuat deck, jangan lupa untuk terus melatih Haki kalian para Nakama!


Penutup

Nah itu dia, rekap keseruan pertandingan Flagship Battle di kota Medan bulan ini. Nantikan terus update dari sirkuit TCG lokal yang terus berkembang.

Ketika menyusun rekap ini, penulis merasa seperti anggota Sekai Keizai Shinbun, selalu berjuang dalam mencari dan menyebarkan berbagai informasi One Piece Card Game di Indonesia. Meski tidak mudah namun ada kepuasan tersendiri yang bisa dirasakan dalam membuat artikel ini.

Untuk turut mendukung perkembangan TCG, penulis ingin bisa membagikan lebih banyak kisah-kisah perjuangan Nakama selama memenangkan pertandingan Flagship.

Jika kamu yang membaca ini ingin membagikan update sirkuit TCG di kotamu, silakan perkenalkan diri dan hubungi penulis melalui email di [email protected] ya!

banner iklan esportsnesia