[Build MLBB] Cara Main Hero Thamuz Mobile Legends

552
Hero Thamuz Mobile Legends Cover

Beberapa hari yang lalu, saya telah membahas tentang hero Assassin terbaru yang bernama Aamon Duke of Shards. Dan kali ini, saya akan membahas tentang hero Fighter yang masih banyak peminatnya, yaitu Thamuz Mobile Legends. Mari kita bahas!

Mengenal Hero Thamuz Mobile Legends

Dalam semesta Mobile Legends Bang Bang, Thamuz dikisahkan berasal dari Land of Dawn. Daerah kekuasaan Thamuz berada pada gua dengan lava di dalamnya. Lava ini digunakan oleh Thamuz untuk membentuk senjata andalannya yaitu sabit kembar.

Super tangguh, Thamuz diangkat sebagai pemimpin bangsa Fire Demon dan mendapat julukan King of Fire Demon. Dengan kemampuan hebat, Thamuz diketahui sangat mampu menjaga Abyss dari serangan apapun.

Review Hero Thamuz Mobile Legends

Hero Thamuz Review CoverHero yang memiliki role Fighter dan overpowered di zamannya dijadikan top pick. Penampilan hero ini bisa dibilang dan lebih cocok dimasukkan ke kategori hero yang memiliki karakter jahat karena wujudnya yang berapi-api seperti raja kegelapan dengan tanduknya yang besar dan melingkar membuat tampilannya semakin jahat. Bentukan postur tubuhnya lebih besar di bagian atas sehingga kelihatan seperti bongkok apalagi saat jalan sangat terlihat postur tubuhnya lebih ke depan. Thamuz selalu membawa senjata di tangannya yang disebut dengan scythe yang bisa dilemparkan ke arah hero lawan.

Seperti biasa sebelum lanjut, saya akan membahas tentang kelebihan dan kelemahan hero Thamuz ini. Apa saja itu?

Kelebihan Thamuz Mobile Legends

  • Memiliki Tambahan True Damage Tinggi

Ini dikarenakan Thamuz memiliki pasif yang unik. Kemampuan tersebut dapat mengeluarkan lava yang memberikan true damage pada lawan disekitarnya. Untuk mengaktifkan pasif ini, kalian bisa melemparkan sabit Thamuz pada lawan kemudian Thamuz akan mengaktifkan efek movement speed serta tambahan damage tersebut. 

  • Mobilitas Yang Sangat Baik

Mobilitas ini didapatkan dari skill 1 ketika kalian melemparkan sabit. Thamuz akan mendapatkan 20% movement speed tambahan yang dapat optimal untuk kalian gunakan ketika kabur dari lawan serta mengejar lawan atau melakukan roaming.

  • Memiliki Durability Yang Sangat Kuat

Kemampuan ini bisa didapatkan baik dari item serta gaya bermain Thamuz. Thamuz sangat tahan terhadap ganking serta memiliki lifesteal yang cukup deras, dengan tambahan build item yang sangat baik dapat memaksimal kemampuan Thamuz ketika kalian mainkan.

  • Skill Ultimate Yang Overpower

Kemampuan skill 3 ultimate Thamuz dapat mengeluarkan lava yang ada pada tubuh Thamuz, memberikan tambahan damage, movement speed serta regenerasi HP yang cukup signifikan.

Dalam mode ultimate, Thamuz memiliki kemampuan yang tak terkalahkan, terlebih dengan durasi yang cukup lama dari ultimate tersebut dapat membantu kalian melakukan survive lebih dalam dalam suatu team fight.

Kelemahan Thamuz Mobile Legends

  • Tidak Memiliki Crowd Control

Setiap skill yang dimiliki Thamuz yang diperuntukan pada serangan offensive pada lawan. Tidak ada satupun kemampuan crowd control yang dapat digunakan untuk menghentikan lawan. Walaupun begitu, terdapat beberapa efek seperti slow yang bisa kalian gunakan untuk mencekam lawan ketika melakukan serangan.

  • Tidak Memiliki Skill Escape

Sebagian player Thamuz mengandalkan battle spell Flicker. Flicker tersebut digunakan untuk meminimalisir kelemahan pada skill escape hero ini, yang mana ketika mendapatkan ganking Thamuz cukup kesulitan kabur dan bisa mengandalkan Flicker tersebut. 

  • Sangat Lemah Terhadap Crowd Control Lawan

Thamuz merupakan hero Fighter yang sama sekali tidak memiliki kemampuan immune atau yang lainnya. Berbeda dengan Chou, Thamuz sangat rentan terhadap serangan crowd control lawan, yang mana setelah mendapatkan stun kalian pastinya bingung untuk keluar dalam situasi tersebut tanpa menggunakan Purify atau Flicker.

Skill Set & Combo Hero Thamuz Mobile Legends

Skill Set

  • Skill Pasif – Grand Lord Lava

Skill Pasif - Grand Lord Lava

Skill pasif Thamuz yang pertama yaitu bisa menyebabkan efek scorch jika dia memberikan damage kepada lawan. Efek ini akan memberikan tambahan physical damage kepada lawan dan bisa ditumpuk. Ketika Thamuz tidak membawa sabit, maka pergerakannya akan menjadi lebih cepat. Selain itu, movement speed-nya juga akan meningkat  dibandingkan ketika membawa sabit.

Setelah mengambil sabitnya, basic attack Thamuz yang selanjutnya akan memberikan tambahan damage dan efek slow. Selain itu dia juga akan menghasilkan lava dari tubuhnya. Lava tersebut akan meledak setiap 2 detik dan bisa memberikan true damage. Karena skill inilah Thamuz menjadi hero yang bisa memberikan burst damage dan damage per second yang sangat tinggi.

  • Skill 1 – Molten Scythes

Skill 1 - Molten Scythes

Thamuz akan melemparkan sabitnya ke arah yang ditentukan dan akan berhenti ketika mengenai lawan pertama. Sabit tersebut akan memberikan physical damage dan efek slow kepada lawan yang berada di sekitarnya. sabit itu juga akan memberikan physical damage setiap 0.5 detik.

Setelah beberapa detik, sabit itu akan kembali ke Thamuz dan akan memberikan sedikit dorongan kepada lawan yang berada di jalur sabit tersebut. Kalian juga bisa mendekati sabit itu untuk mengambilnya.

Setelah mengambil sabit tersebut, kalian bisa menyerang lawan dengan basic attack untuk memberikan tambahan damage, slow, dan mengaktifkan lava dari tubuh hero ini.

  • Skill 2 – Chasm Trample

Skill 2 - Chasm Trample

Thamuz akan melompat ke larah yang ditentukan dan akan memberikan physical damage yang berada di area skill ini. Selain itu, mereka juga akan terkena efek slow sebesar 30% yang akan bertahan selama 2 detik.

Cooldown dari skill 1 akan ter-reset jika kalian mengambil sabit hero Thamuz dengan menggunakan skill 2. Dengan begitu, kalian bisa menggunakan skill 1 sebanyak dua kali jika bisa mengambil sabit dengan skill 2.

Cara untuk melakukannya sangat mudah dan bisa dipraktekkan langsung di dalam game. Pertama kalian lemparkan skill 1, kemudian gunakan skill 2 untuk mengambil sabitnya. Setelah itu gunakan lagi skill 1 untuk melemparkan sabit ke lokasi yang kalian targetkan.

Kombinasi kedua skill ini bisa kalian gunakan untuk mendekati atau mengejar musuh. Kalian juga bisa mengatur ritmenya untuk kabur ataupun mengejar musuh yang berusaha kabur.

  • Skill 3 Ultimate – Cauterant Inferno

Skill 3 Ultimate - Cauterant Inferno

Ketika menggunakan skill ini, Thamuz akan menyemburkan lava dari dalam tubuhnya. Musuh yang berada di area lava itu akan terkena physical damage dan lava itu akan bertahan selama selama 9 detik. Setiap 0.5 detik, lava ini juga akan memberikan physical damage.

Thamuz akan mendapatkan regen HP ketika memberikan damage dengan basic attack ataupun sabitnya. Tapi kalian harus melakukannya ketika lava sedang aktif. Selain itu dia juga akan mendapatkan tambahan attack speed.

Skill inilah yang akan membuat Thamuz sangat kuat baik itu ketika sedang solo lane, farming, atau team fight. Dia akan sulit dibunuh apalagi jika item utama Thamuz seperti Bloodlust Axe dan Queen’s Wings sudah didapatkan. Tidak hanya kuat, dia juga bisa memberikan damage yang sangat tinggi.

Combo Skill Thamuz

Combo: Skill 1 > skill 2 > basic attack > skill 3 ultimate > skill 1 > basic attack

Ketika Thamuz mengambil kembali senjatanya yang dilempar menggunakan skill 1, ia akan memperkuat basic attack berikutnya. Maka dari itu setiap kalian menggunakan skill 1 dan mengambil kembali scythe-nya, kalian harus menggunakan basic attack.

Selain itu, Thamuz sangat bagus jika disandingkan oleh beberapa hero di bawah ini,

  • Combo Hero Thamuz #1: Angela (Support)

Hero AngelaHero combo Thamuz pertama adalah Angela, merupakan salah satu hero Support terbaik yang bisa memberikan buff berupa movement speed dan juga shield, membuat Thamuz akan semakin tebal.

Kemampuan ini akan sangat cocok untuk bertarung dalam jarak yang dekat, dengan serangan Thamuz dan Angela bersamaan, lawan akan sulit menghindar sekaligus bisa memberikan damage yang sangat besar.

  • Combo Hero Thamuz #2: Diggie (Support)

Hero DiggieKemudian hero combo Thamuz berikutnya adalah Diggie, merupakan hero Support terbaik selain Angela. Diggie menjadi salah satu hero yang bagus dalam membantu Thamuz dalam gameplay maupun team fight.

Berkat kemampuan Diggie, Thamuz tidak perlu khawatir mendapatkan serangan crowd control dari lawan, kelemahan Thamuz memang pada serangan crowd control yang diterima.

Sehingga, dengan adanya Diggie, Thamuz bisa menyerang tanpa khawatir dan juga mendapatkan efek crowd control tambahan yang bisa menarik lawan dan memberikan efek slow.

  • Combo Hero Thamuz #3: Eudora (Mage)

Hero EudoraEudora bisa menjadi hero combo terbaik Thamuz. Berkat kemampuannya, Thamuz bisa mendapatkan lawan dengan mudah dan kemudian mengejarnya hingga kalah.

Hal ini berkat kemampuan Eudora yang bisa memberikan efek crowd control dan stun pada lawan dengan sangat baik. Kemampuannya crowd control ini akan memberikan kesempatan bagi Thamuz untuk menyerang lawan dengan mudah.

Selain itu, berkat skill Eudora, Thamuz akan mendapatkan damage tambahan yang sangat besar dan sangat cocok untuk team fight.

Build Item Thamuz 

Build Item Hero Thamuz

  • Warrior Boots

Item_Warrior_Boots

Hero Fighter wajib menggunakan item sepatu yang bernama Warrior Boots untuk meningkatkan movement speed serta meningkatkan sejumlah physical armor yang berguna bagi Fighter untuk menahan damage di early game. Dan juga untuk melakukan roaming ke berbagai lane.

  • Bloodlust Axe

Item_Bloodlust_Axe

Item wajib kedua bagi Thamuz yaitu Bloodlust Axe. Sebagai seorang Fighter yang lebih mengutamakan skill untuk menyerang musuh, maka Thamuz membutuhkan item yang dapat meningkatkan efek spell vamp, salah satunya adalah Bloodlust Axe. Selain meningkatkan spell vamp, item tersebut juga akan memberikan atribut physical attack dan cooldown reduction tambahan yang berguna untuk Thamuz.

  • Queen’s Wings

Item Queen's Wings

Setelah memiliki Bloodlust Axe, maka item wajib selanjutnya yang harus dibeli adalah Queen’s Wings. Queen’s Wings adalah sebuah item defense semi-offense. Item tersebut akan meningkatkan max HP, physical attack, serta cooldown reduction. Selain itu, Queen’s Wings juga mempunyai efek pasif yang akan meningkatkan lifesteal dan mengurangi damage yang diterima saat HP Thamuz berada di bawah 40%.

  • Endless Battle

Item Endless Battle

Item berikutnya adalah Endless Battle. Penggunaan item ini agar Thamuz bisa menghasilkan damage yang lebih tinggi dari sebelumnya. Selain meningkatkan physical attack, lifesteal, dan cooldown reduction, Endless Battle juga mempunyai efek pasif yang akan meningkatkan damage basic attack-nya setelah Thamuz menggunakan skill.

  • Blade of Despair

Item_Blade_of_Despair

Untuk item berikutnya ada Blade of Despair untuk meningkatkan damage yang dihasilkan oleh Thamuz. Seperti yang kita tahu bahwa item tersebut akan meningkatkan physical attack hingga 170 poin. Selain itu, Blade of Despair juga memiliki pasif yang akan meningkatkan damage ketika Thamuz menyerang hero musuh dengan HP di bawah 50%.

  • Immortality

Item_Immortality

Item terakhir, kalian bisa membeli Immortality agar Thamuz bisa survive lebih lama di dalam team fight. Item ini akan meningkatkan sejumlah defense dan max HP, serta memiliki pasif yang dapat membangkitkan Thamuz dari kematian.

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Thamuz

Emblem

Sebagai hero dengan role Fighter, Thamuz harus menggunakan emblem Fighter karena emblem ini meningkatkan sejumlah physical attack, armor, magic resist, physical penetration, dan max HP yang berguna untuk Thamuz di early game. Untuk upgrade talent-nya, saya sarankan untuk menggunakan di bawah ini.

[Talent Level 1: Bravery]

Untuk meningkatkan damage-nya di early game, kalian bisa mengambil upgrade talent yang bernama Bravery untuk meningkatkan physical attack sebesar 4 poin per level-nya. Dengan begitu di early game, Thamuz sudah bisa menghasilkan damage yang besar berkat emblem ini.

[Talent Level 2: Invasion]

Hero bertipe Fighter seperti Thamuz memang membutuhkan tingkat physical penetration yang tinggi untuk melawan hero Tank yang tebal. Pada emblem Fighter ini, ada upgrade talent yang bernama Invasion untuk meningkatkan physical penetration sebanyak 2,00 poin setiap levelnya.

[Talent Level 3: Festival of Blood]

Meskipun sudah memiliki tingkat lifesteal yang besar karena menggunakan Bloodlust Axe dan Endless Battle, kalian tetap membutuhkan tingkat lifesteal dan spell vamp tambahan agar Thamuz bisa bertahan lebih lama di dalam pertarungan. Gunakan talent bernama Festival of Blood untuk meningkatkan spell vamp hingga maksimum 12%.

Battle Spell

  • Battle Spell Purify

Battle_Spell_Purify

Battle spell yang satu ini sangat berguna bagi hero Fighter seperti Thamuz yang rentan terhadap crowd control. Karena biasanya Thamuz akan berada di barisan depan. Dengan adanya Purify, kalian tidak perlu takut terkena crowd control yang menyebalkan karena kamu bisa melepas serta mendapatkan efek kebal dari crowd control selama beberapa saat.

  • Battle Spell Flicker

Battle Spell Flicker

Battle spell Flicker merupakan sebuah battle spell yang standar bagi semua hero yang ingin bermain aman. Battle spell tersebut akan meningkatkan mobilitas milik Thamuz karena kalian bisa langsung masuk ke dalam formasi lawan secara tiba-tiba, dan kamu juga bisa kabur dari kejaran musuh dengan mudah.

Counter Hero Thamuz

Meskipun memiliki durability dan lifesteal tinggi, ternyata Thamuz sangat mudah di-counter oleh beberapa hero di bawah ini. Siapa saja itu?

  • Counter Hero Thamuz #1: Karrie (Marksman)

Hero KarrieWalaupun merupakan hero Marksman, Karrie akan sangat dapat diandalkan untuk membuat Thamuz kerepotan. Skill pasif Karrie bisa memberikan true damage tinggi untuk Thamuz. Selain itu, skill 2 hero ini juga membuat Thamuz sulit mendekati Karrie.

  • Counter Hero Thamuz #2: Gusion (Assassin/Mage)

Hero Assassin/Mage ini dikenal dengan bisa memberikan burst damage yang besar kepada lawan, termasuk pada Thamuz. Dengan combo skill hero yang lincah ini, Thamuz dipastikan akan sangat mudah dieliminasi.

  • Counter Hero Thamuz #3: Valir (Mage)

Hero ValirSkill Valir yang bisa memberikan efek knockback juga perlu diantisipasi oleh Thamuz. Selain itu, Valir juga punya efek crowd control yang sudah pasti merupakan kelemahan Thamuz di lane jika 1 vs 1.

Kesimpulan

Thamuz hero yang berada di released server Moonton, merupakan hero role Fighter yang memiliki lifesteal tinggi, mirip seperti Ruby, memiliki durabilitas tinggi yang diwajibkan bermain secara agresif.

Meski begitu kalian jangan lupa untuk tetap memperhatikan posisi. Soalnya, hal tersebut jadi faktor paling penting untuk bisa memenangkan pertandingan. Setebal apapun daya tahannya, jika tidak  bisa menempatkan diri dengan baik, kalian akan mati sia-sia.