[Build MLBB] Cara Pakai Ruby Mobile Legends

2
157
Build Ruby Mobile Legends
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Siapa yang tidak mengenal hero Ruby MLBB? Sudah tahu cara pakai Ruby Mobile Legends yang imba? Game yang dimainkan sejuta umat ini memiliki 1 hero khas yang susah-susah gampang untuk dikuasai.

Beruntung, kali ini si penulis sudah memahami jelas cara menggunakan hero Ruby ini. Sejelas mencapai Top 15 Provinsi Jakarta (hehe). Nah saya harap dengan adanya guide build Ruby Mobile Legends ini kalian bisa menggunakan hero Ruby ini dengan lebih baik lagi.

Mengenal Hero Ruby Mobile Legends

Ruby adalah salah satu hero Tank/Fighter inisiator yang dapat menciduk lawannya dengan pedang sabit yang dibawanya. Ruby ini memiliki spesialis Crowd Control Damage pada yang tergolong kecil jika dibandingkan dengan hero role Fighter atau Tank lainnya.

Bila ia dilengkapi dengan kombinasi gear item yang tepat, ia mampu menjadi Tank/Fighter yang baik bagi tim. Tidak hanya itu, Ruby juga memiliki skill lifesteal yang cukup besar ketika sedang bertarung dengan lawan. Apalagi jika kombinasi item pada Ruby dipilih dengan baik.

Sebelum membahas jauh tentang build item Ruby full lifesteal dan paling sakit, kalian harus terlebih dahulu memahami kelebihan dan kekurangan hero satu ini agar kamu dapat menguasai permainan lebih mudah.

Apa saja ya? Yuk kita ulas terlebih dahulu performanya berikut ini.

Review Hero Ruby Mobile Legends

Kelebihan

  • Memiliki mobilitas yang tinggi berkat skill pasifnya. Nah, apa sih pasif dari hero Ruby ini? Pada dasarnya, Ruby memiliki lifesteal sebesar 10% dan akan mewarisi 115% Physical lifesteal berdasarkan equipment yang dipakai.
  • Memiliki efek lifesteal yang besar. Yap, lifesteal ini bisa didapat dari skill pasif yang Ruby miliki, apalagi ditambah dengan item Endless Battle dan Haas’s Claw, sudah dijamin Ruby kalian memiliki lifesteal yang deras.
  • Sangat mengganggu pergerakan musuh berkat skill Crowd Control-nya. Kelebihan ini sesuai role yang Ruby miliki, yaitu Tank/Fighter. Sangat cocok untuk mengganggu pergerakan musuh, menggunakan Skill 2 untuk Stun musuh di dekatnya maupun Skill 3, Ultimate untuk menarik musuh serta membuat Stun selama beberapa detik.
  • Bisa menjadi inisiator yang baik bagi tim. Sangat cocok untuk memulai teamfight atau war terhadap musuhnya dengan skill Stun dari Ruby.

Kekurangan

  • Damage yang dimiliki cukup kecil. Kenapa damage-nya kecil? Ya, itu dikarenakan role Ruby hanyalah sebatas Tank/Fighter. Sebagai seorang Fighter, Ruby memiliki damage yang lebih kecil bila dibandingkan hero role Fighter lainnya di Mobile Legends.
  • Efek Crowd Control serta lifesteal dan item yang tidak cocok justru akan melemahkannya. Ruby bergantung pada item equipment yang dipakai serta mengandalkan pasif lifesteal yang dimilikinya, oleh sebab itu bijaklah menggunakan item equipment yang cocok bagi Ruby agar tebal.
  • Durability/ketahanan sangat lemah di early game. Durability Ruby sangat lemah di early game dibandingkan dengan fighter lainnya. Bagaimana cara mengatasinya? Pastikan Ruby kalian cukup farming dan levelling hingga level tinggi dan jangan lupa juga membeli item defense.

Skill Set & Combo Hero Ruby Mobile Legends

Pasif – Let’s Dance

Pasif - Let’s Dance

Gunakanlah pasif Ruby dengan bijak karena akan membawa keberuntungan saat melakukan teamfight. Setelah mengeluarkan skill apapun, dia dapat melompat ke tempat lain, meningkatkan 9 (+2.4*Level Hero) Physical Defense dan Magic Defense dalam waktu singkat. (Efek meningkat sesuai dengan level. Stack hingga 3 kali dan berlangsung selama 4 detik).

Skill 1 – Be Good!

Skill 1 - Be Good!

Skill 1 Ruby ini memiliki cooldown yang cukup singkat. Gunakanlah secara spam dan bijak. Ruby dengan cepat melakukan Slash dengan sabitnya ke depan, akan memberikan 80 (+65 Total Physical ATK) Physical Damage.

Pada saat yang sama, dia melemparkan sebuah Shockwave ke depan, memberikan 80 (+65% Total Physical Attack) Physical Damage kepada musuh dan menyebabkan Slow sebesar 40% selama 2 detik).

Skill 2 – Don’t Run, Wolf King!

Skill 2 - Don’t Run, Wolf King!

Ruby mengayunkan sabit raksasanya dan menyerang dua kali. Setiap serangan memberikan 60 (+55% Total Physical ATK) Physical Damage, menyebabkan efek Stun kepada lawan selama 0.5 detik dan perlahan–lahan menarik lawan ke arahnya. Memberikan tambahan 20% Damage kepada lawan pada lingkaran luar area. Durasi stun akan bertambah setiap levelnya.

Skill 3 Ultimate – I’m Offended!

Skill 3 Ultimate - I’m Offended!

Ruby menggunakan sabitnya untuk menyerang dalam jarak yang luas, memberikan 200 (+200% Total Physical ATK) Physical Damage kepada lawan, menarik mereka ke arahnya serta menyebabkan efek Stun kepada mereka selama 0.5 detik. Durasi stun akan bertambah setiap levelnya.

Combo Skill Ruby 

Setiap hero memiliki beberapa combo mematikan, termasuk juga Ruby. Dengan menggunakan combo ini, dijamin Marksman/Mage musuh akan sekarat ataupun tewas. Berikut combo yang sering digunakan:

  • Combo Flicker + Skill 2 + Basic Attack + Skill 1 + Skill 3 + Basic Attack

Gunakan spell Flicker dengan bijak, salah satunya dengan membuat combo skill. Caranya gunakan Flicker ke depan/arah musuh, kemudian gunakan Skill 2 agar musuh kena Stun.

Setelah kena Stun, pastikan gunakan basic attack untuk mencicil HP musuh. Pastinya musuh berusaha kabur, saatnya gunakan Skill 3/Ultimate untuk menariknya kembali dan gunakan basic attack lagi.

  • Skill 3 + Flicker + Skill 2 + Skill 1

Ini merupakan combo yang agak sulit dan perlu timing yang pas. Gunakan Flicker + Skill 3 bersamaan untuk menarik musuh ke belakang agar lebih jauh. Pastikan timing pas, setelah itu, gunakan Skill 2-nya.

Build Item Ruby

Build Item, Spell, Emblem Ruby

Build di atas merupakan build yang saya sarankan untuk bermain Ruby, karena akan memberikan efek Lifesteal yang deras saat Ruby dikepung oleh beberapa musuh. Dan berikut penjelasan dari setiap item.

  • Tough Boots/Magic Shoes (Optional)

Tough Boots Magic Shoes

Awal permainan, gunakan sepatu agar berjalan lebih cepat, Di sini saya menyarankan untuk menggunakan Tough Boots untuk mengurangi durasi Crowd Control musuh 30% atau menggunakan Magic Shoes untuk mengurangi cooldown skill Ruby sebesar 10%

  • Endless Battle

Endless Battle

Endless Battle merupakan item wajib Ruby yang kedua, karena akan memberikan efek lifesteal sebesar 15% dan setelah mengeluarkan skill, basic attack Ruby akan meningkat sebesar 65%.

  • Queen’s Wings

Item wajib ketiga bagi Ruby, yaitu Queen’s Wings. Apa efek dari item ini? yaitu mengurangi damage yang diterima sebesar 40% ketika HP berada di bawah 40% serta meningkatkan Physical Lifesteal sebesar 40%. Berlangsung selama 5 detik. Efek ini memiliki cooldown selama 60 detik. Cukup membuat HP Ruby tebal dengan lifesteal deras.

  • Blade of Despair

Blade of Despair

Berikutnya ada Blade of Despair. Meskipun Ruby tidak mengandalkan basic attack, tetapi item ini cukup membantu untuk mencicil HP musuh. Tidak lain karena item ini memiliki damage yang lumayan besar dan memiliki pasif unik yang bagus.

  • Haas’s Claw 

Item kelima untuk Ruby adalah Haas’s Claw. Item wajib untuk hero yang satu ini, terutama karena Ruby mengandalkan pasif lifesteal yang dimilikinya. Item ini cocok dengannya karena akan meningkatkan Physical Lifesteal sebanyak 20%, membuat Ruby anti tewas. Apalagi jika HP Ruby kalian di bawah 40%, lifesteal akan memperoleh tambahan sebanyak 10%.

  • Oracle/Athena of Shield (Optional)

Untuk item ke-6 ini bersifat opsional ya. Jika kalian melawan musuh yang bersifat burst damage/mage, kalian bisa menggunakan Athena Shield atau Oracle untuk mendapatkan HP lebih besar. Kedua item ini memiliki efek serta atribut yang berbeda, jadi ingat gunakan dengan bijak.

Battle Spell Ruby

Walaupun Ruby memiliki lifesteal yang besar, namun tetap saja jika Battle Spell yang kamu pilih tidak cocok, maka kalian akan cepat tewas. Misalnya saja, kamu jangan sekali-kali memilih Battle Spell Inspire yang tidak akan berguna sama sekali untuk Ruby.

Maka, saya merekomendasikan Battle Spell yang cocok untuk Ruby adalah Flicker atau Petrify. Mengapa? Karena Ruby tidak memiliki skill escape/melarikan diri, jadi Flicker sangat cocok untuk Ruby. Sedangkan Petrify cocok untuk team fight dan memberikan efek stun kepada lawan.

  • Flicker

Flicker

Selalu ingat bahwa Ruby tidak memiliki skill escape/skill kabur. Jadi spell Flicker sangat cocok untuk melengkapinya. Gunakan dengan bijak dan jangan sembarangan. Gunakan Flicker ini jika skill Ruby sedang cooldown atau kalian terpojok. Jangan lupa juga, gunakan combo Flicker + Skill 3 untuk menarik musuh.

  • Petrify

Petrify

Kemudian ada Petrify. Petrify membuat musuh terkena Stun untuk beberapa detik. Gunakan dengan bijak juga untuk spell ini. Pergunakan jika sedang team fight atau war dengan musuh, dengan begitu tim kalian akan mudah melakukan perlawanan. Bisa juga digunakan jika kalian sedang terpojok.

Emblem Set Ruby

Di sini, saya akan memberikan 2 emblem set untuk Ruby. Pertama emblem Fighter jika Ruby kalian ingin dijadikan sebagai Offlaner/Fighter, dan kedua emblem Tank jika Ruby kalian menjadi Tank tim.

  • Custom Emblem Fighter (Usahakan sudah level max)

Custom Emblem Fighter

Pada level 60, Custom Fighter Emblem Set akan memberikan bonus sebagai berikut:

  • Physical Attack: + 16,00
  • Armor: + 8,00
  • Magic Resistance: + 8,00
  • Physical Penetration: + 5,00
  • HP: + 273,00

Jika kalian ingin menggunakan Ruby sebagai Offlaner atau Fighter, emblem ini cocok dipakai. Hal ini dikarenakan set emblem ini akan memberikan bonus yang sangat bagus untuk menyerang serta bertahan. Dengan demikian, Ruby kalian tidak ada cepat tewas saat menjaga lane.

  • Custom Emblem Tank (Usahakan sudah level max)

Custom Emblem Tank (Usahakan sudah level max)

Pada level 60, Custom Tank Emblem Set akan memberikan bonus sebagai berikut:

  • Armor: + 10,00
  • Magic Resistance: + 10,00
  • HP: + 345,00
  • Cooldown Reduction: + 2,00%
  • HP Regen: + 18,00

Emblem ini cocok jika di tim kalian tidak ada Tank dan kalian ingin menjadikan Ruby kalian sebagai Tank. Emblem ini akan memberikan bonus yang sangat bagus untuk bertahan, seperti armor, penambahan HP serta cooldown reduction.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa Ruby adalah hero MLBB yang fleksibel, yang artinya bisa menjadi hero inisiator yang baik jika build item yang digunakannya sudah benar. Namun, dia juga bisa menjadi Tank yang kuat dengan lifesteal besar dimilikinya atau juga menjadi Offlaner/Fighter yang bisa diandalkan untuk menjaga lane sendirian.

Build di atas adalah susunan item Ruby yang berorientasi pada lifesteal besar, damage tinggi, dan mempunyai durability yang lumayan besar.


Sudah punya hero ini belum? Kalau belum, kamu bisa membelinya dengan top up diamonds loh!

Media Partnership