Cara Bermain Dune: Imperium Uprising Board Game

251
Cara Bermain Dune Imperium Uprising Board Game

Kalian adalah fans berat dari serial fiksi Dune? Jika ya, maka kalian perlu mencoba salah satu 1 board game dari franchise Dune yang bernama Dune: Imperium Uprising yang merupakan versi remake dari board game pendahulunya, yakni Dune Imperium.

Dune Imperium Uprising akan membawa pemain ke sebuah skena untuk menjadi karakter ikonik seperti Lady Jessica untuk menguasai planet Arrakis sesuai dengan goals dari tiap faksi dan karakter.

Dune Imperium Uprising ini sangat menarik karena cara untuk memenangkan permainan ini memiliki beragam skena dan pengelolaan resource yang dimiliki, serta beragam taktik yang bisa membawa pemain untuk memenangkan permainan.

Berdasarkan dari situs Board Game Geek, Dune Imperium Uprising sendiri memiliki genre  board game utama yaitu worker placement, deck building, conflict resolution, hingga solo/solitare game.

Kali ini penulis akan berbagi tentang cara bermain Dune Imperium Uprising sebanyak 2-4 orang dan secara garis besar agar kalian juga bisa merasakan ketegangan dan keseruan selama memainkan board game ini.

Untuk versi lebih lengkap bermain Dune Imperium Uprising dengan jumlah pemain 1 orang dan 3vs3, kalian bisa membaca rule book Dune Imperium Uprising.

Anatomi Board dan Kartu Dune Imperium Uprising 

Anatomi Papan Permainan Dune Imperium Uprising

Papan permainan yang digunakan secara garis besar memiliki 10 bagian yang digunakan oleh pemain untuk keperluan strategi seperti menambah resource, menambah pasukan, hingga berperang.

Papan Permainan Dune Imperium Uprising

  1. Faction Board: Merupakan tempat pemain untuk mengunjungi tiap faksi. Faction Board memiliki tingkat influence yang memberikan pemain bonus tambahan. Dapat dikunjungi dengan memainkan kartu ikon yang sesuai dengan faksi.
  2. CHOAM Board: Merupakan tempat pemain untuk mengambil contract serta Solaria dan menaikkan 1 influence faction board. Dapat dikunjungi dengan memainkan kartu ikon segitiga yang terletak di atas kanan papan permainan.
  3. The Dessert: Merupakan tempat untuk menambah resource Spice dan memanggil sandworm. Lokasi ini meliputi Deep Dessert, Hagga Basin, dan Imperial Basin. Dapat dikunjungi dengan memainkan kartu ikon segitiga.
  4. The Populated Areas: Merupakan tempat untuk mendapatkan pasukan, resource Solaria, draw, dan maker hook. Dapat dikunjungi dengan memainkan kartu ikon lingkaran.
  5. The Landsraad: Merupakan tempat untuk mempersiapkan strategi yang lebih baik. Bisa dikunjungi dengan memainkan kartu ikon segilima.
  6. Garrison: Tempat pemain untuk mengumpulkan pasukan. Garrison tidak akan menambah power pemain dan tidak akan menghilangkan pasukan ketika fase recall.
  7. Conflict: Merupakan tempat para pemain untuk mengirim pasukan yang dimiliki untuk berperang melawan pemain lain dan merebut conflict cards yang memberikan keuntungan.
  8. Combat Track: Merupakan tempat untuk menghitung jumlah power yang dimiliki setiap pemain agar bisa menentukan tiap posisi bagi yang berhasil memenangkan peperangan.
  9. Conflict Deck: Merupakan Tempat untuk menaruh conflict cards.
  10. Score Track: Sebagai trigger end game dan penentu posisi kemenangan tiap pemain berdasarkan point VP.

Anatomi Kartu Imperium Deck

Untuk kartu Imperium yang digunakan adalah kartu yang memiliki latar dibelakang kartu berwarna kuning emas dan hitam. Kartu ini memiliki 7 bagian yang harus diperhatikan oleh pemain, yaitu:

  1. Nama kartu
  2. Persuasion Cost adalah Nilai cost/harga kartu ketika dibeli.
  3. Faction yang dimiliki kartu
  4. Acquire effect adalah bonus yang bisa didapatkan ketika membeli kartu tersebut.
  5. Agents icons sebagai penanda pemain bisa mengirim agent sesuai lokasi ikon pada papan permainan. Kalian bisa cek pada foto berikut. Khusus ikon spy, pemain bisa pergi ke lokasi yang telah terpasang token spies sendiri.Petunjuk Kartu Ikon Dune
  6. Agent Box sebagai tempat keterangan efek kartu ketika memainkan kartu tersebut.
  7. Reveal box digunakan saat reveal turn yang bisa digunakan untuk membeli kartu, menambah power, atau efek lainnya.

Jenis-jenis Kartu Intrigue

Kartu Intrigue ditandai dengan latar belakang kartu dengan simbol Intrigue dan tulisan Intrigue. Kartu ini memiliki 3 Jenis yaitu:

  1. Plot Intrigue yang digunakan untuk kapan saja ketika masih pada fase agent turn atau reveal turn pemain.
  2. Combat Intrigue yang hanya digunakan ketika fase combat.
  3. Endgame Intrigue yang hanya digunakan ketika sudah mencapai akhir permainan.

Anatomi Leaders Dune Imperium Uprising

Leaders sendiri di Dune Imperium Uprising memiliki keunikan kemampuan dan cara bermain yang berbeda.

Untuk setiap detail leaders bisa di cek buku peraturan, namun kita akan membahas anatomi umum yang dimiliki oleh setiap Leaders.

  1. Nama Leaders.
  2. Dot disamping nama Leaders yang mereferensikan tingkat kesulitan leaders. Semakin banyak Dot, semakin sulit dimainkan.
  3. Skill passive leaders yang terletak disebelah kiri bawah.
  4. Skill active leaders yang terletak disebelah kanan bawah yang bisa diaktifkan ketika bermain kartu bernama “Signet Ring”.

Cara Memenangkan permainan Dune Imperium Uprising

Untuk memenangkan permainan, salah satu pemain harus mencapai minimal 10 point VP, atau ketika kartu conflict deck sudah kosong. Pemain dinyatakan menang jika memiliki point VP dengan jumlah terbanyak.

Jika jumlah point VP antara pemain sama, maka pemain yang memiliki Spice terbanyak yang menang. Jika masih seri, akan diadu jumlah resource lain hingga mencapai perbedaan jumlah resource.

Set-up Permainan Dune Imperium Uprising

Setiap pemain mempersiapkan semua komponen permainan Dune Imperium Uprising terlebih dahulu seperti pada foto berikut ini.

Komponen Permainan Dune Imperium Uprising

  1. Letakkan komponen Alliance Token sesuai dengan simbol tiap faksi dan letakan shield wall di area yang telah ditentukan (di bawah bagian spice refinery)
  2. Buat conflict deck yang terdiri dari 1 kartu conflict 1, 4 kartu conflict 2, dan 5 kartu conflict 3 yang dimana, setiap kartu level conflict di shuffle dan diambil secara acak dan diletakkan menghadap kebawah serta disusun conflict 1 berada paling atas disusul dengan conflict 2 dan conflict 3.
  3. Shuffle kartu Intrigue dan Imperium deck, kemudian untuk kartu Intrigue dibuat diletakkan menghadap kebawah dan kartu Imperium diletakan menghadap kebawah dan taruh 5 kartu teratas menghadap ke atas di samping kiri Imperium deck.
  4. Letakkan kartu reserved terpisah antara kartu “Prepare the way” dengan kartu “The spice must flow” di sebelah kanan Imperium deck.
  5. shuffle contract lalu ambil 2 modul paling atas dan letakkan di CHOAM Board menghadap keatas. Sisa contract modul taruh di samping kartu Intrigue.
  6. Setiap pemain memilih 1 Leaders dan letakkan di depan setiap pemain.
  7. Buat sebuah wadah atau bank di samping papan permainan untuk menaruh Solari, Spice, sandworm, air dan Maker Hook.
  8. Setiap pemain mengambil komponen khusus pemain yang bisa kalian lihat seperti gambar berikut.Komponen Setiap Pemain
  9. Setiap pemain shuffle kartu starting deck lalu taruh di samping kiri leaders dan setiap pemain mendapatkan 1 air.
  10. Pemain meletakkan 2 agent di samping leaders dan 1 agent tambahan di samping papan permainan.
  11. Taruh salah satu komponen disc di bagian score track. Jika jumlah pemain dibawah 4 letakkan pada posisi 0 dan jika 4 pemain letakkan dari angka 1.
  12. Letakkan combat maker di samping kiri combat track dengan posisi 0 dengan posisi pedang menghadap keatas, serta letakkan 4 cubes masing-masing 1 di bagian bawah penanda cubes yang tersedia di setiap faksi.
  13. Letakkan 3 cubes sebagai pasukan di dalam Garrison, dan sisanya diletakan di sekitar Leaders yang bisa dilihat oleh semua pemain. Cubes tersisa dihitung sebagai pasukan.
  14. Sisa token yang tidak terpakai di papan permainan diletakkan di atas gambar leaders atau boleh membuat supply/bank tersendiri.
  15. Shuffle objective cards sesuai dengan battle icon pada objective cards dengan dengan jumlah pemain lalu masing-masing pemain mengambil 1 objective cards.
  16. Kemudian pemain yang mendapatkan tanda “first player” mendapatkan first player marker.

Cara Bermain Dune Imperium Uprising

Setiap giliran, pemain akan melewati 5 fase yang berbeda yang akan diulang terus-menerus hingga permainan berakhir.

Fase Round Start

  1. Pemain membuka conflict cards paling atas dari conflict deck kemudian taruh dibawah conflict deck.
  2. Setiap pemain mengambil 5 kartu dari deck kalian yang terletak di sebelah kiri leaders.
  3. Jika kartu yang di draw kurang dari 5, ambil kartu yang tersisa kemudian shuffle semua kartu di trash dan taruh di deck kalian menghadap kebawah dan draw sejumlah selisih dari kartu tersebut.

Fase Player Turn

Pemain yang mendapatkan first player token yang memainkan permainan terlebih dahulu dengan melakukan 1 aksi dan bergantian dengan pemain lain searah jarum jam. Pada Fase ini, pemain bisa melakukan 2 aksi utama yaitu:

Agent Turn

Pemain harus memainkan satu kartu di tangan mereka menghadap ke atas di atas papan leaders, kemudian mengirim agent token untuk mengunjungi bagian lokasi papan permainan yang belum ditempati oleh pemain lain.

Lokasi permainan yang dikunjungi agent token harus memiliki ikon yang sama dengan ikon kartu yang digunakan. Contohnya Budi mau mengirim agent ke lokasi spice refinery, maka Budi harus memainkan kartu yang memiliki ikon bulat.

Selain 2 syarat diatas, pemain juga harus memperhatikan setiap lokasi yang ingin dikunjungi karena terdapat syarat tambahan agar bisa berkunjung ke lokasi tersebut. Syarat tersebut bisa kalian lihat di bawah nama lokasi.

Contohnya ketika Budi mengirim agent ke Desert Tactic, Budi perlu membayar 1 air untuk bisa berkunjung kesana. Pemain tidak boleh berkunjung ke lokasi bersyarat jika tidak memiliki resource syarat meskipun kalian bisa mendapatkan resource dari efek kartu.

Setelah pemain berhasil mengirim agent ke lokasi, pemain bisa memilih efek yang mau dijalankan terlebih dahulu antara menyelesaikan efek kartu Imperium atau memilih efek dari lokasi yang dikunjungi.

Selama kalian mengirim agent ke lokasi tertentu ataupun memenangkan conflict, kalian bisa mendapatkan benefit tambahan yang sangat membantu kalian dalam mencapai kemenangan game, yaitu:

  1. Spies: Pemain memasang token spies di ikon mata disamping kanan lokasi, sehingga pemain bisa mengirim agent ke lokasi tersebut meskipun sudah ditempati oleh pemain lain, ataupun melakukan draw dengan syarat melakukan recall spies.
  2. Maker Hook: Pemain harus memiliki Maker Hook untuk memanggil sandworm yang bisa didapatkan di lokasi Sietch Tabr.
  3. Sandworm: Pemain bisa memanggil sandworm dengan mengunjungi lokasi pemanggilan sandworm maupun dengan efek kartu. Fungsi sandworm adalah untuk menambah power combat pemain sebanyak 3 dan menggandakan jumlah reward dari conflict cards.
  4. Shield wall: Pemain bisa menghancurkan shield wall dengan berkunjung ke lokasi Sietch Tabr atau efek kartu Intrigue. Pemain harus menghancurkan shield wall untuk dapat memanggil sandworm ketika conflict memperebutkan lokasi tertentu.
  5. contract: Pemain bisa mengambil contract dengan mengunjungi lokasi Dutiful Service, Accept Contract, maupun efek kartu. Fungsi contract sendiri adalah untuk memberikan bonus reward ketika pemain melakukan aksi atau mengunjungi tempat yang ditentukan.
  6. Deploy: Pemain bisa melakukan deploy dengan cara mengunjungi lokasi yang memiliki tanda combat space yang terletak dibawah kanan gambar lokasi. Pemain bisa melakukan deploy semua pasukan yang baru direkrut digiliran tersebut+pasukan di Garrison paling banyak 2 pasukan.
  7. Control: Pemain bisa menguasai lokasi Arraken, Spice Refinery, dan Imperial Basin dengan cara memenangkan conflict. Pemain menaruh 1 control markers di lokasi tersebut dan pemain mendapatkan bonus ketika ada pemain yang mengunjungi control.

Reveal Turn

Aksi yang harus dilakukan pemain ketika sudah tidak bisa mengirim agent atau ingin mengakhiri fase player turn. Tata cara melakukan reveal turn adalah sebagai berikut:

  1. Reveal card: Dimana pemain menunjukkan sisa kartu ditangan mereka ke semua pemain. Kartu yang dimainkan dengan yang di reveal harus terpisah.
  2. Resolve reveal effect: Dimana pemain menyelesaikan semua efek reveal box kartu Imperium. Pemain bisa memilih urutan untuk menyelesaikan efek kartu dan membeli kartu di Imperium Row sejumlah persuasion cost yang didapatkan.
  3. Clean up: Dimana pemain men-discard semua kartu yang telah di reveal maupun yang telah dimainkan ke discard pile di sebelah kanan leaders.

Fase Combat

Ada 2 aksi utama yang bisa dilakukan oleh pemain ketika berada di fase ini, yaitu:

Combat Intrigue Card

Dimana pemain bisa memainkan kartu combat Intrigue secara bergiliran dimulai dari pemain pertama dan dioper ke pemain lain hingga tidak ada pemain yang ingin memainkan kartu Intrigue. Aksi ini bersifat opsional.

Resolve Combat

Dimana pemain membandingkan power combat track. Pemain yang memiliki combat power terbesar menjadi pemenang conflict cards diikuti oleh juara kedua dan ketiga. Pemain akan mendapat reward sesuai dengan peringkat posisi yang ditempati.

Jika pemain memiliki sandworm di lokasi conflict, gandakan reward yang didapatkan. Jika reward tersebut ada opsi untuk membayar cost untuk mendapatkan bonus reward, maka pemain bisa membayar 2x untuk mendapatkan bonus reward tersebut.

Jika terjadi seri pada posisi tertentu, maka reward yang didapatkan kedua pemain menjadi turun peringkat posisinya. Contohnya Budi dan Anwar mendapatkan posisi pertama, maka reward yang didapatkan adalah reward peringkat kedua dan begitu seterusnya.

Ketika terjadi seri di posisi pertama, semua pemain tidak akan mendapatkan conflict cards dan conflict card tersebut kembali ke supply atau dikeluarkan dari permainan.

Reward conflict cards tidak diberikan sesuai dengan jumlah pemain. Jika jumlah pemain sebanyak 3 orang, maka reward posisi ketiga tidak diberikan, Jika jumlah pemain sebanyak 2 orang, maka reward posisi 2 dan 3 tidak didapatkan.

Pemain yang tidak berpartisipasi dalam conflict tidak akan akan mendapatkan hadiah apapun. Contohnya ketika Budi memenangkan conflict seorang diri, sedangkan pemain lain tidak berpartisipasi, maka hanya Budi yang mendapatkan reward conflict cards posisi 1.

Pemain yang mendapatkan conflict cards, harus mengecek apakah pemain tersebut memiliki conflict cards atau objective cards dengan battle icon yang sama dengan conflict cards yang baru saja dimenangkan.

Jika memiliki battle icon sama, maka harus ditutup 1 pasang dengan battle icon yang sama dan pemain mendapatkan 1 point VP.

Semua pasukan dan sandworm di lokasi conflict, harus keluar dari papan permainan dan semua power combat tracker pemain kembali ke posisi 0. Khusus pasukan di Garrison tidak keluar dari papan permainan.

Fase Makers

Pada fase ini, lokasi Deep Dessert, Hagga Basin, dan Imperial Basin yang tidak dikunjungi oleh pemain, akan mendapatkan 1 Spice yang diletakkan di Maker Icon dengan tanda mulut sandworm. Hal ini terus dilakukan hingga ada pemain yang berkunjung ke lokasi.

Fase Recall

Jika ada pemain yang telah mencapai minimal 10 point VP atau kartu di conflict deck telah habis, maka akan men-trigger akhir permainan atau end game.

Jika tidak terjadi trigger end game, maka permainan dilanjutkan kembali. Pemain kembali mempersiapkan permainan dengan cara:

  1. Semua pemain melakuan recall atau menarik semua agent mereka kembali ke leaders ataupun supply/bank pemain.
  2. Pemain pertama memberikan first player token ke pemain sebelah kirinya dan permainan dilanjutkan kembali ke fase pertama.

Akhir Kata

Dune Imperium Uprising memberikan keseruan dan pengalaman yang berbeda dari versi sebelumnya. Taktik, pengelolaan sumber daya yang terbatas, dan pengalaman ikonik yang bisa dirasakan penulis membuat game ini sangat direkomendasikan bagi kalian.

Karena penulis juga memiliki background TCG, Dune Imperium Uprising juga sangat cocok dimainkan sebagai alternatif permainan selain dari dunia kompetitif TCG.

banner iklan esportsnesia