[Build Mobile Legends] Cara Main Hero Yin MLBB

2534
Build Yin Jungler

Beberapa hari yang lalu, saya telah membuat pembahasan tentang Cara Main Hero Harith Mobile Legends. Kali ini, saya akan membahas tentang hero Fighter baru yang dirilis Moonton Januari lalu yang bernama Yin Mobile Legends. Langsung saja kita bahas!

Mengenal Hero Yin MLBB

Hero Yin merupakan hero baru yang ada game Mobile Legends. Setelah Moonton merilisnya pada Selasa, 18 Januari 2022 lalu, Yin merupakan hero dengan role Fighter yang mempunyai kekuatan duel 1vs1 dengan skill yang cukup unik.

Yin bisa menjadi counter untuk hero Yu Zhong, Lancelot, Natalia. Skill yang dimiliki oleh Yin mirip Shang-Chi dari salah satu film Marvel dan bisa berubah layaknya Sukuna di dalam anime Jujutsu Kaisen. Yin bisa kalian jadikan sebagai roamer. Alasannya adalah skill-skill-nya dapat memberikan efek stun.

Review Hero Yin Mobile Legends

Hero Yin Cover

Hero Yin ini memiliki skill damage yang tinggi disertai dengan kemampuan untuk menyeret musuh ke sebuah domain agar bisa 1 vs 1. Tentunya membuat hero yang satu ini semakin menarik dan wajib di ban dalam mode ranked.

Kelebihan Hero Yin Mobile Legends

  • Fighter dengan Damage Besar

Kelebihan pertama dari hero Yin adalah memiliki skill damage besar. Bahkan jika sampai melakukan skill ultimate, maka lawan yang terkena itu akan merasakan damage perubahan Yin.

Yin jika sudah mengeluarkan skill ultimate, skill 1 dan 2, akan mengalami perubahan yang drastis dengan efek berbeda. Itulah kenapa kalau sampai kalian menggunakan dengan benar, serangan Yin bisa membuat lawan menjadi hancur dan mudah dikalahkan.

  • Mampu Menculik Lawan dengan Mudah

Sebagai seorang Fighter, Yin mampu memberikan damage lebih dari skill 1 nya baik belum atau sudah berubah. Bahkan maju tanpa takut kedepan untuk membuat musuh terkena stun, bahkan setelah menculik salah satu musuh, Yin mampu kabur dengan skill ini.

Apalagi kalau sudah masuk kedalam tahap ultimate, musuh yang ingin kita culik tidak akan kabur kemana – mana lagi. Bahkan dalam mode tersebut, kita tidak akan mendapatkan damage dari lawan lainnya yang sedang bertempur dalam war yang terjadi.

  • Punya 2 Tahapan Skill yang Kuat

Kelebihan terakhir yaitu memiliki 2 Tahapan Skill. Maksudnya adalah penguat pada skill 1 dan 2 miliknya, tapi itu hanya berlangsung setelah menggunakan skill ultimate miliknya. Tentu saja dengan perubahan tahapan skill kuat ini, kalian akan menjadi bar-bar untuk melakukan duel 1 vs 1.

Kelemahan Hero Yin Mobile Legends

  • Cooldown Penguat Skill Yang Lama

Yin memiliki kekurangan pada cooldown dari skill mode penguat. Cooldown ini akan memakan waktu lamanya. Sebab mengikuti durasi dari setelah berubah menjadi kuat, maka Yin akan mengikuti alur dari perubahan skill-nya selama 15 detik kurang lebih.

Kalau skill penguat ini hampir semuanya tidak ada peningkatan cooldown. Sehingga kalian harus bisa memaksimalkan setiap serangan pada lawan, kalau misalnya menggunakan hero Yin agar cooldown skill tidak terbuang.

  • Memiliki HP yang Tipis

Berbeda dengan hero Fighter MLBB lainnya, Yin memiliki kekurangan pada HP-nya, ternyata tidak terlalu banyak sehingga kalian mau tidak mau harus membeli Build HP dari jenis item defense agar membuatnya menjadi tebal.

Namun, hal tersebut akan mengorbankan tambahan damage dari hero ini, karena perubahan tersebut memang berpengaruh. Sehingga kalian harus memikirkan point terpenting, jika ingin menggunakan Yin dalam pertandingan nanti.

Skill Set & Combo Hero Yin Mobile Legends

Skill Set Yin MLBB

  • Skill Pasif – Leave it to Me

Skill Pasif - Leave_It_to_MeSkill pasif Yin beranama Leave it to me. Skill pasif ini membuat Yin dapat mengeluarkan pasif damage tambahan pada saat sedang solo di lane. Ketika tidak ada hero 1 team di sekitar, maka serangan Yin diperkuat dengan damage meningkat dan bisa lebih mudah untuk menghabisi lawannya.

  • Skill 1 Mode Yin & LiehCharged Punch & Frenzy Strike

Skill 1 Yin Mode - Charged_Punch Skill 1 Lieh Mode - Frenzy_Strike

Mode Yin Charged Punch: Pada skill 1 mode Yin, Yin akan mendapatkan movement speed tambahan, damage physical pada basic attack dan cooldown lebih cepat. Serangan pertama melakukan enhances basic attack dan serangan kedua melakukan dorongan.

Mode Lieh Frenzy Strike: Pada skill 1 mode Lieh, skill yang di berikan dapat mengakibatkan efek slow ke hero lawan yang di terima. Pastinya akan sulit berhadapan dengan Yin apabila telah masuk ke dalam mode Lieh-nya.

  • Skill 2 Mode Yin & LiehInstant Blast

Skill 2 Yin Mode - Instant_BlastSkill 2 Lieh Mode - Instant_Blast

Skill 2 ini bernama Instant Blast. Yin melakukan dash ke arah yang ditentukan, meninggalkan Golden Ring. Setelah durasi berakhir, Golden Ring tersebut akan menuju ke arah Yin dan memberikan efek stun serta damage pada lawan yang dilewati.

  • Skill 3 UltimateMy Turn

Skill 3 Ultimate - My_Turn

Skill 3 Ultimate milik Yin bernama My Turn. Yin berubah menjadi mode Lieh, skill 1 dan skill 2 nya berubah dan diperkuat dalam durasi tertentu. Lawan yang berada di dekat Yin akan dibawa ke dalam dimensi lain untuk diajak duel.

Jika Yin berhasil mengeliminasi lawan sebelum durasi ultimate berakhir, maka kedua skill 1 dan 2 nya akan di-reset dan Yin masih tetap dalam mode Lieh hingga durasi ultimate berakhir.

Combo Skill Yin MLBB

Dikarenakan skill ultimate milik Yin bisa mengajak duel 1vs1, maka kalian hanya perlu mengincar core lawan.

  • Culik hero core atau carry lawan (Marksman, Mage, Support). Memang riskan untuk melawan hero terkuat lawan secara 1v1, terlebih jika kalian harus menghadapi Ling, Wanwan, Clint, Natan, dan hero overpowered lainnya.
  • Yin memiliki durasi ultimate yang lama, kalian dapat memanfaatkannya dengan mengulur waktu menculik mereka menggunakan ultimate selama dan sesering mungkin ketika teamfight. Hal ini agar teamfight menjadi 4v4, team kalian akan kehilangan hero EXP Lane, tapi musuh kehilangan core. Power ini tidak seimbang dan menjadi peluang besar untuk memenangkan match.
  • Cara lainnya adalah dengan menghabisi core lawan atau hero lawan lainnya dengan ultimate, agar dapat join ganking dengan team kalian secara 5v4, dan memenangkan pertandingan.

Selain fokus mengincar core lawan, beberapa hero di bawah ini juga sangat cocok disandingkan dengan Yin.

Sinergi Hero Yin MLBB

  • Combo Hero Yin #1: Aurora (Mage)

Hero AuroraAurora merupakan salah satu combo yang bagus untuk hero Yin. Karena keduanya bisa menjadi penculik hero core musuh sangat mudah.

Pastikan Aurora kalian sudah memiliki pasif bar merah, agar bisa memberikan efek freeze kepada musuh yang menjadi target. Lalu Yin masuk dan mendekati musuh tersebut, kemudian pakai skill ultimate untuk menghabisinya dalam domain ultimate ini.

  • Combo Hero Yin #2: Angela (Support)

Hero Angela

Berikutnya adalah hero Angela. Angela merupakan salah satu hero Support yang cukup kuat dalam heal dan tentu saja cocok dijadikan combo bareng hero Yin ini.

Tapi dengan menggunakan ultimate-nya ini, Angela mampu membuat Yin memiliki HP putih atau shield yang bisa melindunginya dari serangan mematikan. Lalu ketika Yin mulai dekat dengan targetnya itu, Angela akan keluar jika Yin melakukan ultimate dan menghilang dalam domain.

  • Combo Hero Yin #3: Kaja (Fighter/Support)

Hero Kaja Mobile LegendsHero yang cocok di combo dengan Yin adalah Kaja. Hero Support/Fighter yang memang kuat untuk menculik musuh, tentu saja akan membantu Yin dalam pertempuran jarak dekat. Kaja memiliki skill ultimate yang akan mengikat musuh, ketika target sudah kena, bawa ke tempat tim agar terkena serangan fatal.

Build Item Yin Mobile Legends

Build Item Hero Yin

  • Endless Battle

Item Endless BattleItem pertama yang harus kamu jadikan terlebih dahulu adalah Endless Battleitem ini memiliki banyak fungsi. Salah satu fungsi utama dari item ini adalah memberikan damage physical attack dan juga cooldown reduction.

  • Warrior Boots

Item_Warrior_BootsItem kedua yang perlu dibeli yaitu Warrior Boots. Item ini berfungsi menambah movement speed sehingga pergerakan Yin semakin cepat. Selain itu, item ini juga sebagai pertahanan dari physical damage.

  • War Axe

Item War Axe

Item selanjutnya yang perlu dibeli adalah War Axe, item ini bisa dibilang item yang penting untuk dibuat. Untuk hero Fighter seperti Yin, item ini memiliki fungsi menambah physical damage, mempertebal darah dan mengurangi cooldown skill.

  • Hunter Strike

Item Hunter StrikeItem selanjutnya adalah Hunter Strike, item ini dapat menambah phyiscal damage pada Yin secara signifikan. Selain menambah damage, item ini juga berfungsi mempercepat cooldown skill sehingga bisa melakukan spamming skill.

  • Brute Force Breastplate

Item_Brute Force BreastplateItem berikutnya adalah Brute Force Breastplate, item ini berfungsi sebagai item pertahanan dan juga sebagai penambah HP sehingga HP Yin menjadi lebih tebal dan susah dikalahkan.

  • Malefic Roar

Item_Malefic_RoarItem terakhir adalah Malefic Roar, item ini menambah damage yang dikeluarkan oleh Yin dan juga memiliki fungsi memecah armor hero lawan, sehingga lawan mudah dikalahkan.

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Yin MLBB

Emblem Yin Mobile Legends

Untuk emblem sendiri, kami sarankan menggunakan Emblem Fighter dengan Talent Unbending Will, dimana ketika Yin kehilangan 1% HP maka akan meningkatkan damage hero tersebut hingga 0,25% (max 15%).

Hal ini tentunya akan membuat hero tersebut makin memiliki damage yang sulit dibendung sehingga akan semakin kuat ketika berhadapan satu lawan satu.

Battle Spell Yin Mobile Legends

Battle Spell ExecuteUntuk penggunaan battle spell, disarankan untuk menggunakan Execute karena build yang digunakan memang hybrid sehingga damage yang dihasilkan kurang maksimal.

Counter Hero Yin Mobile Legends

  • Counter Hero Yin #1: Khufra (Tank)

Hero Khufra CoverHero counter Yin pertama ada Khufra. Khufra memiliki mekanisme yang akan menghentikan pergerakan musuh jika melakukan dash kepadanya atau arah lain. Itu akan berlaku pada Yin, karena dari kedua skill-nya dan perubahan skill ultimate punya dash dalam skala kecil tapi berpengaruh sekali.

Khufra yang sudah mengaktifkan skill 2 miliknya, akan mampu menghadang Yin dan membantu tim yang kesulitan. Jika Yin dalam keadaan ultimate, gunakan ultimate agar bisa memberikan efek knock back membuatnya jauh.’

  • Counter Hero Yin #2: Paquito (Fighter)

Hero PaquitoPaquito menjadi salah satu counter baik untuk Yin, karena kekuatan hero ini tidak akan sebanding dengan Paquito yang mampu memberikan regen.

Bahkan jika Yin menargetkan ultimate pada Paquito, tentu saja itu bisa termasuk jalan yang buruk untuknya. Meskipun kita tau sendiri kalau hero ini nanti harus bisa kalian pakai dengan baik, agar kalian nanti tidak melakukan kesalahan dalam melawan Yin.

  • Counter Hero Yin #3: Eudora (Mage)

Hero Eudora

Kekuatan dari hero Eudora akan membuat siapapun menjadi lemah, bahkan Yin sekalipun. Kalian akan lebih mudah menghindar baik mode biasa ataupun ultimate milik Yin. Hanya dengan menggunakan skill 2 dan skill 3 ultimate, sudah jelas ini akan membuat Yin menerima damage besar lebih mudah.

Kesimpulan

Dikarenakan hero Yin merupakan hero baru di Mobile Legends, hero ini bisa menjadi langganan ban dalam ranked mode karena memiliki skill – skill yang mematikan serta ultimate yang memiliki damage tinggi. Tetapi kalian akan mudah meng-counter hero ini dengan hero-hero di atas. Selamat mencoba.

banner iklan esportsnesia