Nakama Wajib Tahu! Ini Dia Cara Main One Piece Card Game!

821
cara main one piece card game
sumber: asia-en.onepiece-cardgame.com

Buat kamu penggemar sejati serial anime One Piece, tahukah kamu kalau seri anime ini juga memiliki versi Trading Card Game? Tidak hanya bertema One Piece, gim kartu koleksi ini tentunya juga menuntut kamu untuk mengasah strategi untuk meraih kemenangan. Yuk simak cara main One Piece Card Game berikut ini!


Hai gamers! Siapa nih di sini penggemar berat serial anime One Piece yang sudah sangat terkenal seantero dunia?

Ada kabar gembira nih! Bandai Namco yang bekerja sama dengan One Piece telah merilis Trading Card Game (TCG) yang tentu saja menarik untuk kamu coba mainkan, terutama bagi para penggemar manga karya Eiichiro Oda ini.

Sebagai salah satu manga ternama di dunia, One Piece sangat cocok untuk dijadikan Trading Card Game karena memiliki banyak karakter dengan kekuatan unik yang dapat diterjemahkan ke dalam mekanisme permainan, serta faksi yang dapat digunakan untuk menyatukan kartu yang berbeda.

Nah sebelum kamu mulai bermain One Piece Card Game ini, berikut ada beberapa aturan dan pengetahuan dasar yang wajib kamu ketahui mengenai permainan ini ya!

Langkah Awal Cara Main One Piece Card Game

Jenis-jenis Kartu One Piece Card Game

Sama seperti permainan TCG pada umumnya, One Piece Card Game ini juga mewajibkan para pemainnya agar membangun deck untuk menghadapi lawan.

Untuk pemula, kamu bisa menggunakan Starter Deck dan perkuat gameplay-mu hingga siap membeli Booster Pack.

Untuk jenis-jenis kartu yang ada di One Piece TCG sendiri terbagi ke dalam lima macam kartu, yaitu:

Leader Cards

cara main one piece card game kartu leader
Sumber: en.onepiece-cardgame.com

Untuk kamu yang familiar dengan format Commander dari Magic: the Gathering, maka kamu akan mudah beradaptasi dengan One Piece Card Game.

Mengusung konsep serupa, setiap deck membutuhkan seorang pemimpin yang disebut sebagai Leader Cards yang ditempatkan di Leader Zone.

Sejauh ini sudah terdapat banyak Leader seperti Monkey D. Luffy, Eustass Kid, Crocodile, Kaidou, hingga Vivi dan Rebecca yang hadir sebagai Leader Card.

Sebagai pemimpin, tentu saja Leader Cards menjadi kartu terpenting di deck.

Nilai Life dan kekuatan milikmu akan ditentukan oleh Leader Cards, yang bisa dilihat pada pojok kanan bawah dan atas dari kartu ini.

DON!!! Card

DON!!! Card cara main one piece card game
Sumber: en.onepiece-cardgame.com

DON!!! Card adalah “mata uang” yang digunakan dalam One Piece TCG. Masing-masing pemain akan diberikan hingga 10 DON!!! Card untuk memainkan kartu dari tanganmu sesuai dengan Cost yang terletak di pojok kiri atas kartu.

Tak hanya itu, DON!!! Card juga bisa diberikan kepada Leader atau Character Cards untuk memberikan 1000 Power tambahan per Don!!! Cards yang diberikan.

Pada awal permainan, pemain dengan giliran pertama akan mendapatkan 1 DON!!! Card dan kemudian pada setiap gilirannya jumlah DON!!! Card yang diberikan akan terus bertambah 2 hingga akhirnya jumlah DON!!! maksimal yang diberikan per giliran berjumlah 10.

Sedangkan untuk pemain dengan giliran kedua akan mendapatkan 2 DON!!! Card, dan pada giliran seterusnya akan mendapatkan 2 DON!!! Card tambahan hingga DON!!! Card maksimal yang dibagikan juga berjumlah 10.

Character Cards

nami karakter cara main one piece card game
Sumber: en.onepiece-cardgame.com

Character Cards adalah kartu yang bisa kamu mainkan dengan menggunakan DON!!! Card sebagai Cost untuk mengeluarkannya.

Character Cards adalah aktor utama dalam pertempuran yang mampu mengendalikan permainan.

Setiap Character Cards memiliki kekuatan dan efek spesialnya sendiri, dan bisa digunakan untuk menyerang Leader dan Character Cards milik lawan.

Tiap kartu karakter juga selalu tergabung ke dalam suatu faksi. Pada contoh di samping, terlihat bahwa karakter Nami tergolong ke dalam faksi Straw Hat Crew.

Selain memiliki efek (seperti On Play, When Attacking, dan masih banyak lainnya), setiap kartu karakter juga memiliki Power yang tertulis di sudut kanan atas.

Pada saat menyerang, kartu karakter hanya akan hancur jika pihak penyerang memiliki Power yang sama atau lebih besar dari Power kartu target.

Event Cards

Event Cards cara main one piece card game tcg
Sumber: en.onepiece-cardgame.com

Event Cards memiliki kegunaan seperti Magic dan Trap Cards pada Yu-Gi-Oh!. Bedanya, kamu tidak perlu mengeluarkannya ke arena untuk mengaktifkan efeknya.

Kamu harus memiliki DON!!! Cards yang cukup untuk mengeluarkan Event Cards sesuai Cost yang dibutuhkan.

Event Cards memiliki berbagai efek, dan beberapa kartu dapat digunakan selama Attack Step lawan.

Selain efek, umumnya kartu Event juga memiliki efek khusus yang aktif secara otomatis ketika pemain berhasil mendapatkan kartu Event ini dari Life. Fitur ini bernama Trigger dan terletak pada kolom di bawah setelah penjelasan efek utama kartu tersebut.

Stage Cards

Stage Cards cara main one piece card game tcg
Sumber: en.onepiece-cardgame.com

Stage Cards bisa digunakan untuk mengubah latar dari arena pertarungan (atau seperti Stadium dalam gim Pokemon Trading Card Game), yang bisa kamu aktifkan dengan menggunakan DON!!! Cards untuk membayar biayanya.

Kartu dari Stage Cards memiliki efek yang mendukung Leader dan Character Cards milikmu dengan berbagai efek.

Hanya satu Stage Cards yang dapat ditempatkan di field dalam satu waktu.

Kartu Stage ini tidak dapat menjadi target dari serangan karakter atau Leader, namun tetap dapat dihancurkan melalui efek suatu kartu, seperti kartu Event.

Aturan Dasar dan Cara Main One Piece Card Game

Sebelum menjelajahi strategi, sebaiknya kamu bisa pelajari dulu cara main One Piece Card Game termasuk langkah yang diperlukan untuk memenangkan permainan berikut ini:

Victory Conditions

Dalam One Piece Card Game, pemain akan memenangkan pertarungan jika salah satu dari kondisi berikut terpenuhi:

  • Pemain menyerang Leader Cards lawan saat mereka memiliki sisa 0 Life dan tidak bisa mengambil kartu Life lagi.
  • Tak ada kartu tersisa dari deck lawan.

Persyaratan Deck

Dalam permainan ini, kamu akan menggunakan Leader Cards10 DON!!! Cards, dan 50 kartu (terdiri dari Character Cards, Event Cards, dan Stage Cards) yang tergabung dalam satu deck.

Pemain hanya diperbolehkan memasukkan 4 salinan kartu dengan nomor kartu yang sama di dalam deck.

Playsheet/Arena One Piece Card Game

Playsheet/Arena One Piece Card Game
Sumber: en.onepiece-cardgame.com
  • Character Area: Tempat memainkan Character Cards. Pemain dapat memainkan maksimal 5 Character Cards. 
  • Leader Zone: Tempat menaruh Leader Card.
  • Stage Card: Tempat menaruh Stage Cards. Setiap pemain hanya boleh memainkan satu Stage Card di sini.
  • Deck: Tempat menaruh deck. Pemain dapat menarik kartu dari sini.
  • Trash: Tempat menaruh kartu-kartu yang telah dikalahkan/dibuang karena efek kartu lainnya.
  • Cost Area: Tempat menaruh DON!!! Cards yang digunakan untuk mengeluarkan Character CardsEvent Cards, dan Stage Cards.
  • DON!!! Cards: Tempat menaruh kartu DON!!!. DON!!! Deck terdiri dari 10 DON!!! Cards.
  • Life: Tempat menaruh kartu dari deck yang digunakan untuk Life. Jumlah yang diletakkan sesuai dengan angka Life yang tertera di Leader Cards.

Turn Flow

Setiap putaran terdiri dari 5 fase yang berlangsung secara berurutan:

  • Refresh Phase: Fase untuk mengatur semua kartu yang berada pada posisi Rested sebagai Active, dan mengembalikan semua DON!!! Cards yang telah digunakan sebagai Cost maupun yang dilampirkan ke Leader dan Character Cards.
  • Draw Phase: Saatnya menarik satu kartu dari atas deck.
  • DON!!! Phase: Letakkan 2 DON!!! Cards pada Cost Area. Untuk pemain yang mendapatkan giliran pertama, hanya boleh meletakkan 1 DON!!! Cards.
  • Main Phase: Di fase ini, kamu bisa memainkan kartumu, seperti menyerang dengan menggunaan Leader dan Character Cards, atau mengaktifkan efek dari Event Cards. 
  • End Phase: Akhiri giliran dan biarkan lawan bermain.

Active and Rested States

Leader dan Character Cards dimainkan secara tegak ketika dalam keadaan Active atau bisa digunakan.

Setelah melakukan tindakan seperti menyerang, memblokir, atau mengaktifkan efeknya, kartu tersebut diputar ke samping untuk menunjukkan mereka dalam keadaan Rested, sehingga tak bisa digunakan dalam putaran tersebut.

Perlakuan yang sama juga diberikan kepada DON!!! Cards setelah digunakan untuk mengeluarkan kartu sesuai Cost yang dibutuhkan.

Pemain dapat mengembalikan kartu yang berstatus Rested ke Active kembali saat Refresh Phase, kemudian putar ke samping lagi bila digunakan pada putaran tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan One Piece TCG

Tak ada TCG yang sempurna, termasuk One Piece TCG ini. Sebagai permainan yang dimainkan secara fisik, One Piece TCG tak lepas dari berbagai kekurangan, misalnya:

  • Spend to Win, rata-rata kartu yang memiliki efek bagus memiliki label SR, dan pemain harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk memiliki kartu tersebut.
  • Untuk region Asia, kartu yang tersebar di pasaran masih menggunakan bahasa Jepang, sehingga menyulitkan pemain Indonesia karena harus menghafal setiap efek dari kartu yang ia miliki.
  • Distribusi kartu masih tergolong sulit. Permintaan tinggi namun persediaan sedikit membuat harga yang dipatok setiap kartu cukup mahal.

Namun, ada banyak juga kelebihan yang dimiliki oleh One Piece TCG bila dibandingkan TCG lainnya yaitu:

  • Easy to learn. Buat kamu para pemain TCG tak perlu susah payah beradaptasi dengan permainan baru ini. Kamu pasti akan mudah memahami One Piece TCG, bahkan tutorialnya tersedia di Google Play Store dan AppStore lho.
  • Banyak pilihan Playstyle tergantung Leader Cards yang dipilih, membuat strategi antar pemain sulit ditebak.
  • Peluang resell yang tinggi bagi para kolektor. Satu kartu yang didapat dari memenangkan sebuah turnamen bisa saja dihargai hingga ratusan juta rupiah.

Akhir Kata

One Piece TCG ini memiliki peluang yang sangat besar untuk berkembang di Indonesia. Selain banyaknya Nakama (sebutan untuk fans One Piece) yang tersebar, banyak pula hobby shop atau LGS (Local Game Store) yang mulai menjual kartu One Piece TCG hingga membuat event mingguan.

Komunitas yang menggeluti TCG ini juga terus bertambah, baik itu di pulau Jawa (seperti Ogre, Chekkupointo, Nakama Hobby Shop, dan lainnya) hingga pulau Sumatra (seperti KODA Gamers Club yang rutin menggelar event turnamen mingguan di kota Medan).

Dengan besarnya komunitas yang dimiliki, One Piece Card Game akan mendapatkan atensi yang lebih besar bahkan dari pemain yang bukan fans One Piece dan veteran TCG lain.

Bagaimana, apakah kamu sudah siap untuk menjadi salah satu Nakama dengan bermain One Piece Card Game?

banner iklan esportsnesia