Goalscorer: Game “Catur” 2 Dimensi Versi Olahraga Sepakbola

698
Goalscorer: Game "Catur" 2 Dimensi Versi Olahraga Sepakbola

Gоаlѕсоrеr аdаlаh gаmе strategi yang bertemakan olahraga ѕераkbоlа dalam bеntuk dua dіmеnѕі layaknya permainan catur. Di sini pemain diposisikan seolah sebagai seorang pelatih yang dapat memberikan instruksi bagaimana jalannya permainan di lapangan.

Dikembangkan oleh game studio Your Strategy Game Network, pengembang gim ini mеmulаі реrjаlаnаn pengembangan game Gоаlѕсоrеr pada tаhun 2020 dеngаn mеmрrоdukѕі 2 versi berbeda dari Gоаlѕсоrеr untuk seluler, yakni Goalscorer Training Edition (versi yang dibahas pada artikel ini) dаn Gоаlѕсоrеr Tournament.

Pada versi Training Edition ini, pihak pengembang menyatakan bahwa gim ini bisa dinikmati oleh siapa saja, atau bersifat inklusif. Artinya, kamu tidak harus memiliki latar belakang sebagai seorang penggemar tim sepakbola.

Sederhananya, Goalscorer ini menawarkan kecepatan dan kemudahan dalam mempelajarinya.

Dikatakan mudah sebab para pemain tidak harus memiliki kemampuan mental yang mengharuskannya untuk berpikir banyak langkah ke depan, seperti permainan catur kompetitif.

Gim ini juga tidak menuntut banyak terhadap kemampuan reaksi seseorang, sehingga siapa saja baik itu muda dan tua dapat turut menikmati permainan ini.

Mode Permainan Goalscorer

Tersedia secara gratis di Google Play Store atau App Store, saat ini pihak pengembang juga tengah menyempurnakan gim ini dengan menghadirkan beberapa fitur yang akan datang.

Dalam Goalscorer Training Edition ini, terdapat beberapa fitur, yakni:

  • Permainan Singleplayer di mana para pemain memiliki waktu paling banyak 15 menit untuk mengalahkan satu dari beberapa lawan komputer yang dihadapi.
  • Permainan Multiplayer di mana para pemain bisa saling berlaga dengan pemain lain dalam waktu 5 menit.
  • Fitur Team Select untuk melakukan pemilihan pada tim yang akan dipakai dalam gim, atau menciptakan sendiri sebuah tim baru beserta dengan warna identitasnya.
  • Fitur Leaderboard di mana pemain bisa melihat sejauh mana pencapaiannya dibandingkan dengan pemain lain.

Nah itu dia sedikit perkenalan dari gim strategi unik bertemakan olahraga ini. Penasaran seperti apa kesan awal penulis terhadap gim ini? Yuk kita simak lebih lanjut hal apa saja yang dimiliki gim Goalscorer!

First Impression Goalscorer

Aѕреk Intеrfасе Goalscorer

review goalscorer

Jika dimulai dari layar awalnya, penulis bisa langsung merasakan hawa kesederhanaan dari gim ini. Di layar awal setelah loading, penulis menjumpai 6 menu utama yang tersedia secara besar.

Ya, besar, sebab ukuran tulisan pada menu terlihat lebih besar daripada logo Goalscorer itu sendiri. Hal ini juga menggambarkan kesan kaku dаn kurаng rapi.

Namun di luar dari aspek estetikanya, secara fungsional, penulis menilai bahwa menu yang diberikan sudah cukup memudahkan pemain.

Ke-6 menu awal tadi adalah: Play, Team Select, How to Play, Register/Login, Leaderboard, dan About.

Pada menu Team Select di versi aplikasi saat ini, pemain tidak memiliki banyak kebebasan untuk melakukan kustomisasi. Penulis melihat bahwa fitur Create Custom Team ini belum tersedia per tulisan ini dibuat (11/8).

Kemudian pada menu How To Play, penulis bisa merasakan betapa orisinilnya konsep giim ini. Terdiri dari 5 bab, sesi Tutorial ini kebanyakan hanya berisikan teks yang menjelaskan konsep permainan. Tentu akan lebih baik jika sesi Tutorial ini bisa diintegrasikan langsung ke dalam permainan.

Pada saat masuk ke dalam menu Play, pemain akan menjumpai 2 pilihan yakni Singleplayer dan Multiplayer. Di sini penulis mengapresiasi ketersediaan informasi yang ada untuk menjelaskan perbedaan dua mode permainan tersebut.

Meskipun tombol berisi penjelasan tersebut terlihat sedikit kurang rapi, namun secara fungsional penulis bisa mendapatkan jawaban atas perbedaan tersebut.

Selanjutnya, ketika memilih mode permainan, penulis menyayangkan adanya waktu tunggu yang menjadi jeda bagi para pemain untuk dipaksa menyaksikan sebuah iklan.

Namun terlepas dari masa tunggu yang masih relatif singkat itu, ketika masuk ke dalam permainan sesungguhnya, penulis langsung mendapatkan impresi bahwa gim ini cukup terinspirasi dari permainan catur.

Pada layar atas terpampang langsung nama tim, nilai, beserta  durasi waktu yang tersisa bagi pemain. Sedangkan di sisi bawahnya, terdapat pesan instruksi yang cukup penting bagi jalannya permainan, di mana sistem secara kontinu terus mengingatkan pemain akan giliran langkah selanjutnya.

Aspek Control Goalscorer

review goalscorer

Dari sisi Control, penulis merasa persis seperti sedang bermain gim catur di ponsel pintar, namun tentunya dengan modifikasi gameplay, di mana pemain hanya perlu memindahkan bidak-bidak yang ada dalam sebuah papan permainan berukuran 7×8.

Dalam gim ini, pemain tidak memerlukan perangkat tambahan. Cukup hanya mengetuk tombol touchscreen yang ada.

Aѕреk Grаfіk & Audіо Goalscorer

review goalscorer

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kualitas grafik yang disajikan masih terlihat kurang rapi terutama pada aspek navigasinya.

Kemudian pada pop-up window saat terjadinya pengumuman “Penalty” ataupun “Offside”, penulis menilai jika visualisasi dan animasinya masih dapat disempurnakan lagi agar terkesan lebih mulus dan profesional.

Sedangkan dаrі ѕеgі audionya, penulis tidak menemukan ada banyak aset audio yang terkandung dalam gim ini.

Pada saat awal membuka aplikasi ini, penulis tidak mendapatkan sambutan background music apapun. Bahkan ketika bermain pun, meskipun terdapat timer, penulis tidak mendengarkan sedikitpun suara detakan jam.

Padahal, untuk jenis gim yang mengandalkan timer, bunyi detakan waktu ini sangat penting agar pemain bisa tetap fokus dan hanyut dalam ketegangan pertandingan.

Efek suara perpindahan bidak juga tidak penulis rasakan. Sejauh ini penulis hanya menjumpai suara saat terjadinya momen tertentu, seperti “Penalty”, dan “Goal!”.

Akhіr Kаtа

Penulis sangat mengapresiasi konsep unik yang ditawarkan oleh Goalscorer ini. Tentunya pihak pengembang sudah melakukan riset yang mendalam untuk menyempurnakan gameplay strategi ini.

Meskipun tersedia menu How to Play, penulis harus mengakui kesulitan yang dialaminya untuk menikmati game ini, lantaran tidak ada sesi Tutorial yang mudah dicerna dan bisa dipraktekkan langsung.

Namun, seperti yang disampaikan oleh pihak pengembang di situs resminya, Goalscorer ini masih dalam tahap penyempurnaan dan tengah mengundang pihak-pihak yang tertarik untuk terlibat dalam pengembangan Goalscorer Premier untuk mendukung sepakbola akar rumput.

Goalscorer sudah tersedia di: