[Guide MLBB] Cara Build Hero Fighter Badang Mobile Legends

2692
build hero fighter badang mobile legends

Kerap ditemukan pada mode Classic, ternyata hero Badang dari gim Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) termasuk hero fighter yang cukup digemari player. Tak hanya karena memiliki tembok penghalang jalan, tetapi juga damage-nya yang relatif besar. Tentu saja, damage ini mampu mematikan lawan dalam sekejap.

Sayangnya, player harus bersabar hingga pertengahan Oktober 2020 untuk bisa menggunakan hero ini lagi. Pasalnya, Badang mengalami bug sehingga terkena banned dari Moonton. Jika tetap digunakan, bug tentu akan merugikan player lain.

Asal-usul Hero Badang Mobile Legends

Badang, Hero Fighter Mobile Legends Asal Negeri Jiran

Terlepas dari status banned Moonton, Badang memiliki asal-usul menarik. Hero ini berasal dari desa kecil di bagian selatan Land of Dawn. Badang tinggal bersama para nelayan di desa tersebut.

Penduduk desa menyukai Badang lantaran karakternya ringan tangan dan mudah bergaul. Hingga suatu hari, sekelompok monster menyerang desa. Badang dengan tulus membantu penduduk melawan monster-monster itu.

Akhirnya, dengan kekuatan super, Badang mampu mengalahkan para monster jahat. Sayangnya, kedua tangan Badang terluka parah sehingga tidak dapat digunakan lagi. Saat itu juga, Badang melihat sebutir mutiara bersinar dari tubuh monster yang ia kalahkan.

Badang pun mencabut mutiara itu dari tubuh monster. Seketika, monster berubah menjadi Water Elf yang sebenarnya dikutuk oleh penyihir jahat. Berkat pertolongan Badang, Water Elf selamat.

Water Elf membalas budi dengan mengembalikan kedua tangan sang hero beserta kekuatannya. Ia juga menyematkan besi-besi di tangan Badang untuk menambah kekuatan tinjunya.

Setelah kejadian buruk yang menimpa desa nelayan, Badang pamit kepada penduduk. Ia ingin mengembara untuk melindungi Land of Dawn dengan kekuatannya yang dimilikinya.

Review Hero Badang Mobile LegendsBadang Review Cover

Hero ini sering dijadikan sebagai pilihan kala bertemu lawan yang lincah. Meskipun hero Fighter, anehnya seluruh item yang digunakan oleh Badang justru sama persis seperti yang sering digunakan oleh hero Marksman. Setelah diteliti, ternyata hal ini bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan skill pasifnya yaitu (Chivalry Fist).

Nah, sebelum lanjut mari kita bahas kelebihan dan kelemahan hero Badang Mobile Legends ini.

Kelebihan Hero Fighter Badang Mobile Legends

  • Memiliki Damage Besar

Badang merupakan hero Fighter yang memiliki skill serangan yang bisa menimbulkan damage besar kepada lawan. Skill ini terletak pada skill 3 ultimate-nya yang termasuk skill burst damage serta skill Area of Effect.

Skill ini bisa memberikan damage kepada banyak hero lawan sekaligus. Hal ini tentu saja menjadi salah satu keunggulan Badang yang membuatnya menjadi lebih kuat lagi ketika dimainkan dalam suatu gameplay.

  • Dapat Memberikan Efek Crowd Control

Efek crowd control bisa dihasilkan dari pasif skill atau skill 1 Badang. Dengan catatan musuh terkena knock back ke arah dinding. Kalian harus bisa memaksimalkan penggunaan skill 1 dan pasif skill-nya agar bisa memberikan efek stun kepada musuh sehingga menguntungkan kalian dalam ketika menghadapinya.

  • Sangat Fleksibel

Badang bisa dimainkan untuk keadaan one by one dengan hero lawan dan juga cocok digunakan untuk melakukan team fight. Hal ini menunjukan bahwa Badang memang sangat fleksibel perannya dalam suatu tim.

Kelemahan Hero Fighter Badang Mobile Legends

  • Sangat Bergantung Pada Skill

Badang memiliki damage yang cukup kecil dari basic attack-nya. Oleh karena itu, dia sangat bergantung sekali pada skill serangannya untuk menyerang lawan. Hal ini juga menjadi suatu kelemahan tersendiri untuknya. Saat skill-nya sedang cooldown, lebih baik kalian tunggu sampai selesai dan baru setelah itu kalian bisa menyerang lawan lagi.

  • Lemah di Early Game

Badang cukup lemah di early game karena hanya ada satu skill saja yang bisa digunakan olehnya sehingga tidak bisa memberikan damage besar kepada musuh. Sangat disarankan ketika early game kalian mengambil skill 1 dan melakukan defense terlebih dahulu sampai kalian level 4. Setelah itu kalian baru bisa aktif menyerang lawan dengan kombo skill kalian.

  • Lemah Terhadap Hero Crowd Control

Badang sangat kerepotan apabila harus menghadapi hero lawan yang bisa memberikan efek crowd control padanya. Hero ini akan sangat terbatasi pergerakannya dan akan sulit menggunakan kombo skill-nya karena terkena efek crowd control dari lawan.

Skill Set Hero Badang Mobile Legends

  • Skill Pasif – Chivalry Fist

Skill Pasif - Chivalry FistSkill pasif Badang bernama Chivalry Fist. Skill ini merupakan skill pasif Badang yang dimana ketika Badang menyerang lawan sebanyak 4 kali menggunakan basic attack-nya akan membarikan efek knock back. Jika kalian berhasil membuat lawan terkena knock back dan terbentur ke dinding maka akan dihasilkan efek stun tambahan selama 0,8 detik.

  • Skill 1 – Fist Wind

Skill 1 - Fist WindFist Wind merupakan skill 1 Badang yang termasuk dalam skill Area of Effect. Ketika menggunakan skill ini, Badang akan menyerang lawan dengan pukulan Fist Wind-nya. Range attack dari skill ini cukup jauh dan perlu kalian ketahui bahwa Fist Wind-nya juga bisa memberikan efek knock back serta efek stun jika lawan terbentur ke dinding, sama seperti pasif skill-nya.

  • Skill 2 – Fist Break

Skill 2 - Fist BreakFist Break ini merupakan skill 2 Badang yang termasuk dalam skill blink dan crowd control. Badang akan melaukan gerakan ke arah yang ditentukan dan jika terkena lawan akan dihasilkan dinding yang terbentuk di bagian belakang lawan. Skill ini bisa dikombinasikan dengan pasif skill dan skill 1 nya untuk menghasilkan efek stun kepada lawan. Bisa juga menggunakan skill 3 ultimate-nya untuk memberikan burst damage dengan maksimal.

  • Skill 3 UltimateFist Crack

Skill 3 Ultimate - Fist CrackSkill 3 ultimate Badang termasuk ke dalam skill burst damage yang berupa serangan pukulan bertubi-tubi. Ketika kalian menggunakan skill ini, pastikan dalam posisi yang baik agar damage yang dihasilkan menjadi lebih maksimal lagi dikarenakan damage dari skill ultimate nya ini sangat besar dan bisa membunuh musuh dengan cepat.

Combo Skill Badang

Kombo skill yang terdapat pada Badang bisa menghasilkan damage yang cukup besar. Untuk dapat membuat musuh terbunuh dengan cepat kalian bisa menggunakan urutan kombo berikut ini.

Pertama gunakan skill 2 untuk membuat musuh terhentikan pergerakannya. Kedua gunakan skill 1 untuk memberikan efek stun karena musuh akan ter-knock back ke area batu yang tercipta di belakangnya. Setelah itu kalian hanya tinggal gunakan skill ultimate-nya untuk memberikan burst damage.

Tips Menggunakan Hero Badang Mobile Legends

Badang menjadi hero yang menakutkan bagi lawan jika Anda pandai memainkannya. Sebagai pedoman, berikut adalah tips menggunakan hero Badang Mobile Legends.

Gunakan Tembok

Skill pasif Badang bisa bekerja efektif jika dipakai di dekat tembok. Posisi tembok harus berada di belakang target. Ketika skill tersebut aktif, target mundur hingga menghantam tembok. Dalam beberapa detik, target terkena efek stun.

Sembunyi di Semak

Badang memiliki potensi tinggi untuk melakukan solo kill jika mampu memanfaatkan kondisi sekitar. Salah satunya dengan bersembunyi di semak-semak di area jungle musuh. Penyerangan yang dilakukan dari balik semak-semak dapat memberikan efek kejut pada hero core musuh.

Prioritaskan Kecepatan dan Ketepatan

Badang merupakan hero yang sulit dimainkan. Jika player tidak mampu melakukan perhitungan secara tepat, skill-nya sia-sia. Player juga harus hati-hati ketika memakai skill Fist Break. Pasalnya, skill ini dapat menyebabkan Badang kehilangan kemampuan manuver.

Pastikan Memahami Combo Skill

Sebelum menggunakan hero Badang, Anda harus menguasai combo skill hero satu ini. Sebab efek maksimal hanya bisa dimunculkan ketika player mengetahui urutan terbaik dalam penggunaan skill.

Urutan pertama adalah skill 2; fungsinya untuk mempersempit ruang gerak. Lalu, diikuti skill 1 yang memberikan efek stun pada lawan. Terakhir, Anda harus menggunakan skill ultimate sebagai penyelesaian.


Sinergi Combo Hero Fighter Badang Mobile Legends

  • Combo Hero Badang #1: Tigreal (Tank)

Hero TigrealHero combo pertama Badang adalah Tigreal. Tigreal merupakan hero Tanker yang memiliki kemampuan sangat baik dalam mengumpulkan hero lawan berkat skill 3 ultimate-nya. Tigreal akan berfungsi sebagai crowd controller dan Badang sebagai initiator.

Pertama gunakan Tigreal untuk mengumpulkan lawan dalam satu titik. Bila lawan sudah terkumpulkan, gunakan kombinasi skill Badang dengan menggunakan skill 2 dan ultimate-nya. Badang akan melancarkan serangan yang mampu mengalahkan lawannya.

  • Combo Hero Badang #2: Angela (Support)

Hero Angela

Combo kedua adalah Angela. Angela bisa menjadi sebuah cover bagi badang ketika dalam team fight. Kemampuan Angela akan memberikan movement speed sekaligus efek slow dan stun pada lawannya.

Badang akan dengan mudah mengincar dan masuk pada pertahanan lawan, Angela dapat memperlambat pergerakan lawan agar Badang bisa mengincar hero lawan dengan mudah.

  • Combo Hero Badang #3: Atlas (Tank)

Hero AtlasTerakhir, combo yang bisa kalian gunakan adalah Atlas. Atlas merupakan hero Tanker yang memiliki kemampuan serupa dengan Tigreal. Tugas Atlas adalah untuk mengumpulkan lawannya pada satu titik.

Berikutnya, Badang akan menyerang semua lawan yang sudah dikumpulkan Atlas, gunakan skill 2 untuk mengunci pergerakan lawan, dan gunakan skill ultimate untuk finishing.

Build Item Badang Mobile Legends

Build Item Hero Badang

  • Warrior Boots

Item_Warrior_BootsItem pertama yang tepat dibeli oleh Badang adalah Warrior Boots. Selain memberikan tambahan movement speed, Warrior Boots juga memberikan tambahan physical defense agar pertahanan Badang cukup kuat di early game.

  • Demon Hunter Sword

Item_Demon_Hunte_SwordItem selanjutnya yang harus dibeli Badang adalah Demon Hunter Sword. Item ini merupakan item attack yang akan memberikan physical attack dan attack speed tambahan terhadap Badang.

Apalagi item ini juga cocok digunakan untuk melawan hero Tank lawan, karena pasifnya yang memberikan damage tambahan sesuai dengan 9% dari HP target yang tersisa. Tentu jika semakin tebal hero lawannya, maka akan semakin sakit damage yang diberikan oleh Badang.

  • Golden Staff

Item_Golden_StaffItem berikutnya adalah Golden Staff. Hampir sama seperti Demon Hunter Sword, item Golden Staff ini juga akan memberikan physical attack dan attack speed tambahan terhadap Badang.

Tetapi, item ini memiliki skill pasif yang dimana Badang tidak akan menerima critical chance, karena setiap critical chance yang diperoleh Badang akan dikonversi menjadi attack speed.

  • Corrosion Scythe

Item Corrosion ScytheItem selanjutnya adalah Corrosion Scythe. Item ini merupakan item attack yang akan memberikan tambahan physical attack, movement speed dan attack speed terhadap Badang. Dengan membeli item ini, maka otomatis serangan dari Badang akan semakin meningkat di late game.

Tidak hanya itu saja, item ini juga memiliki skill pasif yang dimana ketika Badang memberikan damage terhadap musuhnya, maka musuh akan terkena efek slow selama beberapa detik dan attack speed Badang yang akan meningkat hingga 5 stack dalam 3 detik.

  • Queen’s Wings

Item Queen's WingsItem berikutnya adalah Queen’s Wings. Item ini akan memberikan physical attack, cooldown reduction dan HP tambahan terhadap Badang. Dengan membeli item ini, maka pertahanan dan serangan dari Badang akan meningkat.

Item ini juga memiliki skill pasif yang dapat mengurangi damage yang diterima Badang sebesar 40% ketika Badang memiliki HP dibawah 40%. Serta dapat meningkatkan physical lifesteal Badang.

  • Immortality

Item_ImmortalityItem yang terakhir adalah Immortality. Item defense ini akan memberikan physical defense dan 800 HP tambahan terhadap Badang. Dengan begitu pertahanan dari Badang akan meningkat dan akan sulit dikalahkan di late game.

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Badang

Emblem

Set Emblem Assassin sangat cocok untuk kalian gunakan dengan susunan 3 Agility, 3 Fatal dan Talent High and Dry.

Untuk set emblem lainnya, kalian bisa menggunakan Set Emblem Fighter dengan susunan 3 Bravery, 3 Swift dan Talent Festival of Blood.

Battle Spell

Battle Spell FlickerUntuk battle spell kalian bisa menggunakan Flicker. Dengan battle spell ini kalian bisa memperluas jangkauan dari skill 2, sehingga kalian bisa memberi serangan kejuta kepada hero Lawan. Selain itu, bisa digunakan untuk kabur dari ganking lawan karena Badang tidak memiliki skill escape.

Counter Hero Badang Mobile Legends

Meskipun memiliki skill kombo mematikan untuk para Marksman lawan, tetapi Badang akan mudah di-counter oleh beberapa hero di bawah ini,

  • Counter Hero Badang #1: Khufra (Tank)

Hero Khufra CoverKhufra menjadi hero Tank yang hampir bisa digunakan untuk meng-counter semua hero di Mobile Legends. Khufra sendiri memiliki skill yang dilengkapi dengan efek crowd control.

Skill ultimate Badang bisa di-cancel dengan mudah menggunakan skill 1 Khufra. Selain itu, Khufra juga bisa menggunakan ultimate-nya untuk menyerang Badang ke dinding yang dia buat, alhasil badang sendiri lah yang terkena stun.

  • Counter Hero Badang #2: Chou (Fighter)

Hero ChouBerikutnya ada Chou. Chou memiliki skill crowd control yang juga bisa digunakan untuk meng-counter Badang dengan mudah. Skill 2 Chou bisa digunakan untuk menghindari skill 2 dan skill ultimate Badang. Jika dijadikan sebagai Fighter, Chou pun bisa mengeliminasi Badang dengan sekali kombo saja.

  • Counter Hero Badang #3: Helcurt (Assassin)

Hero Helcurt Mobile Legends CoverTerakhir ada Helcurt. Helcurt merupakan hero counter Badang yang memiliki pasif skill silence. Pasif skill ini membuat hero musuh yang berada di sekitarnya tidak bisa menggunakan skill-nya.

Helcurt bisa langsung menggunakan skill ultimate dan skill 1 nya untuk menghampiri Badang dengan cepat. Setelah itu Helcurt bisa langsung menggunakan skill 2 nya untuk memberikan burst damage kepada Badang.


Nah, demikianlah pembahasan tentang cara build hero fighter Badang Mobile Legends. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?