3 Tips Rotasi Farming Mobile Legends Agar Dapat Easy Win-Streak!

1288
Rotasi Farming Mobile Legends

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar rotasi farming Mobile Legends yang wajib kalian ketahui pada permainan MOBA 5 vs 5 yang satu ini.

Mengapa demikian dan apa saja hal-hal seputar rotasi farming Mobile Legends yang wajib kita ketahui? Simak artikel berikut ini ya!

Memahami Rotasi Farming MLBB

Tips Rotasi Farming Mobile Legends

Pada mode rank dalam permainan Mobile Legends: Bang Bang terutama di tier atas merupakan ranah yang terbilang sangat kompetitif.

Semakin tinggi tier kalian maka semakin banyak detail yang diadu dalam pertandingan.

Hal-hal yang diadu dalam pertandingan diantaranya adalah hal-hal berikut:

  • tipe hero yang digunakan,
  • kemampuan setiap hero yang kalian dan kedua tim gunakan,
  • fungsi dari setiap item,
  • mikro penggunaan hero,
  • penguasaan makro permainan,
  • dan masih banyak lagi.

Setiap detail yang kalian lewatkan, bisa dimanfaatkan oleh lawan untuk membalikan keadaan dan merebut kemenangan dari kalian.

Rotasi farming Mobile Legends termasuk dalam pengetahuan makro yang perlu kalian ketahui dan terbilang sangat penting. Mengapa?

Pasalnya keefektifan rotasi kalian dalam melakukan farming menentukan kecepatan kalian mendapatkan keunggulan dari lawan sejak awal permainan, baik dari segi level, item, maupun penguasaan map.

Keunggulan-keunggulan di awal permainan ini yang bisa kalian manfaatkan untuk meraih berbagai objektif permainan yang tentunya bisa membuat keunggulan yang kalian miliki semakin besar lagi.

Mendapatkan keunggulan yang menyebabkan keunggulan lain yang lebih besar dalam permainan biasa juga disebut dengan efek snowball.

Berikut 3 tips rotasi farming Mobile Legends untuk posisi Jungler dan mid-laner.

Rotasi Farming Mobile Legends

Tips Rotasi Farming Mobile Legends: Jungler

Jungler yang kerap menjadi hero core atau hero inti dalam strategi permainanmaka dari itu pergerakan seorang jungler tidak boleh sembarang dan juga tidak boleh lambat.

Detail dalam melakukan rotasi, farming, dan lain-lainnya harus direncanakan dan juga disesuaikan dengan keadaan dengan tetap memperhatikan objektif.

Tips Rotasi Jungler #1: Perhatikan Waktu

Objektif seorang jungler adalah penguasaan hutan dan pembasmian monster turtle juga lord. Jika kalian menjadi seorang jungler, maka perhatikan turtle dan lord sebagai objektif kalian agar tidak dicuri oleh musuh.

Turtle muncul pada menit ke-2 permainan, pembasmian turtle akan memberikan seluruh anggota tim yang membunuhnya keuntungan gold dan buff pada hero yang memberikan last hit padanya.

Lord akan muncul pada menit ke-8 permainan dan akan muncul setiap 3 menit setelah dibasmi, pada menit ke-12 kemampuan lord akan meingkat, dan pada menit ke-18 lord akan berevolusi.

Sebelum perebutan turtle pertama, pastikan kalian sebagai jungler sudah mencapai level 4 untuk memastikan war perebutan turtle dapat kalian menangkan.

Rotasi Farming Mobile Legends

Tips Rotasi Jungler #2: Sesuaikan Rute Rotasi

Sesuai dengan tipe hero jungler yang kalian gunakan, rute untuk rotasi farming kalian juga tentunya berbeda.

Untuk hero seperti Ling, Lancelot, dan Fanny diantaranya merupakan hero dengan kebutuhan untuk purple buff untuk dapat digunakan dengan efektif pada awal permainan.

Untuk tipikal hero tersebut tentunya kalian harus mengutamakan untuk mendapatkan purple buff terlebih dahulu sebelum melanjutkan rotasi farming monster hutan lain.

Untuk hero tanpa kebutuhan buff khusus bisa disesuaikan dengan posisi lithowonderer agar kalian bisa mendapatkan memusnahkan lithowonderer untuk mendapatkan buff dari monster ini.

Jika lithowonderer berada di sebelah atas, maka kalian bisa membunuh monster purple buff terlebih dahulu agar kalian bisa segera mendapatkan lithowonderer.

Begitupun sebaliknya, jika lithowonderer berada di sebelah bawah maka kalian bisa membunuh monster orange buff terlebih dahulu.

Dan jika hero jungler yang kalian gunakan merupakan tipikal hero yang memiliki kekuatan tinggi di awal permainan, kalian bisa menyesuaikan rute rotasi farming kalian dengan melakukan invasi ke hutan musuh di awal permainan.

Tips Rotasi Jungler #3: Perhatikan Map

Ketika kalian sudah merencanakan rute rotasi untuk farming, pastikan kalian memeriksa dan memperhatikan map secara berkala. Mengapa?

Alasan pertama, tak jarang hero-hero dari tim lawan tiba-tiba menghilang dari pandangan map dan mempersiapkan kejutan ambush tak mengenakan untuk kalian.

Alasan kedua, bukan hanya musuh yang bisa memberikan ambush untuk kalian. Jika kalian perhatikan ada hero musuh dekat kalian yang offside terlalu jauh dari jarak aman mereka untuk kabur, maka kalian bisa segera melaju untuk mengeksekusi hero tersebut.

Alasan ketiga, jika teman satu tim kalian dalam keadaan terdesak maka kalian bisa membantunya untuk mencegah mereka mati. Atau bahkan kalian bisa membalikan keadaan dengan melakukan flanking dan membasmi hero musuh dari sisi belakang.

Tips Rotasi Farming Mobile Legends: Mid-Laner

Middle laner merupakan posisi yang kerap kali diisi oleh hero dari kategori kelas mage. Pasalnya hero mage umumnya memiliki kemampuan untuk membersihkan lane dengan cepat sehingga diharapkan dapat bisa segera melakukan rotasi untuk membantu rekan lain.

Hal yang harus kalian ingat adalah seorang mid-laner tidak boleh pasif dan hanya berdiam diri di lane tengah tanpa melakukan rotasi ke lane lain.

Perlu  kalian ketahui tak hanya hero mage yang bisa kalian manfaatkan untuk menjadi mid-laner, hero dari kelas lain juga memiliki kemampuan yang memenuhi kriteria cepat membersihkan lane dan memiliki mobilitas tinggi.

Dua diantaranya ada Hylos dari kelas tank dan Alpha dari kelas fighter juga masih banyak hero-hero lainnya.

Tips Rotasi Mid-Laner #1: Bantu Jungler

Hal pertama yang bisa kalian lakukan sebagai mid-laner adalah membantu jungler, apa saja hal yang bisa kalian lakukan untuk membantu jungler?

  1. Menyerang monster buff satu kali sebelum kalian membersihkan creep di lane kalian,

Hal ini berfungsi untuk mempercepat farming sang jungler agar dapat segera melakukan rotasi dan mendapatkan keunggulan. Mengapa hanya satu kali? Karna kalian juga perlu segera membersihkan creep di lane kalian.

2. memposisikan diri di semak searah dengan tempat hero jungler melakukan farming,

Dengan memposisikan diri di dalam semak yang searah dengan tempat jungler melakukan farming maka kalian dapat mengantisipasi dan dapat dengan lebih cepat membantu jika ada hero musuh yang melakukan invasi.

Tips Rotasi Mid-Laner #2: Segera Pindah Ke EXP Lane

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, turtle pertama muncul pada menit kedua. Jadi kalian harus segera melakukan setup posisi untuk perebutan turtle.

Kemunculan turtle pertama ada di posisi yang satu arah dengan exp lane, jadi pada menit pertama detik 30 kalian bisa bergegas untuk melakukan rotasi ke exp lane. Selain untuk setup turtle, kalian bisa membantu exp laner kalian untuk membasmi musuh.

Lantas bagaimana dengan wave minion pada waktu tersebut?

Untuk pembersihan wave minion pada waktu tersebut bisa kalian serahkan ke roamer kalian. Mengapa?

Untuk memaksimalkan war perebutan turtle, diharapkan semua anggota tim sudah mencapai level 4 dan memiliki skill ultimate. Exp dari wave tersebut bisa membantu roamer kalian untuk dapat cepat mencapai level 4.


Itulah sedikit tips rotasi farming Mobile Legends dari penulis untuk sobat semua agar rotasi kalian di dalam permainan semakin mantap.

banner iklan esportsnesia
Previous articleBaru Main? Cari Rise of Kingdoms Guide Indonesia? Ini Dia Jawabannya
Next articleDimulainya Team of the Season FIFA Mobile: Ajang Penentuan Atlet Terbaik Liga Domestik Eropa
"Seorang pegawai negeri sipil di bidang keuangan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Bermula dari membuka buku untuk rehat sejenak dari dunia nyata, dunia yang dibuat dari untaian kata berhasil membuat hati jatuh cinta dan menggemari dunia tulisan hingga akhirnya mencoba menuangkan ide dalam rangkaian kata. Terlibat dalam berbagai organisasi dan kegiatan untuk mencari warna-warna baru dalam hidup dan mencoba menambal retak pada gading kehidupan. Berbicara dan bercengkrama dengan banyak masyarakat dari penjuru lain dunia yang berbeda juga menjadi paragraf pengisi dalam kisah yang sedang ditulis, kisah yang berjudul ""kehidupan"" dan bertemakan ""Upaya dan do'a terbaik"". -Natagama"