[Guide Wild Rift] Cara Build Orianna, The Lady of Clockwork

0
23
Cara build Orianna Wild Rift

Cara Build Orianna – Salah satu champion mid lane yang tidak memiliki skill blink adalah Orianna. Meski ia tidak memiliki skill blink, ia memiliki output damage yang cukup pedih.

Bahkan hanya dengan satu combo, seorang marksman ataupun support –yang dikenal dengan HP tipis– dapat langsung tereliminasi tanpa dapat melarikan diri.

Meski tidak selincah Yasuo, Akali, atau champion mid lane lainnya yang memiliki skill blink, Orianna masih menjadi pilihan yang bagus untuk mengisi posisi mid. Dengan memahami combo yang pas, Orianna sesungguhnya dapat menjadi momok menakutkan bagi musuh.

Nah, apakah kamu sudah tahu potensi dari champion satu ini? Beberapa tips berikut ini bisa membantu kalian agar unggul menggunakannya.

Build & Rune Orianna

Rekomendasi Item Build Orianna Wajib

Rekomendasi Item Build Orianna Wajib

Archangel’s Staff

Archangel’s Staff adalah item yang wajib dibeli pertama kali dengan menjadikan Tears of the Goddess terlebih dahulu sebagai bahan. Hal ini bertujuan agar konsumsi mana Orianna yang sangat boros dapat ditangani.

Infinity Orb

Infinity Orb sebagai item kedua, memiliki stats dasar penambahan 60AP dan 200HP. Item ini juga memiliki penambahan movement speed sebanyak 5% serta 15% magic penetration. Tidak hanya itu, efek pasif dari item ini juga dapat menerapkan critical damage sebesar 20% saat HP lawan kurang dari 35%.

Liandry’s Torment

Item ketiga untuk champion ini memiliki penambahan stats dasar 250HP dan 70AP. Selain itu, item ini juga memiliki 2 efek pasif. Pasif pertama memberikan penambahan damage hingga 10%.

Sementara itu pasif keduanya menghasilkan 1% dari health max musuh sebagai bonus magic damage selama 3 detik, dan damage ini akan dilipatgandakan jika menyebabkan slow atau CC (crowd control) kepada lawan. Pasif kedua ini bersinergi dengan skill 2 Orianna yang dapat memberi efek slow pada musuh.

Rabadon’s Deathcap

Item wajib terakhir ini memiliki stats penambahan magic damage tertinggi yaitu sebesar 130AP. Pasif dari item ini pun memiliki penambahan AP sebanyak 40%. Jumlah yang cukup banyak untuk memberikan damage besar.

Rekomendasi Item Build Orianna Kondisional

Void Staff

Berikut adalah build item kondisionalnya. Jika musuh terlalu keras, Void Staff bisa menjadi pilihan tepat. Void staff adalah item yang memiliki magic penetration terbesar sebanyak 40%.

Awakened Soulstealer

Namun jika HP lawan tergolong tipis-tipis, Awakened Soulstealer akan menjadi pilihan yang sangat bagus. Awakened sendiri memiliki pasif yang dapat memberikan ability haste pada skill ulti sebanyak 15.

Guardian Angel

Pilihan terakhir mengambil item Guardian Angel adalah untuk memberikan nyawa kedua kepada Orianna jika mudah tereliminasi saat teamfight.

Statis/Quicksilver

Terdapat dua opsi item boots yang dapat digunakan untuk build Orianna: Statis Enchant dan Quicksilver Enchant. Jika champion musuh tidak terlalu banyak skill CC seperti Amumu, Ahri, Seraphine, dan sebagainya, item Statis menjadi pilihan wajib.

Statis dapat membuat Orianna menjadi kebal dan tak dapat diserang selama 2,5 detik. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk memancing lawan mengeluarkan skill mereka tanpa harus Orianna terimbas damage skill lawan.

Sedangkan jika tim musuh banyak hero CC, Quicksilver dapat membuat Orianna lolos dari CC tersebut. Namun sayangnya item ini tidak bisa menangani efek knock up.

Rekomendasi Rune Orianna

Rekomendasi Rune Orianna

Orianna adalah champion yang mengandalkan combo skill untuk melumpuhkan lawan. Menggunakan rune Keystone Electrocute adalah pilihan yang sangat direkomendasikan. Rune ini memiliki efek penambahan damage yang dipicu oleh 3 serangan dalam tiga detik terhadap champion lawan.

Untuk kombinasi rune Domination, Resolve, dan Inspiration, kalian bisa menggunakan Gathering Storm, Regeneration, dan Manaflow Band.

Gathering Storm

Gathering Storm memiliki efek penambahan 2AD atau 4AP setiap dua menit. Efek ini sangat berguna kepada Orianna agar mendapatkan efek damage yang besar jika gameplay memasuki late game.

Regeneration dan Manaflow Band

Sebagai champion yang menggunakan mana dan mengandalkan skill yang ia punya, Regeneration dan Manaflow Band memungkinkan regenerasi mana untuk bisa menopangnya di saat teamfight.

Level Up Skill Orianna

Level Up Skill Orianna

Sebagai champion yang sangat bergantung pada “bola” yang ia bawa, skill yang diambil untuk pertama kali adalah skill 1. Skill 1 ini akan melemparkan bola ke arah musuh, dan hal ini dapat dimanfaatkan untuk meng-zoning lawan dalam mengambil last hit.

Lalu tingkatkan skill 2 untuk mengaktifkan damage area dan memberikan efek slow kepada musuh. Berikutnya skill 3, skill ini berfungsi mengambil bola ataupun meletakkan bola kepada champion sekutu. Skill 3 dapat memberikan shield serta stats AR dan MR sebanyak 10 poin.

Skill 4 atau ultimate dari Orianna ini dapat menyebabkan efek knockback serta memberikan damage yang sangat sakit. Tingkatkan skill 1 dan 2 secara seimbang, dan jika bisa meng-upgrade ulti, tentu prioritaskan upgrade skill untuk ulti.

Gameplay & Combo Skill Orianna

Gameplay & Combo Skill Orianna

Gunakanlah ward sebaik mungkin agar tidak mudah di ganking lawan di early game. Batasi pergerakan lawan dengan nge-spam skill 1 di dekat musuh.

Jika berjumpa dengan lawan lincah seperti Akali dan Yasuo, sebaiknya lakukan freeze lane agar dapat melakukan last hit dengan baik tanpa tercicil damage lawan.

Saat skill 2 terbuka, lemparlah bola bersamaan dengan mengeluarkan skill 2. Lakukan hal ini hingga skill 3 terbuka. Saat skill 3 terbuka, lakukan combo skill 1+2 lalu ambil dengan skill 3 agar dapat men-trigger pasif Electrocute.

Dan jika skill 4 atau ulti sudah tersedia, ubahlah combo skill dengan skill 1+4 disusul dengan skill 2 dan 3. Jika skill 4 sedang cooldown, maka lakukan combo 1+2 lalu 3 hingga skill 4 terbuka kembali.

Selain combo tersebut, kita juga bisa spam combo skill 1+2 untuk menyicil HP lawan dan skill 3 dapat disimpan untuk pertahanan diri. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan map agar dapat memutuskan lane mana yang perlu dibantu. Skill Orianna ini sangat cocok dalam mengacak-acak formasi musuh dengan skill 4 yang dapat meng-knock back lawan.

Counter & Sinergi Champion Orianna

Counter & Sinergi Champion Orianna

Sebagai champion yang tidak memiliki skill blink, Orianna mudah terculik oleh champion lincah seperti Akali dan Yasuo. Akali dengan set up skill-nya dapat dengan mudah menumbangkan Orianna. Sedangkan Yasuo sendiri memiliki Wind Wall yang dapat menghalau dan membatasi pergerakan bola Orianna.

Sedangkan sinergi yang cocok untuk Orianna adalah champion melee. Hal ini dikarenakan skill 3 Orianna yang dapat ditempel di hero sekutu. Untuk combo champion yang sangat pas, bisa dengan Malphite. Dengan skill ulti Malphite yang dapat meng-knock up lawan, Orianna dapat dengan mudah mengeksekusi lawan dengan skill 4-nya.


Itulah sedikit panduan mengenai cara build Orianna yang bisa kalian gunakan sebagai referensi dalam permainan League of Legends: Wild Rift.