Singapura Jadi Tuan Rumah Olympic Esports Week Pertama, Yuk Simak Lokasi Wisata Serunya!

1172
Singapore olympic esports week
Sumber: Unsplash (@Larry Teo)

Saat ini, perkembangan esports menjadi sorotan berbagai pihak di dunia. Sebab, esports banyak mencetak generasi muda berprestasi dan sukses menjadi pro player yang dapat menghasilkan serta berdampak bagi dunia. Hal tersebut membuat International Olympic Commite (IOC) tertarik untuk mengadakan Olympic Esports Week tahun 2023.

Apa itu Olympic Esports Week? Dimana Olympic Esports Week akan berlangsung? Yuk, simak pembahasan berikut!

International Olympic Committee (IOC) Tunjuk Singapura Jadi Penyelenggara Olympic Esports Week

International Olympic Committe (IOC) merupakan komite penyelenggara olimpiade dunia yang mempunyai misi dapat mengenalkan dan memimpin gerakan olimpiade di seluruh dunia.

International Olympic Committe (IOC) mengkonfirmasikan bahwa mereka telah menunjuk Singapura sebagai tuan rumah pekan olahraga olimpiade atau Olympic Esports Week tahun 2023.

Olympic Esports Week melakukan kerja sama dengan Kementrian Kebudayaan, Komunitas dan Pemuda Olahraga Singapura. Selain itu, komite tersebut juga bekerja sama dengan Singapore National Olympic Comitte (SNOC).

Olympic Esports Week akan menampilkan berbagai olahraga virtual terbaik. Selain itu, akan ada kegiatan festival yang berjalan selama empat hari, kegiatan tersebut termasuk dengan pameran teknologi terbaru, diskusi panel, sesi pendidikan, dan show matches.

Olympic Esports Week akan diadakan antara 22-25 Juni 2023 di Singapura. Hal tersebut menjadi langkah besar yang dapat mendukung perkembangan olahraga virtual Olympic Movement, serta dapat menjangkau lebih banyak gamers yang kompetitif.

Untuk info selanjutnya, akan dibahas oleh International Olympic Committe pada awal tahun 2023. Simak terus perkembangannya!

Olympic Esports Week menjadi Harapan Berkembangnya Olimpiade Esports

Pengumuman Olympic Esports Week menjadi harapan baru bagi para pro player untuk menyambut perkembangan esports ke depannya.

Menurut Thomas Bach selaku Presiden IOC, Olympic Esports Week menjadi ambisi IOC untuk mendukung pertumbuhan esports melalui gerakan olimpiade.

Olympic Esports Week akan menggunakan konsep olimpiade esports baru yang dapat menarik dan semakin menantang, konsep tersebut dapat memberikan kesempatan berkolaborasi dengan sesama pemain esports agar dapat menciptakan peluang baru.

Alasan kegiatan tersebut diadakan di Singapura disebabkan Singapura telah memberikan dukungan terhadap inovasi yang dilakukan IOC pada tahun 2010 dalam Youth Olympic Games, jadi IOC berharap dapat bekerja sama dengan baik kembali.

Selain itu menurut anggotan dewan dan wakil presiden Singapore National Olympic Committe (SNOC), Singapura juga mempunyai ambisi yang sama untuk mengeksplorasi pengembangan esports melalui gerakan olimpiade.

Nomor Pertandingan Esports yang Dipertandingkan di Olympic Esports Week

Informasi selanjutnya mengenai Olympic Esports Week akan diumumkan di awal tahun 2023 oleh IOC.

Saat ini, belum ada informasi dan data konkret mengenai game apa saja yang tersedia di Olympic Esports Week 2023 terutama di Asia Tenggara.

Namun, pada edisi Asian Games yang diadakan di Hangzhou berikutnya akan menampilkan delapan olahraga virtual berbeda, seperti Dota 2, League of Legends, dan Street Fighter 5 untuk memperebutkan medali pada tahun 2023.

Akan ada kemungkinan dalam Olympic Esports Week 2023 menampilkan olimpiade bidang olahraga virtual yang sama dengan Asian Games yang diadakan di Hangzhou.

Setelah Olympic Esports Week, Kamu dapat Mengunjungi Beberapa Spot ini Untuk Menikmati Singapore!

Selain menonton Olympic Esports Week 2023 di Singapura, kamu dapat mengunjungi berbagai tempat olahraga ekstrim dan berpetualang untuk menjadikan memori yang tak terlupakan.

Terdapat berbagai wahana esktrim di Singapura yang wajib kamu kunjungi, mulai dari skydiving, night safari, berselancar, dan wahana olahraga esktrim lainnya.

Nah, berikut rekomendasi spot olahraga yang dapat kamu kunjungi di Singapura!

Changi Experience Studio

Saat pertama kali tiba di Jewel Changi Airport, kamu wajib mengunjungi Changi Experience Studio yang mempunyai luas lantai mencapai 3.000 meter persegi dengan berbagai teknologi yang menonjolkan aspek dari Changi Airport.

Kamu dapat mengunjungi berbagai sudut menarik dari Changi Airport melalui pengalaman virtual yang imersif. Selain itu, kamu dapat mempelajari berbagai rahasia dibalik kesuksesan Changi Airport dengan berbagai keistimewaannya.

Changi Aiport mempunyai berbagai teknologi canggih yang dapat membuat kamu merasakan pengalaman unik yang mungkin hanya ada di bandara tersebut.

Hal yang dapat kamu nikmati di Changi Aiport adalah taman dengan berbagai permainan yang menarik, seperti balapan landasan pacu, pencarian untuk mengumpulkan troli bandara, perjalanan melintasi ruang dan waktu, dan permainan menarik lainnya.

Adventure Cove Waterpark

Kamu dapat menikmati waterpark terbaik di Singapur dengan menikmati taman air, sekaligus snorkeling bersama hewan laut di Adventure Cove Park. Terdapat berbagai wahana bermain, seperti seluncuran air berkecepatan tinggi dan Ripted Rocker.

Kamu juga dapat merasakan pengalaman mengapung diatas sungai arus yang berkelok-kelok, berenang di kolam berombak, atau menyejukkan diri di bawah ember raksasa.

Setelah menikmati berbagai wahana yang ada di Adventure Cove Park, kamu dapat bersantai dan menikmati makanan dengan menyewa cabana.

Adventure Cove Waterpark ini berlokasi di 8 Sentosa Gateaway, Singapore. Hanya dengan sekitar 300 ribu rupiah, kamu dapat merasakan pengalaman tak terlupakan disana!

Singapore Turf Club

Singapore Turf Club telah didirikan sejak tahun 1842, menjadi Singapore Sporting Club yang mengoperasikan Serangoon Road Race Course di Farrer Park Field. Singapore Turf Club menjadi satu-satunya klub pacuan kuda di Singapura yang menjadi bagian dari Malayan Racing Association.

Singapore Turf Club mempunyai pemandangan yang indah dan menyenangkan untuk bermain kuda. Kamu dapat melakukan pacuan kuda dengan berbagai paket tawaran menarik dari Singapore Turf Club.

Giant Swing Sentosa

Giant Swing Sentosa
Sumber: Klook

Giant Swing Sentosa merupakan pusat hiburan tepi pantai yang menawarkan berbagai wahana ekstrim, seperti Bungee Jumping, ayunan raksasa, jembatan penghubung, dan skywalk vertikal.

Bagi pemula yang ingin mencoba wahan ekstrim, jangan khawatir untuk mencoba wahana-wahana di Giant Swing Sentosa. Sebab, mereka telah memiliki keamanan yang sesuai dengan standar yang berlaku.

Bagi kamu yang mempunyai jiwa penantang, kamu dapat menikmati bungee jumping untuk melihat pemandangan dari ketinggian sekaligus melepas penat!

Giant Swing Sentosa berlokasi di Pulau Sentosa AJ Hackett, buka mulai pukul 13.00 sampai dengan 20.00 waktu Singapore. Selain menikmati wahana ekstrim, kamu juga dapat menikmati restoran yang menyediakan berbagai makanan yang berada di tepi kolam renang dan area pantai.

Singapore Indoor Stadium

Terdapat berbagai acara besar yang telah dilaksanakan di Singapore Indoor Stadium, termasuk Asian Youth Games tahun 2010, World Netball Championships tahun 2011, dan International Premier Tennis League tahun 2014, 2015, hingga 2016.

Singapore Indoor Stadium menjadi tuan rumah kompetisi tenis meja dan bulu tangkis pada Summer Youth Olympic tahun 2010. Pada tahun yang bersamaan, Singapore Indoor Stadium juga digunakan sebagai pertunjukan band rock asal Singapur maupun dunia, seperti penampilan Deep Purple, Kelly Clarkson, Paramore, Muse, Superband, dan Green Day.

Kamu dapat mengunjungi Singapore Indoor Stadium untuk menikmati acara yang berlangsung saat itu.


Itulah, pembahasan mengenai Olympic Esports Week tahun 2023 dan rekomendasi tempat berlibur yang wajib kamu kunjungi di Singapura!

PS: Jika kamu ingin merasakan sensasi esports tourism di domestik, kamu juga bisa mengunjungi tempat berikut ini yang tidak kalah seru loh!

Bali Swing Ubud

Ratusan foto bermain ayunan di Bali yang sangat apik dan Instagramm-able ini sudah banyak ditemukan menghiasi media sosial mereka yang pergi berlibur di Bali. Ini semua merupakan sebuah fenomena dari Bali Swing Ubud.

Tidak hanya sekedar berayun, tetapi kamu akan berayun sambil menikmati sajian alami hutan indah! Dan itu semua bisa diabadikan di halaman media sosialmu!