Nilai Game Gratis Epic Games Store Capai $2000 Sejak Diadakan

0
11
game gratis epic games

Game Gratis Epic Games – Epic Games terkenal oleh Fortnite Battle Royale-nya, akan tetapi ada satu hal lagi yang membuat perusahaan game satu ini terkenal, Hal tersebut tidak lain adalah kebiasaan mereka memberikan game gratis dari Epic Games Store kepada para penggunanya. Mari kita telusuri lebih dalam

Sejarah dan Perkembangan Kampanye Gim Gratis Epic Games

Dimulai sejak 2018, kampanye gim gratis dari Epic Games ini awalnya dilakukan sekali dua minggu, hingga akhirnya sekarang menjadi setiap hari jumat tiap minggunya memberikan satu hingga dua gim gratis.

Tidak hanya mingguan, Epic Games juga beberapa kali mengadakan event untuk memberikan banyak gim gratis dalam kurun waktu tertentu.

Pada akhir tahun 2020 kemarin, Epic Games mengadakan event untuk memberikan 15 gim gratis yang diberikan setiap hari selama 15 hari pada bulan Desember kemarin.

Awalnya event ini diadakan oleh Epic Games sebagai cara mereka untuk mencari pengguna baru pada platform mereka sebagaimana mereka tergolong pendatang baru pada masanya.

Statistik Epic Games
Statistik Game Gratis Epic Games pada tahun 2020

Berdasarkan data pada tulisan dari blog Epic Games, pada tahun 2020 mereka telah memberikan sebanyak 103 game gratis (atau sekitar 2 game gratis per minggu) pada tahun 2020 kepada para penggunanya

Dari jumlah tersebut, ada 749 Juta transaksi klaim game gratis terjadi dimana nilai dari game yang telah diberikan oleh Epic Games mencapai USD 2000 berdasarkan harga region Amerika untuk game tersebut

Selain itu, Epic Games juga menuturkan bahwa pada tahun 2020 pengguna mereka mencapai 160 juta pengguna (walau mungkin banyak di antaranya pemburu gim gratis seperti penulis, hehe) yang menunjukkan bahwa semakin banyak yang percaya kepada platform ini.

Hal ini dituturkan karena Epic Games pernah diklaim mencuri data penggunanya dan menjualnya ke pihak lain dan hal ini diakibatkan karena Epic Games menjalin kerja sama dengan Tencent

Meskipun begitu, Epic Games berhasil bertahan dan menunjukkan kegigihan mereka untuk berdiri diantara para raksasa yang telah lebih dahulu berdiri.

Game Gratis Epic Games Store Paling Mahal

Game Paling Mahal
Watch Dogs 2 Menjadi Giveaway dengan Harga Paling Mahal

Berikut adalah rangkuman daftar gim yang telah diberikan oleh Epic Games (setidaknya yang pernah penulis miliki) dan daftar ini diurutkan berdasarkan harga termahal. Watch Dogs 2 pun menjadi game dengan nilai paling mahal seharga USD 56.99.

Top 10 Game Gratis Epic Games Berdasarkan Harganya

Game Title Price
Watch Dogs 2 $ 56.99
Epic Free Bundle (Paladins) $ 50.00
Jurassic World Evolution $ 42.99
STAR WARS™ Battlefront™ II: Celebration Edition $ 39.99
Assassins Creed Syndicate Standard Edition $ 37.99
Borderlands: The Handsome Collection $ 35.99
World War Z $ 34.99
Total War Saga: TROY $ 31.49
Football Manager 2020 $ 29.99
For Honor Standard Edition $ 28.49
Watch Dogs Standard Edition $ 28.49
Steep $ 28.49
Grand Total $ 445.89

Berdasarkan tabel di atas, bisa dilihat bahwa nilai paling kecil dari Top 10 game giveaway-nya berada di harga sekitar USD 28. Sedangkan nilai total dari Top 10 ketika dijumlahkan mencapai USD 445.

Meskipun berada di harga tertinggi, yang menjadi pusat perhatian dari program ini adalah pada saat Epic Games memberikan gim populer Grand Theft Auto 5 secara cuma-cuma kepada para penggunanya.

Tidak hanya itu, mereka juga memberikan in-game currency sebesar satu juta dolar Amerika untuk dipakai ketika bermain GTA Online.

Selain itu, beberapa giveaway di atas juga sudah/tidak pernah ada di Epic Games Store, misalnya giveaway In-Game items untuk game Paladins dan Football Manager 2020 yang sudah unlisted karena developernya sudah memasukkan versi terbaru game ini yaitu Football Manager 2021.

The Keepers

Highlight Game Pilihan
Beberapa Game yang Patut disimpan

Selain judul-judul game yang ada pada daftar Top 10 yang sudah kita bahas di atas, kita juga akan membahas beberapa judul yang patut menjadi perhatian dari program ini.

Perhatian: Sebelumnya, ini hanya merupakan selera pribadi tanpa bermaksud merendahkan atau menganggap game yang lainnya lebih buruk dari game yang disebutkan.

ARK: Survival Evolved, Batman Arkham Trilogy, Cities: Skyline, Darksiders I & II, Metro 2033 Redux, Remnant: From the Ashes, Shadowrun Series, The Escapist Series, Tropico 5 merupakan sedikit dari ratusan judul yang ada, akan tetapi game-game ini pastinya akan membuat waktu kamu diisi dengan pengalaman bermain game yang memuaskan.

Perlu diperhatikan juga bahwa game-game yang dipilih oleh Epic Games dalam program ini rata-rata memiliki tingkat replayability yang cukup tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa Epic Games ingin para penggunanya semakin aktif dalam platform mereka

Meskipun begitu, ada satu masalah yang dimiliki oleh Epic Games bagi pengguna di luar Amerika dan Eropa, yaitu mereka masih menggunakan mata uang USD pada situsnya.

Hal ini akan menjadi masalah buat negara-negara yang memiliki mata uang yang jauh lebih rendah dari nilai mata uang dollar Amerika. Di sinilah para pesaingnya memiliki kekuatan lebih.

Sebut saja Steam. Mereka menggunakan harga berdasarkan region dari akun kita. Untuk itu, apabila hal yang ingin kita beli harganya USD 10, dengan mata uang rupiah, maka kita hanya perlu membayar sekitar 70 ribuan saja, bahkan terkadang bervariasi tanpa mencapai nilai dari kurs.

The Future

Epic Games Store tentunya masih tergolong sangatlah muda di antara para pesaingnya seperti Steam, IGG, GOG dsb. Masih banyak hal yang mungkin harus dibenahi oleh platform yang masih bertumbuh untuk mendapatkan para pengguna setianya ini.

Sebagai perbandingan, apakah diantara kamu ada yang sudah menggunakan Steam pada tahun 2007 – 2008? pastinya kebanyakan di antara para pembaca belum menggunakannya bahkan mungkin belum kenal dengan keberadaannya.

Penutup

Kita perlu mengapresiasi usaha keras Epic Games dalam pembangunan komunitas dalam platform mereka ini. Meskipun belum bisa menandingi raksasa lainnya, akan tetapi Epic Games tetap bisa berdiri menunjukkan kemampuannya di antara yang lainnya.

Kita juga tidak tahu seberapa jauh/lama Epic Games sanggup untuk mengadakan kampanye ini dan sampai kapan Fortnite Battle Royale akan menjadi “tulang punggung” dari perusahaan ini dan kita hanya bisa menanti perubahan tersebut.

Sebelumnya, apakah kamu sudah menjadi bagian dari kampanye ini? atau kamu ingin menjadi bagian dari kampanye ini? ayo berikan komentar kamu mengenai hal ini

Sekian, Gxg signing out!