PUBG Mobile Vs. Free Fire: Bingung Pilih yang Mana?

0
221
PUBG Mobile Vs. Free Fire: Bingung Pilih yang Mana?

Tampaknya mobile game bergenre battle royale sangat mendominasi pasar esports di Indonesia. Bagaimana tidak? PUBG Mobile sudah hampir merajai setiap turnamen online yang bisa dijumpai di halaman listing events Esportsnesia. Namun, bukan berarti PUBG Mobile tidak ada tandingannya.

Baru-baru ini saja, Free Fire besutan Garena ini baru saja dipertandingkan dalam ajang audisi esports nasional pertama yang bertajuk First Warriors. Hingga saat ini, jumlah pemain dari kedua judul battle royale PUBG Mobile maupun Free Fire telah mencapai 100 juta pemain tanpa mengenal batasan umur maupun jenis kelamin.

Beberapa pemain pemula mungkin akan kebingungan saat harus memilih 2 game yang bergenre sama ini. Apakah kamu termasuk orang yang bingung?

Jangan khawatir, tulisan ini akan memberikan ulasan yang bisa membantu kamu untuk memilih mana ‘aliran’ battle royale yang cocok dengan kamu. Yuk kita bandingkan Free Fire vs. PUBG Mobile!

1

Ukuran file

Firee Fire memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari pada pesaingnya PUBG Mobile. Ukuran file Free Fire hanya sebesar 430 MB, sementara PUBG Mobile memiliki ukuran 1,8 GB.

Beberapa orang berasumsi dengan kapasitas yang lebih kecil, maka otomatis Free Fire tidak lebih bagus daripada PUBG Mobile. Apakah benar demikian?

Tampaknya tidak. Tiap-tiap game tentu memberi pengalaman tersendiri saat bermain. Hal itu terlihat dari peringkat di Play Store, dimana Free Fire menempati peringkat di atas PUBG Mobile.

Kapasitas memori yang lebih kecil menjadikan game besutan Garena ini sangat ringan terutama untuk perangkat mobile dengan kapasitas memori kecil. Sehingga tidak heran bila game ini memiliki lebih banyak pengguna.

Namun, PUBG Mobile sendiri juga tidak terbilang sebagai game berat yang hanya bisa dimainkan di perangkat canggih. Kamu masih bisa mengatur kualitas grafis di tingkat yang sesuai dengan kemampuan gadget kamu.

2

Gameplay dan control

Secara gameplay, baik PUBG Mobile maupun Free Fire memiliki pola permainan yang sama. Di awal permainan, karakter kamu akan terjun bebas dari pesawat, melakukan looting di map untuk mengumpulkan perlengkapan bertempur, kemudian bertahan hidup hingga tersisa satu pemain atau satu tim.

Baca juga:  Update First Warriors: 8 Peraih Golden Tickets dari Bandung Sudah Ditemukan

Dari hal ini, jelas tidak terdapat perbedaan dari segi jalannya permainan. Namun bila ditelaah secara mendetil, terdapat salah satu fitur yang membedakan. Bila Free Fire mengenal fitur auto aim, maka PUBG Mobile masih menggunakan sistem kendali manual. Free Fire juga menawarkan gerakan yang lebih responsif dibandingkan dengan PUBG.

Dengan pertimbangan ini, bila lebih menyukai game dengan control yang lebih mudah, tentu cocok untuk bermain Free Fire; sedangkan untuk kamu yang ingin menikmati lebih pengalaman dan tantangan dalam game, maka PUBG adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

3

Peta

Berbicara mengenai peta permainan, PLAYERUNKNOWN’S BATTLEGROUNDS memiliki peta yang lebih luas dari pesaingnya Free Fire. Peta yang luas memberi kenikmatan tersendiri bagi para pemainnya dalam menjelajahi map yang luas dengan jarak pemain yang tidak berdekatan.

Namun, fitur ini bisa jadi menyulitkan kamu jika kamu bermain jauh dari zona aman yang terus mengecil. Kamu akan panik jika tidak berhasil menemukan kendaaraan, ataupun turun berperang hanya untuk menemukan kendaraan. Rawan dan mudah ditemukan musuh, loh!

Di sisi lain, peta yang lebih kecil akan lebih mudah mempertemukan kamu dengan musuh.

Jadi, jika kamu menyukai permainan yang pelan dan memberimu banyak kesempatan untuk mendapat peralatan yang bagus, maka unduhlah segera PUBG Mobile.

Dalam menu pengaturan grafis PUBG Mobile, terdapat lebih banyak pilihan mulai dari Smooth, Balanced, HD, HDR, hingga Ultra HD. Selain itu juga dilengkapi dengan frame rate dari low hingga extreme.

4

Kualitas grafis

Perlu diketahui untuk pengguna perangkat yang tidak berspesifikasi tinggi, grafis yang akan ditunjukkan PUBG Mobile akan mengalami penurunan menyesuaikan dengan performa gawai yang dipakai. Inilah alasan mengapa terkadang tampilan gambar pada pengaturan yang sama bisa berbeda pada perangkat lain.

Berbeda dengan PUBG Mobile, Free Fire hanya menawarkan pilihan Smooth, Standard, dan Ultra; serta tanpa pengaturan frame rate. Meskipun begitu, kualitas grafis Free Fire tidak kalah atraktif dengan paduan warna-warna yang mencolok.

Untuk masalah grafis, Free Fire lebih konsisten daripada PUBG karena tampilan grafis yang ditunjukkan akan tetap sama meskipun berbeda perangkat.

Baca juga:  Tips Bermain PUBG Mobile di Miramar

Bila ditinjau dari segi kedetilan, seperti pada objek senjata dan kendaraan, PUBG Mobile terlihat lebih baik daripada Free Fire. Tekstur dan bentuknya terlihat lebih realistis dan memiliki banyak model yang mirip seperti senjata asli yang digunakan di militer. Namun, untuk detil lingkungan seperti rerumputan, terlihat lebih jelas di Free Fire.

5

Server

PUBG Mobile masih menggunakan konfigurasi server yang berbasis benua seperti server Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Sedangkan Free Fire sudah memiliki server di Indonesia (lokal) sehingga ping Free Fire jauh lebih cepat dan stabil.

Untuk masalah kelancaran bermain, tentu Free Fire lebih unggul. Free Fire sangat cocok untuk para gamer yang menginginkan permainan dengan tingkat ping yang lebih stabil.


Itu dia ulasan mengenai PUBG Mobile vs. Free Fire. Setelah membaca ulasan ini, apakah kamu sudah punya keyakinan untuk memilih?

Pada dasarnya, baik PUBG Mobile maupun Free Fire memiliki keunggulannya masing-masing. Apapun pilihanmu, tetap ikuti berita seputar esports terbaru di Esportsnesia ya!

(Disunting oleh Satya Kevino)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here