Biodata dan Profil Coach ONIC Mars: Perjalanan Karir Hingga Kesuksesannya!

1005
Profil Coach ONIC Mars
Sumber: Instagram @mars.fakhre

Profil coach ONIC Mars sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tim Landak Kuning ini. Kehadirannya cukup ikonik dan sangat berpengaruh bagi banyak pencapaian ONIC hingga saat ini.

Apalagi kemampuannya semakin dipertimbangkan oleh banyak orang karena kemenangan tim ONIC MLBB pada ajang MPL Indonesia Season 8,9 dan 10 tak terlepas dari peran coach Mars. 

Bahkan yang terbaru, profile coach ONIC Mars juga semakin menambahkan deretan prestasinya dengan berhasil mengantarkan timnya menjuarai pertandingan bergengsi yaitu MPL Indonesia Season 11.

Atas kemenangan yang fantastis pada MPL Indonesia Season 11 ini jugalah yang membuat timnya masuk kualifikasi untuk bermain di ajang yang jauh lebih besar pada bulan Juni nanti yaitu MLBB Southeast Asia Cup 2023.

Meskipun dikenal sebagai salah satu otak dari banyak kemenangan tim MLBB ONIC tentu coach Mars juga mengalami jalan yang tidak mudah selama karirnya. Supaya lebih mengenal dekat, berikut ini profile coach ONIC Mars beserta perjalanan karirnya yang menarik untuk disimak!

Biodata dan Profile Coach ONIC Mars

Coach Mars yang memiliki nama lengkap Ahmad Marsam Fakhre ini merupakan seorang pelatih Mobile Legends yang semakin besar namanya saat bersama ONIC.

Nickname “Mars” ini diambil nama aslinya yaitu Marsam dan ia awalnya mengawali karir sebagai pro player game Arena of Valor (AOV).

Ia tumbuh dan besar di Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan sebelum akhirnya pindah bersama keluarganya ke Arab Saudi karena tuntutan pekerjaan dari  orang tuanya.

Barulah pada tahun 2020, ia akhirnya secara resmi bergabung dengan ONIC namun sebagai pelatih untuk ranah kompetitif Mobile Legends menggantikan Jeremy Yulianto atau Tibold yang sebelumnya telah mengundurkan diri.

Sebelumnya Jeremy Yulianto atau yang akrab dikenal dengan panggilan Tibold telah memutuskan untuk mundur dari kursi pelatih ONIC Esports sehingga posisi tersebut mengalami kekosongan.

Namun sejak saat itu, ia berhasil membuktikan jika kehadirannya mampu membuat ONIC menjadi andalan dan berhasil mencatatkan banyak prestasi yang gemilang.

Oleh karena itu, profil coach ONIC Mars menarik untuk dibahas mengingat ia melakukan switch pada permainan yang dipilihnya. Berikut ini rangkumkan biodata dan profile coach ONIC Mars secara lengkap agar kamu bisa mengenalnya lebih dekat, yaitu:

  • Nama Lengkap: Ahmad Marsam Fakhre
  • Nama Panggung: Mars
  • Role: Coach
  • Tanggal Lahir: 16 Mei 1994
  • Usia: 29 Tahun (per 2023)
  • Agama: Islam
  • Instagram: @mars.fakhre

Perjalanan Karir dalam Profil Coach ONIC Mars

Bergabung dengan ONIC sejak tahun 2020 ternyata menjadi titik balik dalam karir Mars dalam bidang esports. Sebab ia berhasil mengantarkan timnya untuk banyak kemenangan utama di berbagai ajang ternama MLBB.

Bahkan hingga saat ini, ia masih menjabat sebagai pelatih di ONIC dan dipromosikan sebagai Head of ONIC Esports MLBB Division karena segala pencapaian yang dimilikinya. Akan tetapi, hal ini tentu tidak terlepas dari secara kerja keras dan perjalanan karirnya. 

Mengawali Karir sebagai Pemain AOV

Profile Coach ONIC Mars
Sumber: Instagram @mars.fakhre

Mars Mengawali Karir sebagai pemain AOV. Saat bermain sebagai pro player AOV , Mars pernah tercatat sebagai pemain dari tim besar seperti RRQ (Rex Regum Qeon) barulah ia mengakhiri karirnya pada Proscene AOV di Tim SES (Saudara Esport).

Setelah menjalani turnamen terakhirnya di Malaysia bersama Tim SES akhirnya Mars pun resmi berpindah dari pemain menjadi pelatih. Namun yang mengejutkan, kepindahannya sebagai pelatih adalah bukan untuk melatih game AOV melainkan menjadi pelatih Mobile Legends.

Menariknya, Mars mengenal Mobile Legends saat dirinya tengah menjadi pemain AOV di Tim SES. Ia juga mengaku bahwa dirinya telah mendapatkan izin dari management untuk bisa mencoba berlatih game tersebut.

Awal Mula Masuk ONIC

Profile Coach ONIC Mars
Sumber: Instagram @mars.fakhre

Mars mengawali karirnya menjadi pelatih untuk Tim MDL (Mobile Legends Development Tournament) atau liga untuk mempersiapkan talenta muda Proscene Mobile Legends.

Hebatnya ia mampu menjawab tantangan dari management dengan berhasil meracik potensi talenta Muda dari ONIC.

Pada MPL Season 6, Mars dipercaya menjadi asisten pelatih dari tim berjuluk landak kuning. Ia dengan Somber (pelatihnya dulu saat di Tim SES) bersama-sama meracik tim andalanya menjadi juara.

Sayangnya pada MPL Season 6 ONIC harus menelan pil pahit dimana ia harus dipulangkan Oleh Alter Ego dengan skor 2-1 di babak penyisihan.

Pencapaian Perdananya di ONIC

Kurang lebih selama 2 musim, Mars menjalankan menjadi asisten pelatih coach Somber. Meskipun ONIC masih bisa jadi tiga tim teratas di regular season, namun sayangnya, saat babak play off mereka harus tersungkur di babak penyisihan.

Bahkan pada MPL Season 7 mereka harus pulang dengan tangan hampa setelah dipulangkan paksa oleh Aerowolf Pro Team.

Selanjutnya oada MPL Season 8, terjadi perombakan di tubuh ONIC. Mars pun terpilih sebagai Head Coach untuk memandu ONIC Esports bisa mendapatkan lebih banyak prestasi ke depannya.

Pada season itulah, ONIC mulai tampil beringas dengan talenta barunya. Hal ini terbukti dengan ONIC berhasil menjadi peringkat pertama regular season. Tak hanya itu, ONIC pun kembali tampil mengesankan di babak Play Off.

ONIC berhasil memukul mundur EVOS dan berhadapan dengan RRQ di Final MPL ID season 8, setelah sebelumnya terjerembab di babak semifinal.

ONIC pun berhasil menghajar RRQ di babak Final dan menjadikannya Juara 1 pada season tersebut.

Mendapatkan Tiket ke M3

Dengan keberhasilannya menjadi juara di MPL ID season 8 maka ONIC berhak untuk bisa mengikuti M World Championship yang saat itu diselenggarakan di Filipina.

Sayangnya, baik ONIC maupun RRQ masih belum bisa unjuk gigi banyak di turnamen internasional paling bergengsi di Mobile Legends itu.

Setelah kegagalan tersebut, pada season selanjutnya ONIC kembali tampil bringas. Tangan dingin coach Mars, menjadikan ONIC menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Hal itu terbukti pada 3 season berturut-turut ONIC selalu berhasil masuk Grand Final.

Pada Season 9 ONIC kembali masuk Grand Final. Sayangnya, pada babak tersebut RRQ berhasil mengalahkan ONIC dengan skor 4-1, dan menjegal langkah ONIC menjadi juara.

Meskipun gagal menjadi juara, Mars berjanji bahwa dia akan membuktikan hal yang lebih baik di season selanjutnya.

Tangan Dingin Mars, Sebuah Magic Bagi ONIC 

Profile Coach ONIC Mars
Sumber: Instagram @mars.fakhre

Setelah kekalahannya di Grand Final MPL ID Season 9, Mars segera berbenah dan mulai kembali meracik timnya agar menjadi yang terbaik lagi.

Kerja kerasnya membuahkan hasil dimana pada season 10 menjadi ajang pembuktian bagi ONIC, dengan roster barunya yakni Kairi.

Mars yakin Kairi akan menjadi daya gedor terbaru untuk bisa mengantar ONIC menjadi Juara MPL ID season 10.

Hal itu terbukti, ONIC kembali menjadi Juara Regular Season dan berhasil membalaskan dendam pada RRQ di final season sebelumnya.

Tangan Dingin Mars juga kembali menjadi saksi bahwa ONIC benar benar “Unstoppable”. Terbukti dengan kolaborasinya bersama coach Adi, ONIC kembali berhasil menjuarai MPL Indonesia setelah membantai EVOS di Final dengan skor telak 4-0.

Nah demikianlah sekilas tentang profil coach ONIC Mars dan perjalanan karirnya. Ia menunjukkan bahwa kedisiplinan dalam bermain menjadi kunci kemenangan bagi ONIC.

Terlebih, Coach Mars mempunyai kekuatan magis tersendiri dan menghadirkan kekuatan tersembunyi bagi ONIC hingga saat ini.