Profil Coach Yeb, Salah Satu Pelatih Mobile Legends Terbaik dalam Sejarah ONIC!

409
Coach Yeb
Sumber: Instagram @onic.coachyeb

Bukan penggemar ONIC namanya jika tidak kenal dengan sosok hebat seperti Coach Yeb. Pelatih asal Filipina ini memutuskan untuk menerima tawaran melatih di tim Indonesia sejak tahun 2022.

Sejak awal kehadiran Yeb ternyata mampu membawa ONIC menjadi juara utama dalam ajang besar berturut-turut.

Saking hebatnya, hampir semua turnamen yang berada dalam binaannya berhasil membuat timnya membawa pulang penghargaan tertinggi. 

Memang apa yang membuat Coach Yeb menjadi sangat hebat? Yuk simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini!

Biodata dan Profil Coach Yeb

Yeb atau pemilik nama lengkap Paul Denver Lintag Miranda merupakan coach asal Filipina yang ditakuti oleh banyak tim lawan sejak kehadirannya di tim ONIC. 

Sebab di tangan dinginnya lah, ia berhasil mengantarkan ONIC banjir piala mulai dari MPL Indonesia Season 10, 11 hingga yang terakhir, 12.

Ia memulai karirnya sebagai pro player DOTA 2 di Filipina, hanya saja perjalanannya tidak mulus karena dirinya hampir tak bisa mendapatkan gelar juara sama sekali kala itu.

Hal yang sama terjadi juga saat debut sebagai pelatih Mobile Legends untuk Cigna Ultra kala itu. Bahkan hingga akhir perjalannya bersama tim tersebut, ia belum berhasil membantu timnya mendapatkan juara utama kecuali saat babak kualifikasi.

Namun siapa sangka? Bergabungnya Yeb dengan ONIC ternyata mampu membuatnya berkembang hingga menjadi pelatih yang ditakuti seperti hari ini. 

Coach Yeb
Sumber: Instagram @onic.coachyeb

Supaya makin kenal dengan sosok hebat ini, berikut adalah biodata dan profil Coach Yeb mulai dari usia, status pernikahan hingga riwayat timnya!

  • Nama Lengkap: Paul Denver Lintag Miranda
  • Tanggal Lahir: 25 Januari 1990
  • Usia: 34 Tahun (per 2024)
  • Role: Coach
  • Status Pernikahan: Sudah Menikah
  • Instagram: @onic.coachyeb
  • Riwayat Tim:
    • 2020-2021: Cignal Ultra
    • 2021-2022: ONIC Philippines
    • 2022- Sekarang: ONIC Esports

Perjalanan Karir Coach Yeb Menjadi Pelatih Paling Dominan di ONIC

Coach Yeb mengawali karirnya sebagai pemain Dota 2, bahkah selama 10 tahun ia terus mendalami permainan tersebut.

Namun, ada banyak hal yang terjadi dalam perjalanan karirnya sehingga mendorong Yeb menjadi sosok yang superior hingga hari ini.

Diajak Main Mobile Legends Oleh Tunangan

Coach Yeb
Sumber: Instagram @onic.coachyeb

Dalam wawancaranya bersama Jonathan Liandi, Yeb mengaku jika sudah lebih dari 10 tahun bermain Dota 2.

Namun ia mulai tidak akhir sebagai pro player sejak memulai bisnisnya yang memakan banyak waktu untuk mengurus operasional.

Sembari membangun bisnis, ia juga diajak bermain Mobile Legends oleh tunangannya. Namun karena terbiasa bermain Dota 2 yang berat Mobile Legends jadi terasa mudah saat dimainkan.

Akan tetapi, Yeb mengaku pada tunangannya, jika ia memulai sesuatu maka dia akan menjalankannya dengan perasaan kompetitif. Jadi ia mulai bermain dengan serius bersama tunangannya.

Memulai Karir Pelatih Mobile Legends Saat Pandemi

Sayangnya saat pademi, bisnis Yeb terpaksa harus tutup. Terlebih ia menjalankan operasional bisnisnya di dalam mall, jadi sangat sulit saat itu untuk bisa menghasilkan keuntungan secara masif seperti hari biasanya.

Di tahun 2020 itulah, ia dikontak oleh salah satu tim asal Filipina yaitu Cigna Ultra dan akhirnya menjadi pelatih Mobile Legends di sana. 

Namun hingga terakhir, Yeb juga belum berhasil memberikan gelar juara tertinggi untuk tim tersebut.

Menunjukkan Peningkatan Prestasi di ONIC PH

Setelah mengundurkan diri dari Cigna Ultra, ia menerima ajakan ONIC PH dan bergabung pada Juli 2021.

Nampaknya Yeb berhasil unjuk gigi dengan kemampuannya dalam melatih tim. Sebab pada pertandingan debutnya saja, tim binaan Yeb mampu menjadi runner up pada ajang MPL Philippines Season 8.

Bersama ONIC PH juga ia berhasil membawa tim tersebut meraih kejuaraan bergengsi lainnya mulai dari runner up M3 World Championship hingga juara 4 SIBOL 2022 dan MPL Philippines Season 9.

Rentetan Prestasi Coach Yeb Selama di ONIC Esports

Di tahun 2022 lalu, ONIC Esports melihat adanya potensi dari Yeb sehingga memutuskannya untuk ditransfer melatih pemain Mobile Legends di Indonesia.

Bergabungnya Yeb ke Indonesia bersamaan dengan transfer pemain hebat asal ONIC PH, yaitu Kairi yang kini menjadi salah satu anggota unggulan dalam tim tersebut.

Selama menjadi pelatih ia berhasil membawa ONIC mencapai puncak kejayaannya 2 tahun belakangan ini. Beberapa prestasi hebat yang berhasil diraihnya yaitu:

Menjuarai MPL Indonesia Berturut-Turut

Coach Yeb
Sumber: Instagram @onic.coachyeb

Hebatnya, selama di ONIC Esports, nampaknya Yeb berhasil menemukan cara yang tepat untuk bisa mengantarkan timnya meraih juara. 

Hal ini terlihat para turnamen perdana yang diikutinya yaitu MPL ID S10 dimana ONIC berhasil mendapatkan juara utama.

Nampaknya, Yeb berhasil mempertahankan trend baiknya dan berhasil mengantarkan timnya kembali menjadi juara MPL berturut-turut pada season-season berikut nya hingga musim ke-12.

Pada beberapa kesempatan, ia menyebutkan jika kunci utama dari melatih timnya adalah respek pada semua anggota maupun tim lain sebagai lawan. Perasaan hormat ini membuat tim ingin tampil all-out dan terus bekerja keras.

Ia juga menyebut, jika dirinya tidak terlalu mementingkan komentar orang lain yang malah membuat pergerakan tim jadi lebih terbatas. Jadi ia selalu fokus apa yang menurut timnya adalah opsi terbaik untuk dijalankan.

Runner Up di Kompetisi M5 World Championship

Setelah berhasil mengantarkan juara tertinggi bagi ONIC lebih dari 6 turnamen yang pernah diikutinya, Yeb berhasil membuat banyak orang takjub. 

Sebab ia dan timnya berhasil menjadi runner up di ajang MLBB paling besar sedunia, M5 World Championship dan hanya kalah tipis dari lawannya asal Filipina, Ap.Bern dengan skor 3:4.

Hal ini terjadi salah satunya karena kemahiran dirinya dalam memilih hero dan draft sesuai dengan situasi lawan dan gaya permainan timnya.

Selain itu, ia juga memiliki gaya kepemimpinan yang bagus sehingga bisa lebih dekat secara personal dengan timnya dan menjadi mentor yang selalu ada untuk memotivasi dan memberikan arahan pada mereka.

Best Coach Dua Kali Berturut-Turut

Saking hebat taktik yang digunakan selama pertandingan berlangsung, Yeb berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Coach untuk dua pertandingan berturut-turut yaitu MPL Indonesia Season 11 dan 12. Luar biasa sekali bukan?

Kabar Terkini Coach Yeb

Coach Yeb
Sumber: Instagram @onic.coachyeb

Setelah berhasil menjadi runner up di M5 World Championship, tanpa disangka Yeb diumumkan akan menjalani rehat selama periode waktu tertentu untuk beristirahat.

Melalui Instagram resmi ONIC pada tanggal 13 Januari lalu, Coach Yeb memutuskan untuk rehat sementara dari ONIC di tengah persiapan timnya akan bertanding di PHYGITAL GAMES OF FUTURE 2024, Rusia mendatang.

Apapun itu, kita doakan yang terbaik untuk Yeb ke depannya ya!