Review Monitor Gaming ACER Nitro RG241Y_P: Monitor Gaming Keren dengan Harga Terjangkau

1323
Review Monitor Gaming ACER Nitro RG241YP

Ada beberapa faktor kunci yang perlu diketahui para gamer untuk memastikan pengalaman bermain game agar selalu optimal dan menyenangkan.

Selain memilih game yang sesuai dengan preferensi, diharuskan kinerja sistem komputer/PC game yang digunakan sesuai atau memenuhi syarat untuk menjalankan game pilihannya.

Selain performa sistem terkait pilihan prosesor (CPU), kartu grafis, RAM dan storage, ada satu hal yang tak kalah penting yang perlu diperhatikan gamer, yaitu layar monitor.

Monitor gaming tidak hanya penting bagi pengguna PC tetapi juga bagi pengguna konsol (PlayStation atau Xbox) sebagai gambar output device-nya.

Meskipun agak subjektif dalam hal merek, desain, dan faktor selera lainnya, ada pedoman atau batasan yang jelas yang harus dipertimbangkan saat memilih monitor gaming yang sempurna untuk para gamer.

Sedikit Tips Memilih Monitor Gaming

Monitor Gaming ACER Nitro RG241YP

Pilih monitor gaming dengan refresh rate tinggi

Refresh rate merupakan salah satu fitur monitor yang perlu diperhatikan sebelum membeli monitor gaming. Kecepatan refresh rate adalah seberapa sering layar me-refresh frame per detik. Secara umum, monitor PC biasa hanya memiliki kecepatan refresh standar 60 Hz. Ini berarti monitor memperbarui gambar 60 kali per detik.

Jika Anda ingin membeli monitor gaming, disarankan untuk mencari monitor gaming dengan kecepatan refresh di atas 60Hz. Mengapa ?

Karena sebagian besar game penuh dengan adegan berkecepatan tinggi. Dengan demikian, kamu juga membutuhkan monitor yang dapat memperbarui gambar dengan cepat setiap detiknya.

Sebaiknya beli monitor dengan kecepatan refresh 90Hz, 120Hz, 144Hz, atau 240Hz. Semakin tinggi kecepatan refresh, maka akan semakin baik.

Cari monitor gaming dengan response time yang lambat.

Response time dapat dilihat sebagai waktu tanggap. Response time didefinisikan sebagai waktu yang diperlukan layar untuk merespons dan menampilkan perintah yang diminta pengguna ke komputer.

Semakin pendek waktu respons, maka semakin baik. Selain itu, waktu respons yang lebih cepat menghilangkan bayangan dan jejak bergerak dari objek di layar yang dapat menghalangi kamu saat bermain.

Untuk ukuran monitor gaming, sebaiknya cari monitor dengan waktu respons kurang dari 5 ms. Sekarang ada banyak monitor gaming dengan waktu respons 1ms yang sangat cepat.

Menentukan ukuran monitor yang benar

Ukuran monitor menentukan kinerja pada monitor itu sendiri. Tips terakhir untuk memilih monitor game adalah mencocokkan ukuran monitor dengan game yang kamu mainkan dan juga ukuran ruanganmu.

Diagonal layar 24″ hingga 27″ sebenarnya cukup untuk orang yang suka bermain game dengan pola refleksi cepat seperti FPS. Jika harus, pilih monitor 27 inci atau lebih besar, asalkan ruanganmu cukup luas dan anggaran yang disiapkan masuk akal.


Nah artikel review kali ini kita akan membahas salah satu merek komputer yang sudah sangat kita kenali sejak tahun 1976 di Indonesia, yaitu ACER. Topik dari produk ACER yang akan kita bahas kali ini adalah review monitor gaming Nitro RG241Y_P.

Monitor Gaming ACER Nitro RG241YP

Spesifikasi Monitor Gaming ACER Nitro RG241Y_P

Sebelum kita membahas keunggulan dari monitor ini, kamu bisa simak dahulu spesifikasi-nya berikut ini sebagai bahan pertimbangan dalam membeli:

Model RG241Y_P
Screen Size 23.8”
Screen Resolution Full HD 1920 x 1080
Refresh Rate overclock hingga 165Hz
Response Time 1ms (VRB)
Contrast Ratio 100.000.000:1
Brightness 250 nits
Speaker N/A
Panel Technology IPS (In-Plane Switching)
Frame Zero Frame
Special Feature AMD FreeSyncTM Premium
Connectivity
  • 2x HDMI v2.0
  • DisplayPort v1.2
  • Audio Out

Review Monitor Gaming ACER Nitro RG241Y_P

Monitor Gaming ACER Nitro RG241YP

Acer Nitro RG241Y_P ini adalah monitor gaming yang bisa kamu jadikan referensi untuk monitor dengan akurasi warna yang baik dan mulus. Monitor ini menggunakan panel IPS dengan dukungan refresh rate hingga 165Hz, response time 1ms VRB dan resolusi Full HD (1920 x 1080).

Monitor ini memiliki ukuran dimensi layar sebesar 23,8 inci yang membuat bezel tampak begitu tipis. Monitor gaming ini juga sudah didukung dengan teknologi AMD FreeSync Premium yang membuat pengalaman gameplay kamu menjadi lebih smooth untuk dinikmati.

Aspek Visual

Ketika pertama kali dilihat, visual dari monitor gaming ini cukup keren, stylish dan eye-catching. Lengkap dengan warna hitam solid dan bezel-nya yang tipis membuat ukuran layar ini terlihat luas.

Di bagian belakang monitor ini terdapat tulisan merek ACER dengan sentuhan glossy. Lalu di bagian bawah kanan ada juga beberapa port yang saling melengkapi seperti tombol power, 2 port HDMI v2.0, 1 DisplayPort v1.2, dan 1 Audio Out.

Monitor ini juga hadir dengan 2 buah kaki stand monitor yang bisa kamu letakkan di meja kerja.

Monitor Gaming ACER Nitro RG241YP

Aspek Fitur

Fitur AMD FreeSync Premium

Fitur AMD FreeSync Premium ini sudah disematkan ke dalam monitornya. Tak ada lagi gambar patah-patah dan terpotong untuk dapat menikmati game favoritmu dengan lancar.

Teknologi ini memastikan para gamer untuk mendapatkan detail tanpa mengorbankan kelancaran game dengan frame rate cepat. Para gamer pun bisa merasakan pengalaman gaming super mulus dan responsif meski dalam resolusi tinggi dan kinerja yang berat.

Fitur AMD FreeSync Premium ini juga mampu menyinkronkan refresh rate dengan frame rate GPU untuk mengurangi latensi dan tampilan gambar yang pecah selama bermain game dan streaming video.

Memiliki Refresh Rate 165 Hz

Kecepatan dan kehalusan merupakan prinsip utama dari monitor ACER ini. Bagaimana tidak, layar monitor ini sudah memiliki refresh rate 165 Hz dengan Layar Jernih.

Resolusi layar Acer Nitro RG241Y_P ini jernih karena sudah memiliki kualitas Full HD 1920 x 1080, didukung dengan kecepatan refresh hingga 165Hz untuk tampilan gambar yang lebih smooth.

Sementara itu, monitor ini mampu memberikan Viewing angles lebih luas hingga 178 derajat horizontal dan 178 derajat vertical.

Penempatan Monitor lebih fleksibel dengan dukungan VESA

Desain quick-release pada monitor ini memungkinkan kamu dapat memisahkan monitor dari dudukannya, sehingga dapat dipasang di dinding (VESA).

Monitor ini dapat memberikan fleksibilitas pada pengguna untuk menempatkan monitor di tempat yang diinginkan seperti di meja kerja, ataupun dinding kamar sesuai kebutuhan kamu.

Bezel Tipis dan Respon time 1ms

Monitor ACER Nitro RG241Y_P ini juga memiliki tampilan yang trendy. Berkat bezel yang cukup tipis yang memuat layar seluas 23,8 inci dapat memberikan kualitas visual yang lebih maksimal untuk mata kamu.

Kemudian ACER Nitro RG241Y_P ini juga memiliki tingkat ketajaman gambar yang detail karena rasio kontras 100.000.000:1. Monitor ini disokong juga dengan tingkat kecerahan hingga 250 nits.

Lanjut ke response time monitornya, monitor ini juga punya kecepatan cepat sebesar 1ms, bisa membuat pengguna semakin betah untuk bermain game semakin di depan layar monitor ini.

Garansi >> 3 tahun garansi sparaparts, service & Panel + 1 tahun Accidental Damage Protection

Harga dan Garansi Monitor Gaming ACER Nitro RG241Y_P

Kalau kamu sedang mencari monitor gaming dengan harga terjangkau namun berkualitas tinggi, maka monitor gaming ACER Nitro RG241Y_P ini bisa kamu jadikan pilihan yang tepat.

Alasannya tidak lain karena monitor gaming satu ini cuma dibanderol seharga Rp 2.5jutaan saja dan sudah mencakup garansi resmi selama 3 tahun untuk spareparts, service, dan panel, serta garansi 1 tahun untuk accidental damage protection.

Sungguh sebuah pilihan yang worth it, bukan?