Super Smooth dan Jernih! Ini Dia Review Monitor Gaming ASUS VG279Q

475
ASUS VG279Q
sumber: asus.com

Pada artikel kali ini kami akan membahas review monitor gaming ASUS VG279Q yang memiliki layar Full HD 144Hz super smooth dan jernih!


Apakah kamu sedang mencari monitor gaming untuk PC gaming kesayanganmu? Nah, pada artikel Esportsnesia kali ini, kita akan memberikan kamu salah satu rekomendasi monitor gaming yang sangat bagus lho. Monitor gaming ini datang dari ASUS.

Perkenalkan ini ASUS VG279Q. Monitor gaming dengan kualitas gambar Full HD 1920X1080 plus kemulusan grafis 144Hz. Kira-kira keunggulan apalagi ya yang disertakan dalam produk ini? Simak artikel ini smapai habis ya!

Spesifikasi Monitor ASUS VG279Q

Sebelum kita lanjut ke pembahasan review dan fitur-fitur dari si ASUS VG279Q. ini, kamu bisa simak dulu spesifikasi lengkapnya di bawah ini sebagai bahan pertimbanganmu dalam memilih ya.

Screen Size 27-inch
Resolution 1920×1080 (Full HD)
Panel Type IPS
Aspect Ratio 16:9 (Widescreen)
Refresh Rate 144Hz
Response Time (GtG) 3ms (GtG)
Response Time (Motion Blur Reduction) 1ms (MPRT)
Adaptive Sync FreeSync (40Hz-144Hz)
Speakers 2x2W
Ports DisplayPort 1.2, HDMI 1.4, Dual-Link DVI-D
Other Ports Headphone Jack
Brightness 400 cd/m2
Contrast Ratio 1000:1 (static)
Colors 16.7 million (6-bit + FRC)
VESA Yes (100x100mm)

Review Monitor Gaming ASUS VG279Q

ASUS VG279Q
Sumber: asus.com

Highlight Fitur Monitor Gaming ASUS VG279Q

  • Monitor gaming IPS Full HD 27 inci dengan kecepatan refresh ultra cepat 144Hz dan teknologi Adaptive-Sync(FreeSync™) untuk menghasilkan pergerakan grafis yang sangat mulus.
  • Shadow Boost menyempurnakan detail dan mencerahkan gambar di area gelap tanpa mengekspos area terang secara berlebihan.
  • Waktu respons 1 ms (MPRT) untuk gameplay yang mulus, dan Teknologi ASUS Extreme Low Motion Blur (ELMB) untuk mengurangi ghosting dan motion blur.
  • Teknologi Input GameFast meminimalkan kelambatan input dan memberikan pengiriman gerakan yang jauh lebih cepat dari perangkat akhir ke monitor.
  • Hotkey GamePlus eksklusif dari ASUS untuk peningkatan dalam game sementara fitur GameVisual untuk visual yang dioptimalkan

Kualitas Gambar Gaming Monitor ASUS VG279Q

Monitor gaming ASUS VG279Q ini didasarkan pada panel IPS by AU Optronics dengan kecerahan layar maksimal sebesar 400 nit dan kecepatan waktu respons 3ms (GtG) (Gray to Gray pixel transition).

Ini adalah peningkatan yang kecil namun cukup penting bila dibandingkan dengan layar IPS generasi sebelumnya kaliber ini yang memiliki kecerahan puncak 300-350 nits dan waktu respons GtG sebesar 4-5ms.

Spesifikasi terkait panel lainnya adalah standar termasuk rasio kontras statis 1.000:1 dan kedalaman warna 8-bit (6-bit + 2-bit FRC) yang mencakup gamut warna sRGB standar.

Satu-satunya kekurangan dari ASUS VG279Q ini adalah kerapatan pikselnya yang rendah karena resolusi 1080p yang agak rendah untuk layar 27″-nya.

Ini berarti bahwa gambar agak berpiksel pada tampilan ini sedangkan versi monitor 24″ atau 25″ akan memiliki detail yang lebih tajam dan lebih jelas.

Di dalam visual ketika bermain game kekurangan ini tidak terlalu terlihat, terutama jika kamu menerapkan beberapa efek anti-aliasing.

Tetapi jika kamu juga berniat menggunakan ASUS VG279Q untuk bekerja, kamu harus mengatasi ruang layar yang terbatas dan detail yang kotor.

Performa ASUS VG279Q

Kecepatan waktu respons 3ms (GtG) lebih dari cukup untuk pengalaman bermain game yang bergerak cepat tanpa ghosting dan motion blur yang mencolok.

Pada dasarnya, kamu akan mendapatkan performa waktu respons yang setara dengan model TN selain memiliki warna cerah dan sudut pandang lebar 178 derajat secara horizontal dan vertikal.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kejernihan CRT-Like motion dengan menggunakan teknologi lampu latar ASUS Extreme Low Motion Blur (ELMB) yang eksklusif.

Untuk mengaktifkannya, kamu harus mengatur kecepatan refresh ke 85Hz, 100Hz, atau 120Hz.

Performa input lag ASUS VG279Q juga sangat bagus, yakni sekitar 4ms yang membuat monitor ini cocok untuk gaming kompetitif profesional.

Terakhir, monitor tidak memiliki masalah terkait artefak visual, dead pixel, atau backlight bleeding yang berlebihan. Cahaya IPS kecil hadir yang diharapkan dari panel IPS dan sepenuhnya dapat ditoleransi / dikelola.

Ragam Fitur ASUS VG279Q

Monitor ASUS VG279Q ini juga dilengkapi dengan dukungan AMD FreeSync/Adaptive-Sync yang memungkinkan monitor untuk mengubah kecepatan refresh-nya secara dinamis sehingga menghilangkan semua screen tearing dan stuttering tanpa biaya input lag.

Teknologi ini memerlukan kartu grafis yang kompatibel dengan AMD FreeSync dan bekerja dalam rentang kecepatan refresh variabel (VRR) 40-144Hz/FPS (Frames Per Second).

Fitur Adaptive-sync ini juga berfungsi di chipset GPU NVIDIA GTX 10-series dan RTX 20-series (dan yang lebih baru) tanpa masalah apa pun pada monitor ini.

Selain itu, didukung juga adanya fitur LFC (Low Framerate Compensation) yang akan memastikan kinerja mulus bahkan di angka 40 frame per detik.

Perlu diingat bahwa Adaptive-Sync dan 1ms MPRT tidak dapat bekerja secara bersamaan.

Fitur gaming lainnya yang terdapat pada display gaming ASUS seperti GamePlus (crosshairs, timer dan counter FPS), GameVisual (FPS, RTS, Racing, RPG, MOBA, sRGB, Cinema, Scenery Picture Presets) dan Shadow Boost untuk visibilitas objek yang lebih baik di area gelap game.

Aspek Desain dan Konektivitas ASUS VG279Q

Selanjutnya, monitor ASUS VG279Q ini menawarkan desain yang sepenuhnya ergonomis dengan penyesuaian ketinggian hingga 130mm, pivot 90° searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam, putar +/- 90° ke kiri dan kanan, kemiringan -5°/33°, dan VESA 100 x 100mm mount pattern.

Selain itu monitor ini juga memiliki lapisan layar matte 3H anti-glare untuk pantulan minimal serta bezel hitam matte ultra tipis 10mm.

Konektivitas termasuk Dual-Link DVI-D (untuk 144Hz dan ELMB), DisplayPort 1.2a (untuk 144Hz, ELMB dan Adaptive-Sync), HDMI 1.4a (FreeSync melalui HDMI hingga 120Hz), jack headphone dan dua speaker terintegrasi sebesar daya 2W.

Harga dan Ketersediaan ASUS VG279Q

Kalau kamu tertarik untuk memiliki monitor gaming dari ASUS VG279Q ini kamu bisa mendapatkannya di kisaran harga 4-5 jutaan rupiah di toko IT offline atau ecommerce langgananmu.