Review Razer Opus X (Mercury Edition): High Quality Wireless Headset dengan Harga Terjangkau

70
review razer opus x

Pada artikel review kali ini tim Esportsnesia kedatangan sebuah produk headset keren nih! Yes! Seperti yang terlihat di gambar, produk satu ini adalah headset gaming Razer Opus X (Mercury Edition) yang hadir dengan design minimalis dan fitur-fitur yang keren.

Halo para pembaca setia Esportsnesia! Tidak terasa kita sudah memasuki tahun 2023. Beragam artikel seputar gim dan gadget sudah banyak yang kita kupas. Semoga informasi yang kami berikan senantiasa bermanfaat untuk kalian semua ya.

Nah untuk menyambut tahun 2023 ini, penulis punya salah satu rekomendasi headset yang cakep banget digunakan untuk gaming maupun aktivitas kalian sehari-hari.

Biasanya headset gaming hanya digunakan di depan PC karena kebanyakan cukup berat atau karena dibawa kemana-mana cukup memakan tempat di dalam tas, sehingga kebanyakan gamer akan memilih earbud atau headphone untuk dibawa berpergian.

Namun, lain cerita dengan Razer Opus X ini! Bentuknya sangat compact sehingga bisa kalian gunakan juga saat traveling lho. Perkenalkan ini adalah headset Razer Opus X (Mercury Edition).

Nah yang kita review kali ini berwarna putih (mercury). Sebagai informasi tambahan, untuk seri Opus X ini tersedia 3 warna yaitu Quartz berwarna pink dan Mercury berwarna putih. Namun jika kamu menyukai warna hitam, kamu bisa membeli seri Opus (tanpa X) karena tipe Opus ini hanya tersedia dalam warna hitam.

Spesifikasi Headset Razer Opus X (Mercury Edition)

Review Razer Opus X (Mercury Edition): High Quality Wireless Headset dengan Harga Terjangkau

Nah sebelum mengenal berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh si headset Razer Opus X (Mercury Edition) ini, maka penting untuk mengetahui terlebih dahulu spesifikasi lengkap dari produk ini.

Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan penilaian awal sebelum memutuskan lebih lanjut untuk mengetahui fitur apa saja yang ditawarkan.

Sebagai gambaran, berikut adalah spesifikasi dari headset Razer Opus X (Mercury Edition) yang membuatnya tampak unik dibandingkan dengan perangkat sejenis di kelasnya, yaitu:

FREQUENCY RESPONSE 20 Hz – 20 kHz
IMPEDANCE None
SENSITIVITY None
DRIVER SIZE – DIAMETERS (MM) 40 mm
DRIVER TYPE 2 x 40 mm dynamic drivers
EARCUPS Circumaural
INNER EARCUP DIAMETER
  • Width: 69.5 mm / 2.73″
  • Length: 91 mm / 3.58″
EARPADS MATERIAL Protein Leather / Nylon
NOISE CANCELLING Active Noise Cancellation
CONNECTION TYPE Wireless via Bluetooth 5.0
CABLE LENGTH 0.5 m length USB-A to USB-C charging cable
APPROXIMATE WEIGHT 270 g / 0.59 lbs
MICROPHONE STYLE 2 for active noise cancellation technology, 2 for voice chat
PICK-UP PATTERN None
MICROPHONE FREQUENCY RESPONSE None
MICROPHONE SENSITIVITY (@1KHZ) None
VIRTUAL SURROUND ENCODING None
VOLUME CONTROL Yes (VOL + and VOL – Wheel)
OTHER CONTROLS None
BATTERY LIFE Up to 30 hours with ANC on / up to 40 hours with ANC off
LIGHTING LED for indicating power, pairing and charging status
COMPATIBILITY BT Connection: Mobile / System

Secara umum, headset Razer Opus X (Mercury Edition) ditujukan untuk penggunaan sehari-hari maupun untuk gaming karena sudah dilengkapi dengan bobotnya yang ringan dan fitur Noise Cancelling yang mumpuni.

Review Razer Opus X

Review Razer Opus X (Mercury Edition): High Quality Wireless Headset dengan Harga Terjangkau

Fitur Keren dari Headset Razer Opus X (Mercury Edition)

Saat ini, headset Razer Opus X (Mercury Edition) telah hadir dengan berbagai kelebihan yang dapat diandalkan oleh para penggunannya.

Oleh sebab itulah, berikut ini adalah beberapa kelebihan Razer Opus X (Mercury Edition) untuk dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya, yaitu:

Active noise cancellation (ANC)

yang membuat kamu tidak terganggu dengan noise dari luar headset jadi kalian bakal bisa lebih fokus saat bermain game, mendengarkan lagu maupun menonton film.

Teknologi Bluetooth 5.0 terbaru

Fitur ini menampilkan bandwidth yang lebih tinggi, jangkauan yang lebih jauh dan konsumsi daya yang lebih rendah, Bluetooth 5.0 menawarkan koneksi nirkabel handal yang hemat energi untuk masa pakai baterai yang lama.

60ms low latency connection

Fitur ini membuat suara yang kamu dengar menjadi tidak delay sama sekali!

Codec support AAC & SBC

Dengan fitur ini kamu bisa mendengarkan audio digital berkualitas tinggi pada bit rate yang cukup rendah.

40mm Driver

Driver besar pastinya menghadirkan suara yang lebih detail dan jernih.

Pemakaian baterai hingga 30 jam


Mengenali Tombol-tombol Razer Opus X

Review Razer Opus X (Mercury Edition): High Quality Wireless Headset dengan Harga Terjangkau

Di sisi kiri dari headset ini terdapat beberapa tombol penunjang yang bisa kamu manfaatkan seperti:

  • Mic
  • Port USB-C
  • Tombol power
  • Tombol volume up & volume down (di sini volume up & down hanya berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil suara saja, misalkan kalau kamu hold tombol ini tidak bisa untuk next atau previous lagu.)
  • Pada bagian tengah terdapat tombol play. Fungsi tombol play ini ada banyak. Bisa play/pause lagu, menerima telepon, menjalankan voice command seperti Siri, dan bisa untuk mengakses navigasi next/previous lagu. Untuk mengakses “next” kamu bisa menekannya dua kali, dan untuk mengakses fungsi “previous“, kamu bisa menekannya tiga kali.

Review Visual dan Performa Razer Opus X

Review Razer Opus X (Mercury Edition): High Quality Wireless Headset dengan Harga Terjangkau

Soal kualitas suara Razer Opus X menurut penulis sudah oke, suara yang dihasilkan jernih dan detail. Equalizer kemudian dapat disesuaikan di aplikasi Razer Audio sesuai keinginan kita. Di aplikasi Razer Audio, kita juga bisa mengatur fitur ANC dan Ambience yang diinginkan.

Fungsi ANC cukup efektif karena ketika penulis gunakan untuk mendengarkan musik, suara di luar headset tidak terdengar. Jadi misalkan penulis gunakan headset ini ketika ada yang menelepon penulis tidak akan tahu karena penulis benar-benar tidak dapat mendengarnya.

Tapi ANC bekerja paling baik saat kalian sedang menyalakan audionya. Jika audio tidak terpasang, kita masih bisa mendengar sedikit suara yang berasal dari luar headset.

Untuk bermain game, kita dapat mengaktifkan fungsi mode gamelow latency melalui aplikasi Razer Audio. Jadi saat bermain game, lag tidak akan terlalu terasa seperti ini.

Saat ini penulis sudah mencoba headset ini dan cukup nyaman, apalagi penulis pakai cukup lama sekitar 1 sampai 3 jam dan sampai sekarang masih cukup nyaman, tidak membuat sakit dan berat di kepala dan telinga.

Biasanya jika penulis menggunakan headphone, apalagi saat berpergian dan sudah digunakan selama satu jam pasti akan membuat telinga sakit. Terlebih, headphone yang biasa dibawa untuk bepergian juga jarang bisa nyaman digunakan untuk bermain game.

Dari pengalaman pribadi penulis menggunakannya, headset ini cukup nyaman digunakan meski dalam durasi yang panjang.

Di sisi lain, secara manajemen ruang, akan leibh sempurna jika headset ini bisa dilipat agar lebih efisien saat dibawa bepergian. Namun bila harus memilih, tentunya penulis tidak keberatan untuk mengalokasikan ruang tambahan bagi headset ini demi kenyamanan dan kualitas yang ditawarkan.

Isi Box Razer Opus X

  • Buku manual
  • Sticker logo Razer
  • Headset
  • Kabel USB-A to USB-C untuk charging

Review Razer Opus X (Mercury Edition): High Quality Wireless Headset dengan Harga Terjangkau

Harga dan ketersediaan Razer Opus X di Indonesia

Headset Razer Opus X ini sudah meluncur secara global mulai 11 Juni 2021. Para Gamer yang berminat bisa langsung mengunjungi website Razer.com, Razer Official Store di e-commerce, serta toko retail partner Razer.

Razer Opus X akan masuk ke Indonesia dengan harga Rp1.699.000. Khusus untuk Opus X Green edition, Razer mengumumkan bahwa penjualannya akan eksklusif dalam waktu terbatas di Razer.com dan RazerStores.