Satu Esports: Juara KODA X KUPU ESPORTS ARENA Episode 2

397
Juara KODA X KUPU ESPORTS ARENA Episode 2

KODA X KUPU ESPORTS ARENA, sebuah inisiatif kompetitif untuk melestarikan perkembangan esports di kota Medan yang diprakarsai oleh brand coffee shop KODA – KOPI SODA dan KUPU, sebuah platform penjembatan pencari dan penyedia kerja, telah selesai digelar secara daring pada 27-28 November 2021.

Digelar secara daring dan disiarkan pada saluran YouTube Esportsnesia TV, KODA X KUPU ESPORTS ARENA Episode 2 yang mempertandingkan gim esports Mobile Legends ini telah melahirkan sebuah tim juara dari kota Medan, yaitu Satu Esports, disusul oleh Play4Money di posisi kedua, dan Nightfox Brave di posisi ketiga.

Gelaran turnamen esports yang mempertandingkan sebanyak 44 tim dari berbagai provinsi ini menyediakan total hadiah sebesar 3 juta rupiah. Selain itu, turnamen daring ini juga bisa diikuti dengan gratis (tanpa biaya pendaftaran).

Adapun distribusi hadiah pemenang KODA X KUPU ESPORTS ARENA adalah sebagai berikut:

  • Juara 1: Rp. 1.500.000 + sertifikat
  • Juara 2: Rp. 1.000.000 + sertifikat
  • Juara 3: Rp. 500.000 + sertifikat

Format turnamen dilaksanakan dengan menganut sistem BO1 (Best of 1) sepanjang babak kualifikasi. Memasuki babak final, pertandingan dilakukan dengan sistem BO3 (Best of 3).

Rekap Pertandingan Final KODA X KUPU ESPORTS ARENA Episode 2

Babak final dibuka dengan pertandingan tim Play4Money melawan SS Corydon Regum Esport, di mana tim Regum sempat memenangkan ronde awal. Namun tim Play4Money berhasil membalikkan keadaan secara beruntun dan mengakhiri babak semifinal A dengan skor 2-1.

Sementara itu di bracket semifinal B, Nightfox Brave harus berhadapan langsung dengan tim Satu Esports.

Sebelumnya Satu Esports merupakan tim yang berhasil menjuarai pertandingan skala lokal di kota Medan yang digelar saat memperingati Hari Pahlawan yang dipersembahkan oleh kolaborasi Pemko Medan dengan ESI Medan.

Berlangsung dengan sengit, pada ronde pertama, Nightfox Brave sempat unggul pada early-mid game, namun Satu Esports ternyata mampu meraih comeback dan ronde pertama pun berakhir dengan kemenangan Satu Esports.

Pada babak kedua, Nightfox sukses memberikan perlawanan yang berarti hingga mereka harus memasuki ronde ketiga. Akan tetapi, Kegemilangan Nightfox harus terhenti pada ronde ini, dan Satu Esports berhasil melaju ke babak grand final dengan skor 2-1.

Sebelum memasuki pertandingan grand final, baik Nightfox maupun Regum masih berkesempatan untuk bisa membawa pulang hadiah yang telah disediakan untuk posisi juara ketiga. Membalas kekalahan di semifinal, Nightfox berhasil mengantar pulang tim SS Corydon Regum Esport dengan skor 2-0, dan resmi keluar sebagai juara ke-3.

Pada babak puncak ini, kemenangan game pertama diraih oleh Satu Esports, namun Play4Money tidak tinggal diam dan mampu mengejar ketertinggalannya pada game kedua hingga akhirnya mau tidak mau babak grand final ini harus melaju kepada game 3 sebagai tie breaker atau penentuan.

Memasuki tempo bermain serius, Satu Esports sedari awal permainan telah berhasil mengungguli Play4Money, dan tidak memberikan sedikit ruang kepada mereka untuk bisa mengejar comeback. Alhasil, Satu Esports berhasil mendominasi dan keluar sebagai champion dari KODA X KUPU ESPORTS ARENA Episode 2 ini.

Seluruh pertandingan Final dari KODA X KUPU ESPORTS ARENA Episode 2 bisa disaksikan secara daring di kanal Esportsnesia TV.

Berkenalan dengan Komunitas KODA GAMERS CLUB

KODA X KUPU ESPORTS ARENA ini bukanlah inisiatif pertama yang diinisiasikan oleh KODA untuk mendukung ekosistem esports daerah. Sebelumnya, KODA juga telah menggelar KODA ESPORTS ARENA Episode 1 pada tanggal 16-17 Oktober lalu.

Tidak hanya itu, brand coffee shop KODA – KOPI SODA juga memiliki komunitas gamer-nya sendiri yang bertajuk KODA GAMERS CLUB. Komunitas tersebut dibentuk dengan tujuan konstruktif yaitu untuk mengasah kemampuan bermain para anggotanya, serta memperkaya wawasan dan kapasitas yang diperlukan seorang individu untuk memasuki dunia professional gaming atau yang lebih populer disebut dengan esports.

Menutup gelaran KODA X KUPU ESPORTS ARENA, Satya Kevino, selaku Founder dari KODA, turut membagikan hal yang menjadi harapan dan motivasi bagi para peserta kegiatan.

“Saya yakin dan percaya bahwa keberadaan dari KODA GAMERS CLUB ini beserta segala aktivitasnya akan memberikan manfaat positif kepada para anggota dan peserta kegiatannya, khususnya untuk mereka yang ingin menjajaki dunia pro gaming. Esports telah berkembang dengan pesat, dan kami ingin agar kota-kota di luar Pulau Jawa juga dapat turut berpartisipasi dan melahirkan bintang-bintang esports daerah,” ujar Satya Kevino, selaku Founder dari KODA – KOPI SODA.

Rangkaian acara KODA X KUPU ESPORTS ARENA ini disponsori oleh KODA – KOPI SODA, dan KUPU, serta didukung oleh ESI SUMUT, MIKROSKIL ESPORTS, USU ESPORTS, MEDAN FAKKA, dan Esportsnesia.