Peringati Hari Pahlawan, Pemko Medan X ESI Medan Gelar MLBB Heroes Cup “Menuju Piala Walikota 2022”

0
50
Peringati Hari Pahlawan, Pemko Medan X ESI Medan Gelar MLBB Heroes Cup “Menuju Piala Walikota 2022”

Semenjak gelaran ekshibisi esports di PON XX Papua 2021, momentum pertumbuhan esports di tanah air kian meluas dan menyebar hingga ke luar pulau Jawa. Tidak terkecuali kota Medan, dalam semangat menyambut hari Pahlawan,  Pemko Kota Medan bersama dengan ESI Medan menggelar sebuah turnamen esports Mobile Legends bertajuk MLBB Heroes Cup “Menuju Piala Walikota 2022”.

Bertempat di Glass House Mutia Garden, Jalan Cut Mutia, Kecamatan Medan Polonia, MLBB Heroes Cup yang digelar pada tanggal 12-13 November 2021 diharapkan dapat melahirkan pahlawan-pahlawan esports yang kelak dapat mengharumkan nama kota Medan.

Upacara pembukaan MLBB Heroes Cup dimulai dengan pemutaran lagu “Indonesia Raya” dan berlangsung dengan hikmah sembari menegakkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Bapak Johny, mewakili ESI Kota Medan menyampaikan, “Antusias peserta sangat banyak, tapi dimohon untuk tetap menjaga sportivitas.”

Turut hadir di pembukaan MLBB Heroes Cup adalah Bapak Suri Agus, selaku Manager Home Service Witel Medan, dan Bapak Roesdiade Ibrahim, selaku Manager Home Service Telkom Medan yang secara langsung memberi dukungan untuk terbentuknya ekosistem esports yang berkelanjutan di kota Medan.

Ajang kompetitif yang mempersiapkan total hadiah sebesar 76 juta rupiah ini berhasil mengumpulkan sebanyak 64 tim yang tidak hanya berasal dari kota Medan saja, tetapi juga dari berbagai daerah, seperti Aceh dan Tebing Tinggi.

Tidak hanya mampu mengundang partisipasi dari daerah, MLBB Heroes Cup juga turut diikuti oleh #SumutEsportsPride tim EquiteForti yang berhasil lolos mewakili Sumatera Utara di Piala Presiden Esports 2021.

Format pertandingan yang digunakan di babak kualifikasi adalah BO1 (best of 1), dan saat memasuki perebutan posisi 8 besar akan menggunakan format BO3 (best of 3).

Total hadiah sebesar 76 juta rupiah ini nantinya akan didistribusi kepada para pemenang dengan pembagian sebagai berikut:

  • Juara 1: Rp. 25.000.000,-
  • Juara 2: Rp. 20.000.000,-
  • Juara 3: Rp. 17.500.000,-
  • Juara 4: Rp. 11.000.000,-
  • MVP: Rp. 2.500.000,-

Sang Jawara MLBB Heroes Cup “Menuju Piala Walikota 2022”

Ajang kompetitif yang telah berlangsung sportif ini pun berhasil melahirkan para juara baru yang kelak akan mewakili kota Medan di arena esports yang lebih besar.

Pertandingan Grand Final mempertontonkan kehebatan Satu Esports melawan Vulcan Esports. Berakhir dengan skor 2-0, Satu Esports berhasil menggagahi Vulcan dan berhak untuk membawa pulang hadiah sebesar 25 juta rupiah, beserta trofi juara MLBB Heroes Cup.

Tidak hanya itu, Aditya “Spencer” dari Satu Esports juga berhasil meraih gelar MVP dan berhak mendapatkan hadiah MVP sebesar 2,5 juta rupiah.

Vulcan Esports yang berakhir mengukir sejarah baru sebagai juara 2 berhasil memperoleh hadiah sebesar 20 juta rupiah, beserta trofi.

Perebutan juara ke-3 (bronze match) yang mempertemukan tim ESI Tebing Tinggi dengan tim Rano Mercy berlangsung dengan sangat sengit, dan tim ESI Tebing pun berhasil mengalahkan Mercy.

ESI Tebing Tinggi selaku juara ke-3 berhak mendapatkan hadiah 17,5 juta rupiah beserta trofi; dan Rano Mercy berhak membawa pulang hadiah juara keempat sebesar 11 juta rupiah.

Penutupan MLBB Heroes Cup “Menuju Piala Walikota 2022”

Berlangsung dengan meriah dan penuh haru, berbagai macam apresiasi turut diberikan kepada Pemerintah Kota Medan atas dukungannya untuk melestarikan ekosistem esports, terutama di kota Medan.

Ketua ESI Kota Medan, Paulus Ronald Sinambela, turut mengucapkan terima kasih kepada Bobby Nasution, Walikota Medan, yang telah memberi kesempatan kepada para atlet esports kota Medan untuk bisa mengaktualisasikan dirinya dan menggapai prestasi dalam semangat memperingati Hari Pahlawan.

“Terima kasih Walikota Medan, Bapak Bobby Nasution, yang telah memberikan kesempatan kepada para gamers untuk berkompetisi di turnamen MLBB Heroes Cup,” ucap Paulus Sinambela, Sabtu (13/11/2021).