Bedanya PUBG: New State dengan PUBG Mobile

0
35
Bedanya PUBG New State dengan PUBG Mobile

Dirilisnya gim petanding PUBG Mobile, yaitu PUBG: New State, pada pertengahan bulan November ini menunjukkan sebuah kompetisi antar developer KRAFTON dengan Tencent dalam memperebutkan hati pecinta genre battle royale.

Keduanya memiliki sensasi bermain game battle royale yang cukup persis, hanya saja yang satu menggunakan grafis yang lebih realistis, dengan peningkatan gameplay yang lebih baik, dan juga menghadirkan senjata yang lebih modern seperti drone.

Namun, apakah itu cukup untuk membuat PUBG New State menjadi gim yang lebih baik daripada PUBG Mobile? Atau PUBG New State ini hanya seperti “update” konten alternatif?

PUBG: New State Mirip dengan PUBG Mobile

Di luar dari hadirnya beberapa senjata baru dan beberapa fitur bagus lainnya, PUBG: New State masih tetap persis seperti PUBG Mobile.  Perbedaan itu bisa ditemukan jika player memang sengaja mencari senjata eksklusif yang ada di New State saat looting.

Namun, mari coba kita telusuri lebih dalam satu per satu perbedaannya.

Peta (Map)

Peta dari gim battle royale adalah tulang punggung yang membantu mencapai kesuksesan di genre ini. Di map inilah semua keseruan aksi pertempuran terjadi. Sebelumnya, PUBG Mobile telah berhasil menyajikan map-map legendaris yang penuh kenangan bagi para pecinta genre ini. Sebut saja Sanhok sebagai sarana berlatih melawan bot, ataupun Vikendi yang memiliki Dino Park sebagai daya tarik terbesarnya.

Sementara itu, PUBG: New State hanya memiliki 2 peta yang tersedia untuk dimainkan saat ini, yaitu: Troi dan Erangel 2051. Keterbatasan ini tampak mengecewakan jika kamu adalah mantan pemain PUBG Mobile.

Troi sendiri adalah peta berukuran 8x8km, berukuran besar dan penuh dengan bangunan untuk bersembunyi. Dibalut dengan tema pasca-kehancuran dunia, impresi yang muncul terkesan seperti para player dari luar angkasa datang ke Bumi hanya untuk mencari puing-puing reruntuhan sambil menembaki sesama penjelajah yang menjadi musuh.

Di sisi lain, sebenarnya Troi memiliki potensi untuk menjadi momentum awal pengembangan peta di gim PUBG. Dibalut dengan tema futuristik, para player bisa mengakses gawai-gawai berteknologi tinggi, kendaraan listrik yang super kencang, dan drone.

Jika mau dibandingkan secara jumlah, PUBG Mobile saat ini sudah memiliki 5 peta, yaitu Erangel, Sanhok, Vikendi, Karakin, dan Miramar. Ada juga untuk mode khusus Team Deathmatch (TDM), dan melawan zombie. Variasi ini sangatlah menarik untuk dimainkan.

Gameplay

Masih mendukung gagasan yang sebelumnya, dimana PUBG New State masih terlihat seperti PUBG Mobile; cara memainkan gim ini masih cukup persis!

Mulai dari proses terjun, looting mencari senjata dan aksesorisnya, mengendarai kendaraan, hingga menembaki musuh, semua ini masih sangat mirip dengan apa yang bisa player jumpai di gim PUBG Mobile.

Namun demikian, harus diakui bahwa terdapat beberapa peningkatan halus yang bisa terlihat saat memainkan New State di smartphone papan atas. Hal ini bisa dirasakan jika memperhatikan layar HP yang memiliki refresh rate tinggi.

Saat berkeliaran di bangunan kosong, otomatisasi pengambilan senjata dan item lainnya terlihat lebih cepat. Bahkan, hampir instan. Dan tepat setelah mendapat senjata pertama, player akan segera dilengkapi dengan senjata tersebut itu.

Ada juga mekanik baru di PUBG: New State, di mana sekarang para player dapat mengatur mode api senjata.

Hadirnya drone di PUBG: New State ini sesungguhnya adalah daya tarik terbesar dari gim ini, meskipun juga terdapat kendaraan baru dan perisai balistik yang menghadirkan pengalaman baru untuk mengalahkan pemain lain.

Dari segi kontrol New State tidak jauh berbeda dengan PUBG Mobile, hanya saja respons yang diberikan gim ini sedikit lebih baik.

Grafis

Untuk aspek ini, tentunya kualitas grafik di PUBG: New State lebih bagus dari PUBG Mobile. Krafton mengatakan bahwa mereka telah menggunakan teknologi iluminasi global yang akan memberikan peningkatan visual yang sangat dibutuhkan pemain untuk bisa mencicipi game mobile next-gen.

Hal ini benar adanya, dan bisa kamu temukan jika mengakses pengaturan grafik. Di sana, kamu bisa melihat opsi yang telah diletakkan dengan nyaman. Tersedia pilihan frame rate mulai dari yang “low” hingga “extreme“. Di gim ini kamu bisa menentukan bagaimana kualitas tampilan gim di HP kamu.

Perbedaan khusus

Selain itu, masih ada beberapa perbedaan yang mungkin tidak akan Anda perhatikan kecuali saat sedang mengendarai mobil. Jika player mengendarai kendaraan listrik, maka kamu juga bisa melihat kedetilan level baterainya. Saat low battery, kamu bisa menggunakan battery pack dari looting.

Terlebih, jika player melompat dari mobil yang sedang berjalan, maka player akan mati. Perubahan ini mungkin bisa menjadi salah satu perubahan terbesar pada cara pemain bergerak di peta.

Berbeda dengan PUBG Mobile, di mana kamu bisa melompat keluar dari mobil dan langsung bergerak menuju tujuan.

Kesimpulan PUBG: New State vs PUBG Mobile

Setelah mengupas perbedaannya, kesimpulan awal tidak berubah, yaitu mereka sangatlah mirip. New State tidak memberikan nilai inovasi yang besar untuk genre battle royale ini.

Di luar perbandingan teknis ini, dukungan ekosistem esports PUBG Mobile sudah terlihat solid dengan besarnya komunitas penggemar, serta organisasi esports profesional yang sudah berkecimpung di dalamnya. Sementara itu KRAFTON dan PUBG: New State masih belum menunjukkan adanya tanda-tanda untuk mengembangkan ekosistem esports-nya.

Jika KRAFTON ingin berkompetisi dengan PUBG Mobile, maka ia harus segera meluncurkan lebih banyak peta dan mode permainan menarik ke dalam gim untuk bisa merebut hati para pemain PUBG Mobile.