Cara Buat dan Contoh Proposal Media Partner untuk Acara Esports

722
Proposal media partner
Esprots Event Photo by Emanuel Ekstrom on Unsplash

Apakah kamu sudah pernah membuat contoh proposal media partner? Mungkin bagi komunitas/organisasi esports yang sudah sering mengadakan acara dan bekerja sama dengan banyak pihak, proposal media partner bukan lagi hal yang asing.

Namun, bagaimana dengan kita yang belum pernah membuatnya? Apa saja sih yang harus ada di proposal media partner ini?

Arti kata proposal sendiri menurut KBBI adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Sedangkan media partner merupakan sebuah hubungan kerja sama yang terjalin antara penyelenggara sebuah event/ kegiatan dengan pihak media.

Media yang dimaksud disini dapat berupa TV, radio, media online (seperti Esportsnesia) maupun cetak. Hubungan kerja sama antara penyelenggara event dan media partner tentu harus saling menguntungkan. Media partner juga memiliki peranan penting dalam keberhasilan suatu event, loh!

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, apakah sudah tergambar apa itu proposal media partner? Yap! Ini adalah proposal yang diajukan untuk mengajak kerja sama media pada event yang kamu selenggarakan, dalam hal ini tentu saja event esports!

Lantas, apa saja yang harus ada dalam proposal media partner event esports kamu? Yuk simak!

Apa Saja yang Harus Ada di Proposal Media Partner?

Tentu saat membuat proposal kita harus memperhatikan outline apa saja yang ada di dalamnya. Tidak terkecuali dengan proposal media partner. Agar lebih mudah dipahami dan teroganisir, outline yang jelas dan mudah dipahami akan memberi kamu keuntungan.

Setidaknya ada 11 outline yang harus ada dalam proposal media partner yang akan kamu ajukan. Mulai dari Cover Proposal, Profil Organisasi, Komunitas, dan atau Perusahaan, Latar Belakang Kegiatan, Tujuan Kegiatan, Konsep Kegiatan, Timeline Kegiatan, Media Publikasi, Event Support, Kebutuhan Kerja Sama, Benefit Media Partner, dan Contact Person Kegiatan.

Jangan khawatir! Simak penjelasannya di bawah ya!

GIRLSGAME

Contoh Proposal Media Partner #1: Cover Proposal

Cover proposal menjadi hal pertama yang akan dilihat calon partner kita nantinya. Jangan lupa buat semenarik mungkin dan cantumkan informasi-informasi penting seperti nama kegiatan, logo kegiatan, penyelenggara kegiatan juga tanggal kapan kegiatan dilangsungkan, ya!

Contoh Proposal Media Partner #2: Profil Penyelenggara

Pada outline kedua kamu bisa memperkenalkan profil komunitas atau perusahaan kamu. Halaman profil ini cukup penting untuk mengajukan proposal karena tentunya akan jadi bahan pertimbangan.

Jangan lupa cantumkan nama komunitas kamu, sedikit cerita mengenai visi dan misi, fokus kegiatan, alamat, serta contact person dari komunitas atau organisasi yang menyelenggarakan kegiatan.

Contoh Proposal Media Partner #3: Latar Belakang Kegiatan

Seperti halnya proposal yang lain, proposal media partner juga harus ada latar belakang kegiatan! Latar belakang ini akan menjelaskan main idea dari kegiatan dalam proposal.

Kamu harus dapat menjelaskan latar belakang dengan jelas dan terarah. Latar belakang ini juga harus menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar kegiatan, ya!

Contoh Proposal Media Partner #4: Tujuan Kegiatan

Nah, selain latar belakang yang berisi main idea, dalam proposal media partner kamu juga harus mencantumkan tujuan kegiatan. Jelaskan secara poin per poin apa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini, serta manfaat-manfaat yang didapatkan dari kegiatan ini, ya!

Wild Rift Southeast Asia Championship 2021 Dimulai 14 September

Contoh Proposal Media Partner #5: Konsep Kegiatan

Untuk mengenalkan kegiatan kamu lebih jauh, kamu harus mencantumkan konsep kegiatan. Pada bagian ini kamu harus menceritakan atau mendeskripsikan bagaimana konsep acara/kegiatan ini. Mulai dari sistematis acara, kapan kegiatan berlangsung, apa saja yang akan dilakukan sampai kriteria peserta.

Contoh Proposal Media Partner #6: Timeline Kegiatan

Mengapa timeline kegiatan penting? Yap! Timeline kegiatan ini penting untuk ada dalam proposal kamu karena menjadi salah satu aspek yang dapat menggambarkan kesiapan kegiatan kamu. Kamu harus dapat menggambarkan rentang waktu pelaksanaan serta durasi kegiatan yang ada melalui timeline tersebut.

Contoh Proposal Media Partner #7: Media Publikasi

Salah satu hal penting untuk diketahui calon media partner tentu media publikasi. Jelaskan rencana publikasi media dari kegiatan kamu, misalkan akan melalui media Instagram, Twitter dan lain-lain.

Media Publikasi
Salah satu contoh media publikasi di sosial media.

Contoh Proposal Media Partner #8: Event Support

Apa yang akan kamu tulis di bagian event support? Event support dalam proposal media partner ini harus berisi siapa saja pihak yang telibat dari kegiatan yang akan dilaksanakan, misalkan juri, crew member, dan lain-lain!

Contoh Proposal Media Partner #9: Kebutuhan Kerja sama

Tujuan proposal media partner tentu mengajak kerja sama. Nah, pada bagian kebutuhan kerja sama ini, kamu harus menjelaskan apa saja sih tujuan dilakukannya kerja sama ini. Jangan ditulis bertele-tele ya! Harus jelas agar calon partner kamu merasa yakin untuk bekerja sama.

Contoh Proposal Media Partner #10: Benefit Media Partner

Calon partner kegiatan kamu tentu ingin mengetahui apa saja manfaat yang mereka akan dapatkan jika memutuskan untuk bekerja sama. Pada bagian ini kamu harus mencantumkan keuntungan tersebut agar calon partner semakin yakin dengan kerja sama ini.

Contoh Proposal Media Partner #11: Hak dan Kewajiban Media Partner

Setelah menjelaskan keuntungan media partner, kamu juga harus menjelaskan kewajiban calon partner jika mereka memutuskan untuk bekerja sama. Kamu bisa mengisi bagian ini dengan mengungkapkan ekspektasi/ keinginan dari penyelenggara kegiatan kepada media partner. Misalkan, meliput kegiatan play off secara eksklusif, melakukan press conference sebelum acara dan lain-lain.

benefit media
Contoh: logo pada Back Drop Stage

Contoh Proposal Media Partner #12: Contact Person Kegiatan

Jika semua outline di atas telah kamu tuliskan dengan baik, jangan lupa untuk memberikan informasi mengenai contact person kegiatan. Hal ini akan memudahkan calon partner kegiatan kamu untuk menghubungi penyelenggara acara jika sudah deal akan bekerja sama.


Nah, itu tadi adalah guideline proposal media partner yang harus kamu pahami dalam membuat proposal kegiatan. Untuk lebih memudahkan kamu, Esportsnesia menyediakan panduan dan contoh proposal media partner yang dapat langsung kamu gunakan, loh!

Kamu bisa men-download template media partner tersebut melalui tautan ini dan kemudian memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan acara esports kamu. Apa yang disediakan di template ini tidaklah mutlak dan bisa kamu sesuaikan kembali.

Jangan lupa untuk ajak Esportsnesia jadi media partner dari acara esports kamu, ya! Good luck! Semoga bermanfaat.