Repositori Esports

Selamat datang! Esports Repository atau repositori esports adalah sebuah inisiatif yang melakukan pengumpulan berbagai data, laporan, temuan, maupun publikasi resmi yang menyorot seputar perkembangan esports maupun industri video game untuk memudahkan pencarian referensi atau data bagi para pelaku esports ataupun industri video game tanah air. Seluruh materi yang direkap di Esports Repository adalah milik pihak yang menerbitkan. Selamat membaca! 

PS: Bila kamu rasa rekapan informasi ini membantumu, jangan sungkan untuk mengucapkan terima kasih melalui email ke hello@esportsnesia.com ya! 

PPS: Bila kamu menemukan referensi esports lain yang kami lewatkan, dan kamu ingin membagikannya kepada khalayak ramai, silakan hubungi kami di hello@esportsnesia.com juga ya!


Repositori Esports


Potensi Esports Indonesia – GDP Venture – 2021

Unlocking Indonesia's Esports Potentials

Menurut riset Newzoo, Indonesia merupakan pasar game terbesar di Asia Tenggara. Sebanyak 62% dari populasi online adalah pemain game. Pendapatan dari esports terus tumbuh dari tahun ke tahun, dan pada tahun 2020 bernilai sebesar $1,74 miliar. Kini saatnya industri lain untuk turut memanfaatkan esports untuk mengembangkan bisnisnya mengingat banyaknya audiens muda yang terjun ke dunia esports.

Download

Peta Ekosistem Industri Game Indonesia – KOMINFO – 2020

Peta Ekosistem Industri Game 2020 [KOMINFO]

Laporan pemetaan ekosistem industri game ini merupakan laporan yang telah disusun berdasarkan hasil survei yang dilaksanakan di tahun 2020, bekerja sama dengan dengan tim peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Asosiasi Game Indonesia (AGI). Adapun hasil pengolahan data survei ini didapatkan dari perusahaan berbadan hukum maupun perusahaan tidak berbadan hukum yang bergerak di sektor industri game yang berada di Indonesia.

Download

Esports Survey Report – Foley & Lardner LLP – 2020

Esports Survey Report

Lockdown akibat wabah Covid-19 yang terjadi pada akhir maret 2020, telah mempengaruhi industri esports secara global. Namun, pandemi ini justru turut mempercepat ekspansi industri esports dilihat dari meningkatya jumlah penonton internet video game sebesar 75% selama jam sibuk. Melihat hal ini, meskipun pandemi belum selesai tapi menurut hasil survei para responden menyakini bahwa industri esports dapat berkembang.

Download

Global Esports Market Report – NEWZOO – 2020

2020 Global Esports Market Report

Industri esports saat ini semakin berkembang, dan di tahun depan ekonomi esports global akan mengalami pertumbuhan sebesar 15.7%. Sebagian besar pertumbuhan ini berasal dari sponsor dan media rights serta kenaikan penggemar esports yang akan mempengaruhi penjualan tiket dan merchandise, dan kenaikan pertumbuhan ekonomi esports.

Download

Esports Market Trend – DailySocial – Dailysocial – 2019

Esports Market Trend - DailySocial - Dailysocial - 2019

Esports menjadi industri yang terkenal dan berkembang pesat di pasar global. Meskipun esports telah berkembang pesat, kebangkitan smartphone telah membawa esports ke era baru yang semakin berkembang. Pertumbuhan ekosistem ini tidak hanya membawa angin segar bagi para pemain, tetapi juga mereka yang berada di belakang layar seperti event
organizer, team management, dan lainnya. Sangat penting bagi mereka yang terlibat di dunia esports untuk memahami tentang dinamika esports mulai dari tren game yang diminati, audiens esports, frekuensi bermain game serta statistik lainnya.

Download

The Rise of Esports Investments – Deloitte X The Esports Observer – 2019

The Rise of Esports Investments - Deloitte X The Esports Observer - 2019

Ekosistem esports menawarkan variasi investasi yang berbeda serta peluang di berbagai subsektornya. Sebelum berinvestasi di industri esports para investor juga harus memahami sejarah perkembangan investasi esports, potensi keuntungan dan resiko serta dinamika investasi esports. Di samping itu para investor juga harus memahami demografi audiens esports agar tercipta siklus investasi yang baik.

Download

Esports 101 – BITKRAFT ESPORTS VENTURE

Esports 101 - BITKRAFT ESPORTS VENTURE

Esports adalah sebuah transformasi video game menjadi sebuah cabang olahraga yang meroket di kalangan milenial. Didorong oleh iklan dan sponsor, pendapatan global untuk esports di seluruh dunia telah mencapai lebih dari $800 juta di tahun 2018 dan diperkirakan akan mengalami kenaikan di tiap tahunnya.

Download

Navigasi Dimensi Esports – BITKRAFT ESPORTS VENTURE

Navigasi Dimensi Esports

Kebangkitan industri esports di tanah air sudah terefleksi melalui banyaknya gelaran ajang kompetitif. Demi memahami industri esports lebih lanjut, perlu terlebih dahulu memahami 4 dimensi utama dalam esports. Dimensi tersebut terdiri dari genre, platform, geografi, dan struktur kepemilikan liga.

Download