Apa Itu Life is Strange?

2
175
Cara Bermain Life is Strange
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Life is Strange adalah sebuah game interaktif dan narrative yang mengandalkan choice action pemainnya. Gim ini dikembangkan oleh Dontnod Entertainment dan di-publish oleh Square Enix. Life is Strange memiliki 5 episode terpisah yang dirilis pada tahun 2015 dan bisa kalian mainkan dalam mode offline di Steam.


Halo, kembali lagi bersama saya. Beberapa hari lalu, saya telah menulis artikel tentang Build MLBB dan saya kembali dengan pembahasan yang berbeda. Artikel yang akan saya bahas adalah Life is Strange. Apa itu? Game apa itu? Seru atau tidak ya? Mari kita bahas.

Apa itu Life is Strange?

Apa itu Life is StrangeSaya sudah mencoba beberapa game, mulai dari CS:GO, Osu, Resident Evil dan lain-lain. Kemudian, saya mencari beberapa game yang baru. Dan ketemulah salah satu game yang menurut saya unik dari segi gameplay, yaitu Life is Strange. Nah, apa itu Life is Strange? 

Life is Strange adalah sebuah game interaktif dan narrative yang kelanjutan ceritanya didasarkan pada choice action pemain. Gim ini dikembangkan oleh Dontnod Entertainment dan di-publish oleh Square Enix.

Life is Strange memiliki 5 episode terpisah yang dirilis pada tahun 2015 dan bisa kalian mainkan dalam mode offline di Steam. Game ini juga hadir di konsol Xbox One atau 360 dan juga smartphone Android/iOS. Jika kalian bermain menggunakan konsol, kalian akan mendapatkan pengalaman berbeda daripada bermain di PC.

Life is Strange menceritakan kisah dengan latar belakang kehidupan SMA di Amerika Serikat, tepatnya di Oregon, Arcadia Bay. Life is Strange memiliki unsur supernatural di dalam ceritanya.

Nah, apakah unsur mistis ini bisa berjalan dengan harmonis dengan kisah SMA yang dijalankan? Atau lebih pentingnya, bisakah bagian ini berhasil diimplementasikan dengan baik dalam gameplay Life is Strange? 

Karakter utama dalam game ini, Max Caulfield, memiliki kemampuan untuk memutar balikkan waktu atau reverse time/rewind time. Hal ini yang membuat cerita Life is Strange menjadi lebih menarik dan tidak monoton.

Selain itu, juga terdapat fitur puzzle yang membuat gim ini menjadi lebih berkualitas dibandingkan game dengan genre sejenis seperti game buatan Telltale dan Quantic Dreams.

Dengan latar belakang anak SMA, penggambaran kehidupan SMA-nya pun tidak hanya disampaikan dari lingkungan atau karakter-karakter yang ada di game saja, tapi juga melalui kualitas penulisan di game.

Seperti percakapan yang terjadi antara karakter, serta monolog yang terjadi di dalam pikiran karakter utama, Max Caulfield, terasa betul-betul seperti apa yang akan keluar dari mulut atau pikiran remaja.

Mulai dari gaya bicara, suasana yang mereka alami, sampai ketidakdewasaan pola pikir mereka, semuanya tergambarkan dengan sangat baik dalam Life is Strange.

Penggambaran kehidupan remaja ini juga disampaikan melalui art direction yang sangat bagus. Life is Strange memiliki menu dalam game yang digambarkan layaknya sebuah jurnal buatan ABG lengkap dengan topik yang sesuai, cara penulisan yang sangat kasual dan penuh dengan referensi kultur pop, serta ilustrasi-ilustrasi dan foto yang ditempel dengan gaya acak-acakan namun terlihat artistik dan futuristik.

Jurnal Log Life is Strange

Fitur Menarik Life is Strange

Tentu saja dalam sebuah game pasti memiliki sebuah fitur yang membuat game itu menarik. Sama halnya seperti gim Life is Strange, apa saja itu?

  • Game petualangan modern yang dibuat secara apik.

Life is Strange AdventureAda 2 hal yang disukai gamer dalam dunia per-gaming-an. Pertama mereka menyukai grafiknya, kedua mereka menyukai story/jalan ceritanya. Tetapi, dalam game ini menyajikan keduanya.

Mulai dari grafis yang mantap dan apik serta story yang cukup mengesankan dan juga sedih. Kalian bisa saja memilih jalan cerita dengan ending yang berbeda nantinya. So, pastikan untuk memilih jalan ceritanya dengan bijak agar mendapatkan good ending.

  • Rewind/Reverse Time untuk mengubah kejadian cerita.

Fitur Life is Strange Rewind TimeSelama permainan, tidak hanya kalian saja yang mempelajari tentang kemampuan memutar balikkan waktu ini, karena Max sang pemeran utama pun masih belum terbiasa dengan kekuatan barunya.

Sepanjang episode, kamu akan disajikan dengan kehidupan sehari-hari Max sebagai anak SMA, bagaimana dia mulai membiasakan dirinya dengan kekuatan mengendalikan waktu, serta kisahnya mencari alasan kenapa tiba-tiba dia memiliki kekuatan aneh ini.

Beberapa misteri lain yang akan terungkap sepanjang episode serta indikasi-indikasi misteri yang akan muncul di episode berikutnya juga akan kamu temukan di setiap episode.

So, pastinya kalian harus bisa memahami arti dari setiap dialog yang muncul, karena setiap dialog akan muncul clue untuk adegan berikutnya. Cukup unik bukan fitur rewind/reverse time ini? Ya, saya sangat menyukai, dan sering bereksperimen untuk mendapatkan momen berbeda.

Memang sih, bagi kalian yang tidak suka tentang genre ini akan mulai cepat bosan. Tetapi kalian akan terbiasa dengan game ini. Tidak hanya itu juga, kalian juga bisa mempelajari bahasa Inggris dengan baik melalui game ini, mendengar percakapan dari native speaker di game ini meskipun terkadang ada kata-kata kasar yang muncul (ya maklum, anak remaja SMA) hehehe.

  • Memilih dialog/percakapan

Fitur Life is Strange Memilih PercakapanSelain itu juga, fitur di game Life is Strange yang membuatnya menarik adalah memilih dialog. Setiap kalian melakukan percakapan dengan NPC/Non-Playable Character, kalian bisa membalasnya dengan respon yang berbeda (seperti gambar di atas).

Setiap respon yang kalian pilih, NPC tersebut akan mengeluarkan balasan yang berbeda juga. Jika kalian tidak suka dengan balasan tersebut, kalian bisa melakukan rewind time dengan kekuatan yang dimiliki oleh Max.

  • Berinteraksi dengan objek sekitar.

Fitur Life is Strange Interaksi ObjekFitur berikutnya yang membuat game ini unik adalah bisa berinteraksi dengan objek disekitar kalian. Bagaimana caranya? Kalian perlu mengarahkan kamera ke objek yang diinginkan, nanti akan muncul pilihan untuk examine objek tersebut yang kemudian akan muncul deskripsi dari objek yang kita pilih. Setiap objek bisa jadi clue dari dialog yang kita pilih sebelumnya.

  • Ending berbeda berdasarkan pilihan kalian

Life is Strange Ending ChoiceGame ini menyediakan beberapa ending pilihan, mulai dari good hingga bad ending. Seperti yang sudah saya jelaskan pertama, pastikan kalian memilih pilihan tiap percakapan yang menurut kalian baik dan bijak. Selalu ingat, bahwa pilihan dialog yang telah kalian pilih akan berdampak pada jalan cerita ke depannya.

  • Soundtrack indie yang berlisensi

Life is Strange Indie SoundtrackTerakhir adalah urusan musik/backsound. Life is Strange memiliki jajaran musik berlisensi dari berbagai musisi indie yang berkualitas mengiringi momen-momen kamu bermain game ini.

Nama-nama seperti Mogwai, Amanda Palmer, Local Natives, Syd Matters, Angus and Julia Stone, dan lain-lain, akan kamu temukan selama permainan. Pilihan musik yang sangat tepat semakin menyempurnakan kesan remaja yang dimiliki Life is Strange.


Secara keseluruhan, Life is Strange sukses menyajikan pengalaman bermain yang menyenangkan. Dengan nuansa remaja SMA yang sangat kental serta unsur mistis yang diimplementasikan dengan sangat baik ke dalam game, saya langsung sangat merindukan masa-masa SMA yang pernah saya alami dan tentunya saya fitur yang membuat semua orang ingin miliki, yaitu rewind time.

Jika kamu butuh sebuah game dengan kualitas cerita bagus serta puzzle yang tidak terlalu menyusahkan otak tapi tetap memaksa untuk berpikir, maka Life is Strange adalah game yang sempurna untukmu. 

Jadi bagaimana? Apakah kalian tertarik memainkan game ini? Saya sangat merekomendasikan game ini, dikarenakan memiliki story yang sangat bagus, fitur yang menakjubkan serta game ini cukup ringan bagi kalian yang memiliki spesifikasi device yang pas-pasan. 

Media Partnership