[Build MLBB] Cara Main Hero Khufra Mobile Legends

2
213
Hero Khufra Cover
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Setelah kemarin membahas guide hero Natan MLBB, kali ini saya akan melanjutkan tentang guide hero dengan role Tank. Siapa itu? Yaitu Khufra. Sampai saat ini, ternyata Khufra masih diminati bagi kalangan Tanker meskipun ada banyak hero Tank lainnya. Nah, mari kita bahas tentang hero ini.

Mengenal Hero Khufra Mobile Legends

Bagi kalian yang merupakan hero dengan role Tank tentunya sudah tak asing lagi dengan hero Khufra. Hero dengan tampilan keren merupakan hero Tank yang memiliki kelebihan untuk melakukan counter pada hero carry. Meskipun hero ini terbilang cukup jadul, tetapi popularitasnya masih belum bisa sepenuhnya tergantikan oleh hero-hero Tank lainnya.

Review Hero Khufra Mobile Legends

Hero Khufra Review CoverKhufra merupakan salah satu hero Tank yang sangat populer pada game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Hero satu ini memiliki kemampuan yang sangat hebat untuk meng-counter semua lawannya.

Selain itu, Khufra juga memiliki skill yang memungkinkan musuhnya tidak dapat menggunakan skill blink/dash. Lalu skill seperti apakah yang bisa digunakan hero Tank ini? Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Mari kita bahas lebih lanjut.

Kelebihan Khufra

  • Mampu Melakukan Counter Pada Semua Musuh. Bisa dibilang, Khufra merupakan hero Tank dengan kemampuan crowd control yang tinggi. Setiap skill yang dimiliki oleh Khufra mampu melakukan disable skill pada hero lawan dengan sangat baik. Kemampuan tersebut terletak pada skill Khufra yaitu Bouncing Ball yang dapat membuatnya berubah bentuk seperti bola dan untuk menghantam musuh. Dengan kemampuan tersebut dapat membuatnya kebal terhadap berbagai serangan magic ataupun physical.
  • Dapat Melakukan Ganking/Teamfight dengan Baik. Khufra juga juga memiliki skill yang mampu membuatnya untuk melakukan ganking pada musuh dengan baik. Dengan skill Khufra dapat meloncat pada musuh yang telah diarahkan kemudian memberikan efek knock up dan slow sehingga lawan akan terkena stun. Skill ini sangat cocok untuk memberikan ganking pada musuh dengan cepat ataupun melakukan inisasi untuk teamfight.
  • Defense yang Baik dan Damage yang Tinggi. Sebagai seorang Tank tentu saja Khufra memiliki defense yang sangat baik. Dengan kemampuan defense tersebut, Khufra mampu menahan setiap serangan dari lawan. Tak hanya defense, Khufra juga memiliki damage yang sangat tinggi, hal ini terbukti saat kita bermain di early game mampu bertarung dengan hero core lainnya.

Kelemahan Khufra

  • Cukup Sulit Dimainkan. Khufra merupakan hero dengan penguasaan yang cukup sulit sehingga hero satu ini memang cukup sulit untuk dimainkan. Tak hanya timing yang pas, cara menggunakan Khufra juga cukup sulit untuk pemula. Salah satunya yaitu skill yang wajib untuk diarahkan. Ketika melakukan inisiasi, kalian harus mengarahkan dengan tepat skill tersebut pada lawan. Cara mengarahkannya cukup berat dan memerlukan timing yang tepat. Jadi, kalian harus memiliki skill shot yang tinggi.
  • Perlunya Timing yang Pas. Sebagai hero Tank untuk melakukan inisiasi, Khufra tentunya harus dimainkan dengan mengandalkan timing. Timing yang tepat akan membuat Khufra sangat efektif untuk dimainkan saat teamfight nantinya. Kekurangan tersebut membuat Khufra harus dimainkan dengan hati-hati, pasalnya jika kalian menggunakan skill untuk maju tanpa timing tepat, Khufra akan ter-ganking oleh musuh dengan mudah dihabisi lawan. Timing yang tepat bisa kalian dapatkan ketika setiap pemain siap untuk melakukan teamfight.

Nah, itulah kelebihan dan kelemahan hero Khufra. Semoga kalian bisa memahaminya dengan baik. Untuk selanjutnya, saya akan membahas tentang Skill Set Hero Khufra dan penggunaan combo yang tepat. Langsung saja kita bahas.

Skill Set Hero & Combo Hero Khufra Mobile Legends

  • Skill Pasif – Spell Curse

Skill Pasif - Spell Curse

Spell Curse adalah skill pasif Khufra untuk bertahan di lane selama mungkin. Kemampuan regenerasi yang dimilikinya tidak bisa dianggap remeh, mengingat setiap 12 detik sekali ia akan mendapatkan 8% HP maksimal, tanpa peduli apa yang menjadi target serangannya.

  • Skill 1 – Tyrant’s Revenge

Skill 1 - Tyrants Revenge

Skill 2 Tyrant’s Revenge adalah salah satu crowd control yang dimiliki Khufra. Skill ini memiliki jarak yang sangat jauh sehingga membutuhkan kemampuan untuk memprediksi pergerakan lawan dengan akurat. Skill ini bisa menjadi engage dan disengage skill, tapi pastikan tidak ada hero musuh yang menghalangimu ketika menggunakan skill ini untuk kabur.

  • Skill 2- Bouncing Ball

Skill 2 - Bouncing Ball

Bouncing Ball merupakan skill yang membuat Khufra ditakuti para hero-hero yang memiliki mobility skill seperti Lancelot, Fanny, dan lainnya. Dengan menggunakan Bouncing Ball, ia bisa mencegah hero tersebut melarikan diri ataupun dive ke tengah-tengah tim kalian. Jadi sangat cocok untuk menghalangi para Assassin yang lincah. 

  • Skill 3 Ultimate – Tyrant’s Rage

Skill 3 - Tyrants Rage

Tyrant’s Rage adalah ultimate yang cukup mengerikan dan mematikan. Bila digunakan dengan akurat, Khufra bisa menghancurkan formasi lawan dalam satu kali kombo dengan cara menahan beberapa hero di tembok selama beberapa saat yang selanjutnya mudah dihabisi oleh Core tim kita.

Combo Skill Khufra

Bagaimana cara melakukan kombo skill hero Khufra ini? Mudah saja, kalian perlu menggunakan skill 1, 2 dan 3 dengan tepat. Tetapi kalian bisa meracik kombo skill kalian sendiri.

  • Skill 1 untuk melakukan inisasi teamfight > Skill 2 untuk melakukan counter/disable skill lawan > Skill 3 Ultimate untuk mengumpulan lawan ke dalam 1 titik agar Core tim tinggal menghabisinya.

Item Build Hero Khufra Mobile Legends

Build Item Hero KhufraSetelah saya bereksperimen menggunakan hero ini, saya merekomendasikan build item berikut untuk hero MLBB Khufra ini. Dengan build item ini, dirasa cukup sekali karena akan membuat Khufra ini menjadi tebal. Tetapi kalian bisa meraciknya sendiri ya.

  • Warrior Boots/Tough Boots

Item_Warrior_BootsItem Tough BootsSebagai Tank, Khufra memerlukan sepatu yang membuatnya bisa bertahan lebih baik dari serangan lawan. Sebagai alternatif kamu bisa menggunakan Warrior Boots/Tough Boots.

  • Cursed Helmet

Item_Cursed HelmetTank sejatinya memang harus berada di lini depan, oleh sebab itu Khufra perlu memanfaatkan posisinya yang selalu berada di jarak serangan lawan. Salah satu caranya adalah menghasilkan damage dengan item Cursed Helmet. Efek pasif ini akan memberikan kalian tambahan damage kepada lawan yang berada di dekat kalian sebesar 1.5% max HP.

  • Athena Shield

Item Athena Shield

Athena Shield memang memiliki magic resistance, tetapi dengan adanya item ini kalian akan mendapatkan shield yang sangat berguna di early game. Dengan adanya shield ini, setiap damage yang diterima tidak akan langsung mengenai HP miliknya. Apalagi jika berhadapan dengan hero tipikal burst damage atau role Mage.

  • Dominance Ice

Item_Dominance Ice

Item berikutnya adalah Dominance Ice. Item ini memiliki fokus pada armor yang dimiliki Khufra. Dengan adanya Dominance Ice, Khufra akan mendapatkan armor dan pengurangan critical chance bagi musuh yang menyerang dirinya. Pengurangan tersebut hanya 10%, jadi kalian harus tetap berhati-hati pada hero-hero yang memiliki equipment critical.

  • Antique Cuirass

Item_Antique Cuirass

Item berikutnya ada Antique Cuirass, item ini untuk memanfaatkan posisi Khufra yang selalu berada di garis depan. Penggunaan item Antique Cuirass akan membuat damage lawan berkurang sebesar 10% selama dua detik dengan total stack sebanyak tiga kali.

  • Immortality

Item_Immortality

Item terakhir ialah Immortality. Item ini akan memberi nyawa kedua bagi Khufra. Selain itu akan memberi daya tahan berupa magic resistance.

 

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Khufra

Emblem

  • Custom Tank Emblem

Custom Tank Emblem KhufraSesuai role-nya, saya menyarankan menggunakan Emblem Tank. Untuk Emblem yang terbaik, Khufra lebih baik menggunakan Emblem Tank yang memberikan HP besar kepada Khufra. Selain HP, Emblem Tank ini juga memberikan tambahan physical defense, magical defense, HP regen dan cooldown reduction yang semuanya sangat berguna bagi Khufra. 

Disini kalian optional untuk menggunakan Talent. Gunakan Talent Tenacity yang mampu meningkatkan physical dan magic defense saat HP di bawah 40%. Selain itu, pilih Vitality untuk menambah HP dan Inspire untuk mengurangi cooldown skill.

Battle Spell

  • Battle Spell Flicker

Battle Spell Flicker

Khufra tidak memiliki skill escape/kabur meskipun bisa menggunakan skill 1. Dengan begitu, bisa menggunakan battle spell Flicker. Gunakan ini untuk melarikan diri jika kalian memang sulit sekali untuk kabur menggunakan hero ini.

  • Battle Spell Petrify

Battle Spell Petrify

Kedua bisa menggunakan battle spell Petrify, ini lumayan berguna bagi kalian yang ingin melakukan kombo skill 1,2,3 dan teamfight.

 

Counter Hero Khufra Mobile Legends

Seperti biasa, pada akhir pembahasan saya akan memberikan 3 hero yang cocok untuk meng-counternya. Nah, siapa saja hero yang cocok dalam counter hero Khufra ini?

Valir (Mage)

Valir Support
Valir menjadi salah satu hero Support andalan Rexxy dengan karena skill yang mumpuni.

Lagi-lagi Valir, hero dengan role Mage yang cukup merepotkan Khufra. Mengapa? Dikarenakan skill 2 milik Valir diketahui dapat membuat bola Khufra terpental jauh. Saat bola-bola Khufra tidak dapat digunakan, Valir dapat langsung memberikan efek stun sehingga Khufra menjadi tidak berguna.

Kaja (Fighter/Support)

Hero KajaKaja akan sangat berguna saat Khufra menggunakan skill kombo miliknya. Sebelum Khufra melakukan skill-nya tersebut, Kaja perlu dengan sigap menarik Khufra untuk membatalkan skill-nya. 

Franco (Tank)

Hero FrancoSkill milik Khufra terstruktur lambat yang mana membuat Franco dapat dengan bebas mendaratkan Iron Hook dan menarik Khufra dalam sebuah ganking. Butuh kerja sama tim yang baik agar Franco dapat diandalkan untuk counter Khufra.

Kesimpulan

Menggunakan Khufra sebenarnya mudah-sulit, hal yang perlu diperhatikan adalah pengarahan skill yang tepat serta kombo yang pas agar sekali kombo lawan akan mudah tereliminasi. Selain itu, perlu kerja sama tim agar saat melakukan inisiasi, teamfight berjalan dengan lancar.

Oke, segitu saja tentang guide hero Khufra. Semoga kalian memahaminya ya.


Sudah punya hero ini belum? Kalau belum, kamu bisa membelinya dengan top up diamonds loh!

Media Partnership