[Build MLBB] Cara Menggunakan Hero Natan Mobile Legends

1
297
Hero Natan Mobile Legends
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Setelah sebelumnya membahas guide MLBB seputar guide hero Gloo, kali ini kita akan melanjutkan tentang hero yang baru dirilis Moonton dengan role Marksman baru-baru ini, yaitu hero Mobile Legends Natan. Overpowered atau tidak? Mari kita bahas.

Mengenal Hero Natan Mobile Legends

Tepat pada tanggal 23 Juli 2021, Mobile Legends telah merilis hero baru dengan role Marksman bernama Natan. Awalnya, hero ini terasa membingungkan karena skill pasif “Theory of Everything” yang mengubah physical lifesteal menjadi magic lifesteal dan penetrasi. Semua skillnya juga punya kombinasi efek serangan magic dan physical.

Review Hero Natan Mobile Legends

Natan MLBB

Setelah saya bermain hero ini di mode custom, akhirnya saya memahami sedikit tentang hero ini. Hero Natan ini memiliki role Marksman yang hadir dengan kemampuan stack seperti Claude dan Aldous. Stack tersebut memungkinkannya menjadi salah satu hero yang sangat kuat di Mobile Legends.

Kemampuan Natan juga terbilang cukup bervariasi, dengan julukannya sebagai “Spacetime Walker”, hero ini mampu menyerang lawan dengan menggunakan serangan energi gravitasi dan juga dapat membuat sebuah portal yang bisa menggandakan dirinya.

Dan kali ini, saya akan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kelemahan hero Natan terlebih dahulu. Apa saja itu?

Kelebihan Natan

Kelebihan pertama adalah skill pasif yang dimiliki Natan memiliki sebuah stack. Stack ini akan meningkatkan attack speed sebanyak 15% dalam 5 detik. Selain itu, stack ini dapat ditingkatkan hingga 15 stack yang mana dapat memberikan Natan sebanyak 90 attack speed tanpa menggunakan item sekalipun. Nah, untuk meningkatkan stack Natan kalian hanya perlu menggunakan skill 1 dan 2 yang mana harus mengenai hero atau creep.

  • Attack Speed yang Tinggi. Dengan kemampuan stack yang dimiliki Natan dan bisa ditingkatkan yang akan mendapatkan sekitar 90 attack speed, tak hanya itu kalian juga bisa meningkatkan attack speed dengan menggunakan item. Tentu saja dengan tambahan dari stack pasif dan juga item akan memberikan attack speed yang sangat tinggi untuk hero Natan, hal ini akan memberikan serangan yang cepat pada lawan kalian.
  • Damage yang Tinggi. Dengan attack speed yang tinggi dan cepat, tentu kalian akan fokus dalam memberikan build attack yang tinggi. Tak perlu fokus ke attack speed seperti Marksman lainnya, kalian bisa menggunakan item yang memiliki physical attack yang tinggi. Semakin tinggi physical attack maka akan semakin tinggi juga damage yang dihasilkan. Bisa dibilang item attack speed tidak perlu banyak dan fokus saja pada atribut attack sehingga Natan akan mendapatkan damage yang jauh lebih besar dari Marksman lainnya serta memiliki attack speed yang tinggi juga.
  • Memiliki Skill Crowd Control. Kelebihan Natan berikutnya adalah memiliki crowd control yang sangat baik dan berada pada skill 2. Serangan ini akan memberikan efek knockback pada lawan yang ada di depannya kemudian membuat lawan ditarik ke arah gravitasi. Serangan ini sangat cocok bagi Natan untuk menghindari ganking lawan sekaligus bisa mengumpulkan lawannya ke satu area. Serangan ini juga bersifat multiple dan bisa memiliki efek ke lebih dari satu orang.
  • Bisa Menggunakan Build Item Hybrid. Marksman satu ini memiliki serangan physical attack dan magical attack sekaligus yang mana memungkinkannya sangat cocok untuk menggunakan build hybrid. Ini mirip seperti hero Kimmy yang dapat menggunakan build item hybrid. Kalian bisa menggunakan build magic maupun physical yang mana akan memberikan serangan yang lebih tinggi. Walaupun begitu, Natan memiliki build rekomendasi build physical, untuk mengurangi kekurangannya kalian juga bisa menggunakan hybrid magic. Jadi, penggunaan build item ini tergantung preferensi masing-masing

Nah, kalian sudah membaca kelebihan dari hero ini. Lantas, apa saja sekarang kelemahannya?

Kelemahan Natan

  • Skill Escape yang Kurang. Kelemahan pertama Natan adalah mengenai kemampuan escape/kabur yang terbilang kurang daripada hero Marksman lainnya, hal ini karena Natan tidak memiliki kemampuan skill berupa blink/dash atau lainnya. Serangan escape terlalu mengandalkan pada serangan skill 2 miliknya yang memberikan efek knockback sama seperti battle spell Flame Shot. Tapi kalian bisa mengatasinya dengan menggunakan battle spell Flicker atau Sprint.
  • Hanya Mengandalkan Basic Attack. Natan sangat mengandalkan basic attack miliknya yang terbilang sangat cepat. Kemampuan skill dari Natan terbilang biasa saja, dan yang paling berguna mungkin skill 2 saja. Memang kebanyakan Marksman tergantung pada basic attack-nya, terlebih dengan attack speed yang tinggi akan membuatnya lebih kuat. Namun ketika menggunakan skill, kalian akan lebih sering merasakan serangan miss atau tidak kena. Karena skill 2 ini harus kalian arahkan dalam menggunakannya.
  • Penggunaan Mana yang Boros. Sebagai hero Marksman, ia juga sangat mengandalkan skill untuk meningkatkan stack yang dimilikinya. Setiap skill yang keluar dan mengenai creep atau minion, Natan akan mendapatkan satu stack. Stack ini akan berlangsung hingga 12 kali yang mana kalian membutuhkan banyak Mana. Sehingga kalian harus pintar-pintar menggunakan Mana.

Nah itu saja untuk review mengenai kelebihan dan kelemahan hero Natan pada Mobile Legends. Semoga kalian bisa memahaminya dan bisa menggunakan hero-nya dengan baik. 

Untuk selanjutnya, saya akan membahas mengenai Skill Set Hero Natan. Apa saja skill pasif hingga ultimate yang dimiliki hero ini? Dan apa saja fungsinya? Mari kita bahas.

Skill Set & Combo Hero Natan Mobile Legends

  • Skill Pasif – Theory of Everything

Skill Pasif - Theory of Everything

Seperti yang dijelaskan pada kelebihan tadi bahwa skill pasif yang dimiliki oleh Natan membuat hero ini bisa menghasilkan attack speed yang bertambah sesuai stack. Setiap kali Natan hit mengenai lawan dengan skill, dia dapat memperoleh 1 stack entanglement.

Setiap stack meningkatkan attack speed-nya sebesar 15% dan movement speed sebesar 7,5% selama 5 detik (hingga 6 stack). Dia juga dapat mengubah 100% physical lifesteal menjadi magical lifesteal dan magical penetration.

  • Skill 1 – Superposition

Skill 1 - Superposition

Dalam penggunaan skill 1 ini, Natan menembakkan sejumlah besar energi padat yang memberikan 200 (+180% total physical attack), (120% total magic power) kepada lawan yang berada di jalurnya.

 

  • Skill 2 – Interference

Skill 2 - Interference

Natan menembakkan energi berupa bola besar ke arah depan atau disebut penarik gravitasi. Energi tersebut dapat memberikan efek knockback kepada lawan. Penarik gravitasi tersebut juga akan meledak ketika berhenti, dan memberikan damage kepada lawan yang terkenda ledakan. 

Skill ini akan memberikan 150 magic damage serta penambahan 505 total physical attack atau 70% total magic power, kepada lawan yang berada di jalur skill. 

Kemudian saat penarik gravitasi meledak, maka akan memberikan 30 magic damage, serta penambahan 10 persen total physical attack atau 14 persen total magic power

  • Skill 3 Ultimate – Entropy?

Skill 3 Ultimate - Entropy?

Natan memanggil Reverse Clone yang bertahan selama 8 detik. Reverse Clone ini bisa mendapatkan 30% dari atribut attack-nya dan mengikuti seluruh pergerakan hero serta menyerang dalam keadaan terbalik. Sungguh unik dan juga mematikan bagi yang pro memainkannya.

Combo Skill Hero Natan

Dalam penggunaan kombo skill, saya bisa menyarankan menggunakan urutan seperti ini;

  • Skill 3 Ultimate > Skill 2 > Skill 1 > Basic Attack

Tetapi kalian bisa mencobanya terlebih dahulu di mode custom atau mengkreasikannya sendiri.

Build Item Hero Natan Mobile Legends

Build Item Hero Natan

Nah, selanjutnya saya akan memberikan build item untuk hero ini. Saya telah mencobanya di mode custom dan hasilnya cukup mantap dengan build ini. Sekadar info, saya memberikan build item hybrid yang artinya dicampur dengan item magic agar skill pasif hero Natan berguna. Tapi, kalian juga bisa meraciknya sendiri. Lalu, apa saja build item-nya?

  • Demon Shoes

Item_Demon_Shoes

Untuk item pertama ada Demon Shoes. Hal ini dikarenakan Natan termasuk hero yang boros Mana di early game. Namun jika sudah cukup tidak boros di late bisa kamu ganti item lain sesuai kondisi nantinya.

 

  • Windtalker

Item_Windtalker

Untuk item kedua kalian bisa membeli item Windtalker dikarenakan basic bermain Natan adalah attack speed, oleh karena itu Windtalker sangat baik digunakan di early game agar membantu farming Natan di awal game dan bantu movement speed-nya agar lebih cepat.

  • Concentrated Energy

Item_Concentrated Energy

Untuk item ketiga kalian bisa membeli Concentrated Energy. Fungsinya untuk lifesteal karena memang Natan memiliki damage magical sehingga lebih cocok untuk ketahanan Natan di teamfight meskipun pasifnya juga bisa mengubah physical lifesteal menjadi magical lifesteal.

  • Scarlet Phantom

Item_Scarlet Phantom

Penambahan item attack speed untuk Natan agar lebih overpowered. Ini juga berfungsi untuk tambahan physical attack dan critical chance. Karena Natan akan lebih sering bermain dengan basic attack ketimbang skill-nya.

 

  • Berserker Fury

Item_Berserker Fury

Item kelima adalah Berserker Fury. Ini untuk tambahan critical chance dan damage yang lebih tinggi. Selain itu juga, agar damage yang dihasilkan Natan melalui basic attack-nya semakin sakit.

 

  • Blade of Despair

Item_Blade_of_Despair

Item terakhir yaitu Blade of Despair. Ini berfungsi untuk tambahan damage besar di late game. Tambahan movement speed dari item ini juga membantu Natan semakin gesit di late game.

 

Nah, itu dia build item yang saya rekomendasikan. Tetapi ingat, kalian juga bisa meracik dengan edisi kalian. Sekarang kita lanjut ke Emblem dan Battle Spell hero ini.

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Natan

Emblem

  • Custom Assassin Emblem

Custom Assassin Emblem NatanDisini saya merekomendasikan menggunakan Custom Assassin Emblem dengan talent Killing Spree. Berikut dengan detailnya;

  • Physical Attack: +12.00 (Dikarenakan Natan mengandalkan basic attack, jadi pilihan ini sangatlah cocok)
  • Critical Chance: +3.60% (Agar mendapatkan critical lebih saat spam skill Natan)
  • Talent: Killing Spree (Akan memberikan regenerasi HP sebanyak 15% dan penambahan movement speed sebanyak 20% setiap Natan mengeliminasi lawan)

Battle Spell

  • Battle Spell Flicker

Battle Spell Flicker

Dikarenakan hero Natan tidak memiliki skill escaping seperti dash/blink, jadi battle spell yang sangat cocok untuk hero ini adalah Flicker. Pergunakan spell ini saat kalian terdesak atau kabur.

 


Counter Hero Natan Mobile Legends

Apa yang harus kalian lakukan jika bertemu player yang jago menggunakan hero ini? Tentunya dengan cara meng-counternya dengan hero counter. Lalu, siapa saja hero yang bisa meng-counter Natan ini? 

Eudora (Mage)

Hero EudoraHero Mage satu ini sangat efektif untuk menangani hero Natan. Eudora dikenal memiliki skill pasif yang memberikan efek magic damage yang cukup besar dan mematikan. Apalagi penggunaan kombo yang tepat, bisa membuat Natan mudah tewas.

Ling (Assassin)

Hero LingSudah tentunya Assassin bertugas untuk menghancurkan Core lawan. Hero lincah satu ini sangat mematikan dengan kombinasi skill yang membuat immune-nya memberikan efek crowd control pada musuh. Kemampuan Ling ini membuat dirinya dirasa mampu menangani hero Natan. Dengan kombinasi skill yang pas, maka Natan akan mudah dieliminasi.

Chou (Fighter)

Chou MLBB

Sebagai hero Fighter, Chou cukup mematikan karena mampu melakukan counter untuk sejumlah hero lainnya. Kombinasi damage besar dan skill pasif mengerikan, Chou bisa menangani Natan dengan sangat mudah.


Nah, itu dia guide tentang hero Mobile Legends Natan ini. Patut diingat, bahwa tulisan ini merupakan saran pribadi saya dan sebaiknya kalian juga tetap mengeksplorasi variasi build lainnya. Selamat mendaki rank!

Sudah punya diamond yang cukup untuk membeli hero satu ini? Yuk top up sekarang!

Media Partnership