[Build MLBB] Cara Menggunakan Hero Gloo Mobile Legends

1
207
Build Hero Gloo Mobile Legends
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Setelah sebelumnya menulis guide MLBB tentang guide hero Terizla, kali ini saya akan melanjutkan tentang hero yang masih tergolong “baru” dirilis Moonton dengan role Tank, yaitu Gloo. Bagus tidak ya hero ini? Yuk, kita simak.

Mengenal Hero Gloo Mobile Legends

Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) telah merilis hero bernama Gloo atau asingnya dikenal The Swamp Spirits. Hero dengan role Tank ini memiliki kelebihan dalam hal mengontrol lawan (Crowd Control) serta skill Area-of-Effect (AoE) yang dimilikinya.

Skill-skill yang dimiliki oleh Gloo juga sangat berguna untuk mengecoh pergerakan dari lawan hingga membantu Marksman lebih leluasa dalam bergerak.

Gloo merupakan hero yang sudah dirilis pada bulan April kemarin, mungkin kalian para Tanker ingin membelinya tetapi belum memahami kelemahan dan kelebihan dari hero ini ya? Nah, alangkah baiknya kalian terlebih dahulu mengetahui kelebihan dan kelemahan dari hero Gloo Mobile Legends.

Review Hero Gloo Mobile Legends

Hero Gloo Review

Gloo adalah hero Tank yang cukup baru di Mobile Legends. Ia memiliki tampilan seperti monster slime yang berwarna ungu gelap. Memainkan hero Gloo terlihat mudah, akan tetapi masih memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan.

Sebelum itu, mari kita bahas kelebihan serta kelemahan dari hero ini dahulu.

Kelebihan

  • Memiliki Magic Damage yang Besar. Meskipun role hero ini Tank serta serangan utama Gloo merupakan physical damage, namun untuk damage dari setiap skill Gloo adalah magic damage. 
  • Kemampuan Immobilize yang Baik. Untuk kelebihan yang kedua bisa dibilang ini merupakan kemampuan crowd control dari Gloo, akan tetapi efek immobilize termasuk singkat sehingga akan kalah dari efek seperti stun atau suppressed. 
  • Memiliki Kemampuan Regen yang Tinggi. Meskipun Gloo ini hero Tank, tetapi ia memiliki kemampuan regen yang tinggi. Efek regen dari Gloo sudah cukup kuat untuk memulihkan HP ketika teamfight. Nah, dari mana kemampuan efek regen tersebut?Kemampuan regen ini tidak lain berasal dari skill pasif Gloo (Stick, Stick) yang mana kemampuan tersebut akan memberikan stack pada lawan, dan bila lawan diserang dengan basic attack Gloo, maka Gloo akan mendapatkan regen sebanyak 92 HP yang bisa di-stack hingga 5 kali.
  • Menjadi Hero Counter yang Baik. Gloo merupakan hero Tanker yang akan menjadi counter dari beberapa hero. Kemampuan counter dari hero Gloo merupakan yang terbaik dari hero Tanker lainnya. Gloo akan sangat mudah untuk mengincar satu hero lawan dan men-counter-nya. Bagaimana bisa? Hal ini berkat skill ultimate hero Gloo bernama (Split, Split) kemampuan ultimate tersebut memungkinkan Gloo berubah menjadi 12 Goo yang dapat memberikan damage pada lawan dan mengincar lawan, dengan menekannya sebanyak dua kali dengan menggerakkan hero lawan, Gloo akan masuk pada tubuh lawan dan menyerangnya dari dekat.
  • Memiliki Mobilitas yang Baik. Kelebihan Gloo terakhir terletak pada mobilitas yang dimiliki Gloo terbilang sangat baik. Kemampuan mobilitas ini didapatkan dari setiap skill milik Gloo. Misalnya untuk skill 1 dan skill 2 jika di kombo akan memberikan efek pull pada lawan dan membuatnya bergerak dengan cepat. Selain itu, mobilitas juga bisa didapatkan dari skill 3 ultimate hero Gloo (Split, Split) yang mana bisa membuat Gloo berubah menjadi Goo (Gloo versi kecil) dan bergerak dengan cepat, dalam mode Goo, Gloo tidak dapat diserang oleh lawan. Cukup merepotkan, bukan?

Tenang, dari beberapa kelebihan di atas, ternyata Gloo memiliki beberapa kelemahan juga. Apa saja itu?

Kelemahan

  • Kemampuan Crowd Control yang Rendah. Meskipun hero role Tank, Tank ini berbeda dengan Tank lainnya seperti Tigreal, Minotaur atau lainnya yang mengandalkan crowd control. Gloo disini hanya fokus pada magic damage.
  • Tidak Memiliki Kemampuan Inisiasi. Gloo tidak memiliki kemampuan inisiasi yang baik seperti beberapa hero Tank  lainnya. Misalkan saja hero Khufra atau Franco yang mampu menyerang sambil memberikan efek crowd control kepada lawan. Sayangnya, hal tersebut tidak dimiliki oleh Gloo, yang mana Gloo hanya memiliki serangan ultimate-nya yang dapat mengunci hanya satu hero lawan. Oleh karena itu, Gloo akan sangat sulit untuk membuka teamfight.
  • Bukan Tanker Murni. Seperti yang kalian ketahui, Gloo memiliki kelebihan pada magic damage yang besar, hal ini bisa kalian manfaatkan sebagai sidelaner atau offlaner. Namun untuk menjadikan Gloo sebagai hero Tanker murni, hal ini cukup tidak efektif. 
  • Mudah di Counter Lawan. Gloo terbilang mudah untuk di-counter, misalnya untuk serangan skill 3 ultimate Gloo dapat di counter dengan cara menjauh dari area Gloo. Kalian bisa menggunakan Flicker atau teleport jika ada hero Luo Yi atau Angela di tim kalian. Dengan menjauh dari area Gloo, maka kalian akan selamat dari serangan Gloo. 

Nah itu saja sekilas review mengenai kelebihan dan kelemahan hero Gloo pada game Mobile Legends. Semoga kalian bisa memahaminya dengan baik. Untuk selanjutnya, saya akan membahas mengenai Skill Set Hero Gloo. Apa saja skill pasif hingga ultimate yang dimiliki hero ini? Dan apa saja fungsinya? Mari kita bahas.

Skill Set & Combo Hero Gloo Mobile Legends

  • Pasif – Stick Stick

Skill Pasif - Stick Stick

Skill pasif Gloo dapat membuat movement speed musuh berkurang signifikan terutama apabila stack miliknya penuh. Lawan dapat memperoleh 1 stack sticky setiap kali mereka terkena hit oleh skill Gloo. Setiap stack mengurangi movement speed sebesar 6% selama 6 detik (dapat di-stack hingga 5 kali). Itu berarti kecepatan musuh dapat berkurang hingga 30% jika terkena skill pasif milik Gloo. Maksimalkan penggunaan pasif ini agar musuh tidak mudah menghindar.

  • Skill 1 – Slam Slam

Skill 1 - Slam Slam

Skill ini sangat merepotkan apabila kita melakukan spam ke arah musuh. Meski begitu, Gloo termasuk hero Tank yang boros mana sehingga item yang menawarkan mana regen bisa berguna. Item defense Thunder Belt bisa dipilih untuk menambah Mana sekaligus berguna memberikan true damage. Skill 1 miliknya dapat membuat lawan mengalami immobilize selama 1 detik.

  • Skill 2 – Pass Pass

Skill 2 - Pass Pass

Gloo dapat menjangkau ke depan untuk memberikan 325 (+50 persen Total Magic Power) magic damage kepada lawan di jalurnya. Ini akan memberikan efek immobilize kepada lawan selama 0,5 detik.

Sedikit tips untuk skill ini, kalian perlu mengkombinasikan dengan skill 1 untuk memperoleh hasil maksimal. Lempar skill 1 terlebih dahulu kepada hero lawan, setelah terkena Goo, arahkan skill 2 langsung ke arah Goo. Kombo tersebut dapat membuat Gloo langsung berlari ke arah musuh. Kombo skill 1 dan 2 juga bisa diarahkan pada sembarang tempat. Itu akan membuat Gloo dapat tertarik ke arah tersebut dan ikut menyeret musuh pada target yang ditentukan.

  • Skill 3 Ultimate – Split Split

Skill 3 Ultimate - Split Split

Skill ini cukup lucu dan unik karena Gloo dapat membelah diri menjadi 12 “slime” selama 10 detik. Mereka masing-masing mempunyai 25% HP dengan movement speed yang juga bertambah. Skill “Grab Grab” dapat diaktifkan pada Ultimate-nya.

Kalian perlu mendekati musuh dengan 12 “slime”, kemudian akan muncul gambar lock musuh dengan indikasi bar berwarna hijau. Ketika bar hijau penuh, maka kalian bisa memencet gambar hero serta menempel pada hero tersebut.

Ketika Gloo menempel, kalian dapat mengendalikan lawan dengan kombinasi skill 1 dan 2. Apabila lawan dekat Turret, kita dapat mengarahkannya menuju Turret sehingga HP lawan berkurang drastis. Sungguh unik dan mematikan.

Best Combo Gloo Mobile Legends

Nah, bagaimana cara melakukan kombo skill hero Gloo ini? Sewaktu saya bereksperimen menggunakan mode custom, sementara untuk kombo skill-nya sendiri bervariasi, yang penting lawan harus terkena stack dari Gloo.

Bagaimana cara memberikan stack-nya? Kalian hanya perlu melakukan spam skill ke lawan, maka lawan jika sudah terkena stack dan apabila stack tersebut penuh, maka skill 3 Ultimate Gloo bisa dengan mudah aktif.

Build Item Gloo

Build Item Gloo

Nah, dari penjelasan di atas dan telah bermain custom, saya sudah menemukan build item terbaik yang cocok dipakai hero ini. Jika melihat kekuatan Gloo ke-enam item ini bisa memaksimalkan potensinya di pertandingan.

Tentunya, build item ini juga diiringi dengan pemilihan battle spell yang paling pas sehingga Gloo bisa berguna ketika teamfight nantinya. Apa saja itu?

  • Tough Boots/Demons Shoes (Optional)

Item Tough BootsItem_Demon_Shoes

Sebenarnya untuk pembelian sepatu lebih optional dan tergantung lawan yang akan kalian hadapi. Jika lebih banyak hero yang punya crowd control, kalian bisa beli Tough Boots. Pasalnya, sepatu ini memiliki tambahan status yang memperkuat magic defense kalian. Akan tetapi, yang efek yang paling diutamakan dari sepatu ini adalah pasif uniknya.

Atau kalian bisa menggunakan Demon Shoes untuk menghemat mana kalian. Yang kemudian, kalian bisa melakukan spam skill dikarenakan mana kalian akan regenerasi.

  • Courage Mask

Item_Courage Mask

Pastikan sebelum memulai, kalian sudah membeli item roaming dan di upgrade ke Wooden Mask sebagai item di awal-awal pertandingan. Setelah menyelesaikan Tough Boots/Demon Shoes, alternatif setelahnya adalah langsung Courage Mask. 

Pertama, efek peningkatan movement speed sebesar 30% bisa jadi poin penting kala Gloo mengejar musuh. Selain itu, ketika dirinya mengaktifkan Ultimate-nya maka pergerakannya juga ditambahkan sebesar 25%. Dengan kecepatan ini, kalian bisa melakukan zoning dengan mudah. Selebihnya, kegunaan dari Courage Mask bisa dimaksimalkan sesuai kondisi pertarungan. 

  • Oracle

Item OracleSelain menambahkan magical defense, item Oracle juga menambahkan kemampuan regenerasi hero sebesar 30%. Bisa dibilang, Gloo merupakan hero dengan kekuatan spell vamp alami lewat ultimate miliknya.  Dengan adanya Oracle di awal, kalian bisa lebih tahan lama ketika melakukan teamfight. Pasalnya, hanya dengan mengelilingi musuh kalian akan mendapatkan stack sekaligus regenerasi HP yang besar.

  • Antique Cuirass

Item_Antique Cuirass

Ketika membelah diri menggunakan skill-nya, tiap pecahan dari Gloo memiliki darah yang sedikit. Jika bertemu dengan musuh dengan damage yang besar maka pecahan dari Gloo bisa cepat mati. Dengan begitu, penggunaan item Antique Cuirass akan membuat damage lawan berkurang sebesar 10% selama dua detik dengan total stack sebanyak tiga kali.

Damage musuh yang berkurang bisa diantisipasi dengan tambahan regenerasi dari item Oracle. Jadi, darah kalian bisa tetap bertambah dan tentunya membuat kalian semakin tebal untuk ditaklukkan. Durasi daya tahan kalian teamfight pun semakin lama untuk mengunci lawan yang dijadikan target.

  • Dominance Ice

Item_Dominance Ice

Item selanjutnya adalah Dominance Ice yang bisa memperlambat attack speed musuh. Antique Cuirass yang sudah dibeli sebelumnya akan membuat serangan musuh semakin tidak berdampak ke tubuh Gloo. Ditambah dengan regenerasi dari Oracle dijamin membuat tubuh Gloo semakin sulit dibunuh. Apalagi kalau kalian mengaktifkan ultimate di tengah kerumunan musuh.

Pada tahap ini, jika pertandingan sudah sampai ke mid game, musuh sudah punya damage yang lumayan besar, apalagi untuk hero Marksman/Assassin. Jika serangan bertubi-tubi dari lawan tersebut mengenai Gloo tentunya darah kalian bisa berkurang secara drastis. Maka dari itu, jika musuh membeli item attack speed, maka tidak akan begitu terasa ketika sudah ada Dominance Ice yang akan mengurangi attack speed lawan.

  • Immortality

Item_Immortality

Mayoritas Tank di Mobile Legends akan sangat membutuhkan Immortal sebagai bagian dari item yang dibeli. Pasalnya, Immortal bisa menambah kesempatan hidup dua kali bagi si pengguna dan akan sangat berguna jika hero tersebut tewas. Contohnya pada teamfight terakhir di markas musuh atau pada saat memperebutkan Lord.

Dengan adanya Immortal, kalian bisa melakukan gempuran ke musuh tanpa takut mati. Apalagi Gloo sudah sangat sulit dibunuh dan tentunya merepotkan lawan. Durasinya yang tahan lama dan item Immortal jadi item yang setimpal dengan pengorbanan yang telah diberikan di awal teamfight.

Nah, itu dia beberapa item build yang saya pakai di custom sebagai latihan. Mungkin kalian memiliki beberapa item yang berbeda, tetapi tidak apa bisa kalian sesuaikan tergantung situasi.

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Gloo

Emblem

  • Custom Support Emblem

Disini, saya menyarankan menggunakan Emblem Support. Sebagai Tank yang bertugas melindungi timnya, saya merekomendasikan Emblem Support Set untuk meningkatkan atribut tertentu, seperti Hybrid Regen, Hybrid Penetration, Cooldown Reduction, Movement Speed, dan Max HPBerikut susunannya.

Emblem_Support_Gloo

Battle Spell

  • Battle Spell Aegis

Battle Spell_AegisSebenarnya pemilihan battle spell lebih variatif untuk Gloo. Akan tetapi menurut saya, battle spell Aegis akan sangat tepat mengingat yang jadi keunggulan Gloo adalah soal daya tahan. Dengan adanya Aegis, shield yang diberikan bisa terbagi kepada para anak dari Gloo dan tentunya akan sangat menyebalkan bagi musuh yang mencoba membunuh pecahannya.

  • Battle Spell Flicker

Battle Spell Flicker

Flicker juga bisa digunakan supaya sewaktu mengaktifkan ultimate bisa mengejar musuh yang punya mobilitas tinggi. Akan tetapi, Gloo sudah punya skill 2 yang membuatnya bisa berpindah lokasi. Untuk memastikan bahwa musuh bisa didapatkan penggunaan Flicker juga akan sangat berguna.

Counter Hero Gloo

Seperti yang kalian ketahui, setiap hero pasti ada yang overpowered dalam suatu permainan. Oleh karena itulah, bagi kalian yang merupakan player Mobile Legends wajib ketahui apa saja counter dari hero tersebut. Nah, berikut ada beberapa hero yang bisa meng-counter hero Gloo ini. Apa saja itu?

Nana (Support/Mage)

Hero Nana

Pertama yang bisa kalian gunakan adalah Nana. Hero Mage satu ini terbilang sangat sulit dikalahkan, terlebih dengan skill 2 Molina Smooch yang mana dapat merubah lawan menjadi seekor Molina atau kucing.

Lawan akan tidak bisa bergerak dan akan terkunci beberapa waktu. Hal ini akan mengunci pergerakan hero Gloo ketika menyerang ke arah rekan hero Nana. Dengan begitu, Nana dan dengan mudah untuk meng-counter Gloo dalam pertandingan.

Franco (Tank)

Hero FrancoKedua ada hero Tank Franco yang merupakan salah satu hero Tanker terbaik. Franco bisa menjadi hero counter terbaik Gloo dalam pertandingan. Seperti biasa, untuk mengalahkan hero lawan termasuk hero Gloo, kalian bisa dengan mudah untuk menggunakan serangan skill 1 Franco, kemudian bila kalian mendapatkan hero Gloo, gunakan skill 3 ultimate untuk mengunci Gloo yang kemudian memanggil hero Core kalian untuk menghabisi Gloo.

Valir (Mage)

Valir Support
Valir menjadi salah satu hero Support andalan Rexxy dengan karena skill yang mumpuni.

Ketiga ada hero Valir. Valir memiliki damage berkesinambungan yang sangat tinggi dan konsisten. Tetapi bukan hanya itu saja yang dicari, karena crowd control Valir sangat mengganggu dan bisa membuat Gloo kerepotan bahkan untuk mendekat.

Claude (Marksman)

Claude Mobile Legends

Hero terakhir yang bisa menjadi hero counter Gloo adalah Claude. Hero Claude terbilang memiliki kemampuan yang sangat baik dalam meng-counter hero lawannya, salah satunya adalah Gloo.

Ketika Gloo menempel pada Claude, Claude dapat berpindah dengan cepat dengan menggunakan skill 2 atau bisa mengaktifkan skill 3 ultimate-nya untuk menyerang Gloo ketika menempel.

Media Partnership