Mau Auto Win? Kalian Wajib Tahu Apa Itu Meta Hyper Carry Beserta Cara Kerjanya

2217
apa itu meta hyper carry

Jika kamu adalah penikmat pro scene Mobile Legends (MLBB), kamu tentu pernah mendengar apa itu meta hyper carry. Meta yang satu ini dinilai sebagai strategi klasik yang terus digunakan karena tingkat keefektifannya yang tinggi.

Strategi ini telah terbukti manjur di berbagai permainan moba dari mulai Dota, League of Legends, hingga Mobile Legends.

apa itu meta hyper carry

Meta hyper carry awalnya sangat populer di permainan Dota 2 dan League of Legends, dimana strategi ini sering digunakan oleh tim asal China di kedua judul game kompetitif.

Nah, untuk artikel ini pembahasan kita akan berpusat pada pembahasan apa itu meta hyper carry khususnya pada permainan Mobile Legends: Bang Bang.

Apa Itu Meta Hyper Carry? Ini Penjelasannya

Hyper adalah istilah yang biasanya ditujukan untuk hero yang difokuskan untuk mengambil kedua buff dari monster hutan.

Dan istilah carry yang berarti membawa digunakan sebagai sebutan hero yang dianggap memiliki potensi dan hal yang dibutuhkan untuk membawa tim menuju kemenangan.

Untuk hal yang dibutuhkan yang dimaksud bisa berbagai hal yang difokuskan untuk menjadi pilar strategi, yakni diantaranya memiliki damage yang besar, mobilitas yang lincah, durabilitas yang tebal, ataupun kemampuan unik yang dimiliki hero tersebut.

Hero carry memiliki power growth yang cepat dan tinggi serta biasanya memberikan damage yang lebih besar kepada musuh seiring berjalannya permainan.

Meta strategi hyper carry memiliki pengertian sebagai strategi mengandalkan satu hero carry yang pada awal permainan berfokus kepada farming monster hutan, sementara empat pemain lain dalam satu tim berperan untuk mendukung perkembangan hero yang berperan sebagai hyper carry.

Apa Itu Meta Hyper Carry? Ini Cara Kerjanya

Untuk dapat mengerti apa itu meta hyper carry, tentunya kita harus mengerti cara kerja menjalankan meta tersebut.

Cara kerja meta hyper carry pada umumnya adalah satu hero yang bertugas sebagai hyper carry pada umumnya melakukan farming monster hutan di awal permainan untuk mendapatkan keunggulan exp, gold, dan buff.

Sementara hero lain menuju lane mereka masing-masing dan membersihkan minion serta mencoba membunuh hero lawan dengan tetap memperhatikan map untuk dapat berkoordinasi serta segera melakukan rotasi jika dibutuhkan.

Pada saat hyper carry melakukan farming pastikan keempat pemain lain siap menjaga hero tersebut agar farming tidak terganggu dan kehilangan keunggulan pada pertandingan.

Biasanya salah satu hero yang membeli item roam berfokus untuk menjadi pengawal hero hyper carry pada awal pertandingan sehingga meningkatkan keamanan dalam melakukan farming.

Seorang hero hyper carry pada dasarnya harus bersifat egois karena memang pertumbuhan dari seorang carry menjadi kunci utama dalam meta atau strategi ini.

Selain itu juga kedua buff yang ada di hutan dikhususkan untuk sang carry untuk mendapat keunggulan lebih lagi dalam pertandingan.

Berikut penjelasan mengenai peran masing-masing hero dalam topik apa itu meta hyper carry.

Apa itu meta hyper carry

Meta Hyper Carry: Core

Yang menjadi hero core atau inti dalam strategi meta hyper carry adalah hero yang juga memegang peran sebagai seorang jungler. Sesuai dengan arah strategi yang akan dijalankan, hero yang dipilih bisa berasal dari berbagai kategori kelas.

Yang paling umum dipilih adalah hero dari kelas assassin atau marksman karena kemampuannya memberikan damage yang besar dan mobilitasnya yang tinggi.

Namun belakangan ini tidak jarang pula hero yang dipilih menjadi core dari permainan dari kelas lain, yakni hero dari kelas fighter dan tank.

Core Eksekutor

Jika hero core yang dipilih berasal dari kelas assassin biasanya peran yang diemban akan cenderung lebih sebagai eksekutor dan pemberi damage.

Maka dari itu hero core dari kelas assassin diharuskan selalu menjaga posisi dan memperhatikan map untuk dapat membasmi lawan kapanpun dan dimanapun, terutama pada awal permainan hero dari kelas assassin lebih dapat berperan dalam kondisi membunuh hero yang sendiri.

kategori kelas alternatif yang dapat dipilih sebagai core eksekutor adalah kelas hero marksman.

Core Pengambil Inisiatif

Sementara jika hero core yang dipilih berasal dari kelas fighter atau tank akan cenderung lebih berperan sebagai initiator dan lebih dapat berperan dalam kondisi war yang ramai meskipun dalam awal permainan.

Pemain yang menggunakan hero core dari kelas fighter atau tank cenderung melakukan invasi ke wilayah hutan musuh dan memburu hero core musuh pada awal permainan dengan memanfaatkan keunggulan kemampuan dan atribut mereka di awal permainan.

Meta Hyper Carry: Roamer

Pada strategi meta hyper carry, seorang roamer dapat memiliki peran utama sebagai initiator, penjaga, eksekutor, atapun crowd controler tergantung dari arah permainan dan kelas dari hero core yang dipilih.

Perlu diingat lagi apa itu meta hyper carry, yakni meta strategi yang berpusat pada perkembangan satu hero utama.

Dan roamer sebagai pendukung pada strategi hyper carry, secara garis besar dapat dikategorikan menjadi 2 jenis.

Roamer Penjaga

Pada umumnya jika hero core yang dipilih berasal dari kelas assassin maka hero yang berperan sebagai roamer sebaiknya memiliki durabilitas tinggi dan memiliki kemampuan untuk menjadi seorang initiator serta aktif menjaga rekan satu timnya.

Dalam strategi yang memanfaatkan hero assassin sebagai core, sebaiknya roamer yang dipilih berasal dari kelas tank atau support yang dapat memberikan perlindungan tambahan kepada sang core.

Hal tersebut dikarenakan hero dari kelas assassin memiliki durabilitas yang rendah dan mudah terbunuh jika terjebak oleh musuh.

Roamer Pemburu

Jika core yang digunakan berasal dari kelas fighter atau tank, maka roamer yang disarankan dibangun untuk menuju kearah damage untuk menutupi kekurangan damage pada tim serta memburu damage dealer musuh.

Hero yang digunakan untuk roamer tipe ini biasanya berasal dari kelas assassin, fighter, atau support.

Hal ini disarankan karena perkembangan damage yang dimiliki oleh core dari kelas tank atau fighter tidak tergolong tinggi. Selain itu, penting juga bagi suatu tim untuk memiliki hero dengan kemampuan ambush sebagai faktor ‘X’ untuk merusak ritme musuh.

Meta Hyper Carry: Offlaner

Apapun jenis core-nya, seorang offlaner merupakan sosok yang dituntut untuk bisa bermain cepat dan memanfaatkan bonus exp yang didapat dari exp lane dengan optimal.

Seorang offlaner, terutama pada meta hyper carry dituntut untuk dapat membersihkan lane-nya dari minion dengan cepat agar siap melakukan rotasi ketika dibutuhkan di tempat lain untuk meraih objektif.

Objektif yang dimaksud adalah membantu core mendapatkan buff baik di wilayah hutan sendiri maupun musuh, membunuh turtle atau lord, dan melakukan ganking.

Meta Hyper Carry: Gold laner

Pada meta hyper carry seorang gold laner adalah pemberi damage sekunder dalam tim di awal permainan dan dapat beranjak menjadi pemberi damage utama pada tahap akhir permainan sesuai dengan jenis core dan strategi yang diambil.

Tipikal dari seorang gold laner adalah kebutuhannya akan item untuk dapat menunjukan performanya.

Dalam meta hyper carry seorang gold laner dituntut untuk bermain aman pada awal permainan terutama jika ada hero musuh yang hilang dari pandangan map.

Karena hero yang digunakan untuk menjadi gold laner umumnya memiliki durabilitas yang rendah, maka seorang gold laner acapkali menjadi sasaran buruan dari musuh.

Hal ini dapat kita manfaatkan untuk memancing musuh dan melakukan counter ambush untuk membasmi musuh yang bernafsu tinggi.

Meta Hyper Carry: Mid laner

Posisi mid laner pada umumnya diisi oleh seorang hero dari kategori kelas mage.

Namun tergantung arah strategi yang dibangun, hero yang ditempatkan di lane tengah dapat berasal dari semua kategori kelas.

Hal yang harus diperhatikan dari seorang mid laner adalah mampu berkoordinasi dengan baik dan sigap melakukan rotasi ke lane atas ataupun bawah untuk mencapai objektif dan mendapatkan keunggulan dari musuh.

Kembali lagi harus diingat apa itu meta hyper carry, sehingga kita dapat merujuk bahwa selain hero utama yang berperan sebagai core atau inti dari strategi harus selalu siap berkomunikasi dan berkoordinasi untuk mendukung hero core.


Itulah pengertian dari apa itu meta hyper carry berikut penjelasan singkat tentang cara kerja dari setiap role-nya.

Tentu meta strategi juga memiliki kekurangan, yakni apabila farming dari sang core terganggu atau bahkan hero core kalian jadi bulan-bulanan lawan hingga dijadikan pakan ternak oleh musuh tentunya akan sulit untuk membalikkan keadaan di medan perang Land of Dawn.

banner iklan esportsnesia
Previous articlePerayaan FIFA Mobile Festival Pertama Indonesia Berlangsung Meriah saat Hari Ultah Kota Bandung ke-212
Next article3 Jenis Meta Hero Core Mobile Legends, Wajib Tahu Biar Auto Win!
"Seorang pegawai negeri sipil di bidang keuangan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Bermula dari membuka buku untuk rehat sejenak dari dunia nyata, dunia yang dibuat dari untaian kata berhasil membuat hati jatuh cinta dan menggemari dunia tulisan hingga akhirnya mencoba menuangkan ide dalam rangkaian kata. Terlibat dalam berbagai organisasi dan kegiatan untuk mencari warna-warna baru dalam hidup dan mencoba menambal retak pada gading kehidupan. Berbicara dan bercengkrama dengan banyak masyarakat dari penjuru lain dunia yang berbeda juga menjadi paragraf pengisi dalam kisah yang sedang ditulis, kisah yang berjudul ""kehidupan"" dan bertemakan ""Upaya dan do'a terbaik"". -Natagama"