Yuk Pahami Lebih Dalam 6 Jenis Role Mobile Legends Ini

2444
Role Mobile Legends
Role Mobile Legends

Dalam permainan Mobile Legends: Bang Bang atau MLBB ada beberapa jenis pembagian role atau peran hero dalam permainan, yakni berdasarkan kelas, tujuan, jenis damage yang diberikan, dan jenis kemampuan hero.

Sobat MLBB wajib tahu bagaimana pembagian kategori tersebut agar kalian bisa lebih memahami permainan dan pastinya bisa lebih baik menyusun strategi untuk mencapai kemenangan.

Penasaran bagaimana pembagian role Mobile Legends? Berikut penjelasannya edisi kategori kelas.

6 Role Mobile Legends

Pembagian kategori role Mobile Legends berdasarkan kelasnya didasari pada kemampuan masing-masing hero secara keseluruhan dari segi skill set, attribute, dan jenis gameplay yang disarankan.

Untuk pembagian kategori role Mobile Legends hero berdasarkan kelas dapat dibagi menjadi 6 class (kelas), yakni:

Role MLBB #1: Assassin

role mobile legends

Assassin adalah jenis hero yang memiliki kemampuan yang dititik beratkan untuk membunuh hero lawan atau hal lain yang menjadi target. Fokus kemampuan dari hero assassin adalah damage yang besar, mobilitas yang tinggi, dan melakukan penyusupan ke daerah lawan.

Hero role Mobile Legends jenis ini cocok dimainkan bagi mereka yang pandai mengatur posisi dan mencari kesempatan terbaik untuk membunuh core hero lawan pada saat terjadi war.

Karena memiliki HP yang rendah dan burst damage yang tinggi, hero assassin adalah jenis  hero yang mudah membunuh dan terbunuh jika salah mengatur posisi dan timing.

Untuk kalian yang ingin belajar menggunakan hero dengan kategori assassin, pastikan kalian selalu memperhatikan posisi dan keadaan musuh agar dapat dengan segera mengatur posisi untuk mengeksekusi hero lawan.

Menggunakan hero dengan kelas assassin bukan berarti kalian harus selalu bermain dengan mengendap-endap dan menunggu di satu tempat untuk mengeksekusi musuh.

Ada kalanya seorang assassin harus menjelajah map dan menciptakan momen alih-alih hanya menunggu momen itu datang.

Untuk kelas assassin karena memiliki HP yang tipis, kelemahan hero jenis ini adalah crowd control. Karena jika mobilitas dari seorang assassin dihambat, biasanya ia hanya bisa berdoa agar rekan timnya dapat dengan segera menolongnya.

Untuk meningkatkan ketahanan seorang assassin sangat disarankan untuk memiliki spellvamp atau lifesteal baik yang bersumber dari emblem ataupun item.

Seorang assassin umumnya diposisikan sebagai jungler dengan memanfaatkan damage-nya yang besar sejak awal permainan untuk dengan cepat membersihkan monster hutan.

Role MLBB #2: Fighter

role mobile legends

Berbeda dengan assassin yang notabene sangat berfokus pada ofensif, hero dengan kelas fighter adalah role mobile legends yang memiliki perpaduan kemampuan ofensif dan defensif.

Kemampuan ofensif dan defensif seorang fighter terus bertambah seiring waktu, menjadikan hero fighter menjadi sebuah ancaman besar.

Setiap fighter memiliki perpaduan mobilitas, ketahanan, disrupsi, dan kemampuan menyerang yang unik.

Hero fighter dapat dibangun ke banyak arah, misalnya dijadikan semi-tank dengan diberikan item dengan fokus ketahanan ataupun dijadikan pemberi burst damage yang besar dengan diberikan item dengan fokus penyerangan.

Karena kemampuannya yang dapat diarahkan ke berbagai arah, hero fighter dapat diposisikan dengan posisi yang beragam dengan objektif yang beragam.

Pada umumnya seorang fighter diposisikan pada offlane untuk dapat dengan segera membersihkan minion lawan dan menaikan level-nya agar dapat melakukan rotasi ke hutan dan tempat lainnya untuk meningkatkan keunggulan tim secara keseluruhan.

Karena keragaman kemampuannya, pada meta kali ini seorang fighter juga menjadi pilihan yang sering digunakan sebagai jungler dan membawa teror kepada musuh dengan melakukan invasi ke daerah hutan lawan sejak awal.

Role MLBB #3: Mage

role mobile legends

Mage adalah kategori hero dengan kemampuan menyerang yang cukup jauh, memiliki kemampuan menyerang yang luas dengan memanfaatkan skill, dan merupakan kategori hero yang memiliki skill bertipe crowd control terbanyak.

Berbeda dengan hero dari kategori kelas lain, hero role Mobile Legends mage utamanya berfokus pada skill aktif maupun pasif sebagai sumber damage utama.

Akibatnya hero kategori mage membutuhkan banyak gold untuk membeli item guna memungkinkan mereka melakukan lebih banyak damage sekaligus.

Meskipun sedikit serangan dasar dari hero mage yang bisa diandalkan sebagai penyumbang damage, mage memiliki cooldown skill yang relatif lebih cepat dengan efek yang lebih besar dibandingkan hero dari kategori kelas lain.

Umumnya hero dari kategori mage ditempatkan di lane tengah agar dapat dengan lebih mudah melakukan rotasi ke lane atas dan bawah.

Selain beberapa hero dengan secondary role sebagai tank seperti Esmeralda dan Alice, hero dari kategori mage biasanya memiliki durabilitas yang rendah.

Selain karena durabilitasnya yang rendah, kebanyakan hero dari kategori kelas ini memiliki kemampuan crowd control yang merepotkan atau memiliki burst damage yang tinggi  sehingga seorang mage menjadi sasaran utama dalam war.

Untuk kalian yang mau menggunakan hero mage, pastikan kalian menjaga jarak dan posisi agar tidak menjadi target bully dari assassin musuh.

Role MLBB #4: Marksman

role mobile legends

Hero marksman adalah role Mobile Legends yang mengandalkan serangan jarak jauh yang memiliki kemampuan hampir seluruhnya didasari dari serangan dasar mereka.

Dengan memanfaatkan keunggulan jangkauan mereka, marksman menyerang dan memberikan damage dari jauh secara terus menerus.

Karena memiliki durabilitas yang rendah dan membutuhkan item untuk dapat bersinar, marksman notabene membutuhkan perlindungan dari rekan timnya terutama pada awal permainan.

Hero dari kategori marksman juga lebih unggul dalam melakukan objektif seperti membunuh lord dan menghabisi turret musuh. Marksman umumnya memiliki daya serang basic attack yang tinggi untuk memberikan damage dari jarak jauh.

Karena membutuhkan item untuk dapat benar-benar bersinar, seorang marksman biasanya ditempatkan di gold lane agar dapat dengan lebih cepat menghimpun gold untuk memperkuat diri mereka.

Marksman umumnya memiliki durabilitas dan mobilitas rendah, sehingga jika kalian menggunakan hero kategori ini harus terus mengatur posisi dan menjaga jarak dari musuh.

Role MLBB #5: Support

role mobile legends

Sesuai nama dari kategori kelas ini, peran hero dari role Mobile Legends kategori support adalah untuk membantu dan menolong melindungi anggota tim dalam situasi apa pun.

Hero dari kategori ini memiliki peran untuk mengamankan, heal, menolong, atau bahkan mengorbankan diri agar rekan satu tim bisa tetap selamat.

Jika kalian menggunakan hero support, sangat disarankan untuk mengambil peran sebagai seorang roamer dan membeli item roam agar ketika kalian menemani rekan satu tim, gold dan exp yang mereka dapatkan tidak berkurang.

Agar lebih efektif sebagai seorang roamer, sesuaikan battle spell yang kalian gunakan.

Fokus kemampuan dari hero support adalah heal, memberikan shield, atau memberikan efek crowd control seperti dengan melakukan stun pada musuh.

Hero support juga disarankan mengawal hero carry untuk mengamankan dan mempercepat mereka mendapatkan gold dan exp untuk naik level.

Role MLBB #6: Tank

role mobile legends

Tank adalah kategori kelas hero yang memiliki durabilitas paling tinggi di antara semua kategori role Mobile Legends.

Dengan memanfaatkan durabilitasnya yang tinggi, hero dari kategori kelas tank biasa berada di garda depan untuk menjaga rekan satu tim ataupun untuk melakukan inisiasi pertarungan.

Pada umumnyam hero tank mengemban peran sebagai roamer untuk dapat berfokus melakukan rotasi demi menjaga keamanan rekan satu tim.

Biasanya hero tank memiliki defense dan HP yang tinggi namun dengan base damage yang rendah.

Dengan memanfaatkan keunggulan HP, Magic Resistance, dan armor yang tinggi juga beberapa skill crowd control seperti stunslow, atau taunt mereka menjadi benteng berjalan yang membuat lawan segan untuk menyerang.

Hero dari kategori tank juga belakangan ini dimanfaatkan sebagai jungler, dan telah terbukti bahwa tank juga bisa menjadi sosok jungler yang menakutkan.


Itulah role Mobile Legends edisi kategori kelas, masing-masing kelas memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Nah, kalau sobat MLBB role kelas favorit kalian apa nih?

banner iklan esportsnesia
Previous articleLegends Returns: Event Besar Mobile Legends di 2022!
Next articleProfil Rusman Dota 2: Eks Pro Player yang Sukses Jadi Streamer
"Seorang pegawai negeri sipil di bidang keuangan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Bermula dari membuka buku untuk rehat sejenak dari dunia nyata, dunia yang dibuat dari untaian kata berhasil membuat hati jatuh cinta dan menggemari dunia tulisan hingga akhirnya mencoba menuangkan ide dalam rangkaian kata. Terlibat dalam berbagai organisasi dan kegiatan untuk mencari warna-warna baru dalam hidup dan mencoba menambal retak pada gading kehidupan. Berbicara dan bercengkrama dengan banyak masyarakat dari penjuru lain dunia yang berbeda juga menjadi paragraf pengisi dalam kisah yang sedang ditulis, kisah yang berjudul ""kehidupan"" dan bertemakan ""Upaya dan do'a terbaik"". -Natagama"