Apa Itu Minecraft?

0
9
Apa Itu Minecraft

Di game ini, para pemainnya bisa membangun berbagai bangunan sesuai keinginan sendiri dengan blok-blok yang dimiliki. Nah untuk kalian yang belum mengenal game ini, kalian wajib untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu Minecraft.

Minecraft saat ini masih menjadi salah satu game terlaris di dunia. Setiap orang yang memainkan game ini dituntut untuk bisa kreatif, karena memang keseruan dalam game ini bisa mewujudkan imajinasi yang dimiliki.

Meskipun Minecraft kerap dianggap aneh karena visualnya yang berbentuk kotak-kotak. Padahal game ini akan memberikan kebebasan dalam bermain yang tidak ditemukan pada game lainnya.

Kalian nantinya bisa menemukan berbagai bentuk bangunan yang mirip dengan di dunia nyata. Penasaran? Yuk cari tahu informasi selengkapnya apa itu Minecraft!

Apa Itu Minecraft?

Apa Itu Minecraft

Minecraft adalah sebuah permainan video game sandbox tiga dimensi yang bisa dimainkan oleh satu pemain maupun banyak pemain. Melalui game ini, para pemain dimungkinkan untuk membuat konstruksi dari kubus-kubus 3D untuk membentuk suatu bangunan.

Video game ini dianggap mampu mengasah kreativitas pemainnya dengan mengeksplorasi ide-ide yang dimiliki.

Minecraft pertama kali dirilis pada November 2011. Setelah melalui tahap panjang dalam pengembangan oleh pria asal Swedia, Markus Persson. Pengembangan game tersebut akhirnya diteruskan oleh Mojang Studio, sampai akhirnya diterbitkan.

Perusahaan pengembang game asal Swedia itu, resmi dibeli oleh Microsoft pada November 2014. Kini, Minecraft menjadi salah satu bagian dari Xbox Game. Karena bisa dibilang menjadi salah satu game yang paling laris.

Game ini telah terjual lebih dari 180 juta di berbagai platform yang mendukung. Dari jumlah itu, lebih dari 112 juta pemain yang setiap bulan nya akif memainkan game ini.

Terdapat beberapa orang yang berpengaruh besar terhadap gim Minecraft ini. Di antaranya adalah Kristoffer Zetterstrand dan Markus Toivonen yang merupakan programmer dan juga Daniel Rosenfeld selaku komposer dan pengembang suara. Kerja keras mereka menghasilkan game keren dan semenarik Minecraft ini.

Minecraft juga turut menjadi salah satu game yang ramah untuk anak-anak, tak heran jika penggunaannya sangat banyak. Di tahun yang sama dengan perilisannya, Minecraft dinobatkan sebagai game terbaik versi majalah Time.

Hal tersebut menunjukan potensi dari game ini sangatlah besar. Hal ini juga dibuktikan dengan semakin banyaknya orang yang memainkan Minecraft.

Alur Permainan Minecraft

Apa Itu Minecraft

Berbeda dengan game yang lainnya, Minecraft tidak memiliki tujuan tertentu di dalamnya. Semua pemain bebas memainkan gim ini sesukanya, dan tidak perlu khawatir dengan durasi atau misi-misi khusus.

Dalam permainan ini, pemain bisa menggunakan berbagai material seperti kayu, tanah, batu hingga air untuk membentuk sebuah bangunan yang diinginkan.

Di awal permainan, pemain akan menemukan berbagai Non Player Characters (NPC). Karakter yang dimaksud berupa penduduk desa, hewan hingga makhluk lain nya yang biasa disebut juga dengan mobs. Pemaindapat membunuh hewan-hewan yang ada disana, dan tidak ada larangan untuk itu.

Di dalam game ini terdapat tiga pilihan dunia yakni Overworld yang memungkinkan pemain berpetualang di awal game. Kemudian Nether, digambarkan seperti neraka yang dihuni oleh berbagai makhluk seperti Hoglin, Piglin, Zoglin dan masih banyak makhluk lainnya.

Sementara di dunia The End, pemain akan bertemu Enderdragon dan Enderman yang nantinya bisa dikalahkan. Dalam memainkan game ini, pemain bisa memilih tingkat kesulitannya yakni Peaceful, Easy, Normal, dan Hard.

Mode Permainan Minecraft

Apa Itu Minecraft

Terdapat tiga mode permainan yang ada di game Minecraft. Kalian bisa memilih salah satu untuk bermain, tingkat keseruannya tentu akan berbeda-beda. Berikut ini beberapa mode permainannya.

Survival Mode Minecraft

Layaknya survival di dunia nyata, di Minecraft juga harus bisa bertahan hidup dengan mencari sumber daya yang tersedia. Saat bermain, ada tantangan tersendiri yang membuat pemain harus berhati-hati.

Karena akan ada monster yang datang secara tiba-tiba dan melakukan serangan. Seberapa banyak monster yang datang tergantung dari tingkat kesulitan yang dipilih. Pemain bisa membuat berbagai peralatan yang menunjang aktivitas untuk bertahan hidup.

Creative Mode Minecraft

Dalam mode permainan ini, pemain bisa leluasa untuk menggunakan berbagai sumber daya yang dimiliki. Berbeda dengan mode survival, di mode ini pemain memiliki nyawa dan juga experience point yang tidak ada batasannya.

Pemain tetap bebas untuk menggunakan inventory yang dimiliki seperti barang atau balok. Kreativitas dari pemain diuji dalam mode ini, mereka bisa membangun bangunan apapun yang diinginkan.

Adventure Mode Minecraft

Mode permainan ini mungkin akan membuat sedikit kebingungan bagi pemain pemula. Di mode adventure ini, pemain bisa menghancurkan berbagai blok dengan peralatan yang sesuai.

Setiap peralatan memiliki kemampuan yang berbeda-beda, sehingga ada objek tertentu yang tidak bisa dihancurkan. Pemain bisa menempatkan blok-blok tertentu, namun dengan catatan harus sesuai. Mode permainan ini cukup menantang untuk dimainkan.

Hardcore Mode Minecraft

Pemain jelas akan berpikir ulang untuk memainkan mode permainan ini. Pasalnya, mode hardcore termasuk memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Pemain hanya memiliki satu nyawa untuk bisa bertahan hidup dan saat mati, akan ada tombol delete world yang memungkinkan pemain masuk ke mode penonton.

Tapi tenang, tidak perlu khawatir dengan dunia yang telah dibuat. Meski sudah menekan tombol delete world, file dunia masih tersimpan dengan aman.

Mode Spectator Minecraft

Ini merupakan mode penonton yang memungkinkan pemain menonton permainan lain tanpa harus melakukan interaksi. Di dalam mode ini, pemain tidak dapat berinteraksi dengan blok atau inventaris mereka.

Namun bisa memasuki permainan lain tanpa dapat dilihat oleh pemain lainnya. Serunya dari mode ini, pemain bisa terbang sesuai dengan keinginan dan menggunakan roda gulir untuk menyesuaikan kecepatannya.

Fakta Menarik Seputar Minecraft

Apa Itu Minecraft

Terdapat banyak fakta menarik mengenai game Minecraft. Ini yang membuatnya semakin disukai karena banyak teka-teki disana. Nah berikut ini beberapa faktanya.

Minecraft Bukan Judul Awal

Setiap game biasanya memiliki perbedaan nama di awal pengembangannya dan ketika dirilis. Begitupun dengan Minecraft yang dulunya bernama Cave Game. Setelah penggunaan nama tersebut, judulnya kembali diganti dengan Minecraft: The Order of The Stone. Sampai akhirnya judulnya dipersingkat menjadi Minecraft. Sang pengembang yakni Markus Persson memiliki peran besar dalam pemilihan nama.

Minecraft Digunakan untuk Belajar di Sekolah

Saat ini, belajar memang tidak harus menggunakan buku. Banyak sekolah di negara maju menggunakan Minecraft sebagai media untuk belajar. Dengan menggunakan game ini, anak-anak dituntut untuk bisa kreatif sampai akhirnya muncul ide-ide brilian. Anak-anaka akan lebih memiliki pola pikir yang bagus nantinya.

Creeper, Hasil Kesalahan Coding

Semua game termasuk Minecraft, dibangun dengan berbagai kode-kode yang rumit. Ada keunikan tersendiri di game Minecraft, yakni Creeper yang ternyata dibuat hasil dari kesalahan koding. Developer awalnya ingin membentuk hewan babi, namun karena kesalahan kodenya justru membentuk seperti Creeper yang kalian lihat.

Digagas sebagai Game Luar Angkasa

Saat pertama kali melakukan pengembangan, Markus Persson menginginkan game dengan tema terisolasi di luar angkasa. Ya, nantinya para pemain bisa dengan bebas menjelajahi dunia virtual yang tersedia. Namun pada akhirnya, tema yang dipilih seperti game Minecraft seperti sekarang ini.


Nah itulah informasi mengenai apa itu Minecraft. Setelah mengetahui informasi ini, kalian bisa lebih bersemangat memainkan game ini. Minecraft memang sangat seru untuk dimainkan, apalagi bermain dengan banyak orang.