[Build MLBB] Cara Main Hero Melissa Mobile Legends

358
Hero Melissa Cover

Beberapa hari yang lalu, saya telah membuat pembahasan tentang Cara Main Hero Yin Mobile Legends. Kali ini, saya akan membahas tentang hero Marksman baru yang bernama Melissa Mobile Legends. Langsung saja kita bahas!

Mengenal Hero Melissa MLBB

Melissa merupakan baru dengan role Marksman di Mobile Legends dengan kemampuan yang cukup unik karena dirinya dapat menggunakan bonekanya untuk memberikan damage tambahan terhadap musuh.

Review Hero Melissa Mobile Legends

Hero Melissa ReviewHero Melissa di game Mobile Legends masuk ke dalam role Marksman. Namun, hero ini memiliki keunikan lain dibanding hero Marksman pada umumnya. Hero ini tidak menggunakan tembak maupun sebuah panah, justru menggunakan jarum.

Hero Melissa memang memiliki latar belakang seorang penjahit. Namun, di dalam game dia lebih terlihat seperti dukun yang menggunakan boneka sihir untuk menyerang.

Kelebihan Hero Melissa Mobile Legends

  • Memiliki Attack Speed Yang Tinggi

Kelebihan utama dari hero ini yaitu memiliki attack speed yang sangat tinggi, bahkan hal tersebut yang membuatnya jadi semakin berbahaya. Apalagi kalau sudah menggunakan skill 1 miliknya, Melissa ini mampu memberikan total damage yang lebih besar serta tambahan attack speed lumayan tinggi.

  • Memiliki Perlindungan Yang Kuat

Kelebihan berikutnya yaitu hero ini memiliki perlindungan yang kuat dan sangat membantu saat bertanding. Jadi, Melissa mampu mengeluarkan sebuah shield yang menghalau musuh mendekatinya, tapi ini hanya bersifat selama 4 detik saja.

Sehingga kita juga akan mengetahui kalau perlindungan yang kuat itu akan membuat player bisa bertahan dalam waktu sebentar. Hingga hero yang memiliki jarak serangan dekat, maka Melissa juga tidak akan terlalu sulit untuk kalian gunakan nanti.

  • Dapat Memberikan Kutukan Kepada Musuh

Seperti yang kita ketahui bahwa skill 2 hero Melissa ini akan mengeluarkan boneka dan memberikan damage sementara serta mengikat aura kepada satu musuh. Kemudian kalau sudah terkena kutukan ini, musuh akan menerima damage lebih besar karena Melissa menyerang boneka tersebut. Damage yang akan musuh terima kalau critical dari boneka, maka dia juga akan menerima hal yang sama.

Kelemahan Hero Melissa Mobile Legends

  • Cooldown Skill Blink Yang Lama

Meskipun bisa mendapatkan pengurangan cooldown skill, tapi sebenarnya skill 1 milik Melissa tergolong lama saat memakainya. Tentu saja dengan skill blink yang tergolong lama, tentu ini akan berpengaruh saat kalian sedang menghadapi musuh dalam pertandingan.

  • Kesulitan Farming/Levelling Pada Early Game

Pasif hero ini memang bisa berikan damage besar kepada monster jungle dan minion, tapi sebenarnya Melissa memiliki kelemahan pada early game. Itu karena Mana hero ini terlalu boros pada awal permainan mulai, kemudian movement speed juga memang tergantung dari skill 1. Dengan begitu, hero ini akan kesulitan saat melakukan farming/levelling pada early game.

Skill Set & Combo Hero Melissa Mobile Legends

Skill Set Melissa MLBB

  • Skill Pasif – Doll Buster

Skill Pasif - Doll_BusterSkill pasif Melissa bernama Doll Buster, ini merupakan sumber damage dari hero ini. Melissa mendapatkan tambahan damage sebesar 150% ketika menyerang minion dan monster jungle.

  • Skill 1 – Falling!

Skill 1 - FallingSkill 1 Melissa bernama Falling!. Melissa melompat ke arah yang diinginkan dan mendapatkan attack speed selama 3 detik hingga 75%.

  • Skill 2 – Eyes on You!

Skill 2 - Eyes_on_You
Skill 2 Melissa bernama Eyes on You!. Dengan skill ini, Melissa melemparkan boneka yang akan mengikat lawan yang ada di sekitarnya. Melissa dapat memberikan damage kepada lawan yang terikat boneka tersebut, mereka juga terkena efek slow sebesar 60%. Serangan Melissa akan mengenai semua lawan yang terikat boneka tersebut.

  • Skill 3 Ultimate – Go Away!

Skill 3 Ultimate - Go_AwaySkill ultimate Melissa bernama Go Away!. Boneka Melissa akan melindungi dirinya dari lawan yang berusaha mendekati. Sebuah shield akan muncul di sekitar Melissa dan akan melemparkan lawan yang berusaha mendekatinya. Musuh juga akan terkena damage bila berusaha mendekati Melissa.

Combo Skill Melissa MLBB

Setelah kalian mengetahui skill hero ini, kalian bisa melakukan combo variasi untuk memaksimalkan gameplay Melissa.

  • Skill 1 bisa digunakan untuk memposisikan diri kalian untuk teamfight/war serta mencari celah untuk mengincar Marksman atau core lawan.
  • Skill 2 adalah sumber damage utama dari Melissa, yang bisa kalian gunakan untuk 5v5, melempar Muddles ke musuh di dekatnya, terlebih ketika musuh berada di area berdekatan, damage bakal keluar lebih maksimal.
  • Penggunaan skill ultimate yang dimilikinya juga terbilang unik dibanding hero Marksman lain, menciptakan barrier/shield, di mana musuh tidak bisa mendekat atau masuk selama 5 detik. Ultimate bisa digunakan untuk mencoba mengambil objektif seperti Turtle atau Lord agar musuh tidak bisa mendekat untuk mencurinya.

Selain fokus penggunaan skill Melissa, beberapa hero di bawah ini juga sangat cocok disandingkan dengan Melissa. Siapa saja itu?

  • Combo Hero Melissa #1: Franco (Tank)

Hero Franco NewHero combo Melissa yang pertama ada Franco. Franco bisa menjadi jawaban yang tepat untuk combo sama Melissa. Sebab, kemampuan skill 1 Franco yang akan menculik musuh, bahkan dengan begitu kita akan melihat kalau Franco bisa berikan slow dari skill 2 dan crowd control dari skill ultimate.

Sehingga hal seperti ini yang membantu Melissa melancarkan serangan, bahkan menjebak musuh dengan skill ultimate ketika mau kabur. Selama proses terkena crowd control oleh skill Franco, Melissa bisa melemparkan boneka dan berikan lawan kutukan.

  • Combo Hero Melissa #2: Angela (Support)

Hero AngelaHero combo kedua yang cocok dengan Melissa adalah Angela. Kemampuan Angela dalam menangkap musuh memang bagus. Melissa menjadi hero combo dengan Angela yang memang terbilang cocok dengan hal seperti ini, sebab kita akan memainkannya dalam 2 mode serangan berbeda.

Yaitu Angela masuk ke dalam Melissa, lalu pakai skill 2 untuk menangkap salah satu musuh dan lanjut sama skill 2 Melissa. Kemudian untuk keadaan terjebak, kita bisa menggunakan skill ultimate saat Angela berada dalam tubuh Melissa.

Jika sudah begitu pastinya Angela mampu melindungi Melissa, serta memberikan crowd control agar Melissa mampu pakai skill 2 dengan baik.

  • Combo Hero Melissa #3: Saber (Assassin)

Cara Main Hero Saber Mobile LegendsTerakhir ada Saber, sang Assassin mematikan. Dalam posisi ini, Saber mungkin akan membutuhkan skill dari Melissa, tapi itu juga berbalik dengan Melissa yang membutuhkan Saber untuk menangkap Musuh.

Jika memang memiliki koordinasi yang baik, maka Saber bisa meminta Melissa untuk menjebak musuh pakai skill ultimate milikinya agar Saber bisa menghabisinya. Lalu jika dalam teamfight/war, Saber bisa menggunakan skill ultimate agar Melissa mampu menggunakan skill 2 dan skill ultimate untuk menghabisinya.

Build Item Melissa Mobile Legends

Build Item Hero Melissa

  • Demon Hunter Sword

Item_Demon_Hunte_SwordItem pertama yang wajib dibeli adalah Demon Hunter Sword. Penggunaan item ini agar basic attack Melissa semakin sakit, item ini sangat efektif untuk melawan hero-hero tebal serta meningkatkan damage output dari Melissa.

  • Swift Boots

Item_Swift_BootsItem selanjutnya ada Swift Boots. Melissa merupakan tipe Marksman yang sangat mengandalkan basic attack-nya untuk menimbulkan damage kepada musuh. Maka dari itu, penambahan efek attack speed merupakan atribut yang wajib ditingkatkan oleh Melissa.

Penggunaan item ini untuk meningkatkan movement speed dan sejumlah attack speed agar kecepatan serangannya sedikit meningkat.

  • Scarlet Phantom

Item berikutnya yaitu Scarlet Phantom. Dikarenakan Melissa merupakan hero yang wajib meningkatkan atribut attack speed agar serangannya bisa maksimal, maka dari itu item selanjutnya yang harus ia beli adalah Scarlet Phantom karena meningkatkan 30 physical attack, 20% attack speed, dan 30% critical chance.

  • Berserker’s Fury

Berserker’s FurySelanjutnya ialah item Berserker’s Fury. Karena Melissa merupakan tipe hero yang mengandalkan basic attack untuk menyerang musuh, maka item critical seperti Berserker’s Fury juga merupakan pilihan item terbaik untuk digunakan.

Item tersebut dapat meningkatkan critical chance, critical damage, serta physical attack tambahan yang pastinya akan membuat Melissa bisa menghasilkan damage besar.

  • Wind of Nature

Item_Wind_of_NatureUntuk item berikutnya bernama Wind of Nature. Sebuah item serbaguna untuk hero-hero Marksman. Item ini meningkatkan 10 physical attack, 25% attack speed, 15% physical life steal, serta mempunyai skill aktif yang membuat Melissa bisa kebal terhadap semua physical damage yang berlangsung selama 2 detik. Sehingga ia bisa survive lebih lama.

  • Blade of Despair

Item_Blade_of_DespairItem terakhir yaitu Blade of Despair. Untuk memaksimalkan damage output dari Melissa, maka ia bisa memilih untuk menggunakan item yang bernama Blade of Despair karena item tersebut meningkatkan point physical attack hingga 160 poin, dan memiliki pasif yang akan meningkatkan damage saat Melissa menyerang musuh dengan HP di bawah 50%.

Jika kamu membutuhkan pertahanan tambahan, maka kamu juga bisa mengganti Blade of Despair dengan Immortality ataupun Athena’s Shield tergantung situasi pertempuran.

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Melissa MLBB

Emblem Melissa Mobile Legends

Dikarenakan Melissa merupakan hero dengan role Marksman, maka wajib menggunakan Marksman Emblem Set. Karena meningkatkan physical attack, attack speed, physical penetration serta critical chance.

Susunannya sendiri pun bisa menggunakan Talent Tier 1: Fatal, Talent Tier 2: Doom, Talent Tier 3: Electro Flash.

Battle Spell Melissa Mobile Legends

  • Battle Spell Inspire

Battle Spell InspireUntuk penggunaan battle spell pertama kalian bisa menggunakan Inspire. Dengan menggunakan Inspire, Melissa bisa memperkuat basic attack-nya dan meningkatkan attack speed sebesar 55% serta mengabaikan physical defense target.

  • Batlle Spell Flicker

Battle Spell FlickerBattle spell kedua yaitu Flicker. Battle spell ini bisa digunakan jika kalian ingin bermain lebih aman, maka kamu wajib menggunakan Flicker untuk membuat Melissa bisa melakukan blink ke arah yang telah ditentukan dan juga untuk kabur dari ganking lawan.

Counter Hero Melissa Mobile Legends

  • Counter Hero Melissa #1: Saber (Assassin)

Cara Main Hero Saber Mobile LegendsTidak hanya dijadikan sebagai hero combo dengan Melissa, Saber bisa juga digunakan sebagai counter hero Melissa. Tapi kalian harus bisa memprediksi waktu yang tepat untuk menyerangnya. Sebisa mungkin kalian tidak ketahuan oleh Melissa, agar bisa melancarkan serangan skill 1 dan skill ultimate untuk mengalahkannya.

  • Counter Hero Melissa #2: Lunox (Mage)

Hero Lunox

Hero counter berikutnya ada Lunox. Sebagai Mage dengan tingkat damage yang sangat tinggi, tentu saja Lunox Mampu menembus dan melakukan serangan mematikan kepada Melissa.

Dalam kondisi seperti ini, Lunox bisa melakukan spam skill 2 mode kegelapan untuk menghabisi Melissa. Itu sangat membantu, bahkan jika kalian terkena kutukan skill 2 miliknya, masih punya kesempatan untuk kabur pakai skill ultimate mode cahaya dan serang pakai kekuatan kegelapan.

  • Counter Hero Melissa #3: Irithel (Marksman)

Hero IrithelHero counter Melissa yang terakhir ada Irithel. Damage yang sangat besar ketika sudah pakai skill ultimate, Irithel mampu mengalahkan Melissa dengan cepat sebagai duel Marksman yang kuat. Tentu saja dengan kemampuan Irithel sendiri kita harus perhatikan musuh dengan baik, sebab itu termasuk dari skill 1 yang kena ataupun tidak.

Ketika Melissa mengaktifkan shield, kalian bisa menyerangnya dari luar dengan combo skill 1 dan skill ultimate. Tentu saja hal seperti ini akan mempengaruhi semuanya dengan jelas, bahkan kalian juga akan lebih cepat menghabisi Melissa karena dia tidak bisa keluar dari shield karena lebih berbahaya.

Kesimpulan

Nah itulah pembahasan mengenai hero Melissa Mobile Legends, hero Marksman yang memiliki damage tinggi berkat pasif yang dimilikinya serta lincah dan wajib di-ban dalam mode ranked. Tetapi akan mudah di-counter oleh hero-hero di atas sehingga akan mudah ditaklukan. Tertarik untuk mencoba?